cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran" : 6 Documents clear
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEMATIK DI SEKOLAH INKLUSI SDN SUMBERSARI 2 MALANG Liyya Mutimmatud Daroini
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.081 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis, penggunaan, hambatan dan solusi media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis tematik di SDN Sumbersari 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus karena penelitian ini mendeskripsikan kasus khusus pada penggunaan media pembelajaran untuk peserta didik DS (Down Syndrome), ASD (Autism Spectrum Disorder),dan peserta didik reguler. Pada penelitian ini peneliti sebagai instrumen utama yaitu pengamat, pengumpul, penganalisis, penyimpul, serta pelapor data yang ditemukan di lapangan. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumbersari 2 Malang yang berada di Jl. Bendungan Sutami 1 No.24 Sumbersari, 65145 Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Sumber data yang diperoleh adalah sumber data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan pendidik dan GPK (Guru Pendamping Khusus) sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari perekaman video, pengambilan foto, angket dan catatan lapangan. Simpulan hasil penelitian, tidak terdapat jenis media yang berbeda untuk peserta didik reguler dan berkebutuhan khusus, fungsi media pembelajaran sesuai untuk peserta didik regular akan tetapi tidak sesuai untuk peserta didik berkebutuhan khusus, hambatan kurangnya penggunaan media pembelajaran dengan contoh kongkret untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Inklusi, Tematik
Perilaku Psikopat Tokoh Utama dalam Novel Psycopat Diary Karya Vasca Vannisa Ayu Purwa Ningsih
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.307 KB)

Abstract

Abstrak: Karya sastra merupakan sebuah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide-ide yang terdapat di dalam pikiran seorang sastrawan. Dengan karya sastra seseorang akan bebas mengekspresikan apa saja yang ada di dalam pikirannya, baik itu sebuah pengalaman, semangat, perasaan, yang dilukiskan ke dalam bentuk tulisan. Salah satu bentuk karya sastra yaitu novel. Novel “Psycopat Diary” karya Vasca Vannisa merupakan novel yang di dalamnya menceritakan tentang kehidupan seorang anak bernama Alesa Kasandra. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk perilaku psikopat dan faktor yang mempengaruhi perilaku psikopat tokoh utama dalam novel “Psycopat Diary”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini yang pertama yaitu sebelas aspek perilaku psikopat tokoh utama dalam novel “Psycopat Diary”. Sebelas aspek tersebut yaitu berulangkali melanggar hukum, berbohong, impulsivitas, mudah tersinggung dan agresif, tidak memedulikan keselamatan diri dan orang lain, kurang memiliki rasa penyesalan, kemiskinan emosi positif maupun negatif, tidak memiliki rasa malu, berpenampilan menawan untuk memanipulasi orang lain, kadar kecemasan rendah, dan sering kejam pada orang lain. Kedua, hasil penelitian ini menunjukan bentuk faktor perilaku psikopat tokoh utama yang disebabkan oleh faktor rumah tangga/keluarga, faktor agama, faktor psikoedukatif, dan faktor sosial budaya.Kata Kunci: Sastra, Novel, Psikopat 
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA BERBASIS TEMATIK DI SDN SUMBERSARI 2 MALANG Jihan Rahmadani
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.882 KB)

Abstract

ABSTRAK : Meningkatnya tindak kekerasan dan rendahnya sikap toleransi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia terutama anak-anak tunas bangsa yang dari waktu ke waktu semakin parah, seperti banyaknya aksi bullying, tawuran dan sebagainya, tanpa sadar hal ini akan berdampak kepada merosotnya budaya dan karakter bangsa, serta dapat menurunkan kualitas pendidikan. Beberapa hal inilah yang menjadi alasan kuat pemerintah membuat suatu program yang dinamakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang wajib dilaksanakan di sekolah-sekolah.Fokus dari Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ini ada 3 yaitu  struktur program, struktur kurikulum, dan struktur kegiatan. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ini memiliki 5 nilai karakter utama  yang harus dimiliki peserta didik seperti nilai karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong-royong. Kelima nilai utama karakter ini bukanlah nilai yang berdiri dan berkembang sendiri-sendiri melainkan nilai yang berinteraksi satu sama lain, yang berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi. Kata Kunci: penguatan pendidikan karakter, rencana pelaksanaan                                       pembelajaran, berbasis tematik 
Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur karya Muhidin M. Dahlan zainal arifin kalbar
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266 KB)

Abstract

ABSTRAK : Sebagai karya sastra yang lahir di era globalisasi, novel Tuhan izinkan Aku Menjadi Pelacur karya Muhidin M.Dahlan sangat relevan untuk dikaji dan diteliti. Karya sastra yang dihasilkan mengambarkan kejadian-kejadian yang dilami oleh manusia.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : (1) Bentuk konflik batin pada tokoh utama dalam novel Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur karya Muhidin M. Dahlan. (2) Faktor-faktor yang mempenggaruhi terjadinya konflik batin tokoh utama dalam novel Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur karya Muhidin M. Dahlan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini iyalah novel Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur karya Muhidin M. Dahlan dengan halaman berjumlah 269, yang diterbitkan oleh Scripta Manent bekerja sama dengan Melibas Yogyakarta pada tahun 2003 dan cetakan ke 14 tahu 2010.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha mengumpulkan data menurut faktor-faktor yang menjadi mendukung objek penelitian. Penelitian ini mengunakan pendekatan psikologi sastra khususnya psikoanlisis dan teori kepribadian yang dimana sebagai telaah proses kejiwaan manusia.Hasil penelitian dapat diuraikan sebagai berikut. (1) Bentuk konflik batin yang menimpa tokoh utama adalah pertentangan antara pilihan yang tidak sesuai dengan keingginan, kegundahan dalam menghadapi permasalahan dan harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan tokoh utama di dominasi oleh id dan aku yang tinggi dari pada ego, superego dan aku yang rendah. Namun jika dilihat bentuk konflik batin yang paling mendominasi pada kehidupan tokoh utama adalah kegundahan dalam menghadapi permasalahan, (2) Ada beberapa faktor yang menyebabkan tokoh utama mengalami konflik batin yaitu faktor biologis ini timbul karena tokoh utama tidak bisa memenuhi kebutuhan makanan yang bergizi karena mengikuti ajaran sufi, faktor sosial muncul akibat hubungannya yang tidak baik dengan santri pondok dan organisasinya, ada pun faktor lingkungan yaitu kurang dapat perhatian lebih dari orang tuanya. faktor-faktor inilah yang memicu terjadinya konflik batin.Kata Kunci: konflik batin, tokoh, novel, psikologi sastra, psikoanalisis
NILAI KEMANDIRIAN TOKOH ELIANA PADA NOVEL SI ANAK PEMBERANI KARYA TERE LIYE Hikmah Agustia
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.565 KB)

Abstract

Abstrak:Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa, sedangkan dari pada itu anak-anak juga sangat membutuhkan pendidikan karakter kemandirian, sebagai bentuk kepercayaan diri dengan kemampuan dirinya sendiri dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Dengan ini fokus penelitian sebagai berikut: (1) kemandirian emosional, (2) kemandirian perilaku, dan (3) kemandirian nilai pada tokoh Eliana dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai kemandirian, sebagai berikut. (1) untuk mendeskripsikan kemandirian tokoh Eliana ditinjau dari aspek emosional yang terdapat pada novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye, (2) untuk mendeskripsikan kemandirian pada tokoh Eliana dilihat dari aspek perilaku pada novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye, (3) untuk mendeskripsikan kemandirian pada tokoh Eliana ditinjau dari aspek kemandirian nilai pada novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai kemandirian tokoh. Subjek penelitian ini adalah novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai kemandirian. Data dianalisis dengan analisis isi atau kajian isi, merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menganalisis dan memahami teks. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi atau kajian kepustakaan (library research) dalam penelitian ini kajian terhadap teks novel Si Anak Pemberani karya Tere LiyeHasil penelitian ini menunjukkan nilai kemandirian yang dibagi menjadi tiga yakni, (1) kemandirian emosional yang dimiliki tokoh Eliana dalam dirinya yang diklasifikasikan pada setiap wujud emosinya, baik dalam mengendalikan emosi sebagai bentuk kontrol diri, maupun penyampaian emosinya sebagai keluh kesah yang dirasakan, (2) kemandirian perilaku yang dimiliki tokoh Eliana dalam dirinya yang diklasifikasikan pada setiap wujud perilakunya, baik dalam memahami situasi, mengambil alternatif penyelesaian masalah, kemandirian dalam bersosialisasi, serta pengambilan keputusan untuk diri sendiri dan bermasyarakat, dan (3) kemandirian nilai yang dimiliki tokoh Eliana dalam dirinya yang diklasifikasikan pada wujud keyakinannya terhadap suatu nilai yaitu proses pengevaluasian nilai.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara garis besar menunjukan bagaimana kemandirian dari tokoh Eliana dalam menjalani hidup serta mengatasi masalahnya dengan mengandalkan kemampuan dirinya sendiri. Kemandirian pada tokoh Eliana bukan berarti menjadikannya tidak membutuhkan bantuan dari orang lain, Eliana menjadikan masukan dari orang lain sebagai reverensi dan pertimbangan sebelum mengambil keputusan untuk dirinya. Pada beberapa bagian, Eliana juga membutuhkan bantuan orang tua, guru, dan temannya sebagai makhluk sosial.Kata Kunci: pendidikan, karakter, kemandirian, emosional, perilaku, nilai
RESPON TINDAK TUTUR EKSPRESIF DAN DIREKTIF DALAM MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS ISLAM MALANG Uswatun Uswatun Hasanah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.43 KB)

Abstract

Abstrak : Seseorang dalam bermasyarakat dalam berkomunikasi menghasilkan tuturan yang disampaikan oleh penutur terhadap lawan tutur atau mitra tutur. Selain dalam masyarakat terdapat tuturan yang sering dipakai oleh mahasiswa dalam berinterkasi dengan mahasiswa lainnya juga melalui media sosial yang menjadi tempat percakapan atau berkomunikasi. Salah satu tuturan tersebut dalam mengungkapkan dan melakukan tindakan sesuatu adalah tutran ekspresif dan tuturan direktif. Tuturan tersebut tidak hanya ditemukan pada kehidupan sehari-hari saja tetapi juga ditemukan dalam percakapan percakapan mahasiswa dengan mahasiswa lainnya pada media sosial. Dampak dari tuturan juga memberikan kesan penting bagi penutur atau mitra tutur yaitu respon yang diberikan. Dalam percakapan atau berkomunikasi selalu ada respon yang menjadi pacuan untuk bersikap menyenangkan agar tuturan tersebut menyenangkan dan disukai oleh penutur maupun mitra tutur. Dipilihnya Respon Tindak Tutur Ekpsresif dan Direktif dalam Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang sebagai sumber data penelitian. Oleh karena itu, Respon Tindak Tutur Ekpsresif dan Direktif  dalam Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang memberikan pesan edukasi bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan para penutur dalam menunturkan suatu tuturan yang bertujuan menjaga dan baik dalam berkomunikasi serta merespon.            Penelitian ini secara umum bertujuan mendeskripsikan tuturan ekspresif dan direktif pada respon dalam media sosial di kalangan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  Universitas Islam Malang. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan respon pada tindak tutur ekspresif dalam media sosial di kalangan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang, (2) mendeskripsikan respon pada tindak tutur direktif  dalam media sosial di kalangan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang.            Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena data yang diperoleh berupa studi dokumen percakapan mahasiswa dalam media sosial (WhatsApp, Instragram, Facebok ). Instrument utama dalam penelitian ini adalah penelitian data dan dibantu dengan alat berupa korpus data. Analisis data dilakukan empat tahap, yaitu : (1) mentranskipsi data, (2) identifikasi data, (3) pengelompokan data, (4) simpulan. Selanjutnya tahap yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tinga tahap, yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam percakapan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang menghasilkan respon tindak tutur ekspresif dan direktif. Pada respon tindak tutur ekspresif dan direktif.dalam media sosial di kalangan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang terdapat  tuturan yang tidak sepatutnya diucapkan seperti ejekan pada tindak tutur ekspresif. Selain itu,  terdapat tuturan yang menyenangkan pada tindak tutur ekspresif dan direktif  sehingga percakapan tersebut terlihat harmonis.Kata Kunci : respon mahasiswa, tindak tutur ekpresif, tindak tutur direktif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue