cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran" : 8 Documents clear
Mitos Verbal dalam Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari Alifta Ainun Fitroh
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.553 KB)

Abstract

Abstrak : Fokus penelitian ini yaitu (1) mitos verbal yang berkaitan dengansikap/perilaku, (2) mitos verbal yang berkaitan dengan tradisi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan mitos verbal yang berkaitan dengan sikap/perilaku,mendeskripsikan mitos verbal yang berkaitan dengan tradisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Roland Barthes yang mendalamai mengenai mitos. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian didapat 18 mitos verbal yang berhubungan dengan sikap/perilaku maupun mitos verbal yang berkaitan dengan tradisi dalam novel Aroma Karsa.Kata Kunci: Mitos verbal, Sikap/perilaku, tradisi, Novel.
STRATEGI EKSISTENSI PEREMPUAN DALAM NOVEL PENARI DARI SERDANG KARYA YUDHISTIRA ANM MASSARDI Alvi Rahmawati
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.539 KB)

Abstract

Abstrak: Gerakan feminis telah membawa dampak yang baik bagi perempuan di lingkungan masyarakat. Perempuan yang dulunya ditindas dan dianggap sebagai sosok kedua setelah laki-laki mulai berani bersaing dengan menunjukkan kemampuan dan eksistensinya yaitu dengan bekerja keras. Hasil dari eksistensinya di masyarakat dapat mengangkat derajat perempuan yang selalu dianggapilemah danibutuh perlindungan dari kaum laki-laki. Namun pada kenyataannya, meski perempuan telah mampu bangkit perannya di masyarakat masih tidak berarti. Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa peran utama perempuan adalah suatu takdir yang tidak dapat diubah dengan cara apapun. Anggapan tersebut yang kemudian menimbulkan perlawanan dari para perempuan yaitu dengan menunjukkan eksistensinya. Bentuk pemberontakan yang dilakukan perempuan tercermin dari beberapa karya novel yang mengupas eksistensi seorang perempuan, salah satunya yaitu novel Penari dari Serdang karya Yudhistira ANM Massardi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk eksistensi perempuan dan mendeskripsikan faktor pendorong terjadinya eksistensi perempuan dalam novel Penari dari Serdang karya Yudhistira ANM Massardi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif , yaitu metode yang digunakan untuk meneliti objek pada kondisi alamiah yang melibatkan peneliti secara langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kajian pustaka yang bertujuaniuntuk menggambarkan pengalamanihidupitokoh Putri Chaya pada novel Penari dariiSerdang yangidilihatidariisumber data. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, triagulasi, mendeskripsikan data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk eksistensi perempuan yang dilakukan oleh tokoh Putri Chaya pada novel Penari dari Serdang karya Yudhistira ANM Massardi adalah perempuan dapat bekerja, perempuan dapat menjadi seorang intelektual, perempuan dapat menolak ke-Liyanannya. Faktor pendorong terjadinya eksistensi perempuan adalah faktor subordinasi, kekerasan, dan beban kerja.Kata Kunci: eksistensi perempuan, feminisme, novel, perbedaan gender.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI METODE PETA KONSEP PADA MASA PANDEMI COVID – 19 SISWA KELAS VIII MTs NOOR ROCHMAT LAWANG KABUPATEN MALANG Nafiatul Ummah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.811 KB)

Abstract

Abstrak : Keterampilan menulis  teks berita merupakan sebuah keterampilan berbahasa yang perlu diajarkan sejak dini karena menulis mempunyai peranan yang sangat penting diera sekarang, proses belajar siswa tidak terlepas dari keterampilan menulis. Salah satu keterampilan berbahasa yang aktif produktif (menghasilkan) yang digunakan sebagai alat komunikasi secara tidak langsung. Keterampilan menulis teks berita lebih sulit dari pada keterampilan berbahasa lainnya karena tidak datang secara otomatis melainkan memerlukan latihan dan kebiasaan, menulis tidak hanya menuangkan ide akan tetapi menjelaskan maksud dan makna.  Permasalahan yang ada adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui metode peta konsep, serta bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII MTs Noor Rochmat kabupaten Malang setelah pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui metode peta. Tujuam dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui metode peta konsep  dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII MTs Noor Rochmat kabupaten Malang setelah pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui metode peta konsep.  Dari hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi manfaat bagi guru, siswa dan sekolah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.Kata kunci : Keterampilan menulis teks berita, metode peta konsep
RESILIENSI KREATIF TOKOH DIMAS SURYO DALAM NOVEL PULANG KARYA LEILA S. CHUDORI nurul hinda wachid
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (30.712 KB)

Abstract

Abstrak: Resiliensi merupakan kemampuan untuk dapat bertahan dan mengatasi situasi yang menekan psikologis dengan cara sehat dan produktif melalui kreativitas yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kreatif serta peran makanan dan rempah Indonesia sebagai bentuk kreativitas untuk beresiliensi tokoh Dimas Suryo dalam novel Pulang karya Leila S. Chudori. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek kreatif dalam proses pembentukan resiliensi Dimas Suryo melalui tujuh faktor sebagai komponen pembentuk resiliensi. Ketujuh faktor tersebut adalah 1) meregulasi emosi, 2) pengendalian dan kontrol emosi dengan baik, 3) mampu mengidentifikasi permasalahan dengan mengenal diri, 4) memiliki sikap empati, 5) sikap optimisme yang melahirkan ide inovatif dengan mendirikan Restoran Tanah Air, 6) efikasi diri dengan keyakinan serta usaha dan pantang menyerah untuk mengajukan visa agar dapat pulang ke Indonesia, dan 7) mampu mengambil hikmah setelah menjalani hidup sebagai eksil politik. Serta bentuk kreatif tokoh Dimas Suryo yang menjadikan makanan Indonesia sebagai sarana untuk memperkuat jati diri atau identitasnya, sekaligus cara mengobati kerinduan terhadap Indonesia karena ia menjadi eksil politik puluhan tahun di Paris yang ditolak kembali ke tanah air oleh Pemerintah Indonesia.Kata Kunci: Resiliensi, Kreativitas, Novel Pulang
NILAI MORAL DALAM NOVEL ISLAMMU ADALAH MAHARKU KARYA ARIO MUHAMMAD Rodah Raodah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.768 KB)

Abstract

Abstrak: nilai moral merupakan perilaku baik buruk ataupun ahkla manusia, dalam kehidupan saat ini sudah banyak berkurang moral dalam diri manusia tapi tidak bisa kita pungkiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud nilai moral dalam novel Islammu adalah Maharku karya Ario Muhammad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini dalam novel Islammu adalah Maharku terdapat nilai moral diantaranya: wujud nilai moral dalam novel, noral tokoh utama, dan bentuk penyampaian nilai moral.
NARASI FUTURISTIK DALAM NOVEL CARA BERBAHAGIA TANPA KEPALA KARYA TRISKAIDEKAMAN M. Saifudin Zuhri
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.139 KB)

Abstract

Abstrak: Narasi Futuristik merupakan sebuah wacana yang merepresentasikan sebuah peristiwa, penceritaan atau tindakan-tindakan yang berorientasi ke masa depan ditandai dengan perkembangan teknologi. Tidak hanya sekedar sebuah penceritaan, futuristik muncul sebagai respon kebutuhan masyarakat dalam era yang serba cepat dan diwarnai dengan perubahan-perubahan yang saling berhubungan di dalamnya terdapat perubahan keadaan atau situasi yang dibangun berdasarkan urutan waktu melalui tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan struktur narasi futuristik dalam novel Cara Berbahagia Tanpa Kepala karya Triskaidekaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan naratif dipadukan dengan futuristik dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk narasi futuristik. Ketiga bentuk tersebut 1) penokohan, 2) tema, dan 3) latar. Serta struktur narasi futuristik yang terdiri atas terem a, b, c, d, e, f, dan g. Sedangkan fungsi menggunakan tanda x, y, dan z.Kata Kunci: Novel, Narasi, Futuristik, Bentuk, Struktur
TRANSFORMASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PEMBELAJARAN DARING BIPA DI MUSLIM SANTITHAM NAKHON SI THAMMARAT THAILAND Sarah Afnilia Syahrulnajah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.145 KB)

Abstract

Abstrak: Besarnya perkembangan media sosial telah memperlihatkan adanya perubahan bentuk komunikasi interpersonal. Kondisi ini diperparah dengan terjadinya pandemi covid-19 di awal tahun 2020. Hampir seluruh sistem pendidikan di dunia kini beralih menggunakan media daring dan berdampak pada proses praktik pengalamangan lapangan atau PPL berupa kegiatan pembelajaran BIPA di sekolah pilihan di Thailand yang kini seluruh kegiatannya berganti melalui media daring. Dengan kondisi demikian bentuk komunikasi interpersonal mengalami transformasi, karena proses komunikasi tidak lagi dituntut untuk bertatap muka secara langsung tetapi dapat dilakukan dengan bebagai macam aplikasi media daring yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi transformasi komunikasi interpersonal pada pembelajaran daring BIPA di Muslim Santitham Nakhon Si Thammarat Thailand. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan isi penelitian deskriptif.  Transformasi fungsi dan bentuk komunikasi interpersonal ditemukan berdasarkan dari hasil pengamatan pada transkrip dialog saat pembelajaran daring BIPA di Muslim Santitham Nakhon Si Thammarat Thailand. Hasil penelitian yang diperoleh (1) bentuk transformasi komunikasi interpersonal pada pembelajaran daring BIPA di Muslim Santitham Nakhon Si Thammarat Thailand, dan (2) fungsi transformasi komunikasi interpersonal pada pembelajaran daring BIPA di Muslim Santitham Nakhon Si Thammarat Thailand.Kata Kunci: transformasi, komunikasi interpersonal, pembelajaran daring, BIPA.
Nilai Religius Dalam Novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia Angga Hedi Prasetyo M. Salem
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.59 KB)

Abstract

Abstrak: Novel merupakan suatu obyek pembelajaran yang tepat dan dapat menyampaikan isi pesan dan kesan berupa nilai-nilai penting terkususnya nilai religius. Novel dapat menghadirkan pemikiran-pemikiran yang posistif tentang suatu kehidupan yang menggambarkan sikap religius pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan representasi religius dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, 2) Menjelaskan simbol religius dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, 3) Menjelaskan makna religius dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia.Nilai Religius yang terdapat dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia mewakili setiap orang merasakan nilai-nilai religus, baik secara praktik dalam kehidupan sehari-hari, serta kehidupan beragama untuk menyempurnakan nilai religius di dalam diri secara batin maupun dhohir yang mendapatkan rasa kepuasan dalam hidup. Sehingga seorang yang melakukan praktik tersebut tertuang dalam karya akan terlihat jelas dari hasil karyanya, apalagi karya sastra yang sering kali terrepresentasi dari dirinya. Nilai religius yang menjadi tolok ukurnya ada pada teks bentuk deskripsi, narasi, serta dialog yang menjadi pemahaman yang ada pada novel tersbut. Di pandang dari latar belakang penulis, serta pembaca memberikan pendapat bahwa karya sastra ini terkandung nilai religius.Fokus penelitian ini yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: Nilai Religius dalam novel  Bibadari Berbisik karya Asma Nadia yang dijabarkan menjadi tiga bagian yaitu; (1) representasi religius dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, (2) simbol religius dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, Makna riligius dalam novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia. Berkaitan dengan fokus penelitian tersebut peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan pembahasaan bentuk nilai religius yang terkandung dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber utama dalam penelitian ini berupa monolog, narasi, tokoh, dan dialog yang terdapat dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, yang diterbitkan oleh Republika Penerbit pada tahun 2020 di Jakarta Selatan yang terdiri dari 5 bab dan terdiri dari 25 sub-bab judul sehingga pada novel ini memiliki 301 halaman. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan melakukan pemaknaan pada novel secara saksama.Hasil dari penelitian ini adalah Representasi Religius dalam Novel Bidadari Berbisik, Simbol Religius dalam Novel Bidadari Berbisik, Makna Religius dalam Novel Bidadari Berbisik. Dalam penelitian ini menggambarkan pada pembaca tentang nilai religius yang merupakan suatu cerminan bagi para pembaca, bahwa didalam kehidupan nyata sering sekali kita jumpai adanya nilai religius. Maka pemahaman tentang nilai-nilai religius didalam kehidupan nyata sangatlah penting bagi umat manusia. Dengannya tujuan peneliti mendeskripsikan nilai religius yang terkandung dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia ditujukan agar pembaca dapat mencerminkan nilai religius yang terkandung dalam novel tersebut. Kata Kunci: Novel, Nilai Religius, Bidadari Berbisik

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue