cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran" : 7 Documents clear
Implementasi Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Akomodasi Perhotelan Program Inklusi Di SMKN 2 Malang Pada Masa Pandemi Covid-19 Iffatul Khoiroh
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.449 KB)

Abstract

ABSTRAK : Pendidikan Inklusi didefinisikan sebagai salah satu sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua siswa yang berkelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan siswa pada umumnya. Kegiatan ini dalam proses perencanaan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil pembelajaran memiliki perbedaan dengan sekolah pada umumnya.Implementasi perangkat pembelajaran bahasa Indonesia dalam program inklusi pada masa pandemi Covid-19, peneliti mengungkapkan beberapa fokus penelitian yaitu: (1)Perencanaan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia Program Inklusi, (2) Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19, (3) Evaluasi hasil pembelajaran Bahasa Indonesia program inklusi.Metode penelitian dalam hal ini, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk mengetahui implementasi perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X AP program inklusi di SMK Negeri 2 Malang pada masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian studi kasus untuk mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa. Peneliti mengumpulkan data melalui penelitian secara daring dengan guru mapel dan GPK. Subjek penelitian dalam hal ini adalah, guru bidang studi Bahasa Indonesia, Guru Pembimbing Khusus(GPK), dan siswa ABK kelas X AP 3. Siswa ABK berjumlah 3 orang, satu di kelas reguler bernama DS dengan gangguan tunagrahita ringan, dan keduanya di kelas khusus yang bernama VN gangguan tunagrahita sedang sedangkan HD gangguan disleksia.Hasil penelitian dalam hal ini, perencanaan perangkat pembelajaran di SMKN 2 Malang menggunakan kurikulum umum dan kurikulum modifikasi untuk program inklusi. Kelas reguler guru bidang studi Bahasa Indonesia menggunakan silabus dan RPP umum, namun dalam pemberian materi dan tugas untuk siswa ABK di kelas reguler berbeda dengan siswa normal. Kelas khusus Guru Pembimbing Khusus(GPK) menggunakan silabus dan RPP modifikasi untuk siswa ABK di kelas khusus X AP 3 dengan menyesuaikan karakteristik masing-masing siswa ABK.Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19, guru bidang studi Bahasa Indonesia menggunakan aplikasi watshap grun untuk menyampaikan materi dengan menggunakan Power Point Teks(PPT), dan pemberikan tugas dengan siswa merangkum materi dan mengerjakan soal-soal di Lembar Kerja Siswa(LKS). Guru Pembimbing Khusus(GPK) dalam melakukan pembelajaran membuat jurnal kegiatan pembelajaran daring untuk kelas khusus, GPK menggunakan aplikasi watshap untuk melakukan vidoe call dengan siswa ABK dalam menyampaikan materi. GPK tidak memberikan tugas, hanya saja GPK melakukan tanya jawab dengan siswa menggunakan voice note diaplikasi watshap grub. Evaluasi yang digunakan guru bidang studi Bahasa Indonesia di kelas reguler menggunakan rubrik penilaian yang sama dengan rubrik pada umumnya, namun berbeda dalam penilaian siswa ABK dengan memberikan keterangan kegiatan dan kendala yang dialami siswa selama pembelajaran berlangsung, sama halnya dengan GPK dalam memberikan penilaian terhadap siswa ABK dengan mendeskripsikan kegiatan, kesulitan, dan hasil yang didapat siswa dalam menerima materi.            Kesimpulan dari penelitian tersebut dalam implementasi perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia progam inklusi di sekolah tersebut, menggunakan kurikulum modifikasi untuk program inklusi, dan kurikulum umum untuk kelas reguler. Pelaksanaan pembelaaran daring yang dilakukan pada masa Pandemi Covid-19 tersebut menggunakan aplikasi watshap grub dalam memberikan materi dan tugas-tugas untuk siswa di kelas reguler maupun siswa ABK di kelas khusus. Evaluasi yang digunakan dalam menilai hasil proses pembelajaran siswa dilakukan dengan menilai tugas-tugas yang diberikan guru dan hasil tanya jawab dengan siswa ABK yang dilakukan GPK. Guru bidang studi Bahasa Indonesia dan GPK menggunakan rubrik penilaian pada umumnya, namun dalam penilaian siswa ABK guru memberikan keterangan secara naratif untuk mendeskripsikan kegiatan dan kesuliatan yang dialami siswa dalam melakukan pembelajaran berlangsung.Kata Kunci: Implementasi, Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia, Program Inklusi
Pola Struktur Kalimat Dalam Karangan Pelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Matayum Santiwittaya School Krabi Thailand Rizka Dwi Agustina; Dyah Werdiningsih; Moh. Badrih
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.703 KB)

Abstract

Abstrak: Bahasa Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat.Terbukti dari banyaknya penutur asing yang berminat belaja bahasa Indonesia. Baik belajar di Indonesia maupun di negara lain. Arus globalisasi mendorong Indonesia untuk menjadikan bahasa Indonesia bisa sampai masuk di tingkat Internasional. Dapat dikatakan hal tersebut adalah faktor bahwa bahasa Indonesia mulai banyak dipelajari oleh penutur asing di berbagai negara. Untuk itu pembelajaran BIPA harus mendapat perhatian lebih. Mengingat pembelajaran BIPA telah banyak diajarkan diberbagai negara. Penelitian inin dilakukan di salah satu sekolah di Krabi, Thailand ketika peneliti melaksanakan praktik lapangan. Santiwittaya School merupakan salah satu sekolah muslim di Krabi, tepatnya di derah Ao Luek Noi. Bahasa yang digunakan di wilayah Krabi ini adalah bahasa Thailand atau Siam, mayoritas masyarakat Krabi tidak bisa berbahasa Melayu. Karena lingkungan sekitarnya dalam berkomunikasi tidaklah menggunakan bahasa Melayu, melainkan mereka berkomunikasi dengan bahasa Thailand. Jadi sulit untuk menerapkan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan struktur kalimat, penggunaan kalimat efektif, dan relasi makna dalam karangan pelajar BIPA Santiwittaya School Krabi Thailand. Hasil penelitian ini menunjukkan Terdapat dua pola struktur kalimat, yaitu pola struktur kalimat utama dan struktur kalimat inversi. Penggunaan kalimat efektif, dan relasi makna pada struktur kalimat.Kata Kunci: pola struktur kalimat, karangan, Pelajar BIPA Santiwittaya School     Thailand
RESOLUSI KONFLIK PERJODOHAN DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS Saadatul Abadiyah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.02 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Wujud konflik perjodohan dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis ditinjau dari psikologi sastra. (2) Resolusi konflik perjodohan dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis. Penelitian ini termasuk penelitian deksriptif kualitatif. Sumber data dan data penelitian diperoleh dari teks novel Hati Suhita karya Khilma Anis dengan jumlah halaman 405, yang diterbitkan oleh Telaga Aksara Yogyakarta pada tahun 2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha mengumpulkan data menurut faktor-faktor yang menjadi pendukung objek penelitian. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan psikologi sastra dimana psikologi sastra merupakan telaah proses karya sastra yang menggambarkan aktivitas kejiwaan manusia. Dalam penelitian ini status peneliti adalah instrumen kunci. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat berupa korpus data. pengumpulan data dilakukan dengan (1) Membaca karya sastra yang telah ditentukan sebagai objek penelitian yaitu novel Hati Suhita karya Khilma Anis. (2) Mengidentifikasi bagian cerita dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis. (3) Memasukkan data yang diambil dari novel Hati Suhita karya Khilma Anis ke dalam tabel. Selanjutnya tahapan yang digunakan dalam penelitian yaitu: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) penyelesaianHasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada novel Hati Suhita karya Khilma Anis terdapat konflik internal diantaranya: kecewa, diabaikan, tidak dianggap, berpura-pura dan konflik eksternal seperti: cemburu, hadirnya Rengganis di tengah pernikahan Birru, dan risau akan kepergian Rengganis, yang dialami tokoh Alina Suhita dan Birru. Serta terdapat resolusi konflik dari berbagai macam konflik yang terjadi dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis. Yakni tokoh Birru meminta maaf kepada Alina setelah apa yang dilakukan selama ini. Kata Kunci: resolusi konflik, novel, psikologi sastra
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE PADA TEKS ULASAN FILM/DRAMA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP WAHID HASYIM MALANG Masluhah Masluhah Masluhah_22
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.108 KB)

Abstract

ABSTRAK : Pengembangan media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama untuk siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang diharapkan dapat menambah variasi media pembelajaran dan membantu siswa untuk lebih interaktif dalam proses belajar teks ulasan film/drama dan karena juga mengetahui besar konstribusi media pembelajaran lectora dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada teks ulasan film/drama, serta mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran setelah siswa menggunakan media pembelajaran lectora inspire.Proses pengembangan media pembelajaran lectora inspire dikembangkan melalui sepuluh tahapan pengembangan yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal (produksi), 4) uji coba awal , 5) revisi produk, 6) uji lapangan, 7) revisi produk berdasarkan uji lapangan, 8) uji lapangan untuk menghasilkan produk yang lebih banyak, 9) revisi produk akhir, 10) desiminasi dan implementasi terhadap produk yang telah dikembangkan. Dari kesepuluh langkah tersebut disederhanakan sesuai dengan kebutuhan peneliti. Penyederhanaan ini tentunya mengacu pada ketentuan pengembangan produk yang sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan oleh Borg dan Gall. Penyederhanaan tersebut meliputi: 1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) pengembangan produk awal, 3) uji coba awal. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Research and Development  sesuai dengan langkah-langkah Borg dan Gall penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket yang sesuai dengan kelayakan media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama untuk siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang.Lectora inspire merupakan salah satu perangkat lunak dalam bentuk software yang digunakan sebagai pengembang konten elektronik dan juga dapat digunakan untuk membuat presentasi maupun media pembelajaran, media lectora inspire ini kita dapat menggunakannya dalam menyiapkan bahan ajar atau program presentasi maupun program aplikasi baru. Didalam lectora inspire ini didukung oleh beberapa fitur yang sangat menunjang untuk penyusunan media pembelajaran. fitur-fitur ini yaitu snagit, camtasia, dan fly paper.Teks ulasan adalah teks yang mengulas karya orang lain dengan isi berupa tanggapan kelebihan, kekurangan, maupun sekilas isi dari dari karya tersebut. Teks ulasan juga masih berkaitan dengan teks resensi yaitu mempunyai isi sama dalam hal penilaian.Hasil penelitian ini menunjukan media pembelajaran lectora inspire sangat seseuai/ sangat baik dan sangat layak untuk digunakan, berdasarkan hasil validasi ahli media mendsapat nilai dalam bentuk presentase sebesar 76%, aspek validasi ahli materi dengan presentase sebesar 78%, uji coba terbatas pada guru memperoleh presentase sebesar 90% dan presentase 87,69% pada siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama pada siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang sangat sesuai, sangat baik dan sangat layak untuk digunakan.Proses pengembangan media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama untuk siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang meliputi pengumpulan data yang terdiri dari penyebaran angket kebutuhan siswa dan guru. Setelah melakukan proses analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama selanjutnya, pengembangan produk awal yaitu langkah pembuatan draf awal yang mencakup penyusunan, bahan-bahan materi sampai evaluasi,dan hasil pengembangan media pembelajaran berupa produk media pembelajaran lectora inspire pada teks ulasan film/drama untuk siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang untuk mengetahui layak atau tidaknya media pembelajaran digunakan.Kata Kunci : Pengembangan, media pembelajaran,  lectora inspire, teks ulasan film /drama.
Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandarini dengan Menggunakan Kajian: Psikologi Sastra Dhurotun Alfiah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.359 KB)

Abstract

Abstrak: Novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini merupakan novel yang sangat menonjolkan sisi psikologis tokohnya. Kepribadian dalam novel Dua Garis Biru berhubungan dengan tingkah laku atau sikap tokoh utama, yaitu Bima dan Dara. Dara memiliki kepribadian tidak sabar, ragu-ragu dalam mengambil keputusan, dan sensitif. Sedangkan, Bima mudah kecewa, suka melakukan sesuatu tanpa mempertimbangkan resiko yang dialami, dan mudah terpengaruh lingkungan, sehingga ia menghamili Dara. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek id, ego, dan superego tokoh utama dalam novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini berdasarkan teori struktur kepribadian Sigmund Freud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, dan dialog yang menggambarkan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini. Hasil Penelitian yang pertama menunjukkan aspek id tokoh utama dalam  memenuhi hasrat atau keinginannya tanpa mempertimbangkan baik dan buruknya keinginan tersebut. Kedua, aspek ego menunjukkan tokoh utama yang selalu berusaha memenuhi kebutuhannya dengan cara mempertimbangkan resiko yang akan dihadapi, berpikir sesuai kenyataan, dan bertanya kepada orang lain. Ketiga, aspek superego menunjukkan tokoh utama dalam mempertanggung jawabkan kesalahannya, mengontrol atau mengendalikan diri, dan berpikir bijaksana.Kata Kunci: sastra, novel, psikoanalisis, struktur kepribadian.
NILAI MORAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MIDAH SI MANIS BERGIGI EMAS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER Rika Ayu Perdana
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.749 KB)

Abstract

ABSTRAK : Novel Midah Si Manis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer adalah hasil karya sastra yang merepresentasikan perjuangan seorang Midah, perempuan tokoh utama yang ditempa oleh kepahitan demi kepahitan hidup. Novel bisa saja menjadi cermin kehidupan nyata yang di dalamnya terkandung banyak nilai. Di antara sekian nilai yang terdapat dalam novel, salah satunya adalah nilai moral. Penelitian ini membahas tentang apa saja nilai moral yang terdapat dalam novel Midah Si Manis Bergigi Emas dan bagaimana pengarang menggunakan teknik penyampaian nilai-nilai tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai moral tokoh utama dalam novel Midah Si Manis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini difokuskan pada nilai-nilai moral dan teknik penyampaiannya. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian dengan hasil sajian data deskriptif berupa tuturan pengarang dalam novel Midah Si Manis Bergigi Emas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan mencatat, mengecek keabsahan data yang digunakan Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketekunan membaca dan pencatatan, diskusi dengan teman sejawat dan kecukupan referensi. Kata Kunci: Nilai Moral, Tokoh Utama, Novel Midah
Kecerdasan Emosional Tokoh Utama Dalam Novel "Tanah Surga Merah" Karya Arafat Nur Fina Lailatul Fitria Nur Afifah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.054 KB)

Abstract

Abstrak: Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang berisi kisah perjalanan hidup seseorang. Salah satu cara pengarang dalam menyampaikan pesan kepada pembaca yaitu dengan menampilkan kecerdasan emosional tokoh yang berperan dalam cerita tersebut. Kecerdasan emosional tercermin dalam dialog atau tindakan yang digambarkan dalam novel. Pada umumnya, pembaca bisa menangkap pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui tokoh utama dalam novel tersebut. Tokoh utama yaitu tokoh sentral dan sangat berpengaruh terhadap jalannya cerita. Novel “Tanah Surga Merah” menceritakan seorang laki-laki yang sedang memperjuangkan Aceh menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kecerdasan emosional dan faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional tokoh utama dalam novel “Tanah Surga Merah”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra yaitu analisis sastra yang berkaitan dengan kepribadian tokoh. Hasil penelitian ini yang pertama yaitu menunjukkan lima aspek kecerdasan emosional tokoh utama dalam novel “Tanah Surga Merah”. Lima aspek tersebut yaitu kemampuan mengenali emosi diri, kemampuan mengelola emosi diri, kemampuan memotivasi diri, kemampuan mengenali emosi orang lain, dan kemampuan dalam membina hubungan dengan orang lain.. Kedua, hasil penelitian ini menunjukkan bentuk faktor kecerdasan emosional tokoh utama yang disebabkan oleh faktor non keluarga.Kata Kunci : kecerdasan emosional, tokoh utama, novel “Tanah Surga Merah”.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue