cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
fathir.ntb@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
elrispeswil.ntb@gmail.com
Editorial Address
Jln. Abubakar Ahmad, Selaparang, Matua, Kec. Woja, Kab Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Telp. 085253190336
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
ISSN : 29647088     EISSN : 29647088     DOI : -
Focus & Scope: pada bidang ilmu Manajemen, Ekonomi, Manajemen Operasi dan Kinerja, Resiko Bisnis, Akutansi, Bisnis dan Pemasaran, Kewirausahaan, dan artikel ilmiah terkait dengan Inovasi Pembangunan, dan Sumberdaya Manusia
Articles 46 Documents
Studi Kelayakan Home Industry Minuman Arak di Desapejeng Kawan, Gianyar I Nyoman Septin Adi Putra; Wayan Ardani; Ni Made Widani
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya Vol. 1 No. 1 (2022): Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.645 KB) | DOI: 10.54371/jms.v1i1.160

Abstract

Studi kelayakan sangat penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan resiko kegagalan yang akan dilalui dalam pembuatan sebuah usaha. Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari Usaha Arak Campur yang ada di Desa Pejeng Kawan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu usaha arak campur Kolet Arak Api dan objek penelitiannya adalah kelayakan usaha arak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis dari beberapa aspek yaitu aspek hukum, aspek pemasaran, aspek teknik, aspek manajemen dan aspek ekonomi & sosial. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil kelayakan usaha Kolet Arak Api dari aspek pemasaran, aspek teknik dan aspek ekonomi & sosial dinyatakan layak, karena sebagian besar kritetia penilaian usaha yang digunakan terpenuhi, namun dari aspek hukum dinyatakan tidak layak dikarenakan belum mempunyai ijin usaha apapun. Sedangkan dari aspek manajemen juga dinyatakan tidak layak dikarenakan belum terbentuknya struktur organisasi dan juga belum berjalannya SOP dengan baik.
Analisis Kelayakan Pengembangan Bisnis Waralaba Produk Olahan Pangan Dimsum pada UMKM Gerobak Dimsum Bali Ni Made Mutiara Sari; Wayan Ardani; Ni Made Widani
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya Vol. 1 No. 1 (2022): Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.289 KB) | DOI: 10.54371/jms.v1i1.161

Abstract

Studi kelayakan sangat penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan resiko   kegagalan   yang   akan   dilalui   dalam   pembuatan    sebuah    usaha. Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari Usaha Gerobak Dimsum Bali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu usaha Gerobak Dimsum Bali dan objek penelitiannya adalah kelayakan usaha dimsum. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis dari dua aspek yaitu aspek non finansial dan aspek finansial. Aspek non finansial berupa aspek hukum, aspek pemasaran, aspek teknik, dan aspek manajemen. Sedangkan aspek finansial menggunakan metode Payback Periode (PP), Net Present Value (NPV), Profitability Indeks (PI), Internal Rate of Return (IRR), Average Rate of Return (ARR). Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil kelayakan usaha Gerobak Dimsum Bali dari aspek pemasaran dan aspek teknik dinyatakan layak karena sebagian besar kritetia penilaian usaha yang digunakan terpenuhi, namun dari aspek hukum dan aspek manajemen dinyatakan tidak layak dikarenakan belum mempunyai ijin usaha apapun dan strutur organisasi beserta deskripsi pekerjaan yang masih belum spesifik. Ditinjau dari aspek finansial usaha Gerobak Dimsum Bali dinyatakan layak karena memenuhi seluruh kriteria yang ada dalam persyaratan ke layakan sebuah usaha.
Peningkatan Trust and Visit Intentions Wisatawan ke Destinasi Wisata di Bali melalui Presidensi G20 Indonesia (Studi Kasus di Monkey Forest, Ubud) Ni Wayan Nova Yanti; Wayan Ardani; Ida Ayu Sasmitha Putri
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya Vol. 1 No. 1 (2022): Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.46 KB) | DOI: 10.54371/jms.v1i1.162

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu penggerak roda perekonomian dunia yang terbukti mampu memberikan kontribusi terhadap kemakmuran suatu negara sehingga kepercayaan (trust) merupakan sarana menuju komitmen dan hubungan yang lebih jauh yang bermanfaat penting bagi kedua belah pihak yang saling percaya dan visit intention adalah intensi yang dimiliki oleh wisatawan untuk datang mengulangi kunjungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh presidensi G20 terhadap peningkatan trust and visit intention wisata monkey forest ubud. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian survey dengan menggunakan teknik penelitian yaitu purposive sampling dan tergolong dalam jenis non probability sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 500 orang dengan jumlah sampel yaitu 83. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peresidensi g20 terhadap peningkatan trust and visit intention wisatawan monkey forest ubud. Manfaat penelitian untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait pengaruh dalam peningkatan trust and visit intentions wisatawan ke destinasi wisata di bali melalui presidensi G20 indonesia.
Penguatan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui Presedensi G20 pada Era Pandemi Covid 19 pada UMKM di Bali Gusti Ayu Sapta Muna; Wayan Ardani; Ida Ayu Sasmitha Putri
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya Vol. 1 No. 1 (2022): Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.788 KB) | DOI: 10.54371/jms.v1i1.163

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada 3 UMKM yang ada di Bali, yaitu Bara Silver, Bali Creative and Souvenir. Penelitian ini disusun secara deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau balur verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat beberapa manfaat presidensi G20 yaitu manfaat dalam bidang ekonomi, pembangunan sosial, serta dalam bidang politik. Khusus untuk pengusaha perempuan mikro dan ultra-mikro, pemerintah Indonesia mengembangkan skema pemodalan khusus yang disebut program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar). Beberapa bentuk faktor pendukung UMKM di Kota Denpasar dalam usaha pemberdayaan perempuan yang dapat dilakukan oleh pemerintah maupun  institusi atau lembaga lain yaitu memberikan pelatihan adalah  modal usaha, pemasaran  dan efisiensi sistem promosi.
Pemanfaatan Presidensi G20 sebagai Sarana Marketing dan Branding Ekonomi Kreatif pada Era Pandemi Covid-19 I Gede Juni Pratama; Wayan Ardani; Ida Ayu Sasmitha Putri
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya Vol. 1 No. 1 (2022): Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.159 KB) | DOI: 10.54371/jms.v1i1.164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pelaku umkm memanfaatkan presidensi G20 sebagai sarana marketing dan branding ekonomi kreatif pada era pandemi. Penelitian ini disusun secara deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dimana objek dari permasalahan ini ialah para tokoh atau pihak yang memiliki pemahaman dan pengetahuan mengenai branding dan marketing melalui presidensi G20 pada era pandemi COVID-19 pada UMKM di Indonesia khsusnya di Bali. Sehingga dalam proses pengumpulan datanya harus dengan wawancara atau observasi langsung ke informan. Tempat penelitian ini terletak pada 3 UMKM yang ada di Bali, yaitu CV Karya Loka Sejahtera, PT Inidia Studio, PT Bala Biotech Indonesia. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Dari 3 narasumber yang telah diwawancara didapatkan bawah upaya pelaku UMKM memanfaatkan presidensi G20 sebagai sarana marketing ekonomi kreatif pada era pandemi COVID-19 adalah dengan melakukan pendekatan dengan yang langsung terkait dengan agen presidensi G20, karena sampai saat selesai belum berdampak pada perusahaan tersebut. 2 ) narasumber yang telah diwawacari dalam upaya pelaku UMKM memanfaatkan presidensi G20 sebagai sarana branding ekonomi kreatif pada era pandemi COVID-19, adalah dengan adanya kolaborasi dari UMKM dan pemerintah selaku panitia penyelenggara G20 sehingga terjadi pemerataan infomasi.
Presidensi Indonesia G20 dan Pengaruhnya terhadap Trust dan Behavioral Intentions Wisatawan ke Destinasi Wisata di Bali (Studi Kasus pada Desa Wisata Penglipuran) Ni Made Satya Risma Devi; Wayan Ardani; Ida Ayu Sasmitha Putri
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya Vol. 1 No. 1 (2022): Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.715 KB) | DOI: 10.54371/jms.v1i1.165

Abstract

Kepemimpinan transpormasional memberikan dampak pada mutu suatu organisasi termasuk pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru memilki nilai yang besar bagi mutu sekolah. Salah satuna, terlihat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan kinerja guru terhadap mutu madrasah di MIN 01 Dusun Curup. MIN 01 Dusun Curup Rejang Lebong ini mengalami transformasi pasca kepemimpinan kepala sekolah baru. Dari sekolah yang sepi peminat menjadi sekolah favorit yang banyak diminati. Transformasi ini menjadi sangat menarik untuk diteliti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di MIN 01 Dusun Curup yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik yakni uji validitas, reliabilitas, normalitas dan multikolinearitas data. Adapun metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda sekaligus. Skor tes Kepemimpinan Transformasional nilai t hitung 3.446 dengan probabilitas = 0.009 < 0.05 artinya ada pengaruh yang signifikan. Untuk variabel kinerja guru nilai t hitung 3.982 dengan probabilitas = 0.001 < 0.05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap Mutu Pendidikan di MIN 01 Curup.
Studi Kelayakan Pembayaran Shopee Paylater pada Online Shop Senantiasa Ni Nyoman Trisna Nuriani; Wayan Ardani; Ni Made Widani
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya Vol. 1 No. 1 (2022): Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.358 KB) | DOI: 10.54371/jms.v1i1.166

Abstract

Studi Kelayakan sangat penting dilakukan pada suatu usaha yang sedang berjalan sebagai tolak ukur apakah usaha ini layak dijalankan atau tidak, dan tentunya untuk menghindari adanya kerugian besar yang disebabkan oleh kegagalan usaha.Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pembayaran Shopee Paylater pada Online Shop Senantiasa, dan kelayakan dari Online Shop Senantiasa itu. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode analisis deskriptif-kuantitatif dengan subjek Online Shop Senantiasa dan Objek kelayakan Pembayaran Shopee Paylater. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan teknik dokumentasi Penelitian ini menggunakan analisis dari dua aspek yaitu aspek non finansial dan aspek finansial. Aspek non finansial berupa aspek hukum, aspek pemasaran, aspek teknik, dan aspek manajemen.Shopee Paylater bagi pengguna Sedanagkan aspek finansial menggunakan metode Payback Periode (PP), Net Present Value (NPV), Profitability Indeks (PI), Internal Rate of Return (IRR), Average Rate of Return (ARR) dan juga dengan menghitung biaya cicilan. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil kelayakan usaha Online Shop Senantiasa dari aspek pemasaran, aspek teknik dan aspek manajemen dinyatakan layak, karena sebagian besar kritetia penilaian usaha yang digunakan terpenuhi, namun dari aspek hukum dinyatakan tidak layak dikarenakan belum mempunyai ijin usaha apapun. Ditinjau dari aspek finansial usaha Online Shop Senantiasa dinyatakan layak karena memenuhi seluruh kriteria yang ada dalam persyaratan kelayakan sebuah usaha.
Presidensi G20 sebagai Sarana Marketing dan Branding Pariwisata Indonesia serta Pengaruhnya terhadap Peningkatan Kunjungan Wisatawan pada Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Hotel Melia Bali) Putu Nia Purnama Santi; Wayan Ardani; Ida Ayu Sasmitha Putri
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya Vol. 1 No. 1 (2022): Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.703 KB) | DOI: 10.54371/jms.v1i1.167

Abstract

Presidensi G20 merupakan  wewenang dalam memimpin sebuah forum G20 yang beranggotakan 19 Negara dan 1 Uni Eropa dimana forum ini dibuat demi menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh anggota negara yang bergabung di G20 baik dari segi ekonomi, politik maupun kemajuan negara anggota G20. Dan untuk periode yang pertemuan G20 tahun ini Indonesia resmi untuk mengetuai salah satu forum tersebut dalam periode 1 tahun, hal ini menjadikan kesempatan dalam memperkenalkan Indonesia dan juga mengangkat nama Indonesia di mata dunia. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh dari Presidensi G20 sebagai sarana Marketing dan Branding Pariwisata Indonesia serta pengaruhnya terhadap peningkatan Kunjungan wisatawan pada era pandemi covid-19 dalam studi kasus di Hotel Melia Bali. Untuk yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung maupun menginap di Hotel Melia Bali, dengan sample yang digunakan adalah purposive sampling yang diambil berdasarkan rumus Rao Purba adalah 100 responden. Metode yang digunakan dalam pencarian data adalah observasi dan penyebaran kuisioner dengan teknik pengolahan data atau analisis yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square). Dengan hasil yang didapatkan bahwa Presidensi G20 sebagai saran Marketing dan Branding Pariwisata Indonesia serta pengaruhnya terhadap peningkatan Kunjungan wisatawan pada era pandemi covid-19 di Hotel Melia Bali adalah positif dan signifikan. Hal ini menunjukan Presidensi G20 dapat dijadikan sebuah peluang untuk mempromosikan dan juga mengangkat citra pariwisata yang akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan. Pihak manajemen dari Hotel Melia Bali dapat memaksimalkan dalam promosi dalam upaya meningkatkan hunian maupun kunjungan Hotel Melia Bali dengan adanya pertemuan dari G20 tersebut.
Pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio terhadap Return on Equity Pada PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Periode 2012-2021 Yeti Kusmawati; Nadila Ovalianti
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya Vol. 1 No. 1 (2022): Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.886 KB) | DOI: 10.54371/jms.v1i1.182

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE). Untuk mengetahui ada pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE). Untuk mengetahui ada pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan atau Annual Report PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakini metode kuantitatif, Populasi yang diamati dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan tahunan PT. Permodalan Nasional Madani serta Sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan cara sampel berurutan dengan observasi yaitu dengan mengadakan analisa terhadap laporan keuangan pada PT. Permodalan Nasional Madani (PNM)  dari tahun 2012 sampai tahun 2021 (10 Tahun). Untuk pengumpulan data digunakan teknik dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan regresi berganda, uji asumsi klasik, uji T, dan uji F. Adapun nilai nilai T hitung 0,063 < T tabel 2,365 dan nilai signifikansi 0,951 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel Current Ratio (X1) tidak berpengaruh terhadap Return on Equity (Y), sedangkan nilai T hitung -0,134 < T tabel 2,364 dan nilai signifikansi 0,897 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio (X2) tidak berpengaruh terhadap Return on Equity (Y). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel ini tidak berpengaruh terhadap Return on Equity (Y).
Pengaruh Fasilitas Kerja dan Penempatan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Masa Mitra Pratama Medan Free Antonius Simanjuntak; Edy Edy
Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya Vol. 1 No. 1 (2022): Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.545 KB) | DOI: 10.54371/jms.v1i1.183

Abstract

PT. Masa Mitra Pratama adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan penjualan kebutuhan elektronik perbankan seperti: mesin hitung uang, mesin teller, dan lain-lain yang memulai usahanya pada tahun 2007 dan terus berkembang dengan membuka berbagai cabang salah satunya berlokasi di Medan . Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh karyawan yang bekerja pada perusahaan sebanyak 41 karyawan. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel fasilitas kerja dan penempatan kerja terhadap prestasi kerja PT. Masa Mitra Pratama. Sedangkan secara parsial ditemukan variabel fasilitas kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja PT. Masa Mitra Pratama. Secara parsial ditemukan bahwa variabel penempatan kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja PT. Masa Mitra Pratama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas kerja lebih berpengaruh dibandingkan penempatan kerja terhadap prestasi kerja PT. Masa Mitra Pratama.