cover
Contact Name
Nur Fadli Utomo
Contact Email
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Phone
+6282271416750
Journal Mail Official
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Editorial Address
IAIN Manado, Jl S.H. Sarundajang, Kawasan Ring Road I, Malendeng, Paal Dua, Manado
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
IJECE: Indonesia Journal of Early Childhood Education
ISSN : 29633346     EISSN : 29626838     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado. IJECE terbit secara periodik sebanyak dua tahun sekali, yakni pada bulan Juni dan Desember. IJECE menyajikan hasil-hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan dan perkembangan anak usia dini, seperti Pengembangan Kognitif, Kreatifitas, dan Bahasa pada Anak Usia Dini, Pengembangan Model, Manajemen, dan Strategi Pembelajaran bagi Anak Usia Dini, Pengembangan Nilai-nilai Keagamaan bagi Anak Usia Dini, Pengembangan Peserta Didik dan Psikologi Anak, Analisis Kebutuhan Perkembangan Anak, dan Isu-Isu yang terkait dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Melatih Konsentrasi dan Kreativitas Peserta Didik Melalui Teknik Kirigami Di Raudhatul Athfal Al-Khairaat Manado Nuryani Nuryani
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) Vol 1 No 01 (2021): IJECE Volume 1 Nomor 1, Juni 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.054 KB) | DOI: 10.30984/ijece.v1i01.103

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang cara melatih konsentrasi dan kreativitas peserta didik melalui Teknik kirigami di Raudhatul Athfal Al-Khairaat Manado. Melatih disini adalah melakukan kegiatan secara berulang-ulang untuk mencapai suatu hasil tertentu. Konsentrasi yaitu pemusatan perhatian pada suatu objek. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Adapun Teknik kirigami disini adalah Teknik melipat dan menggunting kertas. Penelitian ini mengambil rumusan dan Batasan masalahnya adalah bagaimana cara melatih konsentrasi dan kreativitas peserta didik melalui Teknik kirigami dan apakah hambatan dan solusi dalam melatih konsentrasi dan kreativitas melalui Teknik kirigami di Raudhatul Athfal Al-Khairaat manado. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara melatih konsentrasi dan kreativitas peserta didik melalui teknik kirigami.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan jenis PTK eksperimental. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penilain unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisi data pada penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dijabarkan dalam perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sumber data diperoleh dari data observasi, wawancara, pemberian tugas atau unjuk kerja serta dokumentasi selama penelitian
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN Pranti Setyowati
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) Vol 1 No 01 (2021): IJECE Volume 1 Nomor 1, Juni 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.778 KB) | DOI: 10.30984/ijece.v1i01.104

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang cara meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui metode pembelajaran Eksperimen di RA Al Adziim Kota Manado. Mengingat kemampuan motorik halus, khususnya pada anak merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk keterampilan dalam berkegiatan sehari-hari. Meningkatkan berarti membuat agar menjadi lebih baik, sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan yang melatih kemampuan motorik anak secara berulang–ulang , maka akan didapatkan kemampuan yang baik. Pembelajaran motorik halus merupakan pembelajaran yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot-otot kecil serta koordinasi antara mata dan tangan, saraf morik halus bisa dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang dilakukan secara rutin dan terus menerus Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penelitian unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang di jabarkan dalam perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi dan refleksi, sumber data di peroleh dari data observasi, wawancara, pemberian tugas atau unjuk kerja serta dokumentasi selama penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa melatih kemampuan motorik halus pada anak di RA Al Adziim dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran eksperimen. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan data ketuntasan anak dari mulai pratindakan, siklus I, siklus II sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan bahwa presentase ketuntasan belajar dari siklus I yaitu 50 % dengan nilai rata-rata 2,5, meningkat pada siklus II telah mencapai 77,77 % dengan nilai rata rata anak mencapai 3,05, demikian pula pada siklus III meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata anak 3,55. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran eksperimen kemampuan motorik halus pada anak di RA Al Adziim dapat ditingkatkan.
UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN NILAI AGAMA SOSIAL DAN EMOSIONAL DI TK ALWILDAN MANADO Meirisha Sompito
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) Vol 1 No 01 (2021): IJECE Volume 1 Nomor 1, Juni 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.694 KB) | DOI: 10.30984/ijece.v1i01.105

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi Melihat TK yang setara dengan RA sebagai salah satu bentuk suatu pendidikan anak didik berusaha mengimplementasikan pendidikan karakter bagi anak didiknya dengan tujuan agar kelak menjadi penerus bangsa yang memiliki karakter yang baik. Implementasi pendidikan karakter tersebut berfokus pada pembentukan karakter melalui nilai Agama, sosial, dan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan oleh memperoleh data primer dan data sakunder di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisa menggunakan reduksi data, penyiapan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: upaya guru dalam pembentukan karakter anak melalui pengembagan nilai Agama, Sosial, dan emosional di TK Alwildan Manado adalah dengan memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada anak didik, membiasakan anak didik untuk berperilaku baik, menamakan nilai kebersamaan, menanamkan juga rasa toleransi dan tenggang rasa, menumbuhkan sikap jujur, adil, dan bertanggung jawab kepada anak didik. Hasil penelitian menunjukan upaya pembentukan karakter memiliki hambatan yaitu hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal yaitu antara guru dan walid murid yang terkadang tidak bersinergi dalam pembentukan karakter sehingga pembelajaran yang diberikan tidak terserap dengan baik oleh anak. Hambatan secara ekternal yaitu dari bentuk gen serta latar belakang keluarga yang berbeda dari setiap anak didik sehingga karakter yang ada pada anak juga berbeda-beda.
MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELOMPOK A2 TK ISLAMIC CENTRE MANADO Sri Wahyuni Bahuwas
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) Vol 1 No 01 (2021): IJECE Volume 1 Nomor 1, Juni 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.61 KB) | DOI: 10.30984/ijece.v1i01.110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemandirian pada peserta didik di TK Islamic Centre Manado kelompok A2 dengan metode pemberian tugas. Metode ini dilakukan dengan beberapa kegiatan seperti mewarnai gambar, meniru tulisan guru, menebalkan huruf, mencari jejak, menggunting, bermain warna dan melipat dengan waktu yang tepat yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Tggart yang dijabarkan dalam perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penelitian unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar rata-rata kemampuan disiplin peserta didik pada siklus II telah mencapai 80 % dan peningkatan rata-rata kemampuan tanggung jawab peserta didik mencapai 84,1 %. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan disiplin dan tanggung jawab peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu ≥ 75 %. Sehingga melalui metode pemberian tugas kemampuan disiplin dan tanggung jawab peserta didik dapat dilatih secara bertahap dan berkesinambungan.
IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGGUNTING POLA DALAM MENGEMBANGKAN KECERMATAN DAN KERAPIAN ANAK KELOMPOK A DI RA BAITUSH SHOLIHIN KOTA MANADO Neni Nuraeni
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) Vol 1 No 01 (2021): IJECE Volume 1 Nomor 1, Juni 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.865 KB) | DOI: 10.30984/ijece.v1i01.115

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Implementasi Kegiatan Menggunting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di RA Baitush Sholihin. Implementasi disini adalah menerapkan kegiatan secara berulang-ulang untuk mencapai suatu hasil tertentu. Menggunting yaitu memotong suatu benda. Pola yaitu potongan kertas yang di pakai sebagai contoh. Adapun motorik halus disini adalah perkembangan gerak yang meliputi otot kecil dengan koordinasi mata-tangan. Penelitian ini mengambil rumusan dan batasan masalahnya adalah Bagaimana implementasi kegiatan menggunting pola dalam mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penelitian unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang di jabarkan dalam perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi, sumber data di peroleh dari data observasi, wawancara, pemberian tugas atau unjuk kerja serta dokumentasi selama penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa melatih kecermatan dan kerapihan melalui teknik menggunting ternyata efektif untuk peserta didik di Raudhatul Athfal Baitush Sholihin. Hal ini dapat dilihat dari data kemampuan kecermatan peserta didik pada observasi Pra Siklus hingga observasi pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar rata-rata kemampuan kecermatan peserta didik pada siklus II telah mencapai 74,9 % dan peningkatan rata-rata kemampuan kerapihan peserta didik mencapai 78,5. itu berarti telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu ≥ 75 %. Sehingga melalui teknik menggunting kemampuan kecermatan dan kerapian peserta didik dapat dilatih secara bertahap dan berkesinambungan.
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Jajan Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan Mopait Kabupaten Bolaang Mongondow Tira Santika Korompot
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) Vol 1 No 02 (2021): IJECE Volume 1 Nomor 2, Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.512 KB) | DOI: 10.30984/ijece.v1i02.136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap perilaku jajan anak usia dini di TK Tunas Harapan Mopait Kabupaten Bolaang Mongondow. Adapun rumusan masalah yaitu apakah pola asuh orang tua berpengaruh terhadap perilaku jajan anak usia dini di TK Tunas Harapan Mopait Kabupaten Bolaang Mongondow. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data pada penelitian diambil dengan menggunakan angket atau kuesioner.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil uji regresi linear sederhana dengan Ftabel sebesar 5,178 dan nilai signifikansi = 0,035 yang berarti lebih kecil dari 0,05 menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga bisa dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap perilaku jajan anak usia dini di TK Tunas Harapan Mopait Kabupaten Bolaang Mongondow dengan perolehan nilai R2 sebesar 0,223 atau setara dengan 22,3%, sisanya sebesar 77,7%, dipengaruhi oleh faktor lain, baik itu faktor lingkungan maupun faktor ekonomi. Demikian dapat dikatakan bahwa pola asuh orang tua dapat mempengaruhi perilaku jajan anak usia dini di TK Tunas Harapan Mopait Kabupaten Bolaang Mongondow.
MODEL PEMBELAJARAN SHALAT DI RAUDHATUL ATHFAL ARAFAH KOTA BITUNG Itje Hamzah Kusnan Hasnil Oktavera
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) Vol 1 No 02 (2021): IJECE Volume 1 Nomor 2, Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.629 KB) | DOI: 10.30984/ijece.v1i02.138

Abstract

Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran shalat di Raudhatul Athfal Arafah Kota Bitung, dengan tujuan mengkaji dan mendeskripsikan model pembelajaran shalat di Raudhatul Athfal Arafah Kota Bitung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama yang dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri yang dilengkapi oleh dokumen wawancara, hp, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) reduksi data, (2) menyusun ke dalam unit- unit, (3) kategorisasikan atau dikelompokkan, (4) pemeriksaan keabsahan data (kredibilatas, transferabiliti, dependabilitas dan konfirmabilitas), dan (5) interprestasi data dan menyimpulkan. Hasil penelitian menyatakan model pembelajaran shalat di RA adalah model Klasikal, Kelompok, sudut, area, kooperatif dan model pembelajaran langsung. Program yang ditetapkan yaitu. a) pengenalan anggota wudhu dan cara berwudhu serta doa sebelum dan sesudah shalat. b) pengenalan gerakan shalat, menghapal doa shalat dan sesudah shalat. c) mempraktekkan tata cara shalat setiap jumat dan praktek shalat dhuha setiap dua minggu sekali
UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI RA AL-IDJRAH GIRIAN KOTA BITUNG Siti Zubaidah Rivai Bolotio Arhanuddin
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) Vol 1 No 02 (2021): IJECE Volume 1 Nomor 2, Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.05 KB) | DOI: 10.30984/ijece.v1i02.139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menerapkan metode bermain untuk meningkatkan minat belajar siswa di RA AI Hijrah Girian Bitung dan mengungkapkan kendala guru dalam menerapkan metode bermain untuk meningkatkan minat belajar siswa di RA AI Hijrah Girian Bitung. Jenis penelitian menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan triangulasi dengan mengecek secara berulang, mencocokkan dan mernbandingkan data dan berbagai sumber. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis induktif. Hasil upaya guru dalam menerapkan metode bermain peran untuk meningkatkan minat belajar siswa di RA Al Hijrah Girian Bitung ialah dengan eara mengoptimalkan kegiatan pembelajaran seeara aktif dan kreatif agar anak didik turut aktif dalam proses pembelajaran.
PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE BERCERITA PADA ANAK DIDIK DI RA AL-KHAIRAAT AIRMADIDI ATAS Irawati Hamdjati Ishak Talibo
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) Vol 1 No 02 (2021): IJECE Volume 1 Nomor 2, Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.741 KB) | DOI: 10.30984/ijece.v1i02.140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menerapkan metode bercerita pada peserta didik di RA Al-Khairaat Airmadidi Atas dan berusaha mengungkapkan kendala guru dalam menerapkan metode bercerita pada peserta didik di RA Al-Khairaat Airmadidi Atas. Jenis penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat alamiah dan menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Khairaat Airmadidi Atas Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah kepala sekolah dan guru yang mengajar di RA Al-Khairaat. Prosedur analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah model interaktif yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menerapkan metode bercerita pada RA Al-Khairaat Airmadidi Atas ialah dengan melakukan perencanaan secara matang sebelum masuk kelas yakni mempersiapkan tema cerita yang akan disajikan, selanjutnya menyajikan sebuah cerita dengan penuh ekspresi sesuai tema cerita yang di sajikan dan terakhir ialah melakukan evaluasi terkait cerita yang telah disajikan dengan cara mengulangi cerita kembali dalam bentuk pertanyaan kepada anak didik pada RA Al-Khairaat Airmadidi Atas. Adapun kendala guru dalam menerapkan metode bercerita pada RA Al-Khairaat Airmadidi Atas diantaranya ialah minimnya sarana dan prasarana berupa alat peraga yang menjadi media dalam proses pembelajaran pada sekolah tersebut sehingga guru terkadang terbengkalai dalam menerapkan metode pembelajaran khususnya metode bercerita. Selain itu, masih ditemukan beberapa orang anak didik yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya memperhatikan guru ketika memberikan pelajaran berupa metode bercerita sehingga mengganggu jalannya proses pembelajaran.
OPTIMALISASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK ANAK DIDIK DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) AT-TAQWA PERKAMIL MANADO Siti Maesjaroh Sjadjoem
Indonesian Journal of Early Childhood Education (IJECE) Vol 1 No 02 (2021): IJECE Volume 1 Nomor 2, Desember 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.757 KB) | DOI: 10.30984/ijece.v1i02.141

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang optimalisasi Alat Permainan Edukatif (APE) dalam meningkatkan kecerdasan Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Anak Didik di Raudhatul Athfal (RA) At-Taqwa Perkamil Manado. Batasan masalah meliputi optimalisasi Alat Permainan Edukatif (APE) dalam meningkakan kecerdasan kognitif, afektif dan psikomotor anak di Raudhatul Athfal (RA) At-Taqwa Perkamil Manado, khususnya rombongan belajar B.1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) semu. Model yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang dijabarkan dalam perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sumber data yaitu dokumen (hasil belajar) buku catatan harian, unjuk kerja, hasil karya dan gambar (foto-foto) kegiatan. Adapaun metode pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, unjuk kerja. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan refenrensi. Optimalisasi Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan kognitif, afektif dan psikomotor anak kelompok B.1 di Raudhatul Athfal (RA) At-Taqwa Perkamil Manado Tahun Pelajaran 2018/2019. Pada pra siklus Kecerdasan kognitif, afektif dan psikomotor anak rata-rata mencapai 47,22 % dan meningkat pada siklus I sebesar 69,15 % dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,25%.

Page 1 of 3 | Total Record : 22