cover
Contact Name
Sultan
Contact Email
sultan@upnyk.ac.id
Phone
+6281328397872
Journal Mail Official
buletinekonomifebupnvyk@gmail.com
Editorial Address
Gedung FEB UPN Veteran Yogyakarta Jalan SWK 104 Lingkar Utara Condong Catur, Yogyakarta 55283
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
ISSN : 14102298     EISSN : 27146871     DOI : -
Diterbitkan oleh FEB UPN ”Veteran” Yogyakarta sebagai media yang bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian maupun telaah teori yang berhubungan dengan ilmu manajemen, akuntansi dan ekonomi pembangunan. Buletin Ekonomi terbit setahun dua kali, setiap bulan April dan Oktober dengan format A4. Redaksi menerima artikel dari siapapun baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Untuk Informasi Berlangganan dipersilahkan menghubungi Redaksi
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2021): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi" : 6 Documents clear
ANALISIS POTENSI PERTUMBUHAN EKONOMI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19 Ary Sutrischastini; Nur Widiastuti
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 19, No 2 (2021): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/be.v19i2.8068

Abstract

The COVID-19 pandemic has caused almost the entire world economy to decline. Likewise, the Special Region of Yogyakarta experienced a contraction in economic growth. As a result, production capacity decrease and people's welfare also decrease. This research was conducted with the aim of identifying potential business fields that can be developed (base sector) in the Special Region of Yogyakarta and calculating the amount of the multiplier so that regional economic growth can be increased again. By using Location Quotient analysis and BPS data for 2020, the results show that the Special Region of Yogyakarta has 7 basic sectors, namely the sector of providing accommodation and food and drink, the education services sector, the real estate sector, the information and communication sector, the government administration sector, defence and compulsory social security, the transportation and warehousing sector, and the water supply, waste management, waste and recycling sector. Base sector activities have a multiplier of 1.7787 to regional income. Pandemi COVID-19 mengakibatkan hampir seluruh perekonomian dunia mengalami penurunan. Demikian juga Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami kontraksi dalam pertumbuhan ekonomi. Akibatnya kapasitas produksi menurun dan kesejahteraan masyarakat juga menurun. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi potensi lapangan usaha yang dapat dikembangkan (sektor basis) di Daerah Istimewa Yogyakarta dan menghitung besarnya multiplier agar pertumbuhan ekonomi daerah dapat ditingkatkan kembali. Dengan menggunakan analisis Location Quotient dan data BPS tahun 2020 diperoleh hasil bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki 7 sektor basis yaitu sektor penyediaan akomodasi dan makan minum, sektor jasa pendidikan, sektor real estate, sektor informasi dan komunikasi, sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib, sektor transportasi dan pergudangan, dan sektor pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang. Kegiatan sektor basis memiliki multiplier sebesar 1,7787 terhadap pendapatan daerah.
FINTECH PAYMENT : PENGARUHNYA PADA PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA DI PALEMBANG Felicya Kusumar; Anastasia Sri Mendari
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 19, No 2 (2021): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.673 KB) | DOI: 10.31315/be.v19i2.8065

Abstract

This study aims to investigate the effect of fintech payment on students’ financial management behavior in Palembang. The population of this research is students in Palembang city. The samples are 95 students using fintech paymentand selecting through the snowball sampling method. The data analysis techniques are descriptive analysis, research instrument test, classical assumption test, simple linear regression analysis, and hypothesis testing. Based on the result of the study, the fintech payment variable has a positive effect on students’ financial management behavior in Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fintech payment terhadap perilaku manajemen keuangan mahasiswa di kota Palembang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang ada di kota Palembang. Sampel yang digunakan mahasiswa yang menggunakan fintech payment sebanyak 95 responden dengan menggunakan metode snowball sampling. Teknik analisa data yang akan digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel fintech payment berpengaruh positif terhadap perilaku manajemen keuangan mahasiswa di Palembang.
SIKLUS BISNIS PEREKONOMIAN INDONESIA (STUDI EMPIRIS HARGA MINYAK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI PERIODE 1970-2019) Sultan Sultan; A M Soesilo; Siti Aisyah Tri Rahayu; Lukman Hakim; Tri Mulyaningsih
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 19, No 2 (2021): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1347.863 KB) | DOI: 10.31315/be.v19i2.8073

Abstract

This study aims to analyze the factors that influence: domestic oil prices, economic growth, and the exchange rate in Indonesia simultaneously dynamically. This research was conducted because previous studies have not linked oil pricefluctuations to the business cycle in Indonesia with dynamic simultaneous analysis. The data used are time series for the period 1970-2019 which are sourced from official publications of the Indonesian government and publications of international institutions (British Petroleum). Domestic Oil Prices and EconomicGrowth in Indonesia are able to explain the business cycle of the Indonesian economy. Domestic Oil Prices and Economic Growth, and the Exchange Rate of the Rupiah against the USD Dollar influence each other in the Indonesian business cycle. Simultaneous equations to see the relationship between variables that influence each other is not enough just with a single equation. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi: harga minyak domestik, pertumbuhan ekonomi, dan nilai tukar di Indonesia secara simultan dinamis. Penelitian ini dilakukan karena penelitian terdahulu belummengkaitkan fluktuasi harga minyak terhadap siklus bisnis di Indonesia dengan analisis secara simultan dinamis. Data yang digunakan time series periode 1970-2019 yang bersumber dari publikasi resmi pemerintah Indonesia dan publikasi institusi internasional (British Petroleum). Harga Minyak Domestik dan Pertumbuhan ekonomi di Indonesia mampu menjelaskan siklus bisnis perekonomian Indonesia. Harga Minyak Domestik dan Pertumbuhan Ekonomi, dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar USD saling mempengaruhi satu yang lainnya dalam siklus bisnis Indonesia. Persamaan simultan untuk melihat keterkaitan antar variabel yang saling mempengaruhi tidak cukup hanya dengan persamaan tunggal. Estimasi parameter pada model Simultan ECM EG menggunakan Generalized Method of Moments yang dikembangkan oleh Arellano dan Bond. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan harga minyak dunia secara signifikan mempengaruhi harga minyak domestik. Harga minyak domestik dan APBN secara signifikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya harga minyak domestik dan suku bunga secara signifikan mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap Dollar USD.
STRATEGI DAYA TARIK BRAND AMBASSADOR DAN SIKAP MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TOKOPEDIA Yenni Kurnia Gusti
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 19, No 2 (2021): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.534 KB) | DOI: 10.31315/be.v19i2.8066

Abstract

Consumers' Buying Interest One of the marketing strategies carried out in facingcompetition is to use celebrities as brand ambassadors. This study aims to determine the effect of brand ambassador attractiveness and brand attitude partially or jointly and to determine the variables that have a significant effect onbuying interest in the Tokopedia shopping site in Yogyakarta. The independent variables used in this study are brand ambassadors (X1) and brand attitudes (X2) while the dependent variable is buying interest (Y). The research method used in this study is a quantitative research method using 100 respondents. Sampling using non-probability sampling technique. The method of data analysis in this study used multiple linear regression analysis. The research findings conclude that there is an influence of the attractiveness of brand ambassadors and brand attitude on buying interest in the Tokopedia shopping site. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan dalam menghadapi persaingan adalah mengunakan selebriti sebagai brand ambassador. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik brand ambassador dan sikap merek secara parsial maupun secara bersama-sama serta mengetahui variabel yang berpengaruh signifikan terhadap minat beli situs belanja Tokopedia di Yogyakarta. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand ambassador (X1) dan brand attitude (X2) sedangkan variabel dependen adalah minat beli (Y). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Metode analisis data dalampenelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh daya tarik brand ambassador danbrand attitude terhadap minat beli situs belanja Tokopedia.
PENGGUNAAN ANALISA CAMEL DALAM MENILAI TINGKAT KESEHATAN BPR DELTA SARI KENCANA MALANG PERIODE 2018-2019 Irawan Budi Prasetyo
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 19, No 2 (2021): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/be.v19i2.8070

Abstract

This study aims to determine the level of health of BPR using CAMEL method over the period 2017-2019 are included in the category of healthy, quite healthy, less. CAMEL has five aspects: capital using, aspects of asset quality, management, and risk management, aspects of profitability, and liquidity aspect ratio, based on the Decree of Directors of Bank Indonesia Number 30/12 / KEP / DIR dated 30 April 1997 concerning Procedures for Evaluation of Health BPR . The type of data used is primary data obtained through interviews and secondary data, the financial statements of the balance sheet and income statement 2017-2019 .Based on the results of the research that has been done on BPR Harmony Partners stated that the level of health BPR Delta Sari Kencana period of 2017 to 2019 received the title HEALTHY because CAMEL credit score of more than 81. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan BPR dengan menggunakan metode CAMEL selama periode tahun 2017-2019 apakah masuk dalam kategori sehat, cukup sehat, kurang sehat atau tidak sehat. CAMEL memiliki lima aspek, yaitu aspek permodalan, aspek kualitas aktiva produktif, aspek manajemen, aspek rentabilitas, dan aspek likuiditas berdasarkan Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia Nomor 30/12/KEP/DIR tanggal 30 April 1997 perihal Tata Cara Penilaian Tingkat Kesehatan BPR. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi BPR Delta Sari Kencana tahun 2017-2019. Berdasarkan hasil penelitan yang telah dilakukan pada BPR Delta Sari Kencana menyatakan bahwa tingkat kesehatan BPR Delta Sari Kencana periode tahun 2017 sampai 2019 mendapat predikat SEHAT karena nilai kredit CAMEL lebih dari 81
PENGAMBILAN KEPUTUSAN RESELLER BUSINESS MODEL SEBAGAI PILIHAN BERWIRAUSAHA DI ERA PANDEMI COVID-19 Rina Irawati
Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi Vol 19, No 2 (2021): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/be.v19i2.8071

Abstract

Indonesia had its first case of Covid-19 infection in March 2020. Almost all sectors were affected, one of which was in the economic sector. The purpose of this study is to find out what internal and external factors are the basis for the decision to choose the Reseller Business Model as a business option, and to find out entrepreneurial strategies in order to survive running this business, especially during the pandemic. This type of research is descriptive qualitative by taking 10 frozen food reseller informants in Malang. The research findings indicate that the internal factors of decision making are: risk taker, internal locus of control, motivation, creativity and entrepreneurial spirit. While external factors include: family support, sources of capital, family environment, social environment and business opportunities. This research is supported by research by Bastaman, Aan & Riffa Juffiasari (2015), Irawati, Rina (2017), Nagel, P. Julius & Ani Suhartatik (2018), Ruswati, Ine (2018), Afifah, Zumrotul (2020), and Jehan R, Amelia & Moch Farizal Wibowo (2019). Indonesia mengalami kasus pertama infeksi Covid-19 pada Maret 2020. Hampir seluruh sektor terdampak, salah satunya juga di sektor ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan external apa saja yang menjadi dasar keputusan memilih Reseller Business Model, dan mengetahui strategi wirausaha agar dapat bertahan menjalankan usaha ini, khususnya di masa pandemi. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil 10 informan reseller frozen food di Malang. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor internal pengambilan keputusan adalah: berani mengambil resiko, internal locus of control, motivasi, ide kreatif dan memiliki jiwa entrepreneur. Sedangkan faktor external meliputi: dukungan keluarga, sumber modal, lingkungan keluarga, lingkungan sosial dan adanya peluang usaha. Penelitian ini didukung oleh penelitian Bastaman, Aan & Riffa Juffiasari (2015), Irawati, Rina (2017), Nagel, P. Julius & Ani Suhartatik (2018), Ruswati, Ine (2018), Afifah, Zumrotul (2020), dan Jehan R, Amelia & Moch Farizal Wibowo (2019).

Page 1 of 1 | Total Record : 6