cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran" : 7 Documents clear
PENGARUH GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDIO, KINESTETIK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA MTS DARUL KAROMAH SINGOSARI Siti Aslikhatin
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.396 KB)

Abstract

Abstrak: Gaya belajar merupakan suatu cara yang cenderung dipilih oleh peserta didik untuk menerima informasi dari lingkungannya. Gaya belajar dibagi menjadi tiga, yaitu gaya belajar visual, gaya belajar audio, dan gaya belajar kinestetik. Gaya belajar erat kaitannya dengan prestasi belajar. Dalam kegiatan pembelajaran peserta didik MTs. Darul Karomah Singosari perlu mengetahui gaya belajar seperti apa yang cocok untuk mereka agar dapat memaksimalkan prestasi belajar bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memperoleh deskripsi tentang gaya belajar VAK (Visual, Audio, Kinestetik) siswa MTs. Darul Karomah Singosari, (2) memperoleh deskripsi tentang prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs. Darul Karomah Singosari, dan (3) memperoleh deskripsi tentang pengaruh gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs. Darul Karomah Singosari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian ekspos-fakto pada 120 sampel penelitian dari 192 populasi. Dihunakan uji statistik deskriptif untuk mengukur gaya belajar VAK dan prestasi belajar Bahasa Indonesia, serta menggunakan uji statistik Anova untuk mengukur pengaruh gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah tidak adanya pengaruh dari gaya belajar VAK terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa MTs Darul Karomah Singosari karena nilai signifikansinya lebih dari 0,05 yaitu 0, 701 untuk kelas VII, 0,928 untuk kelas VIII, dan 0,990 untuk kelas IX.Kata Kunci: pengaruh, gaya belajar, VAK, visual, audio, kinestetik, prestasi belajar bahasa Indonesia
Konflik Psikologis Tokoh Tania dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati kholifatul akmaliyah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.448 KB)

Abstract

ABSTRAK: Karya sastra jenis novel merupakan hasil refleksi pengarang dari kehidupan nyata. Kehadiran sebuah konflik mampu membuat karya sastra dapat lebih hidup dan menarik. Munculnya konflik terkadang disebabkan dari psikis atau diri seorang tokoh dalam novel yang tidak dapat dipahami dengan baik oleh tokoh yang lain. Hal tersebut akan mudah diketahui dengan menggunakan ilmu psikologi yang mempelajari tentang kejiwaan manusia. Maksud dari konflik tersebut adalah gangguan-gangguan yang dialami oleh tokoh utama perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bentuk konflik gangguan emosi dan perilaku, gangguan kecemasan, intermittent explosive disorder, dan gangguan kepribadian menghindar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu bentuk konflik psikologis gangguan emosi dan perilaku, bentuk konflik psikologis gangguan kecemasan, bentuk konflik psikologis intermittent explosive disorder, dan bentuk konflik psikologis gangguan kepribadian menghindar.Kata Kunci: Karya Sastra, Konflik Psikologis, Ananta Prahadi
Kesantunan Berbahasa Pada Tuturan Narasumber Hitam Putih Pada Periode Maret 2020 ulfatus sholehah ulfatus
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.392 KB)

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini membahas kesantunan berbahasa pada tuturan narasumber hitam putih pada periode maret 2020. Kesantunan dalam berbahasa merupakan hal yang penting dalam berkomunikasi. Kesantunan dalam berkomunikasi sangat diharuskan dalam berinteraksi dengan lawan tuturnya karena dari kesantunan tersebut kita bisa menilai bagaimana perilaku seseorang untuk menghadapi lawan tutur lainnya.salah satu ketidaklangsungan yang dapat ditemukan di dalam suatu ujaran acara televisi.Hitam putih merupakan salah satu acara talk show yang ditayangkan setiap hari senin-jumat pukul 18.00 di layar Trans 7. Acara ini menyuguhkan tayangan yang menghadirkan para tokoh yang berkualitas sesuai bidang, profesi, dan keahlian masing-masing. Sehingga penonton merasa senang telah dihadirkan orang-orang yang berkualitas dan merasa senang menyaksikan acara talk show hitam putih.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik yang diwujudkan lewat teknik dasar dan teknik lanjutannya adalah teknik rekam dan teknik catat. Penelitian ini bertujuan untuk merekam tayangan talk show dengan mencatat tuturan yang muncul serta menandai gesture wajah dengan mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa yang terdapat pada acara talk show hitam putih.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa prinsip kesantunan berbahasa yang digunakan oleh narasumber hitam putih, pematuhan maksim kesantunan berbahasa dan pelanggaran maksim kesantunan yang ditemukan pada acara talk show hitam putih terdapat enam pematuhan maksim (1) maksim kearifan (2) maksim kedermawaan (3) maksim kerendahan hati (4) maksim pujian (5) maksim simpati (6) maksim kesepakatan dan temuan lain adalah pelanggaran maksim kesantunan pada acara talk show hitam putih terdapat enam pelanggaran maksim (1) pelanggaran maksim kearifan (2) pelanggaran maksim kedermawaan (3) pelanggaran maksim kerendahan hati (4) pelanggaran maksim pujian (5) pelanggaran maksim simpati (6) pelanggaran maksim kesepakatan. Intensitas kesantunan yang paling banyak dilakukan yakni maksim kearifan dan pujianKata kunci : kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, talk show hitam putih, tindak tutur
Retorika Tekstual dalam Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari silvi faiqotur
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.979 KB)

Abstract

Abstrak: Retorika tekstual merupakan kemampuan penulis dalam memilih kata untuk menggambarkan setiap kejadian dalam sebuah cerita sehingga membuat pembaca terpersuasi dan meninggalkan kesan setelah membaca cerita tersebut. Tujuna dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan secara objektif struktur kohesi dalam novel Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari dan (2) untuk mendeskripsikan secara objektif struktur koherensi dalam novel Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana data yang dihasilkan berupa kata, frasa, klausa , atau kalimat dan bukan angka-angka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Fiersa Besari dalam memaparkan ceritanya menggunakan banyak aspek kohesi dan koherensi. Aspek kohesi gramatikal yang dapat ditemukan dalam novel ini adalah: (1) referensi, (2) substitusi, (3) ellipsis (4) konjungsi, untuk piranti kohesi leksikal diperoleh: (1) repetisi, (2) sinonimi, (3) antonimi, (3) kolokasi, (4) hiponimi, (5) ekuivalensi. Sedangkan pada koherensi ditemukan aspek koherensi berpenanda sebagai berikut: (1) koherensi kausalitas, (2) koherensi kontra, (3) koherensi aditif, (4) koherensi temporal, (5) koherensi kronologis, (6) koherensi peruntutan), pada koherensi tidak berpenanda ditemukan: (1) koherensi perincian, (2) koherensi perian, dan (3) koherensi dialog.Kata Kunci: analisis, retorika tekstual, novel
PROSES NARATIF DEHUMANISASI DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI deri wildianto
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.138 KB)

Abstract

Abstrak : Sastra  tidak  lahir  dari  kebudayaan  yang  kosong,  karya  sastra  lahir  dari  seorang  pengarangnya  sebagai  tempat  menyampaikan  perasasan,  pikiran  dan  pengalaman. Melalui karya sastra pengarang dapat menceritakan apa yang sedang ada dalam perasaanya, banyak pula pengarang yang menggunakan karya sastra sebagai sarana untuk meyampaikan pikiranya kepada orang banyak dan menjadikan sebuah karya sastra sebagai sarana seorang pengarang untuk menceritakan kembali pengalamanya.Fokus Penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk tuturan dalam novel Laut Bercerita karya Leila s. Chudori, (2) mendeskripsikan bentuk sikap dalam novel Laut Bercerita karya Leila s. Chudori, (3) mendeskripsikan bentuk perilaku dalam novel Laut Bercerita karya Leila s. Chudori. Bertujuan untuk mendeskripsikan lebih jelas bentuk dari dehumanisasi yang berupa aspek tuturan, sikap, perilaku, dan membuka wawasan baru tenang kepenulisan karya sastra yang kreatif dalam mengembangkan konflik.Metode penelitian yang digunakan berupa metode kualitatif deskriptif. Data berupa dialog, monolog, dan narasi pengarang. Sumber data pada penellitian ini adalah novel Laut Bercerita karya Leila s. Chudori. Alur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan beberapa langkah yaitu: (1) membaca novel Laut Bercerita (2) mencermati novel Laut Bercerita untuk mengidentifikasi konteks penelitian (3) melakukan kajian teori, (4) kodifikasi data, (5) menyajikan data sesuai kodifikasi, (6) menganalisis data.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa novel Laut Bercerita karya Leila s. Chudori memiliki tiga bentuk dehumanisasi yaitu tuturan, sikap, dan perilaku dalam konflik yang dialami setiap tokohnya.kejaidan yang dialami oleh tokoh Laut dan kawan-kawannya sangatlah tidak manusiawi dan merupakan contoh nyata mlalui karya sastra tentang bentuk dehumanisasi, sehingga tindakan tersebut perlu dihindari dan tidak terulang kembali, sebab melanggar Undang-undang dan norma yang berlaku.Kata Kunci : Karya Sastra, Dehumanisasi, Novel
Analisis Penggunaan Bentuk Deiksis dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata wirda rahma dewi
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.185 KB)

Abstract

 ABSTRAK : Bahasa merupakan media komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan simbol-simbol yang telah disepakati bersama. Bahasa banyak memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Bahasa merupakan salah satu hasil budaya manusia yang sangat tinggi nilainya, dengan adanya bahasa manusia dapat berkembang dan mengabstraksikan berbagai gejala yang muncul di sekitar lingkungan masyarakat. Manusia dapat berkomunikasi dengan lancar dan tanpa hambatan jika satu sama lain memahami bahasa yang digunakan dalam berkomuninkasi. Bahasa juga memiliki banyakkata dan frasa berdasarkan pada keadaan ucapan yang diucapkan dan hanya dapat dipahami apabila seseorang memahami situsi dan kondisinya, aspek seperti inilah yang disebut deiksis. Deiksis adalah hubungan antar kata yang digunakan dalam tindak tutur dengan referen kata yang tidak tetap atau dapat berubah-ubah dan berpindah-pindah. Deiksis merupakan cara untuk dapat mengetahui makna dari sebuah kata yang harus diketahui pula siapa, di mana, dan kapan kata itu di ucapkan. Peran deiksis dalam sebuah novel sangatlah penting yakni digunakan sebagai suatu strategi untuk menarik orang agar mengetahui apa peran seorang tokoh dalam novel, apa yang di bicarakan, dan apa yang disampaikan. Seperti dalam novel Ayah karya Andrea Hirata banyak sekali penggunaan bentuk deiksis yang diulas di dalam novel tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis penggunaan bentuk deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam metode ini peneliti berusaha menggambarkan kondisi dan proses yang tengah berlangsung untuk menengetahui apa yang dimaksudkan dari tuturan yang ada di dalam novel. Data penelitian ini merupakan dialog, monolog, deskripsi dan narasi yang mengandung unsur deiksis yang terdapat dalam novel Ayahkarya Andrea Hirata.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Ayah karya Andrea Hirata terdapat penggunaan bentuk deiksis persona pertama tunggal dan deiksis persona pertama jamak bentuk aku, saya, -ku, ku-, kita, dan kami. Penggunaan bentuk deiksis persona kedua tunggal dan deiksis persona kedua jamak bentuk kamu, kau, anda, -mu, dan kalian. Penggunaan bentuk deiksis ketiga tunggal dan deiksis persona ketiga jamak bentuk ia, dia, -nya, dan mereka. Penggunaan bentuk deiksis tempat lokatif bentuk ke sini, ke sana, di sini, di sana, di situ dan juga penggunaan bentuk deiksis tempat demonstratif bentuk ini dan itu. Penggunaan deiksis waktu masa lampau berupa tadi, penggunaan deiksis waktu masa kini berupa sekarang, dan penggunaan deiksis waktu masa yang akan data berupa nanti, dan esok. Terdapat panggilan khusus dalam novel Ayah yakni kata boy, yang merupakan kata ganti dari persona pertama tunggal atau panggilan nama seseorang.Kata Kunci: bahasa, deiksis, novel ayah
TINDAK KOMUNIKASI ANAK AUTIS HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI SOSIAL DI SDN SUMBERSARI 1 KOTA MALANG Siti Maryam maryam
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.874 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian dilakukan dengan tujuan agar dapat mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai bentuk tindak komunikasi yang dapat dilakukan anak autis, serta kebisaan anak autis saat melakukan interaksi sosial di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 1 Malang. Tujuan khusus penelitian mendeskripsikan (1) jenis komunikasi dalam interaksi sosial anak autis di sekolah inklusi, (2) fungsi komunikasi dalam interaksi sosial anak autis di sekolah ingklusi, dan (3) strategi komunikasi dalam interaksi sosial anak autis di sekolah inklusi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Disebut studi kasus karena peneliti berusaha mengkaji kasus khusus berdasarkan karakteristik individual hambatan komunikasi. Tahapan yang dilakukan oleh peneliti, yaitu dengan cara pengumpulan data dan menganalisis data yang sudah ada. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 dengan jenis autis gangguan komunikasi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Adapun, teknik analisis data meliputi transkripsi, identifikasi data, interpretasi atau penafsiran, dan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian tentang tindak komunikasi anak autis dalam interaksi sosial di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 1 Malang dapat disimpulkan bahwa bentuk tindak komunikasi yang dilakukan ABK berupa komunikasi satu arah (penutur dan mitra tutur) dengan tindak direktif, tindak asertif, dan tindak ekspresif.Dalam menggunakan tindak komunikasi ABK autis memiliki fungsi direktif menanyakan,  menyuruh, dan mengajak, tindak asertif memiliki fungsi memberitahu, dan tindak ekspresif memiliki fungsi menunjukkan suasana perasaan.ABK autis menggunakan strategi komunikasi tuturan langsung yang memiliki makna dasar (sederhana). Saat ABK merespon dalam komunikasi verbal dan nonverbal masih memerlukan bimbingan, terkadang ABK bisa merespon tetapi respon yang diberikan ABK belum sesuai dengan topik komunikasi.Simpulan hasil penelitian adalah tindak komunikasi anak aitus dalam interaksi sosial menggunakan ola satu arah dengan jenis dan fungsi tindak verbal (direktif, asertif, ekspresif) dengan strategi langsung serta tindak nonverbal menggunakan gerakan anggota tubuh dengan kedekatan fisik (gerakan tangan, sentuhan, dan ekspresi muka).Kata kunci: tindak komunikasi, anak autis, interaksi sosial.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue