cover
Contact Name
-
Contact Email
jikm@alptkptm.org
Phone
+6271717417
Journal Mail Official
jikm@alptkptm.org
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No. 137, Pabelan, Surakarta, Indonesia 57169
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
ISSN : -     EISSN : 28286375     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA). Tujuan jurnal imiah ini adalah untuk mensosialisasikan, mempublikasikan, dan mendeseminasikan hasil, temuan, inovasi, dan rekomendasi hasil-hasil pelaksanaan program kampus merdeka yang dilaksanakan baik di lingkungan pendidikan formal, pendidikan informal, maupun pendidikan non formal. Program kampus mengajar hakikatnya untuk mengembangkan, memberdayakan, meningkatkan, membudayakan, membudidayakan, menguatkan, melatih, menerampilkan, menumbuhkan, menumbuhkembangkan, merevitalisai, menghidupkan kembali, dan/atau bentuk-bentuk inovasi pengembangan serta pemberdayaan sasaran masyarakat pendidikan secara luas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1, No. 2, Oktober 2021" : 5 Documents clear
Tingkat Cakap Tanggap Peserta Didik dalam Perangkat Google Classroom Selama Pembelajaran Daring Fachriza Mukhlis Choirudin; Shalma Noorsitta Rahmasari
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 1, No. 2, Oktober 2021
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.11 KB) | DOI: 10.56972/jikm.v1i2.7

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh kondisi pembelajaran daring pada saat pandemi Covid-19. Pembelaja-ran daring di SMP negeri 3 Polokarto dikarenakan pembatasan interaksi yang menyebabkan oran-gorang berkerumun mengharuskan guru dan peserta didik beradaptasi ulang dengan situasi saat pandemi sehingga melakukan proses pembelajaran yang berbeda, dengan menggunakan proses pembelajaran secara daring yang berarti pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet. Media pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 3 Polokarto sebagai penunjang pembelajaran daring yaitu Google Classroom. Berdasarkan pemaparan tekait Tingkat cakap tanggap peserta didik dalam perangkat Google Classroom selama pembelajaran daring. dipeoleh tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat cakap tanggap peseta didik dan faktor yang mempengaruhi kecakapan dan ketanggapan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan 2 jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang bersumber internal yang didapatkan secara langsung melalui pelaksanaan observasi, yaitu berupa wawancara dengan re-sponden, pengamatan secara langsung, dan lain-lain. Sedangkan data sekunder bersumber eksternal yang didapat melalui referensi dari luar, baik artikel, jurnal, dan lainnya. Pentingnya penelitian ini dikarenakan pada kondisi pembelajaran secara daring tingkat cakap tanggap peserta didik dalam pembelajaran menggunakan Google Classroom belum berjalan maksimal.
Realisasi Bisnis Digital Siswa Guna Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai SMK Pusat Keunggulan Intan Sholihatinnisa; Novi Andri Nurcahyono; Anastia; Riska Fitria
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 1, No. 2, Oktober 2021
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.622 KB) | DOI: 10.56972/jikm.v1i2.8

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan memiliki tujuan khusus dalam mencetak lulusan- lulusannya, tidak hanya teori yang diberikan kepada siswanya, namun juga praktik terjun langsung ke lapangan, merupakan suatu keharusan yang diterima siswa ketika berada di jenjang Sekolah Menengah Keju-ruan. Dengan realisasi kompetensi keahlian yang ada, siswa dipersiapkan dengan baik untuk terjun langsung ke dunia kerja. Selain itu, hal ini juga mendukung terwujudnya siswa yang mandiri dan suka bergotong royong, yang merupakan salah satu profil pelajar Pancasila. Selanjutnya, ketika siswa melaksanakan PKL di suatu industri, maka hal itu akan menambah relasi dunia kerja baik untuk sekolah maupun untuk siswa itu sendiri. Sehingga, ketika lulus dari sekolah, dan berencana langsung terjun ke dunia kerja, siswa memiliki relasi-relasi yang mempermudah pencapaian tujuannya. Bentuk nyata yang dilakukan SMK Negeri 2 Kota Sukabumi dalam mengupayakan hal tersebut adalah bekerja sama dengan Alfamart, dimulai dengan bimbingan yang didapat siswa me-lalui program Alfaclass, sehingga siswa memiliki keahlian yang diperlukan, khususnya untuk siswa yang berada di kelas kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. Hasil akhirnya, Alfamart akan merekrut siswa-siswa tersebut.
Efektivitas Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Widya Utami Setyorini; Devi Widya Ningrum
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 1, No. 2, Oktober 2021
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.595 KB) | DOI: 10.56972/jikm.v1i2.9

Abstract

Based on the existence of limitations in the teaching and learning proccess and unrealized programs that affect school effectiveness, the purpose of this study is to obtain information about the effective-ness of learning in SMA Negeri 1 Ngemplak, Boyolali. The study uses qualitative research approach with case study method using data analysis models Milles and Huberman. Based on the research findings show that: (1) learning is effective because of the conditioning that is done continuously be-tween the vision and mission of the school in achieving quality education, (2) the existence of readi-ness of teacher in planning learning and teacher’s attitudes and capabilities in provide exemplary the students (3) the success of parents in achieving affective learning the students cannot be separated from their parents upbringing influenced by socio-economic background of the family as well as the intensity of the time spent with the students (4) the awareness of society in school success petrified organize effective learning (5) the shape is done with the cooperation of stackholders to establish communication and involvement in school activities.
Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19 Ahmad Muzaqi; Koesoemo Ratih; Anam Sutopo
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 1, No. 2, Oktober 2021
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2416.242 KB) | DOI: 10.56972/jikm.v1i2.10

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan potensi peserta didik yaitu dengan bimbingan belajar. Dalam beaktivitas dilandasi dengan dorongan untuk menggapai sebuah tujuan. Pendorong yang ada pada manusia ini yaitu motivasi. Dalam pemberian motivasi bisa dilakukan oleh siapapun dan kapapun sepeti mahasiswa yang mengabdi di sekolah. Pengabdian masyarakat dalam suatu daerah tertentu seperti daerah terpencil memiliki tujuan untuk membantu masyarakat pada daerah tertentu tanpa mengharapkan imbalan apapun dan dalam bentuk apapun. Pelaksanaan kegiatan ini ilaksanakan di SMPN 2 Lembeyan, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan. Digunakan metode advokasi. Hasil dari pengabdian ini yaitu bimbingan belajar yang dilakukan kepada siswa SMPN 2 Lembeyan, membeikan motivasi kepada peserta didik, dan kegiatan pemberian hadiah yang berupa hadiah maupun pujian. Adanya pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa Kampus Mengajar ini dil-akukan untuk menjaga semangat belajar peserta didik di masa pandemi Covid-19.
Relasi Antara Orang Tua dan Stakeholder sebagai Faktor Pendukung Pengembangan Kultur Sekolah pada Pembelajaran Daring di SMAN 3 Kota Sukabumi Berlian Bella Juniar; Eka Yulia Radityastuti; Sumiati Sani
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 1, No. 2, Oktober 2021
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.996 KB) | DOI: 10.56972/jikm.v1i2.13

Abstract

Upaya perbaikan mutu pendidikan tidak hanya berfokus kepada pengembangan akademik saja, tetapi dalam hal ini kultur sekolah juga sangat berperan penting. Kultur sekolah merupakan salah satu faktor yang menentukan pencapaian prestasi akademik maupun non-akademik serta pelaksanaan proses pembelajaran bagi siswa. Namun di Indonesia pengembangan kultur sekolah masih terbilang kurang optimal, terutama pada masa pandemi Covid-19 yang menghentikan kegiatan pembelajaran secara tatap muka dan berganti dengan sistem daring. Pembelajaran daring mengakibatkan timbulnya kebijakan-kebijakan baru yang mengharuskan sekolah beradaptasi dan mengambil solusi agar pembelajaran daring dan kultur sekolah tetap optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses optimalisasi serta dampak dari relasi antara orang tua dan stakeholder sekolah sebagai salah satu faktor pendukung dalam pengembangan kultur sekolah pada pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Kota Sukabumi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta studi dokumen dengan analisis data induktif. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa proses optimalisasi relasi antara orang tua dan stakeholder yang dilakukan di SMAN 3 Kota Sukabumi berdampak pada pembelajaran daring dan pengembangan kultur sekolah di SMAN 3 Kota Sukabumi pada masa pandemi Covid-19.

Page 1 of 1 | Total Record : 5