cover
Contact Name
Syaipul Ramdhan
Contact Email
syaipulramdhan@global.ac.id
Phone
+6287774181374
Journal Mail Official
syaipulramdhan@global.ac.id
Editorial Address
Jl. Aria Santika No. 43A Margasari Karawaci
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Tren Bisnis Global
ISSN : -     EISSN : 28074181     DOI : https://dx.doi.org/10.38101/jtbg
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Tren Bisnis Global (JTBG) adalah jurnal akses terbuka peer-review yang diterbitkan dua kali setahun (Mei dan November), jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Teknologi Dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal JTBG bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti dan profesional untuk berbagi ide tentang semua topik yang terkait dengan Bisnis Digital, tetapi tidak terbatas pada topik-topik berikut: financial management science, human resource management, marketing management, and strategic management, entrepreneurship, digital Business, e-business, sistem informasi manajemen. Terbit dengan versi online (e-ISSN 2807-4181).
Articles 48 Documents
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kasur Menggunakan Metode AHP TOPSIS Rudi Setiyanto; Muhammad Iqbal Dzulhaq; Iwa Kusuna Apipi
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 2, No 1 (2022): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v2i1.493

Abstract

Pemilihan kasur merupakan suatu kegiatan yang dilakukan ketika konsumen ingin membeli kasur yang diinginkannya. Pada penentuan pemilihan kasur di PT Duta Abadi Primantara menggunakan sistem manual dengan marketing, baik itu komunikasi menggunakan aplikasi media sosial, telpon, ataupun konsumen biasanya datang ke toko yang menjual produk kasur dari perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk membagun sistem yang memudahkan konsumen dalam menentukan pemilihan kasur di perusahaan tersebut. Sistem ini merupakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk penentuan pemilihan kasur yang tepat, dibangun dengan menggunakan gabungan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Django berbasis Python dan SQLite sebagai Databasenya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan kasur yang ada saat ini masih menggunakan sistem manual, maka dari itu penulis merancang sebuah sistem pendukung keputusan berbasis website untuk memudahkan konsumen, dimana sistem ini juga dapat menghitung nilai rekomendasi alternatif yang akurat dan bisa menjadi pertimbangan konsumen.
Sistem Informasi Pendaftaran Siswa/i Baru pada RA Al-Mukhlisin Tangerang Berbasis Web Abdur Rochman; Anis Yuniarji Nurhidayah
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 2, No 1 (2022): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v2i1.486

Abstract

Kegiatan pendaftaran siswa baru merupakan salah satu kegiatan yang selalu rutin dilakukan oleh pihak sekolah untuk bisa mendapatkan calon siswa yang akan bersekolah di sekolahnya. Oleh sebab itu maka harus dibuatlah sistem informasi pendaftaran online yang menjadi suatu usaha agar dapat dilakukannya proses pendaftaran tersebut secara online yang nantinya akan dilakukan oleh calon atau orang tua calon siswa baru yang dapat dilakukan secara jarak jauh dengan menggunakan media internet, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pengisian berkas siswa. Pembuatan sistem informasi pendaftaran yang terkomputerisasi ini dapat menjadi suatu solusi yang dianggap mampu menyelesaikan permasalahan yang ada pada sekolah ini, karena sistem yang terkomputerisasi juga dapat membuat kegiatan pendaftaran di sekolah ini agar lebih efektif dan efisien, serta mampu membantu dalam menunjang kegiatan-kegiatan baru yang ada di sekolah ini, sehingga penerimaan siswa dapat lebih kondusif dibandingkan dari sebelumnya.
Sistem Informasi Penjualan Motor Bekas Berbasis Web Studi Kasus Jamjam Motor Agency Dedi Dedi; Anggga Dwitama Putra
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.420

Abstract

Jamjam Motor Agency merupakan usaha yang bergerak dibidang penjualan motor bekas yang berada di Kp.Buaran Pln RT03/04 Kel.Cikokol Kec.Tangerang Kota Tangerang. Proses penjualan motor bekas yang berjalan saat ini masih dilakukan secara konvensional (tatap muka). Sementara sistem penjualan yang saat ini diterapkan oleh Jamjam Motor Agency yaitu penjualan dilakukan di tempat. Hal ini menjadi salah satu kendala dalam melakukan penjualan karena terbatasnya informasi yang didapat oleh calon konsumen. Tujuan penulis merancang dan membuat sistem informasi untuk memudahkanpelanggan melihat langsung motor apa saja yang ada di jamjam motor agency tanpa harus datang langsung ke showroom, penulis memakai rancangan untuk menganalisa sistem rancangan menggunakan waterfall. Perancangan ini diharapkan dapat membantu pelanggan melihat langsung motor apa saja yang ada di jamjam motor agency tanpa harus datang langsung ke showroom dan dapat membantu meningkatkan penjualan motor bekas pada showroom jamjam motor agency dalam penjualan motor bekas.
Aplikasi Mobile Order Fotokopi Online Terintegrasi Berbasis Android Nunung Nurmaesah; Martinus Halawa; Ayu Agustianza Zhafira
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 1 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i1.352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi jasa fotokopi jasa di Nias Photo Studio berbasis android dengan sistem transaksi pembayaran cashless via Ovo dan membangun aplikasi dengan sistem penyimpanan ke Google Drive, untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pemesanan. fotokopi. pelayanan pemesanan cepat, dan pengiriman fotokopi oleh pegawai jaga, sehingga masyarakat tidak perlu repot datang ke toko fotokopi. Aplikasi layanan fotokopi berbasis Android (Fotokopi-Online) dikembangkan dengan menggunakan Cordova dan API dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini dirancang dengan menggunakan Unifield Modeling Language (UML). Hasil akhir dari sistem penelitian ini adalah aplikasi sistem dapat berjalan sesuai fungsinya dan sistem dapat memberikan informasi dengan baik dan efisien karena masyarakat tidak perlu mengunjungi alamat percetakan fotokopi dengan manfaat bagi pemilik toko yang dapat memperluas cakupannya. iklan toko agar masyarakat umum lebih mengetahui tentang cetak fotokopi. Berdasarkan pengujian, aplikasi ini termasuk dalam kategori User Friendly.
Laporan Keuangan Berbasis Online pada Kampung Bugel RW 12 Ken Sabardiman Soetjipto; Sri Mulyani; Novi Anwariyanti
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 2, No 1 (2022): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v2i1.496

Abstract

Rukun Warga RW 12 merupakan tingkat pemerintahan yang paling bawah, pada Kampung Bugel terdiri dari 4 RT. Pada saat ini pendataan warga di masing-masing RT masih dilakukan secara konvensional atau manual, begitupun dengan pengelolaan data iuran warga. Kendala yang dihadapi oleh pengurus masing-masing RT adalah proses pendataan warga masih membutuhkan waktu yang cukup lama, dan sering terjadi redundansi data dampaknya sering dilakukan pemutakhiran data warga. Begitupun dalam proses pencatatan laporan keuangan bulanan, proses yang dilakukan masih manual hanya menggunakan aplikasi excel yang membuat pencatatan laporan keuangan sangat lama dan warga cukup sulit untuk mengakses informasi laporan keuangan tersebut. Dalam aktivitasnya Rukun Warga RW 12 membutuhkan Sistem Informasi laporan keuangan yang efektif dan efisien. Sistem yang dibangun, merupakan Sistem laporan keuangan berbasis web yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi yaitu metode yang memusatkan perhatian secara mendalam dan intensif pada objek yang diteliti.
Augmented Reality Sebagai Media Promosi SMK Citra Nusantara Edy Tekat Bronto Waluyo; Aditya Arief Permana
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.428

Abstract

Perkembangan teknologi Augmented Reality ini sedang mengalami kemajuan. Karena dalam penggunaannya yang cukup menarik. Salah satu penerapan teknologi Augmented Reality ini yaitu pada media promosi. Metode promosi menggunakan aplikasi Augmented Reality berbasis Android ini diharapkan dapat memberikan alternatif yang menarik dalam kegiatan promosi sekolah dengan ditampilkannya objek 3D Gedung yang ada disekolah. Diharapkan dengan dibuatnya aplikasi media promosi sekolah ini bisa menarik minat calon siswa/I terutama pada kejuruan Multimedia. Media promosi ini dibuat menggunakan Augmented Reality dengan metode Marked Based Tracking. Dimana metode ini memanfaatkan fungsi sebuah marker sebagai media yang berperan untuk menampilkan objek 3D. Dalam pembuatan aplikasi Augmented Reality ini menggunakan 3DsMax, CorelDraw, Unity 3D, dan Vuforia.
Sistem Informasi Human Resource Information System PT Indo Taichen Textile Industry Sri Mulyani; Arief Prasetya
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 1 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i1.357

Abstract

Setiap organisasi sangat membutuhkan informasi yang akurat, cepat, dan efisiensi. Demikian PT Indo Taichen Textile Industry merupakan perusahaan yang membutuhkan suatu perkembangan teknologi informasi. Sering terjadi kesalahan pada waktu pendataan sehingga memperlambat proses kerja karyawan. Pada sistem pengolahan data karyawan di PT Indo Taichen Textile Industry ini masih menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Tujuan penelitian Untuk mengetahui sistem permohonan cuti/izin karyawan dan permohonan lembur yang dilakukan saat ini dan Membangun sebuah sistem informasi yang lebih efektif, efisien dan akurat pada PT Indo Taichen Textile Industry. Proses permohonan izin dan permohonan lembur yang dilakuakan saat ini masih manual yaitu menggunakan form kertas dalam pengajuan permohonan izin dan permohonan lembur. HRD input data satu persatu ke dalam microsoft excel, hal ini yang meyebabkan kurang efektif, akurat dan efisiensi sehingga berpengaruh dalam penghitungan gaji karyawan.  Metode yang digunakan oleh penulis ini meliputi empat bagian utama, yaitu metode pengumpulan data, metode analisis dan metode perancangan. Observasi, wawancara dan studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat. Sistem yang diusulkan dirancang menggunakan SDLC (System Design Life Cycle) dengan bantuan UML (Unified Modeling Language) untuk menggambarkan rancangan sistem PHP (Hypertext Preprocessor) dengan database MySQL hingga menggunakan prototype untuk memudahkan perancangan.
Sistem Pelayanan Pembayaran Administrasi Berbasis Web Pada SMK Assalam Curug Triono Triono; Nunung Nurmaesah; Dheanisa Pipit Kisetyomadhan
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 2, No 1 (2022): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v2i1.494

Abstract

Pembayaran SPP masih sering mengalami kendala seperti pendataan serta proses informasi pembayaran yang dilakukan secara manual dimana laporan rekaman masih menggunakan buku besar sehingga membuat pekerjaan menjadi berantakan dan menghabiskan banyak waktu serta tenaga bagian keuangan dalam pencarian data siswa serta pengarsipannya, permasalahan selalu timbul ketika data tidak sesuai serta dilakukannya beberapa kali proses perekapan data. Sistem pembayaran SPP yang efektif akan memicu kinerja dari instansi untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Untuk itu diperlukan adanya sebuah sistem yang mampu menangani proses pembayaran SPP ini diharapkan dapat membantu kinerja pihak instansi dalam penelitian berharap Sistem Pembayaran SPP bisa membantu proses kelancaran pembayaran SPP yang berada pada SMK Assalam Curug. SMK Assalam Curug merupakan salah satu instansi di bidang pendidikan yang berada di Kabupaten Tangerang. Di dalam suatu instansi pendidikan administrasi siswa sangatlah penting untuk menunjang sarana dan prasarana. Dengan begitu instansi pendidikan memerlukan sistem terkomputerisasi yang optimal agar pembayaran dapat lebih efektif dan efisien.
Sistem Aplikasi Penjualan Online Berbasis Content Management System (CMS) Joomla Modul VirtueMart Pada Toko Dito Nunung Nurmaesah; Heriyanto Heriyanto
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 2 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i2.422

Abstract

Dalam kondisi pandemik seperti ini banyak sekali toko-toko yang tutup dikarenakan kebijakan pemerintah untuk menanggulangi wabah penyakit. Padahal toko-toko tersebut memiliki kontribusi besar dalam memenuhi kebutuhkan para masyarakat, termasuk toko kelontong yang sangat dicari masyarakat karena sumber kebutuhan sehari-hari terdapat pada toko tersebut. Dalam keterbatasannya seolah pemilik harus memutar otak untuk menjual dagangannya agar tetap bisa laku dan terjual, maka dari itu pemilik berinisiatif untuk memasarkan produknya mengunakan media internet. Toko Dito yang terletak pada daerah Neglasari Tangerang adalah salah satu toko yang menjual produk kebutuhan pokok dengan mengandalkan konsumen mendatangi toko tersebut. Jika seperti itu akan terjadinya penurunan jumlah pembeli dikarenakan pemerintah membatasi kegiatan di luar rumah. Maka dari itu penulis melakukan beberapa pengkajian kebutuhan pada toko Dito dan menerapkan sistem E-Commerce CMS Joomla modules VirtueMart yang sesuai untuk diterapkan, dengan tujuan untuk memasarkan secara online. Manfaatnya penerapan sistem E-Commerce CMS Joomla modules VirtueMart bagi konsumen adalah konsumen tidak perlu bertatap muka langsung dengan penjual sehingga proses transaksi lebih efesien. Sistem ini diharapkan dapat membantu memasarkan produk pada Toko Dito agar menjadi lebih luas jangkauannya.
Media Promosi pada Campaign Produk PT Wellcomm dengan Teknik Seamless Transitions dalam Video Motion Graphic Syaipul Ramdhan; Muhammad Kurhi
JURNAL TREN BISNIS GLOBAL Vol 1, No 1 (2021): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38101/jtbg.v1i1.353

Abstract

Internet telah mempengaruhi program komunikasi iklan pada perusahaan di era digital saat ini, tidak terkecuali pada PT. Wellcomm. Dengan tingginya intensitas penggunaan sosial media berbasis video, iklan dalam motion graphic menjadi pilihan yang relevan sebagai media product campaign dengan menggunakan kombinasi gambar, animasi, teks, dan suara yang dibuat menjadi satu kesatuan yang utuh dalam sebuah video. Penggunaan teknik seamless transitions juga bertujuan untuk menunjukan kesinambungan pada alur sebuah video dengan sehalus mungkin tanpa adanya interupsi dalam menyampaikan pesan dan informasi pada sebuah iklan. Pembuatan iklan motion graphic ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil akhir berupa video iklan dalam motion graphic dengan teknik seamless transitions, dengan hasil pengujian yang menggunakan metode UAT (User Acceptance Test) dengan perolehan nilai presentase sebesar 90% dari  55 responden masyarakat umum.