cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 50 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022)" : 50 Documents clear
Pengaruh BI rate, capital adequacy ratio, non performing financing, terhadap profitabilitas
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.9742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Bi Rate, Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas (ROA). Penelitian ini dilakukan pada Bank Umum Syariah periode 2013-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 13 perbankan, tetapi berdasarkan kriteria yang digunakan maka sampel penelitian sebanyak 9 Bank Syariah yang ada di Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa variabel Bi Rate, Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas (ROA) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Adapun uji T menunjukkan bahwa secara parsial variabel BI Rate berpengaruh positif dan tidak signifikan, Variabel Capital Adequacy Ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan sedangkan variabel Non Performing Loan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas (ROA).
Pengaruh profitabilitas, struktur aset, dan growth opportunity terhadap struktur modal pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di bursa efek Indonesia
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.10842

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset dan Growth Opportunity terhadap Struktur Modal. Studi ini menganalisis dengan menggunakan sampel sebanyak 17 perusahaan di sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber data berupa laporan keuangan tahunan perusahaan. Alat analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal, (2) Struktur Aset berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Struktur Modal, (3) Growth Opportunity berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Struktur Modal.
Pengaruh supervisor support dan kepuasan kompensasi terhadap turnover intention karyawan perusahaan retail handphone
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.9262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh Supervisor Support dan Kepuasan Kompensasi terhadap Turnover Intention berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung pada Karyawan perusahaan Retail Handphone di Samarinda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Suppervisor Support dan Kepuasan Kompensasi, sementara variabel terikat adalah Turnover Intention. Penelitian ini dilakukan pada 4 Retail Handphone Samarinda yang terdiri dari 65 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menguji Supervisor Support dan Kepuasan Kompensasi terhadap Turnover Intention. Analisis data menggunakan teknik analisis Analisis Regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Supervisor Support berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Turnover Intention, sedangkan Kepuasan Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention karyawan perusahaan retail Handphone Samarinda.
Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian susu cair Muhammad Khalik Amruh; Rahmawati Rahmawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.10513

Abstract

Penelitian ini menggunakan data primer, yang berisi data dengan keaslian informasi yang terkandung di dalamnya. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner yang dibuat melalui layanan Google Formulir, Populasi adalah seluruh masyarakat yang pernah melakukan pembelian dan mengkonsumsi produk susu cair Ultra Milk. Hasil penelitian ini yaitu brand image berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk susu Ultra Milk. Semakin baik brand image yang dimiliki Ultra Milk, maka semakin meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk susu cair Ultra Milk, serta kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk susu Ultra Milk. Semakin bagus kualitas produk yang dimiliki Ultra Milk, maka semakin meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk susu cair Ultra Milk.
Pengaruh persepsi negara asal dan ethnosentrism konsumen terhadap evaluasi produk pada smartphone
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.9482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh persepsi Negara asal dan ethnosentrisme konsumen terhadap evaluasi produk Samsung galaxy di samarinda. jenis penelitian ini adalah kuantitatif. variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi Negara asal (CO) dan ethnosentrisme konsumen, sedangkan variable terkait adalah evaluasi produk. subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah  smartphone android Samsung galaxy. Populasi dalam penelitian ini adalah  konsumen yang pernah membeli atau sedang menggunakan smartphone Samsung galaxy yang berada di samarinda, sampel yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil yang di proleh dalam penelitian menunjukan bahwa (1) persepsi Negara asal (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap evaluasi produk. Hasil menyatakan bahwa persepsi Negara asal dapat menimbulkan evaluasi produk, (2) ethnosentrisme konsumen (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap evaluasi produk. Hasil menyatakan bahwa eethnosentrisme konsumen dapat menimbulkan evaluasi produk.
Pengaruh struktur kepemilikan dan struktur modal terhadap kinerja perusahaan dengan ekstern faktor sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor real estate dan properti yang terdaftar di bursa efek Indonesia
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.9034

Abstract

Tujuan peneltian ini untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan dan struktur modal dengan ekstern faktor sebagai variabel moderasi terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur sub sektor real estate dan properti yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013–2017. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan menggunakan data sekunder, dengan mengambil 19 perusahaan sebagai sample dimana pengumpulan data dilakukan dokumentasi berupa laporan keuangan dan tahunan perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa variabel struktur kepemilikan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan, variabel struktur modal berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan, ekstern faktor berpengaruh negative signifikan terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur sub sektor real estate dan properti.
Pengaruh financial literacy dan financial attitude terhadap perilaku masyarakat yang bekerja di bidang jasa kurir dalam mengelola keuangan
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.9758

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh Financial Literacy dan Financial Attitude terhadap Layanan Kurir di Kota Samarinda. Sampel penelitian ini sebanyak 80 responden. Metode analisis menggunakan pendekatan Partial Least Aquare (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan. Namun, Financial Attitude berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Financial Management Behaviour.
Pengaruh struktur kepemilikan institusional, corporate social resonsibility disclosure (csrd), dan cash holding terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor textile dan garment yang terdaftar di bursa efek Indonesia
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.10864

Abstract

Penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh Struktur Kepemilikan Institusional (KI), Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD), dan Cash Holding (CH) terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sub sektor textile dan garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor textile dan garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 17 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber data berupa laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan. Alat analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Struktur Kepemilikan Institusional (KI) berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan (NP), Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (NP), dan Cash Holding (CH) berpengaruh negatif tidak signifikann terhadap Nilai Perusahaan (NP).
Pengaruh profitabilitas, usia perusahaan dan rasio hutang terhadap kinerja modal intelektual pada perusahaan sub sektor pertambangan batu bara
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.9295

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profitabilitas, Usia Perusahaan dan Rasio Hutang terhadap Kinerja Modal Intelektual. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018.Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan. Alat analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja modal intelektual, usia perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja modal intelektual, rasio hutang berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja modal intelektual.
Pengaruh sosial media dan kualitas produk serta harga terhadap keputusan pembelian
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i2.7233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Sosial Media Dan Kualitas Produk Serta Harga Terhadap Keputusan Pembelian Toko Queenahijab Samarinda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square dengan bantuan SmartPLS 3.2.7. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sosial Media berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. Harga tidak berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian.