cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran" : 6 Documents clear
Simbol Penokohan dalam Naskah Drama Orang-Orang Bawah Tanah Karya R Giryadi Khairus Shaleh Amirul Amin -
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11.181 KB)

Abstract

Abstrak: Drama adalah karya fiksi yang mengandung dialog antar tokoh di dalamnya. Dalam penelitian ini akan dikhususkan pada teks drama sebagai karya sastra. Upaya dalam mengungkapkan penokohan pada drama, simbol dalam drama menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Bahasa merupakan media utama dalam menyampaikan pesan yang ada di dalam naskah drama kepada pembaca, bahasa merupakan sistem tanda yang mewakili sesuatu yang lain yaitu makna. Ilmu tentang tanda yang berkaitan dengan bahasa dikenal dengan teori semiotik. Semiotika merupakan suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda. dalam penelitian ini akan mengarah kepada tanda khususnya berupa simbol yang ada di dalam naskah drama.Penelitian ini bertujun untuk mendeskripsikan tiga permasalahan yaitu: (1) bentuk simbol penokohan dalam naskah drama Orang-orang Bawah Tanah karyaR. Giryadi, dan (2) fungsi simbol penokohan dalam naskah drama Orang-orang Bawah Tanah karya R. Giryadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Prosedur pengumpulan datanya ialah dengan menggunakan teknik catat, yaitu dengan mencatat mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bentuk dan fungsi simbol penokohan dalam naskah drama. Keabsahan data diperoleh menggunakan teknik triangulasi teori. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada bentuk simbol penokohan yang menonjol pada setiap tokoh yang dapat ditemukan yaitu: (1) Orang I memiliki watak yang semangat dalam menemukan perubahan, (2) Orang II memiliki watak yang menjengkelkan, (3) Perempuan Tua memilki watak yang bijaksana, (4)Lelaki Tua memiliki watak yang bijaksana, (5) Nasib memiliki watak yang misterius, dan (6) Genius, Limpa dan Kuat memiliki watak yang egois.Sedangkan fungsi simbol penokohan yang dapat ditemukan yaitu: (1) Orang I memiliki satu aspek yaitu: (a) Protagonis, indikatoranya ialah mendukung pada alur cerita, dan merupakan tokoh yang berwatak baik. (2) Orang II memiliki satu aspek, yaitu: (a) Antagonis, indikatornya ialah bertentangan dengan tokoh protagonis yang menimbulkan konflik, dan merupakan tokoh yang berwatak buruk atau negatif. (3) Perempuan Tua dan Lelaki Tua sama-sama memiliki satu aspek, yaitu: (a) Tritagonis, indikatornya sebagai tokoh yang bijak dan pembantu dalam menyelesaikan masalah. Kata Kunci: Simbol, Bentuk Simbol Penokohan, Fungsi Simbol Penokohan, Nas/kah Drama Orang-orang Bawah Tanah. 
nilai, religius, kumpulan kisan, Rumi Fiqi Irawan Fiq
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (26.122 KB)

Abstract

Abstrak: Kumpulan kisah Rumi dalam hal ini memiliki kedekatan dengan dengan gendre prosa fiksi novel karena mengalami penceritaan dari sudut padan yang berbeda oleh beberapa penulis.Tujuan penelitian ini, (1) mendeskripsikan nilai akidah kumpulan kisah “Ratapan Kerinduan Rumi Karya” Osman Nuri Topbas, (2) mendeskripsikan nilai syariat dalam kumpulan kisah “Ratapan Kerinduan Rumi Karya” Osman Nuri Topbas, (3) mendeskripsikan nilai akhlak dalam kumpulan kisah “Ratapan Kerinduan Rumi Karya” Osman Nuri Topbas.Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menguraikan beberapa kata yang berhubungan dengan nilai religius dalam kumpulan kisan Ratapan Kerinduan Rumi Karya Osman Nuri Topbas.Hasil analisis data dalam novel tersebut terdapat nilai akidah dalam kumpulan kisah “Ratapan Kerinduan Rumi Karya” Osman Nuri Topbas, meyakini tuhan sebagai pencipta dan pemelihara meyakini kehendak tuhan.  Nilai syariat dalam kumpulan kisah yaitu menaati perintah tuhan (allah). Selain itu, nilai akhlak kepada makhluk (manusia) juga menjadi cakupan di dalamnya.Kata kunci: nilai, religius, kumpulan kisan, Rumi
Prinsip Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Caption Dan Komentar Media Instagram BBC News Indonesia Firdausi Nuzula Firdausi Nuzula
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.634 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi objektif tentang prinsip kesantunan terutama mengenai maksim kesantunan dan pelanggaran maksim kesantunan dalam komentar dan caption instgaram BBC News Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini adalah sosial media instagram yang mana ia adalah salah satu rating tertinggi yang dapat memberikan interaksi langsung bahasa melalui media sosial tersebut. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif karena tidak adanya unsur angka atau hitunga dalam saat meneliti dan dengan jenis penelitian fenomenologi. Analisis data yang digunakan meliputi: 1) tahap rancangan penelitian, 2) tahap pelaksanaan penelitian, 3) tahap pembuatan laporan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat prinsi-prinsip kesantunan berbahasa dan bebrapa maksim dan pelanggarannya. masing terdiri dari 6 maksim kesantunan dan 6 pelanggaran kesantunan. Dari 6 maksim kesantunan dalam berbahasa namun terdapat 5 maksim yang ada dalam penelitian tak lain yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penerimaan, maksim kesetujuan dan, maksim kesimpatian. Sedangkan dalam pelanggaran kesantunan dari 6 pelanggaran terdapat 4 pelanggaran maksim kesantunan yaitu, pelanggaran maksim kedermawanan, pelanggaran maksim kesetujuan, pelanggaran maksim kerendahatian, dan pelanggaran maksim kesimpatian. Dalam komentar tersebut terdapat juga maksim kebijaksanaan, maksim kesetujuan, dan pelanggaran maksim kedermawanan yang berupa simbol atau emoticon yang mempunyai makna tersendiri.Kata Kunci: Prinsip-prinsip Kesantunan, Makisim kesantunan, pelanggaran maksim kesantunan
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN METODE DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKADANA KABUPATEN KAYONG UTARA Wiwik Putri Ningsih
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.919 KB)

Abstract

Abstrak: Belajar bahasa adalah belajar komunikasi, dan belajar sastra adalah belajar menghargai manusia dan nilai-nilai kemanusiaan. Sastra merupakan bagian dari mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki fungsi utama sebagai penghalus budi pekerti, peningkatan kepekaan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial, penumbuh apresiasi budaya dan penyaluran gagasan, imajinasi dan ekspresi secara kreatif dan konstruktif, baik secara lisan maupun secara tulisan melalui sastra siswa diajak memahami, menikmati, dan menghayati karya sastra. Keterampilan menulis merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Banyak ahli telah mengemukakan pengertian menulis. Keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melalui bahasa tulis. Ketepatan pengungkapan gagasan harus didukung dengan ketepatan bahasa yang digunakan, kosakata dan gramatikal dan penggunaan ejaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis siswa SMPN 1 Sukadana dapat dinilai dari beberapa aspek seperti 1. Meningkatkan keterampilan menulis siswa  2. Meningkatkan kepercayaan diri 3. Menambah keberanian dalam bersuara 4. Kesempatan mendapatkan pengasilan 5. Mengasah imajinasi. Dan hasil karya tulis yang dikempokan secara individu maupun secara kelompok  dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa SMPN 1 Sukadana. Manfaat keterampilan menulis puisi dapat dilihat dari meningkatnya partisipasi, keaktivan, dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam bentuk dokumentasi.Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Puisi Bebas
Feminisme dalam drama Korea The World Of The Married Fellin _ Juniarsi
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.904 KB)

Abstract

Abstrak: tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kedudukan tokoh Ji Sun Woo di masyarakat dalam drama Korea The World Of The Married yang ditinjau dari feminisme dan mendeskripsikan peran tokoh Ji Sun Woo di masyarakat dalam drama Korea The World Of The Married yang ditinjau dari feminisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bertujuan untuk menganalisis data deskriptif yang berbentuk dialog dan monolog tokoh utama perempuan dalam drama Korea The World Of The Married yang ditranskrip dalam bentuk tulisan dan menghasilkan deskripsi kedudukan dan peran tokoh utama yakni Ji Sun Woo dalam drama Korea The World Of The Married karya Joo Hyun yang ditinjau dari feminisme. Hasil dari penelitian ini menunjukan nilai feminisme yang diperlihatkan oleh tokoh utama yakni Ji Sun Woo sebagai perempuan yang kuat, Tangguh, pemberani dan dapat mengambil keputusannya sendiri untuk  mencari keadilan. Drama Korea The World Of The Married membahas tentang gender, pekerjaan dan permasalahan kelompok sosial. Drama Korea The World Of The Married ini berisikan bias gender yang secara tidak langsung merugikan masyarakat secara menyeluruh, seperti fakta yang menunjukan ketegasan bias gender diambil dari sisi Dr. Kong Ji-Cheol: pria dan wanita tidak sama dalam hal sebagai pemimpin dan pekerja. Sehingga dalam benaknya perempuan yang single tidak boleh memegang penuh kepemimpinan sebab dapat menimbulkan masalah. Hal itu ditemukan pada Ji Sun Woo, Dr. Kong Ji-Cheol menurunkan Ji Sun Woo yang bercerai untuk tidak menjadi pejabat lagi. Drama ini termasuk dalam kategori feminisme liberal sebab Ji Sun Woo yang diceritakan sebagai sosok perempuan yang mencari keadilan yang dimulai dari dirinya sendiri dan drama ini memberi penjelasan tentang feminisme di masyarakat.Kata Kunci: Feminisme, Drama Korea
PENINGKATAN MEDIA PEMBELAJARAN "EKOWADANA" UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAGI MAHASISWA ASING TINGKAT B2 DI PROGRAM BIPA UNISMA 2021 Muchammad Maulana
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.184 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yakni 1) mendeskripsikan karakteristik kebutuhan media ajar komik wayang e-book legenda bagi penutur asing tingkat B2 di BIPA Unisma 2021, 2) memperoleh deskripsi objektif hasil pengembangan media pembelajaran komik wayang e-book legenda bagi penutur asing tingkat B2 di BIPA Unisma 2021, 3) memperoleh deskripsi objektif tentang hasil validasi pengembangan media pembelajaran komik wayang e-book legenda bagi penutur asing tingkat B2 di BIPA Unisma 2021. Pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berupa komik yang didalamnya menceritakan legenda yang ada di Indonesia yakni legenda gunung arjuna dengan karakter wayang punokawan. Produk dari penelitian ini di validasi oleh para ahli bahasa dan ahli media yakni salah satu dosen yang ada di Universitas Islam Malang. Dalam pelaksaananannya penelitian dan pengembangan ini mengikuti suatu model tertentu. Suatu model dapat diartikansebagai suatu representasi baik visual maupun verbal. Model menyajikan sesuatu atau informasi yang kompleks atau rumit menjadi suatu yang lebih sederhana atau mudah. Hasil dari penelitian ini antara lain (1) proses Pengembangan Media Pembelajaran E-Book komik wayang digital Cerita Rakyat untuk Mahasiswa Asing Tingkat B2 di BIPA Universitas Islam Malang  (2) hasil Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Cerita Rakyat untuk Mahasiswa Asing Tingkat B2 BIPA Universitas Islam Malang  (3)uji ValidasiKata kunci: Pengembangan, media, membaca

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue