cover
Contact Name
Ita Suhermin Ingsih
Contact Email
ita.suhermin@unisma.ac.id
Phone
+62341-552249
Journal Mail Official
rekayasa.sipil.unisma@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang Jl. Mayjen Haryono 193 Malang 65144, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Sipil (e-journal)
ISSN : 23377720     EISSN : 23377739     DOI : 10.33474
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal "Rekayasa Sipil" sebagai media informasi dan forum kajian bidang Teknik Sipil berisi tulisan ilmiah hasil penelitian. Diterbitkan oleh jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Malang setiap bulan Februari dan Agustus. Redaksi mengundang para ahli, praktisi, peneliti dan semua pemerhati keteknik sipil an untuk menyumbangkan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL" : 3 Documents clear
ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR MENURUT METODE BINAMARGA DAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS RUAS JALAN BATAS KOTA MALANG-TUREN) Tahkikul Fikri Al-zazuli; Bambang Suprapto; Azizah Rokhmawati
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 9, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (898.724 KB)

Abstract

Ruas Jalan€Batas Kota Malang-Turen Kabupaten Malang telah terjadi berbagai macam kerusakan jalan, lalu lintas yang semakin padat mengakibatkan kondisi jalan mengalami kerusakan, maka dari itu perlu adanya penilaian kondisi jalan. Metode penelitian ini untuk memperoleh nilai kondisi jalan serta pemeliharaan jalan dengan menggunakan 2 metode yaitu metode Bina marga, dan metode PCI. Dari hasil analisis ini Jenis kerusakan jalan yang medominasi pada ruas jalan yaitu kerusakan tambalan sebesar 21 %. Nilai kerusakan terbesar Metode Bina Marga sebesar 10 terjadi pada STA 3500-4000, dan nilai terkecil sebesar 6 pada STA 7500-8000, 8000-8500, 14000-14500, 15500-16000, sedangkan kerusakan terbesar nilai PCI 100 terjadi pada STA 2000-2500, 2500-3000, 3000-3500, dan nilai terkecil sebesar 70 pada STA 11000-11500. Bahwa pada ruas jalan batas Kota Malang-Turen Kabupaten Malang sebesar 7 dalam kategori rusak ringan, sedangkan metode PCI nilai kondisinya sebesar 88,7 dalam kategori sempurna, maka keduanya membutuhkkan pemeliharaan rutin dan rentan waktu yang digunakan yaitu pemeliharaan jangka menengah (taktis).  Kata kunci: Kerusakan jalan,Metode Bina Marga, Metode PCI
STUDI ALTERNATIF PERHITUNGAN WAKTU PELAKSANAAN DENGAN METODE PDM PEMBANGUNAN GEDUNG PSIKOLOGI KAMPUS II UINSA SURABAYA Heru Nur Yaqin; Warsito Warsito; Azizah Rokhmawati
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 9, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1155.865 KB)

Abstract

Proyek Pembangunan Gedung Psikologi Kampus II UIN  Surabaya ini dibangun 9 lantai dengan luas bangunan 7.938  m2 dan luas bangunan 3,4 hektsre (ha) berada di Jl. Dr. Ir. Soekarno, Gunung Anyar, Surabaya. Proyek pembangunan gedung ini menggunakan struktur beton bertulang. Proyek pembangunan Gedung Psikologi rencana dilaksanakan selama 1,5 tahun  hari kerja dengan anggaran biaya Rp. 59,475,527,096.56proyek ini terdiri dari empat aktivitas besar yaitu pekerjaan persiapan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, dan pekerjaan mekanikal elektrikal. Untuk pekerjaan struktur dilaksanakan selama 375 dari rencana awal. PT Adhi Karya merupakan perusahaan kontraktor pelaksana yang mengerjakan proyek pembangunan gedung Psikologi. kontraktor seringkali mengalami masalah didalam menentukan waktu penyelesaian proyek dengan biaya yang optimal. Sehingga pihak kontraktor mengeluarkan biaya yang lebih banyak dengan tidak tepatnya waktu penyelesaian proyek. Melihat kondisi yang sering terjadi ini, maka dibutuhkan suatu  perencanaan penjadwalan dan optimalisasi proyek baik itu dari fase awal proyek sampai pada fase penyelesaian proyek.  Metode PDM (Precedence Diagram Method) dapat memberikan solusi didalam perencanaan penjadwalan proyek.Penjadwalan waktu pelaksanaan dengan menggunakan metode PDM (Precedence Diagram Program) kemudian di proses dengan menggunakan program MicrosoftProject. Hasil analisa diperoleh kesimpulan yaitu rencana biaya pelaksanaan struktur beton pada proyek ini sebesar Rp. 22.500.729.590 (Dua Puluh Dua Milyar Lima Ratus Juta Tujuh Ratus Dua Puluh Sembilan Ribu Lima Ratus Sembilan Puluh Rupiah) dengan waktu pelaksanaan pembangunan proyek selama 295 hari kerja.Kata Kunci:Rencana Anggaran Biaya, Waktu Pelaksanaan,Predence Diagram     Program (PDM)
StudiAlternatifPerencanaanStrukturGedung The Batu Villas – BatuMenggunakanKonstruksi Baja Komposit Mohamad Afandi Gotawa; Warsito Warsito; Bambang Suprapto
Jurnal Rekayasa Sipil Vol 9, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.423 KB)

Abstract

Strukturbajaadalahbahanstruktur modern yang biasadigunakanuntukkebutuhanmembangungedungdanjembatan.Seiringbertambah banyaknya tempat wisata baru di kota Batu danbertambahnyapengunjung/wisatawan yang terusmeningkatolehkarenaituThe batu VillasmembangunHotel dan Villa. The Batu Villas menggunakan konstruksi baja karena pemasangannya yang mudah dan memiliki kekuatan yang tinggi. Gedung The Batu Villas inimempunyai 7lantaidenganpanjang33,25 meter, lebar 9,7 meter dantinggi18,9 meter. Padatugasakhiriniakan di redesignmenggunakanstrukturrangkabajamenggunakanStandartperencanaanyaitu SNI 1726:2012, SNI 1727,:,2013, SNI2847,:,2013,SNI 03,-1726,-,2002, SNI 03,-,1729,-,2002 dan SNI 1729,-,2015. Hasil perhitunganmenggunakanpemodelan portal 2D denganaplikasi STAAD Pro V8i. Hasil perhitungantebalpelat 125 mm denganpokok Ø,10,–,125 dan tulangan sengkang Ø,10–200, ; beban gempa dihasilkan 1232,33 kg, 2641,56 kg, 4126,3 kg, 5662,31 kg, 7237,6 kg, 7243,09 kg ;balokanakdipakaiprofil WF 200. 150 .6. 9 ; balokinduk dipakai profil WF 350. 250. 9. 14 ; kolomdipakaiprofil WF 300. 300. 12. 12. Digunakanpondasitiangpancangberdasarkanperencanaandengankedalamanmencapai 11 meter, dengan SPT didasaridaya dukung tiang adalah 49,57 ton.Kata Kunci:Studi Alternatif, Perencaan, Struktur, Baja, Gedung

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2022) Vol 12 No 2 (2022) Vol 12 No 1 (2022) Vol 12, No 1 (2022) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 5 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 10, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 4 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 3 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 1 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 8, No 8 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 7 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 6 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 5 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 4 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 8, No 1 (2020): JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil More Issue