cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran" : 8 Documents clear
KRITIK SOSIOKULTURAL DALAM NOVEL ‘KISAH KISAH KECIL DAN GANJIL MALAM 1001 PANDEMI’ KARYA AGUS NOOR Muhammad Afnani Alifian
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.379 KB)

Abstract

Abstrak: Kritik sosiokultural dimaknai sebagai kritik sosial dan kultur yang terjadi dalam novel kemudian dapat dipetik manfaat untuk kehidupan nyata masyarakat. Konteks kritik sosiokultural dalam penelitian ini dimaksudkan pada tanggapan terhadap karya sastra yang memiliki keterkaitan dengan masyarakat. Kritik sosiokultural sebagai tanggapan pada karya sastra berhubungan dengan masyarakat atau kepentingan umum yang diliputi narasi dan perbandingan perihal baik buruk karya sastra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan peneliti sebagai instrumen utama penelitian. Data yang dihasilkan berupa deskripsi dari narasi, dialog, juga monolog dalam novel Kisah-Kisah Kecil dan Ganjil Malam 1001 Pandemi karya Agus Noor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kritik sosiokultural dalam novel meliputi pada beberapa hal berikut ini. 1) Refleksi sosial dalam novel membuktikan bahwa karya sastra yang lahir pandemi covid-19 dapat menjadi pelarian sosial, hal ini terlihat dari bentuk, tindakan, dan perilaku tokoh. 2) Karya sastra memiliki hubungan dengan kehidupan nyata yang terjadi di tengah pandemi covid-19 baik berupa hubungan karya sastra dengan penulis, pembaca, dan kritik sosial. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa karya sastra dapat berfungsi sebagai kritik sosiokultural.Kata Kunci: Karya sastra, novel, pandemi, kritik sosiokultural.
Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Dalam Berbahasa di Tonight show Net Tv Nida Sholihah Nida Sholihah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.345 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama dalam acara tonight show di Net Tv. Subjek penelitian ini adalah tuturan tuturan pembawa acara dan narasumber yang ada dalam tonight show yang tayang di Net Tv. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus pelanggaran prinsip kerja sama yang tayang di Net Tv. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sedangkan untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan langkah-langkah mencari video tonight show, menginterprestasi, indentifikasi, pengklasifikasi, analisis, dan penyimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pelanggaran prinsip kerja sama yang terjadi dalam acara tonight show di Net Tv. Pelanggarannya, yaitu (1) maksim kuantitas, (2) maksim kualitas, (3) maksim relevansi, (4) maksim cara. Pelanggaran yang paling banyak digunakan oleh para narasumber dalam tonight show adalah maksim kuantitas. Tuturan yang digunakan oleh para narasumber sudah sesuai dengan indikator pelanggaran maksim kuantitas, yaitu lawan tutur memberikan informasi yang kurang, informasi yang berlebihan dan informasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan penutur.Kata kunci: prinsip kerja sama, berbahasa, Tonight show
Deiksis dalam Berita Kompas.com Periode Bulan Juli 2021 Shinta Ayu Margharetha
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.342 KB)

Abstract

Abstrak: Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia karena sebagai alat komunikasi. Salah satu bentuk bahasa ialah tindak tutur. Dalam suatu tuturan atau ujaran akan terjadi interaksi. Dalam bahasa juga terdapat beberapa konteks salah satunya deiksis, deiksis merupakan bahasa yang sebagai penunjuk hal tertentu diluar bahasa. Maksudnya, suatu bentuk bahasa yang memiliki sifat  deikis jika acuan atau referrensinya berpindah bergantung pada siapa yang menjadi penutur dan bisa berubah ketika acuan tersebut dituturkan. Dikehidupan sehari-hari sering kali kita menjumpai penggunaan deiksis, salah satunya dalam berita Kompas.com yang memuat berbagai informasi dari berbagai belahan dunia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk deiksis pada ujaran atau tuturan dalam informasi yang diberikan oleh Kompas.com periode bulan Juli 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.  Tahap yang dilakukan peneliti yaitu membaca informasi berita Kompas.com periode bulan Juli 2021 untuk memahami isi berita. Setelah itu, peneliti mengklasifikasikan bentuk-bentuk deiksis yang nantinya akan dibahas dalam tahap analisis. Peneliti kemudian melakukan pengumpulan data dalam tahap penyediaan data, lalu membaca kembali isi berita Kompas.com periode bulan Juli 2021 guna mencari ujaran atau tuturan yang mengandung bentuk deiksis. Setelah menemukan tuturan kemudia ditandai dan dikelompokkan tiap tuturan yang mengandung bentuk deiksis. Kemudian dilakukan pengecekan berulang agar data yang diambil akurat. Peneliti menerapkan metode yang dilakukan dengan teknik baca, kemudian catat. Setelah mencatat dan dikelompokkan, selanjutnya data tersebut dianalisis bentuk deiksisnya. Kata Kunci: Deiksis, Berita, Tuturan.
PENERAPAN METODE SUKU KATA BOLA SALJU DAN MEDIA PANTUPIN (PAPAN PINTAR DAN KARTU PINTAR) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADASISWA KELAS 1 DI SDN 1 TANGKILSARI DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PERINTIS TAHUN 2020 Zaskia Rahmadhani
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.582 KB)

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah metode sukukata bola salju dan media pantupin (papan pintar dan kartu pintar) dapatmeningkatkan kemapuan membaca permulaan di kelas I SDN 1Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang pada kegiatan kampusmengajar perintis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan metode penelitian tindakan kelas.Penelitian Tindakan Kelas inidilaksanakan pratindakan dan dua siklus, setiap siklus terdiri dariperencanaan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasilpratindakan diperoleh hasil belajar membaca permulaan siswa dengannilai rata-ratanya 70,82 dengan presentase siswa 89%. Hasil tindakansiklus I diperoleh hasil belajar membaca permulaan siswa dengan nilairata-ratanya 78,58 dengan presentase siswa 94%. Pada hasil tindakansiklus II diperoleh hasil belajar membaca permulaan siswa dengan nilairata-rata 85,64 dengan presentase 100% seluruh siswa tuntas. Dengandemikian dapat disimpulkan pembelajaran Bahasa Indonesia (membacapermulaan) dengan penggunaan metode suku kata bola salju dan mediapapan pintar dan kartu pintar di SDN 1 Tangkilsari Kecamatan TajinanKabupaten Malang dapat ditingkatkan dan dinyatakan tuntas. Kata Kunci : membaca permulaan, metode suku kata bola salju, mediapantupin (papan pintar dan kartu pintar)
PENERAPAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI UNIVERSITAS ISLAM MALANG M Haviluddin Haqqi
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.403 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di Universitas Islam Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Penelitian kualitatif ialah penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi dan orang secara individual maupun kelompok. Dalam penelitian kualitatif metode yang biasanya di manfaatkan adalah wawancara, pengamatan, dan pengolahan dokumen. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu menggambarkan data informasi sesuai kenyataan yang ada lapangan. Seperti pada umumnya dalam suatu penelitian, sumber data menjadi hal yang sangat penting. Dalam penelitian ini peneliti menjadikan interaksi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Islam Malang sebagai sumber data yang nantinya akan dilakukan observasi. Data tersebut berupa tuturan mahasiswa yang akan direkam menggunakan HP (Hand Phone). Data-data tersebut diambil pada bulan Agustus 2021.  Prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti menggunakantiga teknik antara lain teknik rekam, teknik simak dan teknik catat. Hasil dari penelitian ini yakni dilakukan penelitian terhadap interaksi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Islam Malang. Telah ditemukan sebanyak 13 data bentuk kesantunan berbahasa. Data tersebut  berupa bentuk kesantunan berbahsa meliputi enam maksim antara lain dua data dalam maksim kebijaksanaan, satu data dalam maksim kedermawanan, tiga data dalam maksim pujian, dua data dalam maksim kerendahan hati, dua data dalam maksim permufakatan, dan tiga data dalam maksim kesimpatian.Kata kunci: Kesantunan, Berbahasa, Interaksi
Perlawanan Atas Kebebasan Perempuan Terhadap Budaya Patriarki Dalam Novel Perempuan di Titik Nol karya Nawa El Saadawi James 123 A
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.309 KB)

Abstract

Abstrak : Patriarki adalah suatu  sistem atau budaya yang menempatkan posisi laki-laki sebagai memegang kekuasaan dominan, sehingga laki-laki selalu mendominasi dalam kekuasaan, laki-laki yang selalu menjadi pemimpin dalam ruang lingkup politik, orientasi moral etika, penguasaan properti dan hak sosial. Perlawanan perempuan merupakan suatu gerakan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh perempuan untuk memperjuangkan hak-hak kaum perempuan dan gerakan ini disebut gerakan feminisme.Penelitian ini bertujuan untuk mejelaskan realita mengenai bentuk ketidakadilan gender dan perlawanan tokoh perempuan dalam novel Perempuan di Titik Nol karya Nawa El Saadawi. Novel Perempuan di Titk Nol menghadirkan tokoh utama yang mampu berjuang untuk kebebasan ditengah kebobrokan zaman. Hal ini bertujuan untuk mengubah pemikiran bahwa perempuan bukan makhluk interior tetapi juga makhluk superior. Perjuangan tokoh utama ditinjau dari feminisme radikal kultural yang mana feminis radikal kultural ini berpendapat bahwa yang menjadi masalah justru menilai kualitas feminisme dengan nilai yang rendah, misalnya kelembutan, kesederhanaan, kepedulian kasih sayang, sifat intuitif, sensitivitas dan ketidakegoisan sedangkan kualitas maskulin dipandang dengan nilai yang tinggi, seperti ketegasan, keagresifan, kekerasan, rasionalitas dan kemampuan untuk berfikir logis, dan analitis, serta kemampuan mengawal emosi.Dalam penelitian ini juga terdapat bagian-bagian yang perlu dijelaskan yakni bagian  pertama ada tiga pembahasan yang pertama pendahuluan  membahas tentang  garis besar yang melatarbelakangi penelitian, fokus penelitian dan juga tujuan penelitian, bagian kedua pembahasan kajian teori yang akan dijadikan landasan untuk meneliti, bagian tiga ada metode penelitian yang mana metode penelitian ini adalah langkah-langkah yang dilakukan peneliti untuk  memudahkan dalam penelitian, Penelitian ini menggunaka metode kualitatif deskriptif, yaitu memperoleh informasi dan gambaran perjuangan tokoh utama berdasarkan feminisme radikal kultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif.  bagian keempat membahas tentang hasil penelitian dan pembahasan disini akan dibahas tentang data-data yang diambil dari hasil penelitian pada sub bab ini merupakan bagian terpenting dari penelitian. Bagian ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian dan menunjukkan bagaimana temuan-temuan tersebut diperoleh dan mengaitkan temuan dengan teori-teori yang adaKata kunci :Novel, Fminisme, Radikal Kultural
NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY muhammad rais habibi
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.583 KB)

Abstract

Abstrak: Kemajuan teknologi serta pembelajaran virtual menggambarkan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan mulai dapat berkesinambungan dan berkembang dengan sangat pesat. Di satu sisi, hal ini berdampak positif bagi peradaban manusia, namun di sisi lain manusia mulai meninggalkan spiritualitasnya sehingga menimbulkan krisis spiritual, yang dimanifestasikan dalam degradasi moral dan disorientasi dalam kehidupan. Semua ini diukur dengan akal dan sains. Meskipun nalar artifisial terbatas, tidak semuanya bisa diukur dengan nalar. Inilah yang menjadikan spiritualitas penting dalam sains dan pendidikan. Novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El-Shirazy memliki banyak nilai nilai pendidikan spiritual yang terkandung didalamnya sehingga dapat dijadikan pelajaran. Terutama spiritual bagi pemuda dan pemudi muslim yang serat akan kemajuan zaman saat ini. Objek penelitian ini yaitu nilai-nilai pendidikan spiritual dalam novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy . Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu  metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara penulis untuk menggambarkan nilai-nilai pendidikan spiritual dalam karya sastra yang ada dalam novel Bidadari Bermata Bening digambarkan melalui empat bentuk nilai spiritual dalam novel yaitu nilai religious, nilai moral, nilai estetik dan nilai kebenaran. Relevansi nilai-nilai pendidikan spiritual dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El-Shirazy dengan pendidikan Islam masa kini adalah dengan adanya nilai-nilai pendidikan spiritual ini pendidikan Islam tidak hanya berupa penyampaian materi saja. Namun juga dapat mempraktikkan dengan benar sesuai ajaran Islam, baik itu ajaran yang berhubungan dengan manusia maupun berhubungan dengan Allah.Kata Kunci: Nilai, pendidikan spiritual, novel
REFERENSI DAN INFERENSI KEWACANAAN DALAM RUANGGURU THE MOVIE – MERAIH MIMPI DI AWAN Eno Novianti
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.207 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk referensi dan inferensi yang terdapat dalam film persembahan Ruangguru yaitu Meraih Mimpi di Awan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif menggunakan konsep kategori pengodean (coding categories). Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti antara lain reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, dalam film Meraih Mimpi di Awan ditemukan bentuk referensi yang terbagi menjadi lima jenis referensi di antaranya (1) referensi persona, (2) referensi demonstratif, (3) referensi  komparatif, (4) referensi anafora, dan (5) referensi katafora. Kedua, dalam film Meraih Mimpi di Awan telah ditemukan inferensi kewacanaan.Kata Kunci: referensi, inferensi, ruangguru The Movie Meraih Mimpi di awan

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue