cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran" : 8 Documents clear
NARASI POLITIK-KEKUASAAN DALAM NOVEL ORANG-ORANG OETIMU KARYA FELIX K. NESI Zahwa Jihan Soraya
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.879 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud narasi sistem politik David Easton yang terdapat dalam novel Orang-Orang Oetimu karya Felix K. Nesi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis naratif. Sumber data yang digunakan berupa novel Orang-Orang Oetimu karya Felix K. Nesi. Data penelitian ini berupa isi teks, gagasan karya novel, unsur-unsur internal dan eksternal yang kemudian dianalisis sesuai dengan fokus penelitian. Teknik analisis data penelitian ini melalui tiga alur diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Orang-Orang Oetimu mengandung narasi sistem politik David Easton meliputi; (1) narasi politik tuntutan, (2) narasi politik dukungan, dan (3) narasi politik keputusan/kebijakan. Adapun ketiga bentuk narasi tersebut terangkum dalam alur skema ((NPt) + (NPd) = (NPkk)) yang mengandung arti narasi politik tuntutan ditambah dengan narasi politik dukungan menghasilkan narasi politik keputusan/kebijakan.Kata Kunci : Narasi, Politik-Kekuasaan, Orang-Orang Oetimu
ETNOGRAFI DALAM NASKAH DRAMA TEATER KEBO NYUSU GUDEL KARYA DHENY JATMIKO DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP KELAS VIII SEMESTER GENAP Muchamad Choirul Anam
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.625 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai budaya Jawa dalam naskah drama teater Kebo Nyusu Gudel menggunakan metode etnografi dan mendeskripsikan relevansi nilai budaya dalam naskah tersebut dengan materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII semester genap. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode etnografi realis. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menentukan data, membaca naskah, menerjemahkan, mengklasifikasikan data, menganalisis data, dan menyimpulkan data. Instrumen data dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dua hal yaitu; (1) Etnografi realis terdapat dalam naskah drama ini berupa keyakinan, bahasa, dan pola perilaku. Ketiganya memuat budaya orang Jawa meliputi; keyakinan hidup dan tradisi budaya, bahasa sehari-hari dan bahasa khas, serta perilaku sopan santun, mengalah dan bersyukur. (2) Hasil analisis etnografi budaya Jawa yang terdapat pada naskah yang diteliti dapat direlevansikan sebagai bahan ajar maupun referensi pada materi drama di SMP kelas VIII semester genap, khususnya pada keterampilan menulis naskah drama. Selain itu, pada naskah yang diteliti terdapat nilai-nilai budaya Jawa yang dapat diimplementasikan pada siswa khususnya di Jawa dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat.Kata Kunci: etnografi, naskah drama Kebo Nyusu Gudel, pembelajaran bahasa Indonesia
KAJIAN SEJARAH MASA HINDU BUDHA DALAM NOVEL KEN AROK KARYA ZHEANAL FANANI: PERSPEKTIF KRITIK NEW HISTORICISM Perwita Fitri Amalia
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.132 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu metode yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami subjek penelitian secara menyeluruh dengan cara deskripsi, data yang dikumpulkan dalam bentuk kata-kata dan gambar daripada angka. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah kategorisasi, tabulasi, analisis data dan penyimpulan data. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk sejarah masa hindu budha dalam novel Ken Arok karya Zhaenal Fanani; (2) mendeskripsikan wujud relevansi sejarah pada masa hindu budha dalam novel Ken Arok karya Zhaenal Fanani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan bentuk sejarah pada masa hindu budha dalam novel Ken Arok karya Zhaenal Fanani dibagi menjadi empat yaitu, (a) lahirnya Ken Arok, (b) perjalanan remaja Ken Arok, (c) penculikan Ken Dedes, dan (d) masuk dan perjalanan Ken Arok di Tumapel menggunakan pendekatan kritik new historicism. Penelitian ini juga menunjukkan wujud relevansi sejarah hindu budha yang menghubungkan antara unsur pembangun alur, konflik, penokohan, dan latar yang terdapat dalam novel Ken Arok karya Zhaenal Fanani sesuai data sejarah yang didapatkan oleh peneliti dari berbagai sumber akurat. Kata Kunci: sejarah hindu budha, novel ken arok, kritik new historicism
PENGGUNAAN BAHASA DIREKTIF PADA PORTAL JURNAL9.TV DALAM TOPIK NU-PESANTREN Fahimatus Zahro
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.424 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memfokuskan pada tindak tutur direktif pada portal jurnal9.tv dalam topik nu-pesantren. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis,wujud, dan makna direktif pada jurnal9.tv dalam topik nu-pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis narrative inquiry, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil analisis diantaranya jenis, wujud, dan makna direktif dalam jurnal9.tv. data yang dianalisis berupa kalimat dalam naskah berita. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature, dengan perencanaan pengambilan data membaca keseluruhan berita terkait penelitian, mencatat kalimat yang mengandung direktif, mengklasifikasikan temuan data yang dianalisis, mengelompokkan data yang diperoleh ke dalam instrumen. Hasil penelitian ini berisi tentang jenis, wujud, dan makna direktif pada portal jurnal9.tv dalam topik nu-pesantren. Jenis bahasa direktif yang ditemukan dalam jurnal9.tv topik NU-Pesantren edisi Covid-19 dan sebelum Covid-19, yaitu requestive (permintaan), question (pertanyaan), requirements (perintah), advisories (nasehat), prohibitives (larangan), dan permissives (pemberian izin), (2) Wujud bahasa direktif yang ditemukan dalam jurnal9.tv topik NU-Pesantren yaitu terdapat enam wujud, dalam wujud bahasa direktif ditandai dengan satu penanda yaitu kata, yang dijadikan acuan dalam menggolongkan sebuah kalimat termasuk dalam wujud direktif dari dari keenam jenis, (3) Makna direktif dalam jurnal9.tv yaitu mempengaruhi orang lain atau hanya menyampaikan pesan/informasi, untuk requestive (permintaan), question (pertanyaan), requirements (perintah), advisories (nasehat), prohibitives (larangan), dan permissives (pemberian izin). Kata Kunci : bahasa direktif, jurnal9.tv, nu-pesantren
Aspek Motivasi kehidupan Pada Tokoh Utama dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dzulfikar ledo
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.486 KB)

Abstract

Abstrak: Karya sastra merupakan media untuk mengekspresikan ide-ide yang ada di dalam pemikiran seorang sastrawan. Dengan adanya karya sastra seseorang bebas menampilkan apa yang ada dalam pemikirannya, baik pengalaman, perasaan, ide, semangat, maupun keyakinan sebagai gambaran kehidupan dengan alat bahasa dan dilukiskan dalam bentuk tulisan. Salah satu bentuk karya sastra yaitu novel. Novel tersusun dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang mendukung berkembangnya alur atau jalannya cerita. Penelitian berikut ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur-unsur yang membangun novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye, (2) Aspek Motivasi Kehidupan Pada Tokoh Utama dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dengan tinjauan psikologi sastra. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Objek dalam penelitian ini adalah Aspek Motivasi Kehidupan Pada Tokoh Utama dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye. Data yang digunakan berupa kalimat dan paragraf. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, yang berupa novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain sebelumnya, artikel, dan internet. Teknik analisis data menggunakan model pembacaan semiotik, yang terdiri dari pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural dapat disimpulkan bahwa tema dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong adalah hubungan anak dengan ayahnya. Alur yang digunakan campuran. Tokoh dalam novel ini terdiri dari Dam, Ayah Dam, Ibu Dam, Jarjit, Taani, Retro, Zas dan Qon. Latar tempat dalam novel ini terdapat di angkutan umum, kolam renang, rumah, stadion, sekolah, dan stasiun. Latar waktu dalam novel ini secara eksplisit dan implisit. Latar sosial digambarkan dengan kehidupan keluarga Dam yang sederhana dan kehidupan keluarga Jarjit yang kaya raya. Analisis Aspek Motivasi Kehidupan Pada Tokoh Utama dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra menghasilkan aspek motivasi aktif atau dinamis dan aspek motivasi pasif atau statis.Kata Kunci: Sastra, Novel, Aspek Motivasi Kehidupan Pada Tokoh Utama
Implementasi Blended Learning Menggunakan LMS Pada Pembelajaran Teks LHO Kelas X AKL SMKN Darul Ulum Muncar Banyuwangi Astrid Sofia Rini
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.724 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini memfokuskan pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran teks LHO menggunakan aplikasi LMS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran teks LHO. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif, yaitu mendiskripsikan data yang diperoleh dari hasil analisis perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran teks LHO. Data yang dianalisis berupa RPP/Modul tentang pembelajaran teks LHO, dokumen penilaian, dan hasil observasi di kelas. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu mereduksi data, pengklasifikasian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berisi tentang tahap perencanaan blended learning menggunakan LMS pada pembelajaran teks LHO siswa kelas X AKL 1, 2, dan 3 dilakukan dengan baik sesuai prosedur yang ditentukan. Pendidik telah menyusun RPP yang sesuai dengan materi ajar dan tetap menerapkan LMS. Perencanaan disusun dengan detail dan tersrtuktur. Tahap pelaksanaan dilakukan sesuai dengan perencanaan yang sebelumnya sudah disusun. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan blended learning menggunakan aplikasi LMS pada pembelajaran teks LHO telah terlaksana secara terstruktur dan sesuai harapan. Tahap penilaian pendidik menggunakan instrumen yang selesai disusun sebelumnya dengan baik dan sesuai dengan kriteria penilian, yaitu terdapat 3 aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil nilai akhir peserta didik mendapatkan nilai rata-rata di atas KKM. Kata Kunci: blended learning, learning management system, Teks LHO
PENGARUH MINAT MEMBACA DAN MENULIS SASTRA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI IPS SMAN 3 MALANG TAHUN AJARAN 2021/2022 Elida Charir Chudsiyah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.816 KB)

Abstract

Abstrak: Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain ekspost facto. Data penelitian berupa angka yang dikumpulkan dengan angket dan tes tulis. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI IPS SMAN 3 Malang dan sampelnya yaitu siswa kelas XI I-3 IPS SMAN 3 Malang. Variabel bebas yang dipilih adalah minat membaca dan minat menulis sastra. Sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan menulis cerpen. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS 20 diperoleh (1) pengaruh minat membaca sastra dengan hasil uji hipotesis two way anova, n Sig= 0,001 < 0,05 dan  Fhasil= 9.939 > Ftabel= 3,32 maka H1  diterima. (2) hasil hipotesis pengaruh minat menulis sastra diperoleh n Sig= 0,000 < 0,05 dan Fhasil= 9.939 > 3,32 maka H1 diterima. (3) pengaruh minat membaca dan menulis sastra diperoleh n Sig= 0,004 < 0,05 dan Fhasil= 10,975 > Ftabel= 3,32 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil Tes Post Hoc Tukey HSD minat membaca sastra menunjukkan n Sig= 0,502 > 0,05; dan minat menulis sastra menunjukkan n Sig= 0,002 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, minat menulis sastra lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Kata kunci: pengaruh, minat membaca sastra, minat menulis sastra, kemampuan menulis cerpen
EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MALANG Ema Rahmawati
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.482 KB)

Abstract

Abstrak:  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pre-eksperimental design.  Desain    penelitian    yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design  yaitu  eksperimen  yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Pada desain  ini menggunakan pretest  sebelum  diberi perlakuan. Dengan demikian,hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena       dapat membandingkan   keadaan   sebelum   perlakuan. Populasi    dalam    penelitian   ini   adalah   jumlah keseluruhan siswa kelas XI IPS SMAN 3 Malang, yaitu 408 yang mencangkup 12 kelas. Pengambilan sampel  yang digunakan adalah purposive rondom sampling  atau acak  karena terdiri dari 12 kelas dan yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini    adalah  kelas XI J3    yang    berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif menunjukkan   bahwa   rata-rata   hasil   belajar  keterampilan menulis cerpen sebelum  penerapan Media Articulate Storyline adalah 56.97 sedangkan rata-rata hasil belajar   keterampilan menulis cerpen setelah penerapan media Articulate Storyline adalah 90,16. peningkatan ketercapaian kompetensi pengetahuan dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan uji N- gain Score menunjukkan bahwa, nilai rata-rata hasil observasi N-gain Score (penggunaan media Articulate Storyline) adalah 78,1 termasuk dalam kategori tinggi, dengan nilai N-gain score minimal 32,14 dan score maksimal 94,26. Hal ini membuktikan bahwa pada pembelajaran menulis cerpen menggunakan media Articulate Storyline ini siswa terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga mampu mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah dimilikinya. Kata Kunci: Efektivitas, Media Articulate Storyline, Keterampilan Menulis Cerpen

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue