cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran" : 8 Documents clear
ANALISIS PERBANDINGAN NILAI-NILAI NASIONALISME PADA NOVEL ORANG-ORANG PROYEK KARYA AHMAD TOHARI DAN NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE andy alanuari
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.079 KB)

Abstract

Abstrak: Karya sastra merupakan dunia yang diciptakan oleh penulis yang mengajak pembacanya masuk dan merasakan dunia tersebut. Sastra merupakan luapan emosi spontan yang biasanya tercipta dari kejadian ataupun pemikiran hebat dari penulis. Sedih, bahagia, marah menjadi alasan paling mendasar seseorang menciptakan karya sastra. Ahamd Thohari dan Tere Liye merupakan penulis yang sukses dalam membuat cerita dan membawa pembacanya masuk kedalam cerita tersebut, terutama dalam novel Orang-orang proyek karya Ahmad Tohari dan novel Pulang karya Tere Liye. Novel yang ditulis mampu mengajak pembaca untuk berfikir tentang masalah yang seringkali terjadi disekitar masyarakat, terutama masalah nilai-nilai nasionalisme. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan nilai-nilai nasionalisme yang ada pada kedua novel tersebut, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami novel Orang-orang Proyek dan novel Pulang. Konteks penelitian ini adalah mendeskripsikan berdasarkan fokus tentang masalah nilai-nilai nasionalisme baik itu persamaan dan perbedaan dari novel Orang-orang Proyek karya Ahmad Tohari dan novel Pulang karya Tere Liye. Peneiliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara memaparkan kutipan tentang persamaan dan perbedaan yang ada pada novel Orang-orang Proyek karya Ahmad Tohari dengan novel Pulang karya Tere Liye. Data yang diambil oleh penulis didapat dari dalam novel. Data tersebut nantinya akan ditandai dan dijabarkan melalui proses pencarian persamaan dan perbedaan.Kata kunci: perbandingan, nilai-nilai nasionalisme, persamaan, perbedaan.
Pengembangan Infografik SERENA (Sejarah Rempah Indonesia) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Mahasiswa BIPA Tingkat Menengah Nur Aini Rahmawati
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.607 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar BIPA tingkat menengah dengan berbasis infografik naratif tentang sejarah rempah Indonesia yang memiliki kelayakan isi, bahasa. dan grafikasi. Data diperoleh dari angket analisis kebutuhan bahan ajar dan angket penilaian purwarupa bahan ajar infografik SERENA. Sumber data yang diambil berasal dari situs kompas, ipusnas, dan national geographicyang telah diadaptasi oleh peneliti agar sesuai dengan tingkat kemampuan mahasiswa BIPA tingkat menengah. Data akan dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa purwarupa bahan ajar infografik SERENA layak untuk digunakan dengan kriteria sebagai berikut: (1) berdasarkan analisis kebutuhan bahan ajar, purwarupa bahan ajar infografis SERENA cukup dinantikan oleh mahasiswa BIPA tingkat menengah karena dianggap bahan ajar yang manarik dan membantu mendeskripsikan isi bacaan, (2) berdasarkan purwarupa bahan ajar infografik SERENA yang telah dikembangkan, bahan ajar ini dibuat berdasarkan analisis kebutuhan bahan ajar serta kriteria-kriteria materi pembelajaran, dan (3) berdasarkan hasil validasi (uji kelayakan) ahli memperoleh nilai validasi 61 yang diinterpretasikan ke dalam kriteria layak dengan sedikit revisi. Adapun komentar yang diberikan oleh dua ahli antara lain terkait pencantuman rujukan/sumber, mengubah tingkatan kemampuan menjadi mahir, latihan soal pemahaman,dan kosakata kunci.Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, keterampilan membaca, infografik, SERENA, BIPA tingkat menengah.
REPRESENTASI NILAI EKOLOGI DALAM NOVEL PEJALAN ANRKI KARYA JAZULI IMAM Ahmad Rizal Setiawan
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.35 KB)

Abstract

Abstrak: Karya sastra diciptakan tidak pernah terlepas dari lingkungan. sastra dan lingkungan selalu berjalan bersama. Sastra butuh lingkungan sebagai nyawa dan lingkungan butuh sastra sebagai cermin. Penelitian ini menjelaskan tentang bentuk nilai ekologi. nilai-nilai ekologi direpresentasikan sebagai refleksi bagi pembaca. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah menemukan nilai-nilai ekologi yang ada dalam novel Pejalan Anarki karya Jazuli Imam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berdasarkan pada tujuan untuk mendeskripsikan nilai ekologi yang ada dalam novel pejalan Anarki karya Jazuli Imam.Kata Kunci : Lingkungan, Nilai Ekologi, Karya Sastra
ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA PERSPEKTIF GENDER PADA STATUS TWITTER Surya Wati
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.995 KB)

Abstract

Abstrak: Teknologi pada era globalisasi ini telah berkembang sangat pesat sehingga menuntut kecepatan arus informasi, salah satunya ialah pekembangan teknologi informasi berupa internet. Kemunculan internet dengan keragaman bentuk dan fungsinya, terutama dalam mendukung kebutuhan masyarakat untuk menggali sebuah informasi dari mana saja yang dapat di akses dalam media sosial. Di Indonesia popularitas media jejaring sosial yang sering digunakan baik dari kalangan tua maupun mudah untuk memberikan sumber informasi yang begitu besar yang tidak mudah didapatkan di media sosial lainnya adalah twitter, melalui twitter pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya dari komputer, gawai, maupun perangkat mobile, secara efektif dari manapun dan kapanpun. Dengan twitter, orang bisa mengenal satu sama lain lebih jauh, hanya melihat profil, fitur pertemanan, status dan kronologi, juga melalui foto yang mereka tampilkan. Di samping itu, gender mengidentifikasi adanya pengaruh terhadap penggunaan twitter melalui bahasa yang digunakan.Kata Kunci : penggunaan bahasa, perspektif gender, status twitter
MAKSIM TUTUR CERAMAH USTAZ YAZID BIN ABDUL QODIR JAWAZ Muhammad Dian Furqonul Fahmi
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.373 KB)

Abstract

Abstrak: Maksim tutur merupakan kaidah kebahasaan di dalam interaksi lingual, kaidah-kaidah yang mengatur tindakannya, penggunaan bahasanya, dan interpretasi-interpretasinya terhadap tindakan dan ucapan lawan tuturnya. Selain itu, maksim juga disebut sebagai bentuk pragmatik berdasarkan prinsip kerja. Salah satu penutur bahasa Indonesia yang harus memperhatikan kesantunan dalam tuturannya adalah tokoh agama atau ustaz. Seorang ustaz melakukan dakwah dengan metode ceramah. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk penerapan (kesuaian) maksim kesantunan, bentuk-bentuk pelanggaran maksim kesantunan dan penerapan komunikasi nonverbal dalam ceramah. Penelitian maksim tutur ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah tayangan video ceramah yang diambil dari media sosial (youtube). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang melibatkan penelitian secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Pada tahap analisis data, peneliti menggunakan pendekatan analisis data kualitatif. Teknik ini digunakan untuk mendeskripsikan bentuk maksim tutur dan penerapan komunikasi nonverbal dalam ceramah, dalam penelitian ini peneliti menguraikan teknik analisis data sebagai berikut, mentranskrip data, mengidentifikasi data, mengklasifikasikan atau mengelompokkan data, menafsirkan dan menarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal penting yaitu (1) penerapan (kesesuaian) maksim kesantunan ditemukan penerapan maksim kearifan, maksim pujian, maksim kesepakatan, dan maksim simpati, (2) pelanggaran maksim kesamtunan ditemukan pelanggaran maksim pujian, maksim kesepakatan, dan maksim kerendahan hati, (3) penerapan komunikasi nonverbal yang digunakan meliputi mimik wajah, gerakan kepala, dan gerakan tangan.Kata Kunci: Maksim Tutur, Ceramah
Konstruksi Identitas Feminin Dalam Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari Lia Lavenita Anggraeni
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.68 KB)

Abstract

Abstrak:Pembicaraan perihal sastra memang tidak pernah ada habisnya, tidak pernah habis untuk digali bekali-kali. Fananie (2002:2-4) mengatakan bahwa suatu teks dapat digolongkan menjadi teks sastra apabila di dalamnya mengandung nilai estetik. Secara mendasar suatu teks sastra setidaknya mengandung tiga aspek utama yaitu memberikan sesuatu kepada pembaca, memberikan kenikmatan melalui unsur estetik dan mampu menggerakan kreativitas pembaca.Fokus dalam penelitian ini yaitu: Konstruksi Identitas Feminin Dalam Novel Aroma Karsa (1) Konstruksi identitas feminin berdasarkan pola pikir dalam novel Aroma Karsa dan (2) Konstruksi Identitas Berdasarkan Sikap dalam Novel Aroma Karsa.(3) Konstruksi Identitas Feminin Berdasarkan Perilaku dalam Novel Aroma Karsa. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan Konstruksi Identitas Feminin berdasarkan Pola Pikir, Sikap dan Perilaku dalam novel Aroma Karsa berdasarkan: dialog antar tokoh, narasi yang dilakukan oleh tokoh, dan Deskripsi yang dilakukan oleh pengarang.  Metode penelitian yang digunakan berupa metode kualitatfi deskriptif. Data berupa dialog, monolog, dan narasi pengarang sumber data pada penelitian ini adalah novel Aroma Karsa karya Dee Lestari. Alur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan beberapa Langkah yaitu: (1) membaca novel Aroma Karsa (2) mencermati novel Aroma Karsa untuk mengidentifikasi konteks penelitian. (3) melakukan kajian teori, (4) kodifikasi data, (5) menyajikan data sesuai kodifikasi, (6) menganalisis data.Hasil penelitian menunjukan bahwa Konstruksi Identitas Feminin dalam novel Aroma Karsa yang terdapat dalam segi Pola Pikir terdiri dari: Diksi Kesopanan, Intonasi Rendah, Kalimat Menghargai dan beberapa hal yang terkait. Sedangkan yang terdapat dalam segi Sikap terdiri dari: Simpati, Mudah Bergaul, Keibuan, dan Terbawa Suasana. Dan yang terdapat dalam segi Perilaku terdiri dari: Empati, Gestur, Berpenampilan menawan, Gaya Hidup.Berdasarkan hasil dari ketiga konteks penelitian tersebut maka bisa diambil kesimpulan bahwa meski perkembangan zaman yang cukup konsisten merubah banyak hal untuk manusia terutama gender. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa setiap gender memiliki sifat alaminya masing-masing seperti halnya perempuan. Sehingga agar tidak salah persepsi dalam menelaah setiap manusia., alangkah lebih baiknya kembali ke konstruksi identitas gender masing-masing.Kata Kunci : Konstruksi, Identitas, Feminin, Sastra, Novel 
POLOTISASI TUBUH PADA GERAKAN KESETARAAN GENDER OLEH TOKOH UTAMA NOVEL NAMAKU MATA HARI KARYA REMY SYLADO Laila Khoiriyah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.265 KB)

Abstract

Abstrak: Berbicara tentang ideologi yang terbentuk pada penokohan di dalam novel tentunya sangat beragam, dan yang sering kali menarik perhatian adalah perihal penokohan terhadap tokoh perempuan. Novel-novel dengan karakter penokohan tokoh perempuan yang kuat, sering kali menjadi perbincangan bahkan menjadi topik hangat untuk diperdebatkan, khususnya yang berkaitan dengan seksualitas. Jika membahas mengenai seksualitas perempuan, maka tidak akan lepas dari istilah gender beserta perihal kontroversialnya mengenai deskriminasi perempuan hingga tuntutan atas kesetaraan gender. Penelitian ini menjelaskan tentang bentuk politisasi tubuh perempuan beserta fungsi politisasi tubuh sebagai wujud gerakan kesetaraan gender yang dilakukan oleh tokoh utama dalam novel Namaku Mata Hari karya Remy Sylado. Politisasi tubuh dalam penelitian ini dibatasi pada profesi bermodalkan kecantikan dan kegemualian tubuh perempuan. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sesuai dengan tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi politisasi tubuh yang dilakukan oleh tokoh utama dalam novel.Kata Kunci: politisasi tubuh, gerakan kesetaraan gender, tokoh utama novel.
ANALISIS KUALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII MTS DARUL HUDA CODO, WAJAK LILIK MAGHFIROH
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.601 KB)

Abstract

Abstrak : Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil kualitas perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran dan alat penilaian yang digunakan guru MTs Darul Huda. Subjek penilaian ini adalah guru Bahasa Indonesia di kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripif, yaitu  metode melibatkan penelitian secara langsung untuk mengamati objek yang diteliti. Setelah data terkumpul dari hasil pengamatan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah hasil kualitas perangkat pembelajaraan bahasa Indonesia kelas VII MTs Darul Huda bahwa pada RPP kesastraan dengan rata-rata skor penilaian 75% dengan analisis deskriptif persentasenya Cukup Baik/Cukup Sesuai dengan kurikulum 2013. Sedangkan pada RPP kebahasaan dengan rata-rata skor penilaian 70% dengan analisis deskriptif persentasenya juga Cukup Baik/Cukup Sesuai dengan kurikulum 2013. Pada media pembelajaran rata-rata skor penilaian 56% dengan analisis deskriptif persentasenya juga Kurang Sesuai dengan kurikulum 2013. Pada alat penilaian rata-rata skor penilaian 72% dengan analisis deskriptif persentasenya juga Cukup Baik/Cukup Sesuai dengan kurikulum 2013 Kata Kunci : Kualitas, Perangkat Pembelajaran, RPP, Media, Alat Penilaian

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue