cover
Contact Name
sarnoto
Contact Email
jurnalmadani2020@gmail.com
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalmadani2020@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Jakasampurna Bekasi Barat Kota Bekasi
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Madani Institutte : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Budaya
ISSN : 2303145X     EISSN : 2776978X     DOI : https://doi.org/10.53976/jmi.v11i1
Institut Madani adalah Jurnal bidang Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya menyambut baik naskah-naskah berkualitas tinggi yang dihasilkan dari sebuah proyek penelitian dalam lingkup Pendidikan, Pendidikan Islam, Hukum, Ilmu Politik dan Sosial
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TATA BUSANA Hj.Nurkamilah
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.741 KB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Salah satu faktor yang dapat menjelaskan mengapa upaya perbaikan mutu pendidikan selama ini kurang atau tidak berhasil adalah strategi pembangunan pendidikan selama ini lebih bersifat input oriented. Dianggap perlu untuk dilaksanakannya penelitian tindakan kelas yang berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Tata Busana Siswa Kelas VIII 1
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI Sadyoga Woewarsi
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada SMK Negeri 31 Jakarta Pusat mata pelajaran yang diberikan kepada siswa merupakan mata pelajaran yang terdiri dari berbagai cabang ilmu pengetahuan. Bidang ilmu pengetahuan tersebut dikelompokkan menjadi beberapa macam, yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, Pendidikan Jasmani, Seni Budaya dan Mata Pelajaran Khusus Kejuruan yang disesuaikan dengan jurusan masing-masing kelas. Selain melakukan pengamatan awal secara pribadi, peneliti juga memberikan lembar observasi awal kepada siswa sebagai data awal penelitian untuk memperkuat pendapat peneliti mengenai pengamatan awal yang peneliti lakukan pada siswa dalam mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi, sebagai bukti nyata dan juga penghitungan pendapat siswa untuk mengawali jalannya penelitian lebih lanjut. Quantum teaching memiliki banyak manfaat. Tidak hanya terbukti meningkatkan motivasi siswa, penggunaan model pembelajaran Quantum teaching dalam pembelajaran juga terbukti dapat meningkatkan nilai belajar, meningkatkan rasa percaya diri siswa, meningkatkan harga diri dan membuat siswa dapat menggunakan keterampilan yang telah didapat dari proses belajar mengajar
MENINGKATKAN KETRAMPILAN MATEMATIKA MELALUI BERMAIN KARTU BILANGAN DI TAMAN KANAK–KANAK SATU ATAP CEMPAKA PUTIH Suarni Syair
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan prasekolah berkembang tidak hanya di negara maju, tetapi juga di negara-negara berkembang. Saat ini banyak ditemukan pelayanan pendidikan prasekolah, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Guru Taman Kanak-kanak perlu mengusai konsep-konsep matematika sederhana yang sesuai untuk anak Taman Kanak-kanak. Berbagai notasi matematis sederhana dan cara pengenalannya perlu dipahami secara mendalam, agar dapat melatih anak berhitung dan menggunakan fungsi- fungsi matematis lainnya. Sebagai bahan latihan dalam rangka belajar menganalisa suatu permasalahan dengan menerapkan teori-teori dan materi yang didapat dari perkuliahan. Untuk lebih mengetahui pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Tamak Kanak-kanak pada umumnya dan upaya meningkatkan ketrampilan berhitung melalui bermain kartu bilangan pada khususnya
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBANTU LCD Sunaryo
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran merupakan perencanaan atau perancangan sebagai upaya untuk membelajarkan siswa. Melalui proses ini siswa tidak hanya berinteraksi dengan guru. Namun, siswa juga berinteraksi dengan keseluruhan sumber belajar yang digunakan untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan (Uno, 2006). Siswa akan belajar secara optimal jika kondisi pembelajaran di kelas dapat tercipta secara kondusif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal guru (Lampiran2, halaman 84) diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa kelas VIII 1 di SMP N 16 Jakarta sekitar 50%nya masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (65) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 56. selain itu, kegiatan pembelajaran Biologi masih menemui beberapa kendala. Hal ini diketahui dari angket (Lampiran 1, halaman 82) yang dibagikan ke 50 siswa. Lima puluh empat persen siswa mengatakan bahwa selama ini cara penyajian guru dalam menyampaikan materi masih kurang jelas. Guru Biologi di SMP N 16 Jakarta mengatakan bahwa pendapat siswa tersebut disebabkan karena selama ini guru belum pernah memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia di sekolah
PENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Turtanti Utami
Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian dan Studi kebijakan MADANI Instutute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Basis dari pembelajaran TK adalah untuk bersosialisasi, bermain, dan bergembira. Seharusnya semua pengelola TK tahu akan hal itu, ternyata kesesuaian antara teori dan praktek tidaklah selalu berjalan dengan harmonis. Pada kenyataannya banyak lembaga TK tidak ada lagi tempat untuk bermain dan bergembira melainkan menghilangkan kegembiraan anak yakni membebani anak dengan pelajaran yang bersifat skolastik, seperti membaca, menulis, berhitung, bahkan imla/dikte. Seharusnya esensi dari pendidikan TK adalah menggerakkan otak sehingga ada keseimbangan otak kiri dan kanan yang memberi dampak prestasi luar biasa kepada anak yang akan terlihat sewaktu anak belajar di SD dan dijenjang selanjutnya. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan dan diskusi yang dilaksanakan peneliti pada TK Yapenda melalui hasil tes kematangan siswa, ditemukan bahwa beberapa anak ketika melakukan aktivitas pembelajaran selalu mengeluh dan tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Permasalahan lain yang muncul di TK Yapenda yaitu anak kurang berani mengekspresikan isi hatinya, selain itu anak juga kurang dibiasakan untuk beradaptasi dengan berbagai situasi yang muncul dari lingkungan baru oleh orang tua mereka sehingga timbullah rasa ketidakpercayaan diri anak untuk melakukan interaksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri melalui kegiatan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Yapenda . Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) maka diperoleh hasil analisis data pada pra-penelitian didapat prosentase kepercayaan diri sebesar 40,88%, sedangkan pada akhir siklus I didapat prosentase peningkatan kepercayaan diri sebesar 79,63%. Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa prosentase kepercayaan diri keseluruhan anak dari pra-penelitian ke akhir siklus I mengalami peningkatan sebesar 38,75%. Sebagaimana disampaikan pada interpretasi hasil analisis bahwa penelitian ini dikatakan berhasil jika adanya peningkatan minimal sebesar 20%, maka pada akhir siklus I ini penelitian dikatakan berhasil karena prosentase kenaikan yang dldapat sebesar 98,75% melebihi batas minimum yang telah ditentukan pereliti dan kolaborator. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan bercerita dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 12 No. 1 (2023): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 11 No. 2 (2022): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 11 No. 1 (2022): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 10 No. 2 (2021): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 10 No. 1 (2021): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, sosial dan Bud Vol. 9 No. 2 (2020): Madani Institutte | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 9 No. 1 (2020): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 8 No. 2 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 8 No. 1 (2019): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 2 (2018): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 7 No. 1 (2018): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 6 No. 2 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 6 No. 1 (2017): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 2 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 5 No. 1 (2016): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 4 No. 2 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 4 No. 1 (2015): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 3 No. 1 (2014): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 2 No. 2 (2013): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 2 No. 1 (2013): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 1 No. 2 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya Vol. 1 No. 1 (2012): Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, sosial dan Budaya More Issue