cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran" : 10 Documents clear
PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN INTROVER DAN EKSTROVER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 MALANG DIZA ULAYYA SARI
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Terdapat empat ketrampilan berbahasa yang dimiliki oleh tiap individu yakni ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat ketrampilan tersebut tentu harus dilatih secara rutin agar anak atau siswa dapat terbiasa dengan hal tersebut. Keterampilan menulis merupakan salah satu ketrampilan yang memerlukan latihan rutin untuk mencapai hasil yang maksimal. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kurikulum saat ini target akhir dari tiap sub bab ialah siswa dapat menghasilkan tulisan sebagai hasil akhir sesuai dengan tema atau bab yang sedang dipelajari. Hal ini tentu dapat membantu para siswa agara lebih terampil dan kreatif lagi dalam menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan. Selain itu keterampilan menulis juga dapat membantu siswa dalam menuangkan apa yang ia rasa dalam tulisan sehingga mereka dapat merasa puas setelah berhasil menyelesaikan satu tulisan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh tipe kepribadian introver dan ekstrover terhadap keterampilan menulis narasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 21 Malang yang terdiri dari beberapa kelas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh tipe kepribadian introver dan ekstrover terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMPN 21 Malang. Data yang dianalisis berjumlah tiga puluh lima kuesioner dan hasil menulis teks  narasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert untuk tipe kepribadian dengan 42 pertanyaan dan gambar berantai untuk karangan teks narasi. Analisis data yang digunakan dalam menguji hipotesis menggunakan korelasi product momen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepribadian introver dan esktrover tidak berpengaruh dalam keterampilan menulis narasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t dan uji-f yaitu memiliki nilai signifikasi adalah 0,879 atau > 0,05 yang berarti tipe kepribadian introver dan ekstrover tidak berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi siswa. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMPN 21 Malang dari 35 siswa terdapat 16 siswa yang memiliki kepribadian introver dan 19 siswa memiliki kepribadian ekstrover. Jadi dapat disimpulkan bahwa subjek penelitian memiliki kecenderungan tipe kepribadian ekstrover, serta memiliki keterampilan menulis yang sedang.  Hal ini dapat dilihat dari perolehan terbanyak pada kategori tinggi yaitu sebesar 77%.Kata Kunci: tipe kepribadian, keterampilan menulis, teks narasi 
METAFORA PADA LIRIK LAGU NADIN AMIZAH DALAM ALBUM SELAMAT ULANG TAHUN 2020 SISCA APRILIA HANDAYANI
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mencari makna metafora yang terdapat pada lirik lagu nadin amizah dalam album Selamat Ulang Tahun 2020 dan mengkaji perihal subjek yang tengah dimetaforakan serta menjelaskan bagaimana predikatnya memetaforakan subjeksubjek pada lirik lagu nadin amizah dalam album Selamat Ulang Tahun 2020. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang menekankan proses berpikir analistis secara induktif dengan mengaitkan dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dan menggunakan pemikiran logika ilmiah. Data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, khususnya yang bernuansa metaforis. Sumber data dalam penelitian ini adalah lirik lagu yang diambil dari setiap lagu album Selamat Ulang Tahun karya Nadin Amizah dengan judul yaitu: a. kanyaah, b. paman tua, c. kereta ini melaju terlalu cepat, d. beranjak dewasa, e. bertaut, f. taruh, g. cermin, h. mendarah, serta i. sorak sorai.Kata Kunci: Feminitas, sastra, novel Aroma Karsa.
STRUKTUR DAN KEBAHASAAN INFOGRAFIS AKUN INSTAGRAM TEMPODOTCO SEBAGAI BENTUK PENGEMASAN BERITA ERA JURNALISME ONLINE JUNAIDI -
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur kebahasaan infografis akun instagram tempodotco sebagai pengemasan berita era jurnalisme online dan mendeskripsikan struktur pemberitaan infografis akun instagram tempodotco sebagai pengemasan berita era jurnalisme online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data verbal berupa kalimat-kalimat yang berasal dari isi berita yang diambil dengan cara mengunduh infografis tempodotco mulai tanggal 1-31 Mei 2022. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai instrumen kunci utama untuk mengumpulkan data dibantu dengan tabel penjaringan data, pengumpulan data,  klasifikasi data, dan kodifikasi data. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Analisis data dilakukan sebagai berikut ini: mencatat, mengidentifikasi dan mengklasifikasikan data berupa struktur dan kebahasaan infografis akun instagram tempodotco, menganalisis data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti penting yaitu: (1) penggunaan paragraf sudah sesuai, namun masih ada berita yang tidak memuat paragraf. Penggunaan kalimat sudah sesuai, namun masih ada berita yang tidak memuat kalimat karena tidak memenuhi syarat menjadi kalimat. Penggunaan kata sesuai dengan aturan kata. Fonem yang muncul terdapat pada beberapa berita saja, perubahan yang sering muncul yaitu perubahan zeroisasi. Morfem muncul hampir pada semua berita hanya ada dua berita yang tidak terdiri dari morfem dan (2) judul berita sudah sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tidak semua berita memiliki teras berita, hanya bebarapa berita yang memiliki teras karena berita yang langsung ke tubuh berita. Tubuh berita pada postingan infografis instagram tempodotco bervariasi dan masih mempertahankan 5W+1H, serta tidak semua berita memiliki ekor berita.Kata Kunci: struktur, kebahasaan, infografis, tempodotco.
UJARAN KEBENCIAN PENGGUNA FACEBOOK BULAN JANUARI - FEBUARI 2022 ( KAJIAN PRAGMATIK SIBER) Yudistira Adi Pratama
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menpunyai tujuan yakni untuk mendeskripsikan bentuk dan makna serta jenis ujaran kebencian yang digunakan oleh pengguna facebook bulan Januari – Febuari 2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif, peneliti memperoleh data yang mendalam dari komentar atau postingan pengguna media sosial facebook yang diamati baik secara tertulis. Dalam penelitian ada tiga proses yakni menyimak, observasi dan mencatat. Upaya yang harus didapatkan. Peneliti melakukan penelitian dengan mengamati ujaran yang terjadi di media sosial Facebook, lalu mencatat takarir dan komentar yang mengandung ujaran kebencian. Berdasarkan data yang sudah diambil hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh menghasilkan bentuk ilokusi ujaran kebencian dan makna pragmatik ujaran kebencian. Peneliti menemukan frasa adjektiva, frasa nomina, klausa verba, dan kalimat majemuk bertingkat berdasarkan bentuk ujaran kebencian. Sedangkan berdasarkan makna dan jenis pragmatik ujaran kebencian, peneliti menemukan jenis menghina, jenis menghasut, jenis mencemarkan nama baik, jenis menyebarkan berita bohong, dan jenis menista. Kata Kunci: pragmatik siber, konteks, ujaran kebencian, bentuk dan makna ujaran kebencian, jenis jenis ujaran kebencian 
Hambatan Komunikasi Tokoh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Film Dancing In The Rain NUR KHOIRIYAH
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pada umumnya anak autis mengalami hambatan komunikasi, interaksi sosial dan perilaku. Hal ini disebabkan oleh gangguan perkembangan  pada syaraf otak. Komunikasi yang terjadi antar manusia tentunya menggunakan bahasa sebagai alat Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik ABK, kesulitan tokoh ABK menyusun percakapan dan kesulitan tokoh ABK dalam memhami percakapan dengan mitra tutur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini diambil dari tindak komunikasi anak berkebutuhan khusus autis dalam film Dancing In The Rain.  Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan karakteristik tokoh ABK (abk autis hambatan komunikasi belum lancar dalam berkomunikasi dengan mitra tutur), ABK autis mengalami kesulitan menyusun percakapan meskipun dalam bentuk sederhana, dan ABK autis mengalami kesulitan dalam memahami percakapan dengan mitra tutur. Simpulan hasil penelitian ini adalah ABK autis dengan jenis hambatan komunikasi mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, menyusun dan memahami percakapan dengan mitra tutur.Kata Kunci:hambatan komunikasi,spectrum autis, anak berkebutuhan khusus
UJARAN KEBENCIAN (HATE SPEECH) KOMENTAR DAN POSTINGAN DALAM TWITTER RUHUT SITOMPUL: KAJIAN LINGUISTIK FORENSIK dian berlia rantau akbar
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Twitter merupakan salah satu media sosial online yang digunakan sebagai tempat berkumpul seluruh pengguna dari berbagai belahan dunia secara real-time. Twitter merupakan sebuah aplikasi berbasis internet yang dapat diakses kapan saja serta dapat menciptakan dan melkaukan pertukaran sesama pengguna. Twitter sianggap sebagai salah satu media sosial yang dianggap memiliki pengaruh besar salah satunya yaitu mengenai kejahatan berbahasa. Kejahatan berbahasa yang ditemukan daam penelitian ini adalah mengenai bentuk dan makna pencemaran nama baik, penghinaan, dan penistaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pemilihan metode tersebut juga didasarkan pada penggunaan pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi teori. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu linguistik forensik. Sumber data dalam penelitian ini berupa media sosial twitter milik ruhut sitompul, dan data dalam penelitian ini diambil mulai dari bulan mei-juni 2022. Dengan demikian penelitian ini membahas mengenai ujaran kebencian yang difokuskan terhadap bentuk dan makna mengenai kejahatan defamasi yang ditemukan dalam media sosial twitter.Kata Kunci:ujaran kebencian, linguistik forensik, twitter
Edukasi tentang gangguan kesehatan mental remaja melalui terapi musik kunto aji Chusniatuz Zahro amalia Dewi
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebab akibat dan dampak pengaruh kesehatan mental pada remaja yang sangat kurang diperhatikan dan dianggap remeh oleh masyarakat ataupun orang tua. Gangguan terhadap rutinitas, pendidikan, hiburan, serta kecemasan seputar keuangan keluarga dan kesehatan mental membuat banyak remaja mudah merasa takut, marah, sekaligus khawatir akan masa depan mereka. Sehingga, gangguan kesehatan mental dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya dapat merusak interaksi ataupun hubungan dengan orang lain. Selain itu juga dapat menurunkan potensi di sekolah dan produktivitas kerja. Diketahui bahwa mendengarkan musik senang ataupun sedih dapat mempengaruhi seseorang. Sehingga jika seseorang dalam kondisi mental yang tak sehat entah ringan ataupun berat, akan sangat terpengaruh ataupun terbawa suasana dengan musik yang diperdengarkan. Dengan begitu musik dapat dijadikan untuk alternatif terapi penyembuhan seseorang dengan kategori gangguan kesehatan mental ringan ataupun sedang. Karena musik juga berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari dan dipercaya bisa untuk mengurangi depresi atau kesehatan mental.Kata kunci : kesehatan mental, interaksi sosial, metode penyembuhan
RAGAM TUTUR MOTIVASI QUR'ANI PADA KASUS MAHASANTRI PPTQ OEMAH AL-QUR'AN ABU HANIFAH MALANG Nur Aini
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Ragam tutur motivasi qur’ani merupakan perkataan atau tuturan seseorang yang dapat mengubah pikiran (mindset) seseorang agar terdorong untuk melakukan suatu tindakan yang dapat  mencapai suatu keinginan agar mendapat kesenangan dengan hasil yang dilakukan salah satunya adalah proses menghafal Al-Qur’an. Kasus yang terjadi pada mahasantri menunjukkan adanya fenomena pragmatik yaitu sebagai alat komunikasi bukan hanya sekedar simbol makna akan tetapi juga fungsi komunikatif ditunjukkan dengan keterlibatan konteks yang jelas, baik secara inklusif maupun eksklusif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan pragmatic dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasantri PPTQ Oemah Al-Qur’an Abu Hanifah Malang, data yang didapatkan dalam penelitian ini berupa penggalan kalimat terbentuk dari gabungan kata, frasa dan klausa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui empat tahapan, yakni reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan menafsirkan makna atau penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini berupa bentuk ragam tutur motivasi qur’ani dengan 'penghargaan', bentuk ragam tutur motivasi qur’ani dengan 'toleransi' dan, bentuk ragam tutur motivasi qur’ani dengan 'perhatian' pada kasus mahasantri PPTQ Oemah Al-Qur'an Abu Hanifah Malang.Kata kunci: ragam tutur, motivasi qur’ani, kasus-kasus tuturan
NILAI MORAL DALAM FILM MALIK DAN ELSA KARYA NANA MULYANA ariani nur fadila
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Nilai Moral dalam cerita biasanya dimaksudkan sebagai suatu sarana yang berhubungan dengan ajaran moral tertentu yang bersifat praktis, yang dapat diambil atau ditafsirkan lewat cerita yang bersangkutan dengan pembaca. Film merupakan media yang digunakan dalam menyampaikan informasi kepada penontonnya. Film banyak mengandung nilai-nilai tertentu yang bermanfaat bagi setiap penonton.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah film Malik dan Elsa karya Nana Mulyana. Data dianalisis dengan teknik deskriptif berupa beberapa adegan dan percakapan dalam film Malik dan Elsa. Cara pengumpulan data dilakukan dengan cara menonton dan mencatat. Tahapan penelitian dilakukan sebagai berikut. Pertama,  menonton film Malik dan Elsa karya Nana Mulyana. Kedua,  Melakukan transkrip data. Ketiga, Menganalisis nilai moral yang terdapat dalam film Malik dan Elsa karya Nana Mulyana. Keempat, Menuliskan hasil simpulan dari análisis secara keseluruhan.Kata Kunci: Nilai Moral, Film, Sastra, Film Malik dan Elsa. 
STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HELLO SALMA KARYA ERISCA FEBRIANI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA RIDHA AVIVAH
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Struktur kepribadian tokoh tertentu bermanfaat bagi pembacanya agar memahami karakter-karakter tokoh yang disampaikan oleh pengarang di dalam sebuah novel. Struktur kepribadian tokoh bermanfaat bagi pembaca dalam memahami karakter tokoh yang akan disampaikan. Setiap tokoh memiliki struktur kepribadiannya masing-masing. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini mengambil data dari kata, kalimat atau paragraf yang ada dalam novel Hello Salma. Data yang dianalisis dengan teknik deskriptif berupa observasi teks dalam novel Hello Salma. Cara pengumpulan data dengan cara membaca dan mencatat. Tahapan penelitian sebagai berikut. Pertama, membaca novel Hello Salma karya Erisca Febriani. Kedua, menandai data. Ketiga, tahapan menganalisis novel Hello Salma karya Erisca Febriani. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat struktur kepribadian tokoh utama id bertujuan untuk mengetahui aspek biologis kepribadian. Struktur kepribadian tokoh utama ego bertujuan untuk mengetahui aspek sosial kepribadian. Struktur kepribadian tokoh utama superego bertujuan untuk mengetahui aspek moral kepribadian.Kata Kunci: struktur kepribadian, tokoh utama, novel, psikologi sastra

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue