cover
Contact Name
Rochmat
Contact Email
jurnaltechnoump17@gmail.com
Phone
+62281636751
Journal Mail Official
jurnaltechnoump17@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan, PO BOX 202 Purwokerto 53182 Kembaran Banyumas Telp : (0281) 636751
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Techno
ISSN : 14108607     EISSN : 25799096     DOI : 10.30595/techno
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) adalah jurnal ilmu teknik yang terbit dua kali dalam satu tahun yaitu April dan Oktober. Tujuan penerbitan jurnal techno adalah mempublikasikan hasil penelitian, ide dan karya terbaru ilmu teknik. Scope ruang lingkup jurnal techno meliputi: Clean Energy Technology, Catalyst and Reaction Engineering, Environmental and Safety Technology, Food and Bioprocess Engineering, Fundamental of Chemical Engineering and Applied Chemistry, Industrial Chemical Engineering, Material Science and Engineering, Process and Control Engineering, Separation and Purification Technology, Structural Engineering, Construction Engineering, Material Engineering, Water Resources Engineering, Environmental Engineering, Municipal or Urban Engineering, Transportation Engineering, Forensic Engineering, Geotechnical Engineering, Design Research considers the processes of shaping and making of places, Power System and Information Technolog, Industrial electronics, Sensors, Micro-machines and Robotics, Biomedical Electronics, Electronics and Electrical Engineering, Photonics and Optoelectronics, Wireless/Mobile Communication and Computing, Industrial electronics, Mechatronica, Signal processing, Image Processing, Network Security and Cryptography, Parallel and Distributing Computing, High-Performance Computing, Autonomic and Trusted Computing, Software Engineering and Knowledge Engineering, Artificial Intelligence and Machine Learning, Knowledge Discovery and Data Mining, Virtual Reality and Visualization, Biomedical Informatics and Computation, Information and Its Technical Education, Mobile and Ubiquitous Computing, Analytical smart big data.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2016): Techno Volume 17 No 2, Oktober 2016" : 8 Documents clear
IMUNOGENISITAS HEAT KILLED Aeromonas hydrophila Strain GB-01, GPd-02, dan GPl-05 SEBAGAI KANDIDAT VAKSIN Dini Siswani Mulia; Cintya Windarti; Heri Maryanto
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 2 (2016): Techno Volume 17 No 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i2.1176

Abstract

Abstrak. Vaksinasi Aeromonas hydrophila merupakan langkah konkrit untuk mengendalikan penyakit Motile Aeromonas Septicemia (MAS) yang disebabkan oleh bakteri A.hydrophila. Namun, diperlukan strain bakteri A. hydrophila yang memiliki imunogenisitas tinggi. Pembuatan vaksin dengan metode heat killed merupakan salah satu cara pembuatan vaksin inaktif A. hydrophila selain vaksin inaktif dengan formalin (whole cell). Penelitian bertujuan untuk mengkaji potensi imunogenisitas heat killed A.hydrophila strain GB-01, GPd-02, dan GPl-05 sebagai kandidat vaksin. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), 3 perlakuan (strain GB-01, GPd-02, dan GPl-05). dan 1 kontrol dengan 4 kali ulangan. Vaksin dibuat dengan memanaskan bakteri pada suhu 100ºC selama 2 jam. Ikan uji adalah lele dumbo berumur sekitar 2 bulan dengan ukuran panjang 9-14 cm. Parameter penelitian meliputi titer antibodi, uji reaksi silang, dan parameter kualitas air, yaitu suhu air, pH, dan kadar oksigen terlarut. Data titer antibodi dianalisis dengan Analysis of Variance (Anova) dan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf uji 5 %, sedangkan data hasil reaksi silang dan parameter kualitas air diamati secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strain GB-01, GPd-02, dan GPl-05 dapat meningkatkan titer antibodi dibandingkan kontrol dan bereaksi positif pada uji reaksi silang, sehingga disimpulkan memiliki imunogenisitas yang tinggi dan direkomendasikan menjadi kandidat vaksin. Kata Kunci : Aeromonas hydrophila, heat killed, imunogenisitas, kandidat vaksin, strain GB-01, GPd-02, dan GPl-05
PENGARUH JUMLAH DATA LATIH SVM PADA PERAMALAN BEBAN LISTRIK BULANAN DI SEKTOR INDUSTRI Luqman Assaffat
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 2 (2016): Techno Volume 17 No 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i2.1219

Abstract

Abstrak Peramalanterhadap beban listrik bulanan di industriadalah sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan serta monitoring penggunaan listrik di sektor indsutri, sehingga tingkat keakuratan sistem peramalan sangat diperlukan.Suport Vector Machine (SVM) merupakan salah satu metode peramalan yang berbasis kecerdasan buatan dapat memberikan nilai akurasi yang baik, dengan hasil nilai error yang kecil.Sebagai sistem cerdas, SVM memerlukan pelatihan pada sistem nya.Penelitian ini mengkaji pengaruh jumlah data latih yang diberikan pada SVM sebagai metode peramalan beban listrik. Pengujian dilakukan dengan memberikan variabel jumlah data dari 12 data sampai 72 data latih, dan SVM menggunakan fungsi Kernel Gaussian RBF. Hubungan antara jumlah data latih dengan nilai kesalahan peramalan (yang diukur dengan MAPE) dianalisis dengan korelasi Person’s. Penelitian ini menghasilkan nilai Korelasi Person’s r= -0,96 memberikan arti bahwa antara jumlah data latih SVM dengan nilai MAPE yang didapatkan dalam prakiraan SVM terdapat hubungan negatif dengan kekuatan hubungan yang kuat. Kata kunci : Peramalan Beban Listrik, SVM, Data Latih, Korelasi Person’s Abstract Forecasting of the monthly electricity load in the industry is very important in the planning, supervision and monitoring of electric energy use of industrial sector, so the level of forecasting system accuracy is required. Support Vector Machine (SVM) is one forecasting method based on artificial intelligence can give good accuracy, with the result that a small error value. As an intelligent system, SVM requires training on his system. This research is studiedthe influence of training data amount given on SVM as a method of the electrical loadforecasting. Testing of system by given variable amount of data,from 12 datas to 72 datas, and SVM using the Gaussian kernel function of RBF. The relationship between the amount of training data with forecasting error value (as measured by MAPE) was analyzed by Person's correlation. This research resulted in the value of Person's correlation r = -0.96 gives conclusion that the amount of training data SVM with MAPE values obtained in the forecast SVM negative associations with the strength of relationship Key-word: forecasting, Electric Load, SVM, Train Data, Person’s Correlation
PEMANFAATAN LIMBAH KACA DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI POWDER PADA SELF COMPACTING CONCRETE (BETON MEMADAT SENDIRI) Teguh Marhendi; Fajar Yusup
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 2 (2016): Techno Volume 17 No 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i2.1218

Abstract

Permasalahan limbah menjadi perhatian dunia pada masa kini. Limbah kaca banyak dihasilkan dari alat-alat elektronik, rumah tangga dan transportasi. Dan limbah pertanian abu sekam juga banyak dihasilkan di Indonesia sebagai negara agraris. Permasalahan ini memunculkan inisiatif untuk memanfaatkan kedua limbah tadi menjadi bahan pengganti sebagian semen untuk beton SCC. Metode SNI dikombinasikan dengan metode trial sehingga didapat proporsi material untuk 1 m3 beton adalah agregat kasar sebanyak 885 kg, agregat halus yang terdiri dari pasir sebanyak 612,75 kg dan abu batu sebanyak 204,25 kg, semen sebanyak 543 kg dan penggunaan limbah kaca serta abu sekam mengurangi penggunaan semen sebanyak 10 %. Faktor air semen yang digunakan adalah 0,375. Master glenium yang digunakan sebanyak 1,5% jumlah semen. Hasil pengujian slump flow didapat angka 770 mm dan masuk kriteria beton SCC menurut EFNARC yaitu antara 650-800 mm. Dan kuat tekan beton rata-rata umur satu hari didapat 15,02 MPa dikonversi menjadi 28 hari 44,2 Mpa. Pemanfaatan limbah kaca dan abu sekam menjadi solusi permasalahan limbah sehingga berdampak positif pada aspek lingkungan, sosial serta ekonomi yaitu mengurangi biaya pembuatan beton. Keywords : self compacting concrete, limbah kaca, abu sekam padi Abstract The problem of waste into the world's attention on the present. The glass waste generated from electrical appliances, household furniture and vehicle. Husk ash and agricultural waste are also are produced in Indonesia as an agricultural country. This problem raises the initiative to utilize both glass waste and rice husk ash be a partial replacement of cement materials for Self Compacting Concrete. SNI method is combined with the trial method so the proportion of material for 1 m3 of concrete is 885 kg coarse aggregate, fine aggregate consisting of 612.75 kg sand and 204.25 kg stone dust, 543 kg of cement and the use of glass waste and rice husk ash reduce the use of cement as much as 10%. Cement water factor used is 0.375. Master Glenium used as much as 1.5% of the cement. The result of slump flow test was 770 mm and it is include into the criteria of Self Compacting Concrete according EFNARC which is between 650-800 mm. The concrete compressive strength average which is 15.02 MPa in one day is converted into 28 days 44.2 MPa. Utilization of glass waste and rice husk ash can be waste solution and bring positive impact on environment, social and economic aspect by reducing the manufacture cost of concrete. Keywords : self compacting concrete, glass waste, Rice Husk Ash
PENENTUAN KEPADATAN TANAH DI LAPANGAN MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI 6 Ary Sismiani; Chrisna Pudyawardhana
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 2 (2016): Techno Volume 17 No 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i2.1038

Abstract

Abstrak Sand cone adalah salah satu alat untuk menentukan kepadatan ditempat dari lapisan tanah atau perkerasan yang telah dipadatkan, hasilnya didapat setelah contoh material yang di dapat dilapangan diolah di laboratorium. Metode pengujian ini meliputi persyaratan dan ketentuan-ketentuan pengujian tanah yang mempunyai partikel berbutir tidak lebih dari 5 cm. Tujuan metode ini untuk memperoleh angka kepadatan lapangan (γd). Penentuan kepadatan tanah dengan menggunakan sand cone (kerucut konus), dihitung dengan menggunakan metode Standard Nasional Indonesia 03-2828-1992. Pembuatan software untuk menentukan kepadatan tanah dengan sand cone ini menggunakan Borland Delphi 6.0 Kata kunci: Sand cone, Delphi 6.0. Abstract Sand cone is the one of the tools to determine the density in place of the layer of soil or pavement that has been compacted, results can be seen after the material samples taken from the field was processed in the laboratory.This method covers the requirements and provisions of soil testing grained particles that have no more than 5 cm . The purpose of this method is to obtain a density figure of the field (d). Determination of soil density by using sand cone, calculate using An Indonesian National Standard Methods 03-2828-1992. Making the software to determine soil density with this sandcone using Borland Delphi 6.0. Keywords : Sand cone, Delphi 6.0
PENGARUH SERAT LIMBAH KARPET TERHADAP KUAT LENTUR BALOK BETON RINGAN DARI ALWA Yanuar Haryanto
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 2 (2016): Techno Volume 17 No 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i2.1170

Abstract

ABSTRAK Artificial Lightweight Aggregate atau biasa disebut ALWA dapat digunakan sebagai agregat kasar untuk mendapatkan beton ringan. Di sisi lain, salah satu cara mengingkatkan kinerja beton adalah dengan menambahkan serat pada campuran adukan beton. Makalah ini membahas pengaruh serat limbah karpet terhadap kuat lentur balok beton ringan dari ALWA. Pengujian dilakukan terhadap balok beton berukuran 15 cm x 15 cm x 60 cm dengan variasi volume fraksi serat limbah karpet 0%, 0,25%, 0,50%, 0,75%, dan 1,00%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa serat limbah karpet mampu meningkatkan kuat lentur balok beton ringan dari ALWA sampai dengan 1,09 MPa atau meningkat sebesar 7,15%. Kadar serat limbah karpet yang optimum untuk mencapai kuat lentur yang maksimum adalah 0,47%. Dengan adanya serat limbah karpet, keruntuhan tidak terjadi secara tiba-tiba dengan nilai defleksi mengalami pengurangan sampai dengan 24,32%. Kata kunci : ALWA, Beton ringan, Defleksi, Keruntuhan, Kuat lentur ABSTRACT Artificial Lightweight Aggregate or so-called ALWA can be used as coarse aggregate to obtain lightweight concrete. On the other hand, one way to improve the performance of concrete is by adding fiber to the concrete mix. This paper discusses the effect of waste carpet fiber to the flexural strength of ALWA lightweight concrete beams. Tests carried out on concrete beams measuring 15 cm x 15 cm x 60 cm with a variety of volume fraction of waste carpet fiber 0%, 0.25%, 0.50%, 0.75% and 1.00%. The test results showed that the waste carpet fiber can improve the flexural strength of ALWA lightweight concrete up to 1.09 MPa, an increase of 7.15%. Optimum volume fraction of carpet wate fiber to achieve the maximum flexural strength is 0.47%. With the carpet waste fiber, the failure does not occur suddenly with a value of deflection experienced a reduction of up to 24.32%. Key word: ALWA, Lightweight concrete, Deflection, Failure, Flexural strength
PENGEMBANGAN BIOPLASTIK DARI TEPUNG TAPIOKA DAN TEPUNG BERAS KETAN PUTIH Haryanto Haryanto; Andriani Eka Saputri
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 2 (2016): Techno Volume 17 No 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i2.1217

Abstract

Meningkatnya penggunaan kemasan plastik seiring dengan semakin meningkatnya konsumsi dan daya beli masyarakat terutama disebabkan oleh sifat bahan plastik yang ringan, fleksibel, praktis dan harganya relatif murah. Akan tetapi, pada umumnya plastik yang digunakan tersebut bersifat nonbiodegradable, sehingga jika dibuang begitu saja dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui komposisi terbaik antara tepung tapioka dan tepung beras ketan putih terhadap karakteristik fisik dan mekanik dari bioplastik. Pembuatan bioplastik ini menggunakan perbandingan komposisi tepung tapioka dan tepung beras ketan putih 10:40; 20:30; 25:25; 30:20; 40:10. Analisis bioplastik ini meliputi uji tekstur permukaan, degredasi, %elongation at break,dan tensile strength. Hasil uji tekstur permukaan yang terbaik secara organoleptik dan mikroskopik diperoleh pada saat komposisi tepung tapioka dan tepung beras ketan putih 20 : 30. Bioplastik mengalami degradasi paling cepat pada komposisi 20:30. Sedangkan kuat tarik optimal (0,585 N/mm2) diperoleh pada komposisi 10:40 begitu juga dengan % elongation at break. Hal ini menunjukkan tepung beras ketan berperan utama dalam meningkatkan kekuatan mekanik dari biopolastik yang terbentuk. Key word : tepung tapioka, tepung beras ketan putih, bioplastik, tensile strength, biodegradasi.
PENERAPAN KENDALI HYBRID LOGIKA FUZZY- PID UNTUKMENINGKATKAN PERFORMANAVIGASI ROBOT BERODA WALL FOLLOWER Utis Sutisna; Wahyu Diputra Siregar; Siswanto Nurhadiyono
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 2 (2016): Techno Volume 17 No 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i2.1169

Abstract

Abstrak Dalam penelitian ini dirancang sistem kendali hybrid logika fuzzy-PID untuk mengendalikan navigasi pada robot wall follower. Sistem logika fuzzy dirancang untuk mengatur nilai-nilai parameter kendali PID berdasarkan dua masukan, yaitu error dan perubahan error.Nilai error didapat dari selisih antara set point jarak yang ditetapkan dengan nilai pembacaan sensor jarak, sedangkan nilai perubahan error didapat dari selisih antara error sekarang dengan error sebelumnya saat robot bernavigasi. Keluaran logika fuzzy akan menentukan nilai konstanta proporsional dan konstanta derivatif pada kendali PID.Hasil pengujian menunjukan bahwa kendali hybridlogika fuzzy-PID lebih responsif dan lebih stabil dibandingkan dengan kendali PID murni. Dengan kendali hybrid diperoleh penurunan rata-rata waktu tempuh robot secara signifikan terutama pada duty cycle yang besar. Sedangkan penurunan rata-rata jumlah benturan diperoleh secara signifikan terutama pada duty cycle yang kecil. Kata kunci : Kendali PID,logika fuzzy,robot beroda wall follower Abstract The purpose of this research is to design hybrid fuzzy logic-PID controller to control navigation of the wall follower robot.Fuzzy logic system is designed to set the values of PID control parameters based on two inputs, first input is the error and the second is the change of error.The error value is obtained from the difference between the distance set point and the measured value of the distance sensor, whereas the change of error obtained from the difference between the current error and previous error when robots navigate. Fuzzy logic output will set the values of the proportional constant and derivative constant of the PID controller.The test results showed that the hybrid fuzzy logic-PID control is more responsive and more stable than the pure PIDcontrol. By applying the hybrid control, decrease in average travel time of the robot is obtained significantly, especially in high duty cycle. While the decline in the average number of collisions is obtained significantly especially at low duty cycle. Key-word: PID control, fuzzy logic, wall follower wheeled robot
ANALISIS ZONA LEMAH (AMBLESAN) DI KAWASAN JALAN RAYA GUNUNG TUGEL KABUPATEN BANYUMAS BERDASARKAN SURVEI GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER Syukron makmur; Sehah Sehah; Sugito Sugito
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) Vol 17, No 2 (2016): Techno Volume 17 No 2, Oktober 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/techno.v17i2.1404

Abstract

The geo-electrical survey with wenner configuration has been done in the Gunung Tugel street area, Village of Kedungrandu, District of Patikraja, Regency of Banyumas. The purposes of the research is to interpret the subsurface rocks lithology based on the resistivity values, analyze the existence of the weak zone that spread beneath of the subsidence zone surface on the highway, explore the existence of others weak zones that located outside of the existing subsidence zone, and explain the causes of the subsidence happened in this area. Modeling and interpretation of the subsurface rock resistivity values is done using the Res2dinv 3.54 and Surfer 10 software. The results of the modeling and interpretation on the resistivity values at line GT-L01 and GT-L02 shows subsurface rocks structure model in the form of the finely sand with a resistivity values of 0.90 to 3.00 Ωm, marl rock with a resistivity values of 3.00 - 10.00 Ωm, and calcareous sandstones with a resistivity values of 10.00 to 26.00 Ωm. Beside the results of the research also show a weak zone beneath of the subsidence zone surface and found some others weak zones outside of the subsidence zone. The weak zone in this area is interpreted as fine sandstone that softly and not compactly. While the others weak zones that located outside of the subsidence zone are indicated potentially to be the cause of a new subsidence on the highway. The subsidence that happened on the highway is estimated because the rocks blocks in the weak zone are unable to support changes in the layer structure above it, in the form of marl, as a result of weight force and pressure resulted by most heavy-weighed vehicle which always going through on this highway.

Page 1 of 1 | Total Record : 8