cover
Contact Name
Sultan
Contact Email
sultan@upnyk.ac.id
Phone
+6281328397872
Journal Mail Official
buletinekonomifebupnvyk@gmail.com
Editorial Address
Gedung FEB UPN Veteran Yogyakarta Jalan SWK 104 Lingkar Utara Condong Catur, Yogyakarta 55283
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
ISSN : 14102298     EISSN : 27146871     DOI : -
Diterbitkan oleh FEB UPN ”Veteran” Yogyakarta sebagai media yang bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian maupun telaah teori yang berhubungan dengan ilmu manajemen, akuntansi dan ekonomi pembangunan. Buletin Ekonomi terbit setahun dua kali, setiap bulan April dan Oktober dengan format A4. Redaksi menerima artikel dari siapapun baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Untuk Informasi Berlangganan dipersilahkan menghubungi Redaksi
Articles 56 Documents
MEMBANGUN KOMITMEN PELANGAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN DAN TRUST PELANGGAN TOKO SWALAYAN Salamatun Asakdiyah
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 1 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.072 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i1.5619

Abstract

This research aimed to test influence between service quality, customer trust also interaction between service quality and customer trust in the building of customer commitment of supermarket. This research efforted in Pamella Supermarket in Yogyakarta. Sample categorized with sampling convenience method and purposive sampling. Data collection efforted by giving list of quetion to the respondent that is contains about service quality, customer trust and customer commitmnet. This research use moderator Regression Analysis. In the other side, T test and F test are used to the asked hypothesis.This result of partially regression  coefficient test with T test shows that service quality, customer trust also interaction betwen them influence significantly to customer commitment. In the other side coefficient regression with F test’s result shows that variables of service quality, customer trust also interaction between them 60 th influence to customer commitment. Variable of service quality, customer trust also interaction between them are able to explain customer commitment variable up 81,9% and the rest is 18,1% caused by anather variables that is not included in the research model.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, trust pelanggan serta interaksi antara kualitas pelayanan dan trust pelanggan dalam pembentukan komitmen pelanggan. Penelitian dilakukan pada Pamella Swalayan Kota Yogyakarta. Sampel ditentukan dengan metode convenience sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada responden yang berisi tentang kualitas pelayanan, trust pelanggan serta komitmen pelanggan. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Moderator. Sedangkan untuk menguji hipotesis yang dikemukakan digunakan uji t dan uji F. Uji t digunakan untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan uji F digunakan untuk menguji koefisien regresi secara serempak (bersama-sama). Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar variabel-variabel kualitas pelayanan, trust pelanggan serta interaksi antara kualitas pelayanan dan trust pelanggan mampu menjelaskan variabel komitmen pelanggan digunakan analisis koefisien determinasi.Hasil pengujian koefisien regresi secara parsial dengan uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, trust pelangan serta interaksi antara kualitas pelayanan dengan trust pelanggan secara signifikan mempengaruhi komitmen pelanggan. Sedangkan hasil pengujian koefisien regresi secara bersama-sama menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, trust pelanggan serta interaksi antara kualitas pelayanan dengan trust pelanggan secara bersama-sama berpengaruh terhadap komitmen pelanggan. Variabel-variabel kualitas pelayanan, trust pelanggan serta interaksi antara kualitas pelayanan dengan trust pelanggan mampu menjelaskan variabel komitmen pelanggan sebesar 81,9% dan sisanya sebesar 18,1% disebabkan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANNCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Arini Prihatiningrum; Sri Ayem
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.759 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5637

Abstract

This study aims to analyze the disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) and Leverage on the Earnings Response Coefficient (ERC) by considering Good Corporate Governance as a mediating or intervening variable. The data used in this study are secondary data obtained from several sources. The subjects of this research are state-owned companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2019. The sample of this study were 12 companies with a total of 48 data for 4 years from 2016 to 2019 which were selected by purposive sampling method. The analysis tool is the Classical Assumption Test and Path Analysis. This study found only four hypotheses were accepted, the other hypotheses were rejected. This study concludes that disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) has a positive effect on Good Corporate Governance (GCG), Leverage has a positive effect on Good Corporate Governance (GCG), Disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) has a positive effect on Earning Response Coefficient (ERC), Leverage. It has a positive effect on the Earning Response Coefficient (ERC), and Good Corporate Governance (GCG) is accepted to be added to the model as a mediating or intervening variable. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Leverage terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) dengan mempertimbangkan Good Corporate Governance sebagai variabel mediasi atau intervening. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari beberapa sumber. Subjek penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Sampel penelitian ini adalah 12 perusahaan dengan total 48 data selama 4 tahun dari tahun 2016 hingga 2019 yang dipilih dengan purposive sampling method. Alat analisis adalah Uji Asumsi Klasik dan Path Analysis.  Penelitian ini menemukan hanya empat hipotesis yang diterima, hipotesis lainnya ditolak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap Good Corporate Governance (GCG), Leverage berpengaruh positif terhadap Good Corporate Governance (GCG), Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap Earning Response Coefficient (ERC), Leverage berpengaruh positif  terhadap Earning Response Coefficient (ERC), dan Good Corporate Governance (GCG) diterima untuk ditambahkan dalam model sebagai variabel mediasi atau intervening.
FAKTOR PENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DI INDONESIA Agus Tri Basuki
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.379 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i2.5601

Abstract

This study aims to examine the role of fiscal policy and macro variables in encouraging regional economic growth in Indonesia. This study uses panel data regression using a sample of 18 provinces in Indonesia. Research supporting data sourced from the Indonesian Central Bureau of Statistics and the Ministry of Financeof the Republic of Indonesia from 2008-2017. The results showed that local government spending on education, health, agriculture, and fisheries and maritime affairs had a positive effect on economic growth, but the effect was less effective in promoting economic growth. To overcome the ineffective role of fiscal policy in promoting economic growth, the central and regional governments must change  budgeting from a traditional approach to a budgeting approach to performance. Based on the regional financial management law, regional leaders have power over regional budget management, but in the use of the budget it must be used for the maximum welfare of the people. Meanwhile, the role of foreign investment in promoting economic growth is very low. The government's role in overcoming the low role of foreign investment is only to provide business permits for pro-laborintensive foreign investment.Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kebijakan fiskal dan variabel makro dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan menggunakan sampel dari 18 provinsi di Indonesia. Data pendukung penelitian bersumber dari Badan Pusat Statistik Indonesia dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia tahun 2008-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belanja pemerintah daerah untuk pendidikan, kesehatan, pertanian, serta perikanan dan kelautan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi, namun pengaruhnya kurang efektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk mengatasi tidak efektifnya peran kebijakan fiskal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah pusat dan daerah harus mengubah penganggaran dari pendekatan tradisional menjadi pendekatan penganggaran menuju kinerja. Berdasarkan undang-undang pengelolaan keuangan daerah, pemimpin daerah memiliki kewenangan atas pengelolaan anggaran daerah, namun dalam penggunaan anggarannya harus digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Sedangkan peran investasi asing dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sangat rendah. Peran pemerintah dalam mengatasi rendahnya peran penanaman modal asing hanya memberikan izin usaha bagi penanaman modal asing yang pro padat karya.
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIER DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERAWAT DAN BIDAN RUMAH SAKIT BAPTIS BATU) William Rino Saputro
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 19, No 1 (2021): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.642 KB) | DOI: 10.31315/be.v19i1.8069

Abstract

Abstrak: Pengaruh Pengembangan Karier Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perawat Dan Bidan Rumah Sakit Baptis Batu).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengukur pengaruh pengembangan karier dan kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan skala pengukuran yang sudah digunakan sebelumnya. Sampel penelitian ini adalah seluruh perawat dan bidan di Rumah Sakit Baptis Batu Indonesia yang berjumlah 115 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Analisis data penelittian ini menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karier memiliki pengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kompensasi secara langsung memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, serta pengembangan karier dan kompensasi berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Kontribusi penelitian ini untuk memperkuat teori dan hasil dari penelitian sebelumnya dan ilmu bagi dunia praktik yang terkait pengelolaan sumber daya manusia.Abstract: The Effect of Career Development and Compensation on Employee Performance with Job Satisfaction as an Intervening Variable (Study on Nurses and Midwives at Batu Baptist Hospital) The purpose of this research is to analyze and measure the impact of career development and compensation on employee performance with job satisfaction as an intervening variable. This research is a quantitative research using measurement scales that have been used before. The sample of this study is all nurses and midwives at Indonesia Baptist Batu Hospital in total 115 persons. Sampling method using census technique. Analyze this research data using pat analysis. The results showed that career development had a positive and significant direct impact on employee performance, compensation directly had a non-significant impact on employee performance, and career development and compensation had a significant indirect effect on employee performance through job satisfaction as an intervening variable. The contribution of this research to strengthen the theory and results of previous research and science for the world of practice related to human resource management.
METODE DECISION TREE UNTUK PEMBUKAAN CABANG BARU DENTAL CARE & AESTHETIC CENTER Eka Sri Rahayu; Haryadi Sarjono
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (816.95 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5553

Abstract

This study aims to predict the number of patients visiting Dental Care & Aesthetic Center, Jln. Taman Ratu blok BB1, No. 2A, Jakarta Barat, with the analysis technique used is to use a forecasting method approach consisting of seven methods namely moving average, exponential smoothing, trend projection, additive decomposition, average all, additive decomposition CMA multiplicative decomposition average all, multiplicative decomposition CMA, and period from January 2017 to September 2018. From the results of the research using seven forecasting methods, the smallest MAD is 39.66634 and the smallest MSE is 2.305.762, in the multiplicative decomposition average all method showed that the data showed the forecasting of the number of patients visiting Dental Care & Aesthetic Center in the October 2018 period amounting to 293,0451 patients. In addition, in this study the decision tree method is used for making alternative decisions which should be done by the company, the result of decision making using decision trees is to open a new branch in the Menteng area, Central Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi jumlah pasien yang mengunjungi Dental Care & Aesthetic Center, Jln. Taman Ratu blok BB1, No. 2A, Jakarta Barat, dengan teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan metode peramalan yang terdiri dari tujuh metode yaitu moving average, exponential smoothing, proyeksi tren, dekomposisi aditif, rata-rata semua, dekomposisi aditif CMA multiplikasi dekomposisi rata-rata semua, multiplikasi dekomposisi CMA, dan periode dari Januari 2017 hingga September 2018. Dari hasil penelitian menggunakan tujuh metode peramalan, MAD terkecil adalah 39.66634 dan UMK terkecil adalah 2.305.762, dalam rata-rata dekomposisi multiplikasi semua metode menunjukkan bahwa data menunjukkan perkiraan jumlah pasien mengunjungi Dental Care & Aesthetic Center pada periode Oktober 2018 berjumlah 293.0451 pasien. Selain itu, dalam penelitian ini metode pohon keputusan digunakan untuk membuat keputusan alternatif yang harus dilakukan oleh perusahaan, hasil pengambilan keputusan menggunakan pohon keputusan adalah membuka cabang baru di daerah Menteng, Jakarta Pusat.
ANALISIS POTENSI PERTUMBUHAN EKONOMI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19 Ary Sutrischastini; Nur Widiastuti
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 19, No 2 (2021): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/be.v19i2.8068

Abstract

The COVID-19 pandemic has caused almost the entire world economy to decline. Likewise, the Special Region of Yogyakarta experienced a contraction in economic growth. As a result, production capacity decrease and people's welfare also decrease. This research was conducted with the aim of identifying potential business fields that can be developed (base sector) in the Special Region of Yogyakarta and calculating the amount of the multiplier so that regional economic growth can be increased again. By using Location Quotient analysis and BPS data for 2020, the results show that the Special Region of Yogyakarta has 7 basic sectors, namely the sector of providing accommodation and food and drink, the education services sector, the real estate sector, the information and communication sector, the government administration sector, defence and compulsory social security, the transportation and warehousing sector, and the water supply, waste management, waste and recycling sector. Base sector activities have a multiplier of 1.7787 to regional income. Pandemi COVID-19 mengakibatkan hampir seluruh perekonomian dunia mengalami penurunan. Demikian juga Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami kontraksi dalam pertumbuhan ekonomi. Akibatnya kapasitas produksi menurun dan kesejahteraan masyarakat juga menurun. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi potensi lapangan usaha yang dapat dikembangkan (sektor basis) di Daerah Istimewa Yogyakarta dan menghitung besarnya multiplier agar pertumbuhan ekonomi daerah dapat ditingkatkan kembali. Dengan menggunakan analisis Location Quotient dan data BPS tahun 2020 diperoleh hasil bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki 7 sektor basis yaitu sektor penyediaan akomodasi dan makan minum, sektor jasa pendidikan, sektor real estate, sektor informasi dan komunikasi, sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib, sektor transportasi dan pergudangan, dan sektor pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang. Kegiatan sektor basis memiliki multiplier sebesar 1,7787 terhadap pendapatan daerah.
DETERMINAN MASA TUNGGU MEMPEROLEH PEKERJAAN BAGI LULUSAN PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN Sri Rahayu Budi Hastuti; I Ketut Nama
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 2 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/be.v17i2.5614

Abstract

This research is to identifies determinants of waiting period to get a job for graduates of the Development Economics Study Program. The research variables include the waiting period is Cumulative Achievement Index (GPA), Toefl score, Organization and Training. This research uses multiple linear regression analysis tools. The results of the research show that the Toefl and Training scores negatively affected the waiting period. This means that if the Toefl and Training score increases, it will shorten the waiting period for graduates to get a job. While the GPA and the Organization have no effect on the waiting period for graduates to get a job.Penelitian ini mengidentifikasi determinan masa tunggu memperoleh pekerjaan bagi lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan. Variabel penelitian mencakup Masa tunggu, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), skor Toefl, Organisasi dan Pelatihan. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor Toefl dan Pelatihan berpengaruh negatif terhadap masa tunggu. Hal ini berarti jika skore Toefl dan Pelatihan bertambah akan memperpendek masa tunggu lulusan memperoleh pekerjaan. Sedangkan IPK dan Organisasi tidak berpengaruh pada masa tunggu lulusan memperoleh pekerjaan.
DAMPAK COVID-19 PADA UMKM BATIK DI SOLO RAYA DI DALAM MENCAPAI KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN KEBERHASILAN USAHA Septiana Novita Dewi; Ambar Wariati
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 18, No 1 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.611 KB) | DOI: 10.31315/be.v18i1.5625

Abstract

This study aims to determine the quality of products and perceptions of business success at SMEs Batik in Solo Raya by looking at aspects of consumer confidence. The analysis technique used is path analysis with a population of 700 SME Batik companies in Solo Raya. The sampling technique is random sampling based on the amount of 10%, ie 70 SME Batik companies in Solo Raya. The results of this study indicate that product quality has a significant positive effect on consumer confidence in SMEs Batik in Solo Raya, thus hypothesis 1 is proven. Perception of price has a significant positive effect on consumer confidence in SMEs Batik in Solo Raya, so hypothesis 2 is proven. Product quality has a significant positive effect on business success at UMKM Batik in Solo Raya, thus hypothesis 3 is proven. Perception of price has a significant positive effect on business success at UMKM Batik in Solo Raya, so that hypothesis 4 is proven as well as a significant positive effect on customer confidence in business success at UMKM Batik in Solo Raya, so hypothesis 5 is proven. The results of the calculation of path analysis are not effective as mediating variables between product quality and price perceptions of business success. Effect of product quality directly on business success Being the most dominant variable in the success of the SME Batik business in Solo Raya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dampak kualitas produk dan persepsi harga terhadap keberhasilan usaha pada UMKM Batik di Solo Raya dengan melihat aspek kepercayaan konsumen. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan jumlah populasi sebesar 700 perusahaan UMKM Batik di Solo Raya. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling berdasarkan dari 10% jumlah populasi, yaitu sebesar 70 perusahaan UMKM Batik di Solo Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan konsumen di UMKM Batik di Solo Raya, sehingga hipotesis 1 terbukti. Persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan konsumen di UMKM Batik di Solo Raya, sehingga hipotesis 2 terbukti. Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keberhasilan usaha di UMKM Batik di Solo Raya, sehingga hipotesis 3 terbukti. Persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap keberhasilan usaha di UMKM Batik di Solo Raya, sehingga hipotesis 4 terbukti serta terdapat pengaruh yang positif signifikan kepercayaan konsumen terhadap keberhasilan usaha di UMKM Batik di Solo Raya, sehingga hipotesis 5 terbukti. Hasil perhitungan analisis jalur kepercayaan tidak efektif menjadi variabel mediasi antara kualitas produk dan persepsi harga terhadap keberhasilan usaha. Pengaruh kualitas produk secara langsung terhadap keberhasilan usaha menjadi variabel paling dominan dalam mempengaruhi keberhasilan usaha UMKM Batik di Solo Raya.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI PT. TELKOM TELEKOMUNIKASI RIAU KEPULAUAN-BATAM Adzhari Ramadhan; Purbudi Wahyuni
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 17, No 1 (2019): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.777 KB) | DOI: 10.31315/be.v17i1.5530

Abstract

In  this  research,  a  study  conducted  about  how  working  motivation  can  influence  someone works  with  the  satisfaction  aspect  as  the  media.  This  research  was  intend  to  know  the influence of working motivation to an employee performance, influence of work satisfaction to  an  employee  performance  and  how  intervening  someone  satisfaction  of  their  works  with influence of their work  motivation will do to PT. Telkom Telekomunikasi Riau Kepulauan – Batam workers works. The population on this research is based on all the workers in with the sum  of  128  employees.  The  technic  that  used  for  this  research  is  using  purposive  sampling, which  means  a  technic  to  selectively  choose  a  sample  so  the  samples  will  define  the  whole population even only with 56 employee.Some of its employees are 43 people or 76,8%, over 50 years old as many as 23 respondents or 41,1%, S1 educated as many as 30 respondents or 53,6% with 21-30 years working period there are 30 people or 53,6%. Method used for data gathering is using a questionnaire form.  The proposed hypothesis, will be tested statistically with structural equation modelling technic, with the help of SMATPL 3.2.7 program to tested the relation between these three variables. The research resulted with 1) Working motivation significantly  influence  working  satisfaction,  2)  Working  satisfaction  significantly  influence employee  performance,  3)  Working  motivations  positively  influence  and  significantly  to employee  work  performance  and  work  motivation  positively  influence and  significantly  to employee work performance with the media of employee working satisfaction in PT. Telkom Telekomuniasi  Riau  Kepulauan – Batam.  This  research  implicated  how  PT.  Telkom Telekomuniasi Riau Kepulauan – Batam management rise employee working performance by giving the employee motivation and satisfaction by working with them. The desire to controls and  the  satisfaction  on  having  partners  in  works  become  the  major  issue  that  being  theconcern of management to boost up employee performance. Dalam  penelitian  ini,  dilakukan  penelitian  tentang  bagaimana  motivasi  kerja  dapat memengaruhi  seseorang  bekerja  dengan  aspek  kepuasan  sebagai  media.  Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  motivasi  kerja  terhadap  kinerja  karyawan,  pengaruh kepuasan  kerja  terhadap  kinerja  karyawan  dan  bagaimana  mengintervensi  kepuasan seseorang  terhadap  pekerjaannya  dengan  pengaruh  motivasi  kerja  yang  akan  dilakukan terhadap  PT.  Telkom  Telekomunikasi  Riau  Kepulauan - pekerja  Batam  bekerja.  Populasi dalam  penelitian  ini  didasarkan  pada  semua  pekerja  dengan  jumlah  128  karyawan.  Teknik yang  digunakan  untuk  penelitian  ini  adalah  menggunakan  purposive  sampling,  yang  berarti teknik  untuk  memilih  sampel  secara  selektif  sehingga  sampel  akan  menentukan  seluruh populasi  bahkan  hanya  dengan  56  karyawan.  Beberapa  karyawannya  adalah  43  orang  atau 76,8%,  lebih  dari  50  tahun  sebanyak  23  responden  atau  41,1%,  berpendidikan  S1  sebanyak 30 responden atau 53,6% dengan masa kerja 21-30 tahun ada 30 orang atau 53,6%. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah menggunakan formulir kuesioner. Hipotesis yang  diajukan,  akan  diuji  secara  statistik  dengan  teknik  pemodelan  persamaan  struktural, dengan bantuan program SMATPL 3.2.7 untuk menguji hubungan antara ketiga variabel ini. Penelitian  ini  menghasilkan  1)  Motivasi  kerja  berpengaruh  signifikan  terhadap  kepuasan kerja, 2) Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 3) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan motivasi kerja berpengaruh positif  dan  signifikan  terhadap  kinerja  kerja  karyawan  dengan  media  karyawan.  kepuasan kerja  di  PT.  Telkom  Telekomuniasi  Kepulauan  Riau - Batam.  Penelitian  ini  melibatkan bagaimana  PT.  Telkom  Telekomuniasi  Riau  Kepulauan - Batam  manajemen meningkatkan kinerja  karyawan  dengan  memberikan  motivasi  dan  kepuasan  karyawan  dengan  bekerja dengan mereka. Keinginan untuk mengontrol dan kepuasan memiliki mitra dalam pekerjaan menjadi  masalah  utama  yang  menjadi  perhatian  manajemen  untuk  meningkatkan  kinerja karyawan.
PENGARUH PENATAUSAHAAN DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKUNTANSI BARANG MILIK NEGARA (SIMAK BMN) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA SATUAN KERJA PERGURUAN TINGGI NEGERI WILAYAH YOGYAKARTA) Agus Santosa
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 19, No 1 (2021): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1161.199 KB) | DOI: 10.31315/be.v19i1.8056

Abstract

Pengaruh Penatausahaan Dan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Satuan Kerja Perguruan Tinggi NegeriWilayah Yogyakarta). Pengaruh Penatausahaan dan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Satuan Kerja Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Yogyakarta). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penatausahaan dan penerapan SIMAK BMN terhadap kualitas laporan keuangan pada satuan kerja perguruan tinggi negeri, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian dilakukan di 3 satuan kerja sebagai entitas Kemendikbudristek, menggunakan data primer (kuesioner), data sekunder Laporan Neraca Keuangan Tahun 2018 s.d. 2020 Audited di perguruan tinggi negeri di wilayah Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 pegawai akuntansi aset dan akuntansi keuangan dari 3 satuan kerja. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi linier berganda dengan software SPSS 23 dengan variabel independen adalah pembukuan, inventarisasi dan pelaporan, variabel dependen adalah kualitas laporan keuangan. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembukuan, inventarisasi, pelaporan, dan penerapan SIMAK BMN secara simultan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Secara parsial ditemukan bahwa pembukuan, inventarisasi, pelaporan, dan penerapan SIMAK BMN  berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Abstract: The Effect of Administration and Implementation of State Property Accounting Management Information System (See Bmn) on the Quality of Financial Reports (Case Study in State Universities Work Units Yogyakarta Region).  The Effect of Administration and Application of State Property Accounting Management Information System (SIMAK BMN) on the Quality of Financial Reports (Case Study in the Work Unit of State Universities in Yogyakarta Region). The purpose of this research is to analyze the effect of administration and application SIMAK BMN on the quality of financial reports in work units of state universities, either simultaneously or partially. The research was conducted in 3 work units as Kemendikbudristek entities, by used primary data (questionnaires), secondary data from 2018 to 2020 Audited Financial Reports at State Universities in the Yogyakarta area. The sample in this research were 45 employees of asset accounting and financial accounting from 3 work units. This research used multiple linear regression analysis model with SPSS 23 software with independent variables are bookkeeping, inventory, reporting, application of SIMAK BMN, and the dependent variable is the quality of financial reports. The results of the research prove that bookkeeping, inventory, reporting, and the application of SIMAK BMN simultaneously affect to the quality of financial reports. Partially it was found that bookkeeping, inventory, reporting, and application of SIMAK BMN had a significant positive effect to the quality of financial reports.`