Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE)
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Riset dan Publikasi Indonesia (IRPI) bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi yang Berada di Kopertis X. Jurnal IJIRSE terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu Maret dan September, masing-masing edisi memuat 10 (sepuluh) artikel, ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Paper merupakan hasil penelitian yang original dengan plagiasi maksimum 25%. Artikel yang dikirimkan ke Jurnal IJIRSE akan direview minimal oleh 2 (dua) reviewer. Artikel yang dikirimkan harus memenuhi kriteria penilaian dan sesuai dengan instruksi dan template yang disediakan oleh Jurnal IJIRSE. Penulis harus mengunggah Hak Pernyataan Intelektual/ Hak Cipta saat mengirimkan naskah. Makalah harus dikirim melalui Open Journal System (OJS) dengan format .doc atau .docx. Seluruh proses hingga Jurnal IJIRSE diterbitkan tidak akan dikenakan biaya. Jurnal IJIRSE terdaftar di Perpustakaan Nasional dengan International Standard Serial Number (ISSN) Cetak 2797-2712dan Online 2775-5754.
Articles
43 Documents
Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Untuk Mengontrol Persediaan Pada PT.Gotrans Logistics International
riski abiyyu;
Bagja Rahmat Mubarak Bagja
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (624.597 KB)
Inventory system is a system for managing inventory in the warehouse. Inventory system is now widely used by companies developing in general. Especially in terms of data management stuff. PT.Gotrans Logistics company engaged in delivery in the province of Riau where the activity of good and effective performance must be maintained and improved. Like managing, search, entry and exit flow of goodsand report the data items when it’s needed. Based on these problems, the company has a desire to better utilize information technology through the development of an inventory system, because the system of data management activities good in storage at this time have not felt up by the company. This inventory system using metode Waterfall. UML (Unified Modeling Language) as a data flow model. PHP programming language, and database MySQL. The system is built with the concept of user friendly, so the system is made with an easy to understand interface and made attractive.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web Di Kantor Kecamatan Siak Hulu
Muhammad Munawir Arpan;
Arif Dian Maulana Arif
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (699.397 KB)
Kecamatan siak hulu merupakan salah satu kecamatan yang ada dalam wilayah kabupaten kampar. Beberapa masalah yang terjadi adalah saat akhir bulan/tahun beberapa data arsip surat akan di kumpulkan, pegawai harus sibuk mencari data terlebih dahulu dan juga bertanya pegawai lain untuk mencari arsip surat yang ingin di cari. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sistem informasi administrasi surat- menyurat yang dapat memberi kemudahan dalam proses penomoran dan pengarsipan surat, data surat yang ada serta laporan bulanan surat masuk atau keluar dengan menggunakan sistem informasi tersebut. Tahapan analisa dan perancangan sistem menggunakan teknik Object Oriented Analysis Design (OOAD) metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dan perancangan sistem menggunakan diagram Unified Modeling Language (UML). Hasil akhir dari kerja praktek ini berupa sebuah sistem informasi yang dapat memberi kemudahan bagi instansi dalam proses pelayanan administrasi agar dapat memenuhi kebutuhan Kantor Camat Siak Hulu dalam hal penomoran dan pengarsipan surat.
Penerapan Framework of CRM pada Sistem Informasi Penjualan PT Louis Warna Cemerlang: Implementation of Framework CRM On Sales Information System Louis Warna Cemerlang
Siti Monalisa Monalisa;
Desi Fransiska Desi Fransiska
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (448.824 KB)
Customer Relationship Management atau CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam memperoleh pelanggan baru (Acquisition), mempertahankan hubungan antara pelanggan dan perusahaan (Retention), meningkatkan dan memperluas hubungan dengan pelanggan (Expansion) yang pada akhirnya akan berujung pada terciptanya kesetiaan pelanggan. PT. Louis Warna Cemerlang Cabang Pekanbaru telah menerapkan sistem CRM itu sendiri dengan memasarkan produk ke luar maupun dalam kota. Setiap pembelian semua jenis produk pembeli akan mendapatkan diskon sebesar 10%. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menghasilkan Sistem Infomasi Penjualan menggunakan Framework Of Dynamic CRM (akuisisi, retensi, dan ekspansi). Dalam pengembangan sistem informasi ini digunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah sistem informasi penjualan menggunakan Framework of Dynamic CRM yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan proses pembelian produk cat. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Peneliti telah berhasil dalam merancang dan membangun sistem informasi penjualan menggunakan Framework of Dynamic CRM yang telah diperoleh menggunakan fase akuisisi, retensi, dan ekspansi. (2) Sistem informasi penjualan menggunakan Framework of Dynamic CRM mempermudah dalam proses transaksi pembelian atau penjualan barang, mempermudah proses pengolahan dan pencarian data barang.
Sistem Informasi Bank Darah Dengan Location Based Service Untuk Meningkatkan Efisiensi Pencarian Golongan Darah
Begawan Raka Sakti;
Wina Witanti Wina;
Asep Id Hadiana Asep
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (988.791 KB)
Location Based Service (LBS) dapat didefinisikan sebagai salah satu teknologi yang memberikan kemudahan bagi penggunanya, dengan adanya fungsi untuk menentukan suatu letak tempat dan dapat memberi informasi letak tempat terdekat dari penggunanya. Dengan begitu dapat memudahkan suatu perusahaan untuk memberikan informasi letak tempat yang akan dijangkau oleh pelangganya. Palang Merah Indonesia merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang sosial dan memiliki peranan penting dalam dunia kesehatan. Organisasi ini menyimpan stok persediaan darah hasil dari pendonor yang diperoleh secara sukarela. Pada kasus yang sering ditemukan di masyarakat berdasarkan keluhan kepada Palang Merah Indonesia saat ini, yaitu masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui bagaimana caranya untuk mendonor darah dan mendaftar sebagai pendonor, untuk kasus lain banyaknya masyarakat dan rumah sakit yang kesusahan untuk mencari golongan darah yang sesuai. Apabila ingin mengetahui stok darah yang tersedia harus dengan datang langsung ke setiap Palang Merah Indonesia atau Bank Darah yang berada pada tiap kotanya. Dengan begitu untuk menekan angka kematian yang disebabkan oleh pasien yang mengalami kekurangan darah, Palang Merah Indonesia sendiri harus menyiapkan strategi penyebaran informasi Bank Darah disetiap kotanya yang menyediakan beberapa golongan darah agar dapat memudahkan masyarakat atau rumah sakit yang sedang membutuhkan untuk menangani pasien yang mengalami kasus kekurangan darah. Dengan pengunaan Location Based Service (LBS) dapat memberikan kemudahan dan kecepatan dalam memberikan informasi letak Bank Darah terdekat beserta informasi pendukung seperti melihat stok darah yang tersedia dan cara untuk mengajukan sebagai pendonor.
Sistem Informasi Pemeliharaan Jaringan Distribusi di PT. PLN (Persero) Area Kabupaten Garut
Mahbub Arrozi As;
Wina Witanti Wina;
Asep Id Hadiana Asep
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (788.673 KB)
Manajemen pemeliharaan adalah pengelolaan pekerjaan pemeliharaan dengan melakukan suatu proses perencanaan,pengorganisasian serta pengendalian operasi pemeliharaan untuk memberikan performasi. Perusahaan Listrik Negara yang bertugas sebagai penyedia distribusi jaringan listrik memberikan pelayanan yang berkualitas. Pt. Pln (Persero) AreaKabupaten Garut dibagi dalam beberapa divisi yang salah satunya adalah divisi pelayanan teknik, divisi ini memilikitanggung jawab untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan yang terjadi dilapangan.Usaha-usaha penanggualangandalam meminimalisir gangguan namun pada kasus yang terjadi dilapangan.Petugas sering kali kesulitan dalam pencarianlokasi kerusakan yang ada dilapangan karena penggunaan peta konversional yang menyulitkan petugas dalam pencariantempat terjadi kerusakan fasilitas, proses pelaksanaannya masih menggunakan form yang sifatnya manual dan belum adasistem yang dapat melakukan monitoring pemeliharaan fasilitas serta belum adanya jadwal pemeliharaan yang terkoordinirterhadap pihak yang bersangkutan, sehingga proses pengolahan data pemeliharaan cukup lama dan menghabiskan banyakwaktu.Salah satu solusi adalah dibangunnya suatu sistem informasi pemeliharaan jaringan distribusi PT.PLN Area Garut,yang memudahkan pihak-pihak terkait di divisi pelayanan teknik yang nantinya mampu membantu meminimalisi waktudalam pencatatan gangguan dan pemeliharaan serta membantu teknisi khusunya teknisi baru dalam mendiagnosakerusakan. Sistem yang dikembangkan dengan metode waterfall dan dibangun dengan aplikasi visual code dan databaseMySQL.
Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Modal Usaha Mikro Di Parongpong Menggunakan AHP
Slamet Riyanto;
Wina Witanti Wina;
Fajri Rahmad Umbara Fajri
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (566.698 KB)
Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah merupakan salah satu Dinas yang mempunyai tugas membina sentra-sentra pertumbuhan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal dan kreativitas. Pemberdayaan Usaha Mikro merupakan langkah strategis dalam meningkatkan dan memperkuat kehidupan ekonomi dasar sebagian masyarakat, terutama melalui penyediaan lapangan kerja dan pengurangan ketimpangan dan tingkat kemiskinan di Indonesia. Pemberian bantuan permodalan merupakan upaya Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dalam pemberdayaan usaha mikro. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai sistem pendukung keputusan yang dapat membantu Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dalam menentukan usaha mikro mana yang akan mendapat bantuan modal usaha dengan cepat. Metode ini bersifat multi kriteria sehingga banyak digunakan dalam membantu menentukan pengambilan keputusan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam pengambilan keputusan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bandung Barat dalam menentukan Usaha Mikro mana yang perlu diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan modal usaha terlebih dahulu.
Rancang Bangun Company Profile Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter (Studi Kasus: PT. Riau Samudra Mandiri)
Susilawati susi
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (666.11 KB)
PT Riau Samudra Mandiri yang merupakan salah satu biro PLN yang bergerak dibidang instalasi dan sambungan listrik, selama ini informasi mengenai detail dari instansi tersebut disampaikan melalui CMS Blogspot, sehingga PT Riau Samudra Mandiri tidak memiliki keleluasaan dalam mengembangkan website-nya karena dibatasi oleh aturan-aturan dari CMS blogspot tersebut. Oleh karena itu, instansi PT Riau Samudra Mandiri memerlukan sebuah website yang mudah untuk dikembangkan sesuai kebutuhan dari PT Riau Samudra Mandiri dan juga dapat dijadikan sebagai media profil yang informatif untuk menyampaikan semua kegiatan yang berlangsung di instansi tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibangunlah sebuah company profile berbasis web dengan menggunakan framework codeigniter. Dengan dikembangkan website PT Riau Samudra Mandiri Panam, Kota Pekanbaru ini diharapkan agar dapat mempermudah dalam menyampaikan semua kegiatan yang berlangsung di instansi tersebut.
Sistem Inventory Menggunakan Metode Supply Chain Management dalam Mengatur Jumlah Ketersediaan Obat pada Apotik
Mutiana Pratiwi;
Ulya Ilhami Arsyah;
Aggy Pramana Gusman;
Abulwafa Muhammad
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (628.294 KB)
The development of information technology provides great benefits and convenience, both in terms of data processing and presentation of information on inventory of existing goods in organizations, agencies or companies. One of the business processes that can be developed through information technology is the company's supply chain management process. An inventory information system using a good Supply Chain Management (SCM) method will increase the productivity and performance of the company. In conducting the research conducted at the pharmacy, the aim was to improve the old system. By conducting direct observations in the field, several weaknesses were found from the system that was running at the Arafah Padang Pharmacy. The results of the analysis are applied in an application that is able to process inventory system data using the Supply Chain Management (SCM) method. With the design of an inventory system with the Supply Chain Management (SCM) method, it can be more helpful in processing drug inventory data and the existing inventory system can increase the effectiveness and work efficiency of Pharmacy employees.
Reduksi Jumlah Aturan Penentuan Kata Tunjuk dalam Bahasa Arab Menggunakan Algoritma ID3
Inggih Permana;
Febi Nur Salisah Febi Nur Salisah
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (839.751 KB)
Bahasa Arab memiliki tidak kurang dari sepuluh bentuk kata tunjuk yang bisa digunakan. Untuk menentukan kata tunjuk tersebut harus memperhatikan empat variabel pada objek yang ditunjuk. Dari keempat variabel tersebut menghasilkan 24 kondisi (aturan) yang mungkin muncul untuk menentukan kata tunjuk. Banyaknya aturan yang mungkin muncul tersebut menjadi salah satu sebab pelajar Bahasa Arab melakukan kesalahan menggunakan kata tunjuk. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini telah mereduksi aturan tersebut dengan menggunakan Algoritma ID3. Pohon keputusan hasil Algoritma ID3 berhasil mereduksi aturan sebanyak 50%. Selain itu, berdasarkan pohon keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk menentukan kata tunjuk cukup memperhatikan tiga variabel saja.
Penerapan Algoritma K-Means Untuk Pengelompokan Data Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Rokan Hilir: Application Of The K-Means Algorithm For Data Grouping Persons With Disabilities In Rokan Hilir District
Wildani Putri;
Muhammad afdal
Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE) Vol. 3 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Institut Riset dan Publikasi Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Kesejahteraan Sosial merupakan matlamat bangsa Indonesia yang tertera dalam UUD RI Tahun 1945. Akan tetapi, hingga kini tujuan tersebut belum tercapai karena masih banyaknya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), salah satunya disabilitas. Pada penelitian ini dilakukan pengelompokan data penyandang disabilitas di kabupaten Rokan Hilir guna memberikan informasi terhadap pemerintah dan instansi yang bersangkutan dalam pengambilan keputusan yang tepat. Untuk pengelompokkan pada penelitian ini menerapkan algoritma K-Means. Klaster yang diperoleh pada penelitian ini berjumlah tiga klaster yakni cluster_0 : kelompok kecamatan disabilitas rendah, cluster_2 : kelompok kecamatan disabilitas sedang, dan cluster_1 : kelompok kecamatan disabilitas terbanyak. Dari 18 kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir, 1 Kecamatan cluster tingkat tinggi untuk wilayah penyandang disabilitas terbanyak yakni kecamatan Bangko, 3 kecamatan cluster tingkat sedang yakni kecamatan Rimba melintang, Rantau Kopar serta Pujud dan 14 kecamatan lainnya termasuk cluster tingkat rendah. Hasil yang diperoleh mengindikasikan bahwa metode K-Means cukup baik untuk melakukan pengelompokkan data penyandang disabilitas di Kabupaten Rokan Hilir dengan hasil validasi dengan metode Davies Bouldin yang dihasilkan adalah 0,063.