cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 68 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2017)" : 68 Documents clear
Pengaruh kepribadian dan komitmen organisasi terhadap perilaku organisasi pegawai (organizational citizenship behavior)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 4 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i4.1884

Abstract

Permasalahan yang dirumuskan dalam penulisan ini adalah kepribadian dan Komitmen Organisasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku organisasi karyawan (Organanizational Citizenship Behavior) dan manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap perilaku organisasi karyawan (Organanizational Citizenship Behavior) pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Samarinda. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,581. Hal ini berarti variabel kepribadian dan Komitmen Organisasi berpengaruh terhadap Organanizational Citizenship Behavior (Y) sebesar 58,1 %, Sedangkan sisanya sebesar 41,9% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak di masukkan dalam model penelitian ini. Selanjutnya dari perhitungan Fhitung diperoleh nilai sebesar 43,607 sedangkan Ftabel sebesar 3,1359 pada signifikan ? = 0,05 maka dapat di ketahui bahwa Fhitung > Ftabel. Hal ini berarti Ho di tolak dan Ha di terima, artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel independent yaitu variabel kepribadian dan Komitmen Organisasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap Organanizational Citizenship Behavior pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Samarinda. Selanjutnya hasil perhitungan uji t dapat di ketahui bahwa secara parsial variabel kepribadian (X1) dan komitmen organisasi (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku organisasi karyawan (Organanizational Citizenship Behavior) pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Samarinda. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap Organanizational Citizenship Behavior pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Samarinda adalah variabel komitmen organisasi, dimana memiliki nilai thitung terbesar.
Efektivitas jarak pada tata letak (layout) fasilitas produk
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 4 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i4.1207

Abstract

Studi ini untuk menganalisis produk tata letak di Mega Supermarket Samarinda dilihat dari beberapa indikator berupa pengaturan pengaturan, kondisi dan penataan barang barang di rak di Supermarket Mega Samarinda yang lebih fokus pada tata letak barang di lantai satu yang mana barang barang kebutuhan pokok Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Market Basket Analysis dengan bantuan bagan hubungan aktivitas untuk pengolahan data Mega Supermarket. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data per bulan bulan September 2016 dengan menggunakan consumer shopping receipt. Hasil metode alternatif MBA yang dipilih dalam penelitian ini menyarankan perbaikan tata letak produk awal. MBA yang dihitung berdasarkan hasil melalui Support Factor, Confidence, dan Improvement Ratio hasilnya didapat lebih strategis dan mudah dilihat konsumen yang berbelanja di Mega Supermarket Samarinda. Dan dengan perhitungan Activity Relationship Chart (ARC) dapat dilihat juga tingkat kedekatan produk yang efektif yang dapat dianggap Mega self-renewal dalam tata letak yang baik.
Pengaruh debt to equity ratio, arus kas operasi dan earning per share pada return saham
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 4 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i4.1137

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh. Terhadap pendapatan kembali saham (DER), arus kas operasi (AKO) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Return Saham. Variabel independen dalam penelitian ini adalah. (DER), Operation Cashflow (AKO) dan Earning Per Share (EPS). Populasi dalam penelitian ini 14 Perusahaan Makanan dan Minuman Konsumen tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2011-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sampel sebanyak 9 perusahaan. Metode analisis data menggunakan model regresi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa debt to equity ratio (DER) negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Pengaruh arus kas operasi (AKO) berpengaruh positif terhadap return saham dan Earning Per Share (EPS) negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham.
Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus Pada Wisata Ladaya Kota Tenggarong)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 4 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i4.968

Abstract

The purpose of this study was to determine the quality and level of satisfaction of visitors to travel Ladaya Tenggarong City, as well as to determine the attributes to be a priority in improving the quality of tourism services Ladaya in order to meet customer satisfaction. Techniques of collecting data by distributing questionnaires. The total sample of 100 respondents using nonprobability sampling techniques. Data analysis technique used is the validity, reliability, suitability level analysis, and methods of analysis servqual canoe. The results showed that the overall quality of services provided by the management Ladaya not said to be satisfactory because of analiss Servqual results indicate that Gap is in a negative position. Based integarsi Servqual and methods Kano showed that of the 21 attributes there are 19 attributes that belong to the priority repairs, while the improvement priority is based on the Evaluation Rule is the main category of Must-Be thereafter One Dimensional, To Category Indifferent is not included in the priority improvements due to the category will not effect the level of visitor satisfaction.Keywords: Service quality; GAP;
Pengaruh karakteristik individu dan faktor-faktor pekerjaan terhadap motivasi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 4 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i4.460

Abstract

karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasifaktor-faktor pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi
ANALISIS PENGARUH KINERJA PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KECENDERUNGAN PEMBELIAN KEMBALI (REPURCHASE) (Studi Kasus Pada Outlet Pizza Hut Samarinda Central Plaza)
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 4 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i4.872

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap kecenderungan pembelian kembali dengan mengunakan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah konsumen dari Pizza Hut Samarinda Central Plaza. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa kinerja pelayanan dan kepuasan konsumenmempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap pembelian kembali (Repurchase).idi
Pengaruh finncial distress dan dividend payout ratio terhadap perubahan harga saham pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di bursa efek indonesia
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 4 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i4.2496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial distress dan dividend payout ratio terhadap perubahan harga saham pada perusahaan manufaktur sektor industry dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011 sampai dengan 2015, secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industry dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011 sampai dengan 2015. Sampel penelitian sebanyak 9 perusahaan manufaktur yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel financial distress berpengaruh terhadap perubahan harga saham, sedangkan dividend payout ratio tidak berpengaruh terhadap perubahan harga saham.
Analisis positioning produk smartphone dengan pendekatan metode multi dimensional scaling
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 4 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i4.548

Abstract

Ani Ayatun Nikmah, 2016, Smartphone Product Positioning Analysis with Multi Dimensional Scaling Method Approach ( A Case Study of Faculty of Economics and Business, University of Mulawarman ). Guided by Mrs Dr. Tetra Hidayati, SE., M.Si as the First supervisor and Mr. Dr. J. Kuleh, SE.,M.Si as the Second supervisor.The purpose of this study is to analyze the product positioning map Smartphone based on the perception of consumers in the Faculty of Economics and the University Binsis Muawarman Samarinda. The bases used to position the Smartphone products are consumer perceptions of similarity determinant attribute that consists of brand , price , product features , product quality , product design and product guarantee or warranty. Total sample of 60 respondents taken by accidental sampling method. Data were analyzed by analysis of Multi Dimensional Scaling ( MDS ) to determine the reliability and validity as well as product positioning map Smartphone.The results of this study indicate that there are differences between product positioning Smartphone with product attributes that exist in the research and influence the purchasing decisions of consumers to the product being marketed. On the Smartphone product positioning map which resides in one quadrant is the closest competitor of the smartphone while the smartphone is outside quadrant is a competitor away from the Smartphone. While the results of the test of consistency and attitude similarity respondents indicated that there is no consistency of answers / similarities between the attitude of the respondents in assessing the similarity of the attributes Smartphone products.
Pengaruh citra merek dan atribut produk
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 4 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i4.953

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembuatan keputusan pembelian. Variabel bebas dari penelitian ini terdiri dari Brand Image (X1), dan atribut Product (X2). Variabel dependennya adalah keputusan pembelian smartphone Iphone yang dibuat oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Penelitian ini mengambil 100 responden dengan teknik Accidental Sampling sebagai sampel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Ada tiga tahap sebelum melakukan analisis regresi linier berganda, uji validitas dan reliabilitas dan uji asumsi klasik. Setelah semua tahapan regresi linier berganda dilakukan, penulis melakukan uji goodness of fit: uji signifikansi parameter individu (t test), uji signifikansi simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (uji R2). Penelitian ini menggunakan banyak regresi. Hasil regresi berganda adalah sebagai berikut, Y = 1,708 + 0,291X1 + 0,283X2 .. Variabel independen yang memiliki pengaruh terbesar terhadap variabel terikat adalah Citra Merek (0,291), dan diikuti atribut Produk (0,283). Hasil uji T menunjukkan bahwa citra merek dan atribut produk secara individual berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Model persamaan ini memiliki nilai F sebesar 6.440 dengan tingkat signifikan 0,002. Analisis yang digunakan adalah koefisien determinasi atau uji R2 menunjukkan bahwa 89,9% keputusan pembelian dapat diringkas dengan brand image, dan atribut product dan 10,1% keputusan pembelian dapat diringkas oleh variabel lain yang telah dijelaskan oleh faktor lain.
Pengaruh komponen arus kas dan laba kotor terhadap harga saham studi kasus pada perusahaan manufaktur di BEI
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 2, No 4 (2017)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v2i4.429

Abstract

Laporan keuangan merupakan sarana yang penting bagi investor dan kreditur untuk mengetahui perkembangan perusahaan secara periodik karena laporan keuangan merupakan sumber informasi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh pemakai laporan keuangan. Investor dan kreditur menggunakan informasi arus kas sebagai ukuran kinerja perusahaan, karena informasi tentang arus kas digunakan sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas serta menilai kebutuhan perusahaan untuk menggunakan arus kas tersebut. Selain arus kas, parameter kinerja perusahaan yang mendapat perhatian utama yaitu laba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh komponen laporan arus kas (arus kas operasi, investasi, dan pendanaan) dan laba kotor terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan sampel sebanyak 17 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012 - 2014. Alat analisis yang digunakan adalah program SPSS. Hasil yang didapat adalah variabel arus kas dari aktivitas operasi yang signifikan mempengaruhi harga saham dan variabel arus kas dari aktivitas investasi yang signifikan mempengaruhi harga saham, pada tabel 4.8 menunjukkan bahwa angka signifikan untuk variabel arus kas aktivitas operasi adalah sebesar 0.005 dan variabel arus kas aktivitas investasi adalah sebesar 0.031. Nilai ini lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa arus kas aktivitas operasi dan arus kas aktivitas investasi berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham.