cover
Contact Name
Sultan
Contact Email
sultan@upnyk.ac.id
Phone
+6281328397872
Journal Mail Official
buletinekonomifebupnvyk@gmail.com
Editorial Address
Gedung FEB UPN Veteran Yogyakarta Jalan SWK 104 Lingkar Utara Condong Catur, Yogyakarta 55283
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
ISSN : 14102298     EISSN : 27146871     DOI : -
Diterbitkan oleh FEB UPN ”Veteran” Yogyakarta sebagai media yang bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian maupun telaah teori yang berhubungan dengan ilmu manajemen, akuntansi dan ekonomi pembangunan. Buletin Ekonomi terbit setahun dua kali, setiap bulan April dan Oktober dengan format A4. Redaksi menerima artikel dari siapapun baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Untuk Informasi Berlangganan dipersilahkan menghubungi Redaksi
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi" : 11 Documents clear
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANNCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Arini Prihatiningrum; Sri Ayem
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.759 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5637

Abstract

This study aims to analyze the disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) and Leverage on the Earnings Response Coefficient (ERC) by considering Good Corporate Governance as a mediating or intervening variable. The data used in this study are secondary data obtained from several sources. The subjects of this research are state-owned companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2019. The sample of this study were 12 companies with a total of 48 data for 4 years from 2016 to 2019 which were selected by purposive sampling method. The analysis tool is the Classical Assumption Test and Path Analysis. This study found only four hypotheses were accepted, the other hypotheses were rejected. This study concludes that disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) has a positive effect on Good Corporate Governance (GCG), Leverage has a positive effect on Good Corporate Governance (GCG), Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) has a positive effect on Earning Response Coefficient (ERC), Leverage. It has a positive effect on the Earning Response Coefficient (ERC), and Good Corporate Governance (GCG) is accepted to be added to the model as a mediating or intervening variable. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Leverage terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) dengan mempertimbangkan Good Corporate Governance sebagai variabel mediasi atau intervening. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari beberapa sumber. Subjek penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Sampel penelitian ini adalah 12 perusahaan dengan total 48 data selama 4 tahun dari tahun 2016 hingga 2019 yang dipilih dengan purposive sampling method. Alat analisis adalah Uji Asumsi Klasik dan Path Analysis.  Penelitian ini menemukan hanya empat hipotesis yang diterima, hipotesis lainnya ditolak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap Good Corporate Governance (GCG), Leverage berpengaruh positif terhadap Good Corporate Governance (GCG), Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap Earning Response Coefficient (ERC), Leverage berpengaruh positif  terhadap Earning Response Coefficient (ERC), dan Good Corporate Governance (GCG) diterima untuk ditambahkan dalam model sebagai variabel mediasi atau intervening.
FAKTOR PENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DI INDONESIA Agus Tri Basuki
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.379 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5601

Abstract

This study aims to examine the role of fiscal policy and macro variables in encouraging regional economic growth in Indonesia. This study uses panel data regression using a sample of 18 provinces in Indonesia. Research supporting data sourced from the Indonesian Central Bureau of Statistics and the Ministry of Financeof the Republic of Indonesia from 2008-2017. The results showed that local government spending on education, health, agriculture, and fisheries and maritime affairs had a positive effect on economic growth, but the effect was less effective in promoting economic growth. To overcome the ineffective role of fiscal policy in promoting economic growth, the central and regional governments must change  budgeting from a traditional approach to a budgeting approach to performance. Based on the regional financial management law, regional leaders have power over regional budget management, but in the use of the budget it must be used for the maximum welfare of the people. Meanwhile, the role of foreign investment in promoting economic growth is very low. The government's role in overcoming the low role of foreign investment is only to provide business permits for pro-laborintensive foreign investment.Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kebijakan fiskal dan variabel makro dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan menggunakan sampel dari 18 provinsi di Indonesia. Data pendukung penelitian bersumber dari Badan Pusat Statistik Indonesia dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia tahun 2008-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belanja pemerintah daerah untuk pendidikan, kesehatan, pertanian, serta perikanan dan kelautan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi, namun pengaruhnya kurang efektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk mengatasi tidak efektifnya peran kebijakan fiskal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah pusat dan daerah harus mengubah penganggaran dari pendekatan tradisional menjadi pendekatan penganggaran menuju kinerja. Berdasarkan undang-undang pengelolaan keuangan daerah, pemimpin daerah memiliki kewenangan atas pengelolaan anggaran daerah, namun dalam penggunaan anggarannya harus digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Sedangkan peran investasi asing dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sangat rendah. Peran pemerintah dalam mengatasi rendahnya peran penanaman modal asing hanya memberikan izin usaha bagi penanaman modal asing yang pro padat karya.
PENGARUH FEE BASED INCOME TERHADAP LABA OPERASIONAL PADA BANK BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI Irawan Budi Prasetyo
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.549 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5638

Abstract

This study aims to determine the effect of commissions, fees and fees, foreign exchange and other income simultaneously and partially on the operating profit of banks listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2007-2014. This research is a correlational study which aims to determine the relationship and influence of the independent and dependent variables. The object of this research is state-owned banks listed on the Indonesia Stock Exchange for a period of 4 years (2007-2014) whose data have been grouped by purposive sampling. While the analysis tool used is linear regression. The results show that foreign exchange (X2) has a significant and dominant effect on operating profit (Y), which means that an increase in foreign exchange earnings will be followed by an increase in operating profit. Simultaneously, commission, fees and fees, foreign exchange or foreign exchange earnings, other income (X1,2,3) affect operating profit by 83.2%, and the remaining 16.8% is influenced by other factors not calculated in this study.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komisi, provisi dan fee, valuta asing dan pendapatan lainnya secara simultan dan parsial terhadap laba operasional bank bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 2007-2014. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh variabel bebas dan variabel terikat.Obyek penelitian adalah bank bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 4 tahun (2007 – 2014 ) yang datanya telah di kelompokkan dengan cara purposive sampling. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  valuta asing atau devisa (X2) berpengaruh signifikan dan dominan terhadap laba operasional (Y) yang berarti dengan adanya kenaikan pendapatan valuta asing atau devisa akan diikuti oleh peningkatan laba operasional. Secara simultan pendapatan komisi, provisi dan fee, Pendapatan valuta asing atau devisa, pendapatan lainnya (X1,2,3) mempengaruhi laba operasional sebesar 83,2%, dan sisanya 16,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dihitung dalam penelitian ini.
PENGGUNAAN SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN DENGAN APLIKASI NETBEANS IDE 8.0.2 BERBASIS SQL SERVER (STUDI KASUS PADA PT. REJEKI AGUNG MANDIRI - KLATEN) Drajat Armono; Lasri Dwi Kurniati; Niar Nisa Nastiti Amranani
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.152 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5633

Abstract

This study aims to determine the payroll system apllied to the agency. As well, this research also aims to determine the strengths and weaknesses of the system being run. In the payroll process, it was known that these agencies previously still used a manual system, so the payroll process took longer and the results obtained were prone to errors. However, along with the development of technology, the company changed the manual system to use the NetBeans IDE 8.0.2 server application system. The payroll system is designed by the company owner which aims to facilitate the finance department in the payroll process. Using the payroll system is faster and doesn’t take longer, and the results in the calculation are clearer and more accurate.Penelitian ini bertujuan untuk mengamati penggunaan sistem penggajian yang diterapkan pada instansi tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan yang terdapat dalam sistem yang dijalankan. Dalam proses  penggajian  diketahui pada instansi tersebut sebelumnya masih menggunakan sistem manual, sehingga proses penggajian memakan waktu yang lebih lama dan hasil yang didapatkan rentan terjadi kesalahan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan mengubah sistem manual menjadi menggunakan sistem aplikasi NetBeans IDE 8.0.2 SQL server. Sistem penggajian tersebut dirancang oleh pemilik perusahaan yang bertujuan untuk memudahkan bagian keuangan dalam proses penggajian. Dengan menggunakan sistem penggajian tersebut ternyata menjadikan prosesnya lebih cepat dan tidak memakan waktu lebih lama dibanding penggunaan sistem manual, serta hasil dalam perhitungannya lebih jelas dan akurat.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG D’FRESCO DONUT MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI Handayani Tri Wijayanti; Siti Almaidah
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.484 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5639

Abstract

The culinary business in Solo continues to grow along with the development of Solo City to become one of the tourist destinations in Indonesia. One of the culinary businesses that is growing is typical snacks of Solo City and present cakes. Currently, the most popular cakes include donuts. Changes in consumer tastes and market demands require companies to make innovative and creative efforts towards their products and marketing strategies. This study was intended to examine the effect of product quality and service quality on D'Fresco Donut repurchase interest through customer satisfaction as the mediating variable. The sample in this study amounted to 150 respondents. The sampling procedure uses accidental sampling. The analysis techniques used include: (1) descriptive analysis, (2) testing research instruments,  (3) classical assumption test, and (4) path analysis. The results showed that there was an effect of product quality and service quality on repurchase interest mediated by customer satisfaction. Bisnis kuliner di Kota Solo terus berkembang seiring dengan perkembangan Kota Solo menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia. Salah satu bisnis kuliner yang sedang berkembang adalah jajanan khas Kota Solo dan kue kekinian. Saat ini kue kekinian yang sedang digemari tersebut diantaranya adalah Donat. Perubahan selera konsumen dan permintaan pasar menuntut perusahaan untuk melakukan upaya inovatif dan kreatif terhadap produk dan strategi pemasarannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji tentang pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang D’Fresco Donut melalui kepuasan pelanggan sebagai varibel pemediasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 responden. Prosedur pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan diantaranya: (1) analisis deskriptif, (2) pengujian instrumen penelitian, (3) uji asumsi klasik, dan (4) path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang dengan dimediasi kepuasan pelanggan.
GAYA KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA DAN SISTIM KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT PURA SMART TECHNOLOGI Daniel Grace Christiawan; Rani Rahmayani
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.03 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5634

Abstract

The method used is research using a quantitative approach with descriptive research categories. In survey research, information is collected from respondents using a questionnaire. The population of this study were 40 employees as a sample, namely 40 employees. Testing the first hypothesis (H1) obtained tcount for the leadership style variable of 3.214 with a significance of 0.003 (p <0.05). The second hypothesis testing (H2) obtained tcount for the work environment variable of 2.566 with a significance of 0.015 (p <0.05). Testing the third hypothesis (H3) obtained tcount for the variable compensation system of 3,948 with a significance of 0,000 (p <0.05). The results showed that, (1) There is a positive influence of leadership style on employee work performance at PT Pura Smart Technology, which means that the higher or better the leadership style, the higher the employee's work performance, conversely the lower or worse the leadership style, the lower the achievement. employee work at PT Pura Smart Tecnology. The amount of the effective contribution of the leadership style to the work performance of employees at PT Pura Smart Technology is 22.7% and the relative contribution is 32.2%. (2) There is a positive influence of the work environment on the work performance of employees at PT Pura Smart Technology.Metode yang digunakan adalah penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kategori penelitian diskriptif. Dalam penelitian survei, informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah karyawan yang berjumlah 40 orang sekaligus sebagai sampel yaitu 40 orang karyawan. Pengujian hipotesis pertama (H1) diperoleh thitung untuk variabel gaya kepemimpinan sebesar 3,214 dengan signifikansi 0,003 (p < 0,05). Pengujian hipotesis kedua (H2) diperoleh thitung untuk variabel lingkungan kerja sebesar 2,566 dengan signifikansi 0,015 (p < 0,05). Pengujian hipotesis ketiga (H3) diperoleh thitung untuk variabel sistim kompensasi sebesar 3,948 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh positif  gaya kepemimpinan terhadap prestasi kerja karyawan di PT Pura Smart Tecnology, yang berarti semakin tinggi atau baik gaya kepemimpinan maka semakin tinggi pula prestasi kerja karyawan, sebaliknya semakin rendah atau buruk gaya kepemimpinan maka semakin rendah prestasi kerja karyawan di PT Pura Smart Tecnology. Besarnya sumbangan efektif gaya kepemimpinan terhadap prestasi kerja karyawan di PT Pura Smart Tecnology sebesar 22,7% dan sumbangan relatif sebesar 32,2%.(2) Terdapat pengaruh positif  lingkungan kerja terhadap prestasi kerja karyawan di PT Pura Smart Tecnology.
PENGARUH MOTIVASI EKONOMI, GENDER, PERSEPSI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MAHASISWA BERKARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA) Yasinta Agatha Cahya; Teguh Erawati
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.954 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5640

Abstract

This study aims to determine the effect of Motivation Economy, Gender, Perception and Family Environment towards students' interest in becoming a Public Accountant. Distributing questionnaires or questionnaires. Research sample This is an Accounting student at the University of Economics Faculty Sarjanawiyata Tamansiswa batch 2016-2018 which amounts to 100 respondents who have gone through audits 1 and 2 and passed. The sampling technique used purposive sampling. Tool analysis used Classical Assumption Test and Multiple Linear Regression Analysis Test. This study concludes that economic motivation is not affect career interest in becoming a public accountant, gender has no effect on career interest in becoming an accountant public, perception has a positive effect on career interest in becoming a public accountant and the family environment has no effect towards a career interest in becoming a public accountant.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Ekonomi, Gender, Persepsi dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Mahasiswa menjadi Akuntan Publik. menyebarkan kuesioner atau kuesioner. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa angkatan 2016-2018 yang berjumlah 100 responden yang telah melalui audit 1 dan 2 dan dinyatakan lulus. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan Uji Asumsi Klasik dan Uji Analisis Regresi Linier Berganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi ekonomi tidak berpengaruh terhadap minat karir menjadi akuntan publik, jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap minat karir menjadi akuntan publik, persepsi berpengaruh positif terhadap minat karir menjadi akuntan publik dan lingkungan keluarga tidak berpengaruh. menuju minat karir untuk menjadi akuntan publik.
WORDS OF MOUTH (WOM) SEBAGAI PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN (SEBUAH STUDI LITERATUR) Buchori Buchori
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.721 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5635

Abstract

The development of the increasingly competitive business world makes companies have to make efforts to carry out promotions in order to introduce their businesses and products to consumers in an effective way. Various promotional strategies have been implemented, there is one unique promotional strategy, and are still considered effective today. Worth of Mouth (WOM) is still considered an effective promotional strategy to increase consumer purchases. Consumers trust information from people who have experienced consuming a product more than advertisements. Various literature discussing the influence of WOM and purchasing decisions support the opinion that WOM is one of the determinants of consumer decisions in making purchases. This study aims to determine to analyze the effect of WOM on Consumer Purchasing Decisions. This study uses the literature study method to obtain a number of data in the form of previous research that is in accordance with the research topic. The results of this study indicate that WOM has an effect on purchasing decisions.Perkembangan dunia bisnis yang semakin kompetitif membuat perusahaan harus berupaya melakukan promosi guna mengenalkan usaha dan produknya kepada konsumen dengan cara yang efektif. Berbagai strategi promosi yang telah dijalankan, terdapat satu strategi promosi yang unik, dan masih dianggap efektif hingga saat ini. Worth of Mouth (WOM) masih dianggap sebagai strategi promosi efektif untuk meningkatkan pembelian konsumen. Konsumen lebih percaya informasi dari orang yang memiliki pengalaman konsumsi suatu produk, dibanding iklan. Berbagai litaratur yang membahas pengaruh  WOM dan keputusan pembelian mendukung pendapat bahwa WOM merupakan salah satu penentu keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui menganalisis pengaruh WOM terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mendapatkan sejumlah data berupa penelitian terdahulu yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa WOM  berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
PENURUNAN INDEKS GINI PENDIDIKAN: INDONESIA, JAWA TENGAH DAN MAGELANG Budiono Budiono
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.17 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5641

Abstract

This policy paper aims to determine the relationship between educational inequality and the average length of schooling in Indonesia, Central Java Province and Magelang District. The data source is the national socio-economic survey (Susenas / BPS) in 2015 and 2020, especially the table: the percentage of the population aged 15 years and over according to the type of area and the highest level of education completed. To determine education inequality, it is calculated using data on the average length of schooling of the population aged 15 years and over, the Lorenz curve and the Gini index of education. The average length of schooling in Indonesia, Central Java Province, Magelang Regency increased during the 2015–2020 period, while education inequality decreased. The Gini index calculation results show that Indonesia is more evenly distributed than Central Java, and Magelang is the least even. A negative relationship was found between mean years of schooling and the Gini index of education. a positive relationship was found between the rate of increase in mean years of schooling and a decrease in the Gini index of educationNaskah kebijakan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketimpangan pendidikan dengan rata-rata lama sekolah di Indonesia, Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Magelang. Sumber data  adalah surve social ekonomi nasional (Susenas / BPS) tahun 2015 dan 2020, khusunya tabel: persentase penduduk usia 15 tahun ke atas menurut tipe daerah dan jenjang pendidikan tertinggi yang ditamatkan. Untuk menentukan ketimpangan pendidikan dihitung melalui, data rata-rata lama sekolah penduduk usia 15 tahun ke atas, kurva Lorenz dan indeks Gini pendidikan. Rata-rata lama sekolah di Indonesia, Provinsi Jawa Tengah Kabupaten Magelang meningkat selama periode 2015–2020 sedangkan ketimpangan pendidikan menurun. Hasil perhitungan indeks gini menunjukan bahwa Indonesia lebih merata daripada Jawa Tengan, dan Magelang paling tidak merata. Hubungan negatif ditemukan antara rata-rata tahun sekolah dan indeks Gini pendidikan. hubungan positif ditemukan antara tingkat kenaikan rata-rata tahun sekolah dan penurunan indeks Gini pendidikan.
JOB INSECURITY, LINGKUNGAN KERJA, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI PENGARUHNYA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN Rina Irawati
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.836 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5636

Abstract

The purpose of this study is to examine the effect of job insecurity, job satisfaction, work environment and organizational commitment on employee turnover intention simultaneously and partially. The sample used in this study amounted to 55 employees of Java Dancer Coffee Malang. Validity and reliability test results show that each item from each variable is said to be valid and reliable. The results of the classic assumption test show that all variables are free from multicollinearity, heteroscedasticity and normal distribution. The results of the F test indicate that there is a simultaneous influence between Job Insecurity (X1), Job Satisfaction (X2), Work Environment (X3), Organizational Commitment (X4) to Turnover Intention (Y) employees. The t-test results show that Job Satisfaction (X2), Work Environment (X3) and Organizational Commitment (X4) have a positive and significant effect on Turnover Intention (Y) employees of Java Dancer Coffee Malang, while Job Insecurity (X1) has no influence significant to Turnover Intention (Y) variables. employee of Java Dancer Coffee Malang. The most influential variable Organizational Commitment to Turnover Intention compared to other variables. This can be known based on the calculation of the regression coefficient (b) of 0.522.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ketidakamanan kerja, kepuasan kerja, lingkungan kerja dan komitmen organisasi terhadap intensi turnover karyawan secara simultan dan parsial. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 55 karyawan Java Dancer Coffee Malang. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa setiap item dari masing-masing variabel dikatakan valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa semua variabel bebas dari multikolinearitas, heteroskedastisitas dan berdistribusi normal. Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara Job Insecurity (X1), Job Satisfaction (X2), Work Environment (X3), Organizational Commitment (X4) terhadap Turnover Intention (Y) karyawan. Hasil uji t menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja (X2), Lingkungan Kerja (X3) dan Komitmen Organisasi (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention (Y) karyawan Java Dancer Coffee Malang, sedangkan Job Insecurity (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention (Y) karyawan Java Dancer Coffee Malang, sedangkan Job Insecurity (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention (Y). tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap variabel Turnover Intention (Y). karyawan Java Dancer Coffee Malang. Variabel Organizational Commitment to Turnover Intention paling berpengaruh dibandingkan variabel lainnya. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan perhitungan koefisien regresi (b) sebesar 0,522.

Page 1 of 2 | Total Record : 11