cover
Contact Name
Muh. Nasir
Contact Email
perahubima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
perahubima@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pemuda No. 65 RT.003 RW.001 Kel. Penataoi Kec. Mpunda, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
ISSN : 28301072     EISSN : 28301080     DOI : https://doi.org/10.55784/jupenji
JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Menggunakan bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris. Terbit empat kali dalam setahun pada bulan Pebruari, Mei, Agustus dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia" : 2 Documents clear
Pengaruh Sikap Asertif Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Dengan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas VIII SMP Gunawan Gunawan; Sri Ramdhani
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 3 No 1 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol3.Iss1.1021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban mengenai pengaruh sikap asertif terhadap pemecahan masalah dengan pendekatan Teams Group Tournament (TGT) dalam pembelajaran tmatematika siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen model quasy ekserimen design. Sampel dalam penelitian berjumlah 58 orang yang terdiri dari 29 orang siswa untuk masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diambil secara cluster random sampling dari seluruh siswa kelas VIII. Sikap asertif diukur dengan skala sikap asertif model Likert. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes pemecahan masalah pada materi persamaan linier dua variable. Analisis data menggunakan uji independent sampke t-tes dengan terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian nilai thitung > ttabel yaitu 2,2497 > 2,0042 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan pendekatan TGT  dalam pembelajaran terhadap sikap asertif  dan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII.  Siswa  yang  memiliki  sikap asertif kategori tinggi dalam proses pembelajaran akan lebih efektif sekaligus memiliki kemampuan pemecahan masalah yg baik.
Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Pada Pelaksanaan Studi Kasus Mata Kuliah Pengantar Pendidikan St. Rahmadani; Nasrianty Nasrianty
Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia Vol 3 No 1 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57218/jupenji.Vol3.Iss1.1024

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pengantar pendidikan dilengkapi dengan kegiatan studi kasus untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih berkualitas bagi mahasiswa. Namun, belum adanya pedoman instrumen penilaian kinerja yang tepat, menjadi kendala bagi pendidik dalam melakukan penilaian kompetensi keterampilan peserta didik pada kegiatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengembangkan instrumen penilaian kinerja studi kasus pada mata kuliah pengantar pendidikan di Universitas Patompo; 2)mengetahui karakteristik dan kelayakan produk hasil pengembangan. Pengembangan produk dalam penelitian ini mengacu pada model Borg dan Gall. Penelitian dilakukan mulai dari tahap studi pendahuluan sampai tahap ujicoba terbatas. Instrumen penilaian kinerja hasil pengembangan tersebut telah divalidasi oleh 3 (tiga) orang validator dengan rata-rata skor berturut-turut 4,76; 4,20 dan 4,51 yang berkategori “sangat baik”. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 10 (sepuluh) orang mahasiswa dengan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil ujicoba terbatas tersebut menunjukkan persentase rata -rata yang diberikan berturut-turut 81,2%, 80%,dan 80,57%. Dari hasil penelitian, Instrumen penilaian kinerja praktikum hasil pengembangan dianggap layak untuk digunakan pada kalangan terbatas. Penelitian ini dapat dilanjutkan pada tahapan yang lebih luas melalui ujicoba lapangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 2