cover
Contact Name
Galu
Contact Email
Jurnabastra@uho.ac.id
Phone
+6285241410992
Journal Mail Official
jurnalbastra@uho.ac.id
Editorial Address
https://www.google.com/search?q=fkip+universitas+halu+oleo&oq=fkip+universitas+halu+oleo&aqs=chrome..69i57.6474j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25033875     DOI : 10.36709
Core Subject : Education,
JOURNAL BASTRA (Language and Literature) is a publicly accessible journal published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Halu Oleo University. This journal is published four times a year, every January, April, July, and October. This journal contains the results of research (field or literature studies), theoretical studies, and critical studies covering several areas of study as follows. Indonesian language education includes studies on linguistic learning, phonology learning, morphology learning, syntax learning, semantic learning, pragmatics learning, discourse learning, sociolinguistic learning, and psycholinguistic learning. Indonesian literature education includes studies on poetry learning, fiction prose learning, and drama and film learning. Indonesian, includes studies on linguistics, phonology, morphology, syntax, semantics, pragmatics, discourse, sociolinguistics, and psycholinguistics. Indonesian literature includes studies on poetry, prose fiction, drama, and film with a structural approach, stylistics, semiotics, sociology of literature, psychology of literature, psychoanalysis, literary ecology, deconstruction, philology, phenomenology, feminism, literary reception, and literary anthropology.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019" : 11 Documents clear
DEIKSIS DALAM NOVEL KIDUNG DARI NEGERI APUNG KARYA ARSYAD SALAM Gusti Ayu Made Sukariani; Sri Suryana Dina; La Ino
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Deiksis dalam Novel Kidung dari Negeri Apung Karya Arsyad Salam”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan deiksis dalam novel Kidung dari Negeri Apung karya Arsyad Salam? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan deiksis dalam novel Kidung dari Negeri Apung karya Arsyad Salam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode deskriptif, artinya menganalisis data yang ditemukan secara deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik baca catat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan pragmatik dengan beberapa tahapan, yaitu mengidentifikasi, mengklasifikasikan data, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil analisis data. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, ditemukan 140 data terdiri dari deiksis persona 90 data, deiksis tempat 14 data, deiksis waktu 18 data, deiksis wacana 12 data, dan deiksis sosial 6 data. Bentuk deiksis persona yang ditemukan yaitu bentuk saya, aku, -ku, ku-, kita, kami, kamu, kalian,dan dia,. Bentuk deiksis tempat, yaitu di sini, di sana, di situ, dan ke sini. Bentuk deiksis waktu, yaitu kemarin, tadi, dan nanti. Bentuk deiksis wacana, yaitu bentuk itu dan bentuk -nya. Bentuk deiksis sosial, yaitu bentuk beliau, pak, dan bapak.
MORALITAS DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY Hajarwati Beladin; La Ode Sahidin; Irianto Ibrahim
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah menemukan moralitas Islam yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang tidak menggunakan prinsip statistik, melainkan berpedoman pada teori-teori sastra yang berkaitan dengan penelitian. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini, yaitu menambah pengetahuan bagi penulis maupun pembaca. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tertulis yaitu berupa teks novel yang berhubungan dengan moralitas Islam dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan oleh Republika cetakan kelima Desember 2017, dengan jumlah 337 halaman. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik baca-catat. Teknik analisis data menggunakan pendekatan moral dengan melihat isi dan tujuan yang tersirat di dalam karya sastra itu sendiri dengan menginterpretasikan tentang moralitas Islam. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa moralitas Islam dalam artian yaitu akhlak yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy mencakup empat akhlak, yaitu yang pertama akhlak terhadap Allah Swt. yaitu Syukur, Berdoa, Taat beribadah (shalat) dan Ridho. Yang kedua adalah akhlak terhadap Rasulullah yaitu: Mengucapkan shalawat dan Taat pada Sunnah Rasulullah. Yang ketiga adalah akhlak terhadap diri sendiri yaitu Sabar, Amanah, Bekerja keras, Rendah hati, Suka menolong dan jujur. Dan yang ke-empat adalah akhlak terhadap masyarakat yaitu: menyayangi anak yatim dan menjenguk orang sakit.
KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARANGKA KABUPATEN MUNA BARAT Kalimudin; Aris Badara; Sahlan
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menyimpulkan isi berita siswa kelas VIII SMP Negeri I Barangka Tahun Pelajaran 2018/2019.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan. Peneliti terjun langsung untuk melakukan penelitian dilapangan tempat meneliti (sekolah) untuk memperoleh keabsahan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran secara jelas tentang kemampuan menyimpulkan isi berita siswa kelas VIII SMP Negeri I Barangka yang selanjutnya akan dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik presentase yang berupa angka-angka. Adapun responden penelitian pada penelitian ini adalah keseluruhan responden penelitian siswa sebanyak 95 orang siswa yang terdiri dari empat kelas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan menyimpulkan. Untuk mengetahui kategori kemampuan menyimpulkan isi berita dan mengacu pada standar ketuntasan belajar individual dan klasikal yang digunakan di SMP Negeri I Barangka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 95 orang siswa yang menjadi seluruh responden penelitian, secara individual terdapat 84 orang siswa(88,42%) masuk kategori mampu dan 11 orang siswa (11,57%) masuk kategori tidak mampu dalam menyimpulkan isi berita. Secara klasikal, kemampuan menyimpulkan isi berita kelas VIII SMP Negeri I Barangka masuk kategori mampu. Dikatakan mampu karena kemampuan siswa mencapai 88,42% telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu mencapai 85%. Dilihat dari tingkat kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri I Barangka pada setiap unsur dapat disimpulkan bahwa dari keenam komponen yang menjadi unsur penilaian yakni pada unsurapa, kapan, mengapa dan bagaimana tidak tuntas secara klasikal sedangkan unsursiapa, dan dimana tuntas secara klasikal karena persentasenya telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal 85%.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI-MIA1 SMA NEGERI 1 BARANGKA MELALUI METODE MENULIS OTENTIK La Ode Dirman; Haerun Ana; Sulfiah
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan tidak adanya penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi menulis kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Barangka melalui penerapan metode pembelajaran menulis otentik. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 28 orang siswa yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 13 orang laki-laki, yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari tes siklus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu faktor guru dan faktor siswa. Prosedur penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran menulis Otentik dapat meningkatkan hasil belajar pada materi menulis siswa kelas XII-MIA1 SMA Negeri 1 Barangka. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan baik dari segi proses maupun hasil dalam penelitian ini. Dari segi proses, aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%, sedangkan siswa telah mencapai 75%. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 59% dan pertemuan kedua sebesar 66%, meningkat pada siklus, II menjadi 91% pada pertemuan pertama, menjadi 95% pada pertemuan kedua. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 51% dan pertemuan kedua sebesar 56%, meningkat pada siklus II menjadi 86% pada pertemuan pertama dan 88% pada pertemuan kedua. Dari segi hasil, ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran menulis Otentik yaitu 64% pada siklus I, meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 89%.
KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WAWOTOBI Lisa; Hilaluddin Hanafi; Fahruddin Hanafi
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 149 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dari 60 siswa yang menjadi responden penelitian, terdapat 43 orang siswa (71,66%) yang memperoleh kategori mampu secara individual dalam menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi). Sedangkan 17 orang siswa (28,33%) memperoleh kategori belum mampu secara individual dalam menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi). Secara klasikal dapat dikatakan bahwa kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi masuk kategori belum mampu secara klasikal. Dikatakan demikian karena kemampuan siswa hanya mencapai 71,66% belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Jika dilihat dari setiap aspek penilaian kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi dapat disimpulkan bahwa dari kelima aspek penilaian yaitu aspek keruntutan isi cerita fantasi, kelancaran, dan lafal tuntas secara klasikal karena presentasenya telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal 85%, sedangkan pada aspek intonasi, mimik/ekspresi belum tuntas secara klasikal karena presentasenya tidak mencapai kriteria ketuntasan klasikal 85%.
KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KENDARI Meliagustin; Erny Harijaty; Harmin
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kendari tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas yang jumlahnya 89 orang sekaligus ditetapkan sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dari 89 orang siswa yang menjadi responden penelitian, terhadap 74 orang siswa (83,14%) yang memperoleh kategori mampu secara individual dalam menulis surat dinas. Sedangkan 15 orang siswa (16,85%) memperoleh kategori tidak mampu secara individual dalam menulis surat dinas. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kendari dalam menulis surat dinas dikategorikan tidak mampu. Dikatakan demikian, karena secara klasikal kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kendari dalam menulis surat dinas hanya mencapai 83,14% dan tidak mencapai criteria ketuntasan klasikal yaitu 85%.
KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI TOKOH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEMBO Milawati; Amirudin Rahim; Marwati
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks biografi tokoh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode lapangan. Jenis penelitian adalah deskripsi kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembo tahun ajaran 2018/2019. Populasi tersebut dalam empat kelas, maka penarikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembo yang berjumlah 81. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lembo terdapat dalam kategori tidak mampu secara klasikal dengan persentase kemampuan 80,24%. Bila dilihat pada setiap aspek yang telah diteliti sebagai berikut, struktur orientasi 98,76%, struktur proses kejadian 98,76%, struktur reorientasi 98,76%, kebahasaan pronominal 56,79 %, kebahasaan kata kerja tindakan 60,49%, kebahasaan kata adjaktiva 62,93%, kebahasaan kata kerja pasif 9,78%, kebahasaan kata kerja aktivitas 14,81%, kebahasaan konjungsi kausalitas/konjungsi kronologis 93,82%.
MAKSIM KESANTUNAN BERBAHASA WAWONII Pita Delima; Zalili Sailan; La Yani Konisi
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Maksim Kesantunan Berbahasa Wawonii yang dilakukan di Desa Munse Kecamatan Wawonii Timur, penulisan ini dilatarbelakangi penggunaan bahasa daerah yang saat ini kerap menggunakan bahasa-bahasa yang dinilai kurang santun. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kesantunan berbahasa masyarakat Wawonii yang berkaitan dengan maksim-maksim kesantunan berbahasa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran-gambaran penggunaan maksim kesantunan berbahasa Wawonii di Desa Munse Kecamatan Wawonii Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cakap semuka, yaitu, langsung mengetahui kondisi geografis setiap daerah pengamatan yang mungkin turut berperan bagi perkembangan isolek pada daerah pengamatan itu sendiri. Teknik catat, yaitu teknik yang digunakan dengan cara mencatat percakapan dan teknik rekam yaitu teknik yang digunakan untuk merekam percakapan seluruh pembicaraan informan dilingkungan Desa Munse Kecamatan Wawonii Timur. Dari hasil penelitian yang dilakukan mengenai Maksim Kesantunan Berbahasa Wawonii di Desa Munse Kecamatan Wawonii Timur maka penulis dapat menyimpulkan bahwa ditemukan gambaran-gambaran penggunaan maksim berbahasa Wawonii di lingkungan Desa Munse Kecamatan Wawonii Timur menggunakan maksim kesantunan berbahasa, maksim kesantunan yang dimaksud yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim perendahan hati, maksim kesetujuan, maksim kesimpatian, maksim pertimbangan.
ANALISIS STRUKTUR PUISI DALAM KUMPULAN PUISI “AKU INI BINATANG JALANG” KARYA CHAIRIL ANWAR Rio Dirman; La Ode Syukur; La Ode Balawa
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis Struktur Puisi Dalam Kumpulan Puisi “Aku Ini Binatang Jalang”Karya Chairil Anwar. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah strukturpuisi dalam Kumpulan Puisi “Aku Ini Binatang Jalang” Karya Chairil Anwar? Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur puisi dalam Kumpulan Puisi “Aku Ini Binatang Jalang” Karya Chairil Anwar. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah penelitian kepustakaan (library Research) yaitu dengan cara mengadakan studi lewat bahan bacaan yang relevan serta mendukung penelitian ini. Bahan bacaan yang dimaksud adalah puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode desktiptif kualitatif. Deskriptif yaitu penggambaran atau penyajian data berdasarkan kenyataan-kenyataan secara objektif sesuai dengan objek penelitian, dengan cara menelaah secara seksama puisi yang diteliti. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data tertulis berupa tiga puisi yaitu: 1. Hampa, 2. Di Mesjid, 3. Diponegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca catat. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah srtuktur batin dan struktur fisik puisi yang terdiri dari tiga puisi yang masing-masing memiliki empat struktur batin yaitu: Tema, nada, perasaan, dan amanat. dan enam struktur fisik yaitu diksi, pengimajian, kata konkret, gaya bahasa, verifikasi, dan tipografi.
KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR TEKS DAN KALIMAT PERSUASIF DALAM TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOHIA Irma; Haerun Ana; Yunus
Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Lohia dalam mengidentifikasi struktur teks dan kalimat persuasif dalam teks negosiasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan.Peneliti turun langsung di sekolah yang menjadi tempat penelitian untuk memperoleh keabsahan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang meberikan gambaran secara jelas mengenai kemampuan mengidentifikasi struktur teks dan kalimat persuasif dalam teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lohia yang selanjutnya dianalisis hasil data dengan menggunakan prinsip statistik yang berupa angka-angka. Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari dua jurusan yaitu kelas IPA dan kelas IPS.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individu terdapat 17 (76,92%) siswa yang dikategorikan mampu dan 33 (53,84%) siswa yang dikategorikan tidak mampu. Secara klasikal persentase kemampuan siswa mencapai 34% sehingga secara klasikal kemampuan siswa dikategorikan tidak mampu karena tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal 85%.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 3 (2024): JURNAL BASTRA EDISI JULI 2024 Vol. 9 No. 2 (2024): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2024 Vol. 9 No. 1 (2024): JURNAL BASTRA EDISI JANUARI 2024 Vol. 8 No. 4 (2023): JURNAL BASTRA EDISI OKTOBER 2023 Vol. 8 No. 3 (2023): JURNAL BASTRA EDISI JULI 2023 Vol. 8 No. 2 (2023): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2023 Vol. 8 No. 1 (2023): JURNAL BASTRA EDISI JANUARI 2023 Vol. 7 No. 4 (2022): JURNAL BASTRA EDISI OKTOBER-DESEMBER 2022 Vol. 7 No. 3 (2022): JURNAL BASTRA EDISI JULI-SEPTEMBER 2022 Vol. 7 No. 2 (2022): JURNAL BASTRA EDISI APRIL-JUNI 2022 Vol. 7 No. 1 (2022): JURNAL BASTRA EDISI JANUARI-MARET 2022 Vol. 6 No. 4 (2021): JURNAL BASTRA EDISI OKTOBER 2021 Vol. 6 No. 3 (2021): JURNAL BASTRA EDISI JULI 2021 Vol. 6 No. 2 (2021): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2021 Vol. 6 No. 1 (2021): JURNAL BASTRA EDISI JANUARI 2021 Vol. 5 No. 4 (2020): JURNAL BASTRA EDISI OKTOBER 2020 Vol. 5 No. 3 (2020): JURNAL BASTRA EDISI JULI 2020 Vol. 5 No. 2 (2020): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2020 Vol. 5 No. 1 (2020): JURNAL BASTRA EDISI JANUARI 2020 Vol. 4 No. 4 (2019): JURNAL BASTRA EDISI JULI 2019 Vol. 4 No. 3 (2019): JURNAL BASTRA EDISI JULI 2019 Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2019 Vol. 4 No. 1 (2019): JURNAL BASTRA EDISI JANUARI 2019 Vol. 2 No. 2 (2017): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2017 Vol. 2 No. 1 (2017): JURNAL BASTRA EDISI JANUARI 2017 Vol. 1 No. 3 (2016): Jurnal Bastra Edisi Juli 2016 Vol. 1 No. 2 (2016): Jurnal Bastra Edisi April 2016 Vol. 1 No. 1 (2016): Jurnal Bastra Edisi Maret 2016 More Issue