cover
Contact Name
Ana Tsalitsatun Ni'mah
Contact Email
edutic@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285366622280
Journal Mail Official
edutic@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Informatika Universitas Trunojoyo Madura Jl.Raya Telang Kamal, Bangkalan, 69192, Jawa Timur Telp. (031) 30127924
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika
ISSN : 24074489     EISSN : 25287303     DOI : https://doi.org/10.21107/edutic
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmiah Edutic Pendidikan dan Informatika is a journal published by the Informatics Education Study Program, Universitas Trunojoyo Madura. Eductic contains publications on the results of thoughts and research in the field of education and information technology. Eductic is published twice a year, namely in May and November. FOCUS & SCOPE Edutic scientific journals focus, but are not limited to, articles within the scope of Education and Informatics. Therefore Edutic will only process and publish articles submitted in the areas of: Informatics Education (E-Learning, Multimedia Education, Vocational Learning Media, Vocational Education Psychology, Vocational Learning Strategies, Vocational Learning Theory, Vocational Learning Models, Vocational Learning Methods, Vocational Teaching Approaches, Vocational Learning Evaluation, Vocational Learning Planning). Informatics (Information Systems, Data Mining, Computer Networks, Database Systems, Electronics, Image Processing, Gaming Technology, Artificial Intelligence, Information Retrieval Systems)
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2015): MEI 2015" : 8 Documents clear
PENILAIAN CALON NASABAH DALAM MENGAJUKAN KREDIT DENGAN SISTEM PERANKINGAN Sujarwo Sujarwo
EDUTIC Vol 1, No 2 (2015): MEI 2015
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.987 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v1i2.1544

Abstract

Penelitian ini membangun sebuah sistem perankingan untuk memilih calon nasabah yang layak mendapatkan kredit, karena banyaknya kriteria yang bervariasi maka perlu metode untuk mempermudah penilaian dengan perankingan. PROMETHEE “Preference  Ranking  Organization Method  for  Enrichment  Evaluation” digunakan  dalam Sistem Pendukung keputusan karena kesederhanaan,  kejelasan,  dan  kestabilan  dengan melakukan penilaian dari beberapa alternatif  kriteria penilaian pengambilan keputusan untuk penentuan  urutan  (prioritas)  dalam  analisis multikriteria, seperti halnya pada pemberian kredit dalam suatu bank maupun perusahaan jasa keuangan. Penelitian ini membandingkan perhitungan manual yang selama ini dilakukan oleh pihak bank dengan perhitungan metode PROMETHEE. Dengan metode PROMETHEE kreditur B menempati ranking 3 yang dalam perhitungan manual menempati ranking 2 dan selama angsuran bermasalah, maka dari itu dengan menggunakan metode ini untuk menentukan penilaian kreditur menghasilkan ranking  yang lebih baik. Penilaian calon nasabah yang mengajukan kredit dengan sistem perankingan dengan metode PROMETHEE dapat mengetahui ranking dari calon nasabah yang layak mendapatkan kredit. Sehingga masalah kredit macet dapat dihindari.Kata kunci : Promethee; Perankingan; Penilaian; Kreditur
RANCANG BANGUN SISTEM PELAPORAN ANGGARAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) BERBASIS WEB DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN JOMBANG ahmad heru mujianto
EDUTIC Vol 1, No 2 (2015): MEI 2015
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.481 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v1i2.1539

Abstract

Mulai beberapa tahun yang lalu, pemerintah menggulirkan dana subsidi pendidikan bagi sekolah-sekolah yang disebut bantuan operasional sekolah (BOS). Dalam pelaksanaannya, BOS diberikan dan dikelola oleh setiap sekolah dengan diawasi oleh berbagai pihak, baik instansi resmi maupun komite sekolah. Untuk itu perlu dibuat sistem yang mampu mengelola dana BOS. Sistem ini dibangun menggunakan Framework Codeigniter dengan model pengembangan MVC (Model View Controller) dan basis data MySQL. Framework Codeigniter digunakan karena dengan menggunakan framework ini dapat langsung fokus kepada business process yang dihadapi tanpa harus berfikir banyak masalah struktur aplikasi. Sistem Pelaporan yang dibangun ini mampu membuat form Dokumentasi Kegiatan dan Anggaran Sekolah (DKAS), melakukan pencatatan transaksi dana BOS dan juga membuat pelaporan realisasi penggunaan dana BOS. Sistem ini mampu membantu kinerja sekolah dalam pembuatan laporan dana BOS, dan membantu pihak Dinas Pendidikan dalam melihat pengelolaan dana BOS masing-masing sekolah, hal ini akan lebih efektif dan efesien dalam pelaporannya
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TERPADU DI SDN PACARKELING 5 SURABAYA Triuli Novianti
EDUTIC Vol 1, No 2 (2015): MEI 2015
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1419.624 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v1i2.1545

Abstract

Abstrak Pemanfaatan teknologi komputer khususnya di sekolah dapat menggunakan kemajuan komputer dalam pengelolaan data secara online. Dengan sistem ini administrator dapat menyimpan dan mengunduh data yang telah tersimpan dan web bisa dibuka dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini membahas tentang rancang bangun sistem informasi sekolah terpadu di SDN Pacarkeling 5 Surabaya meliputi : pendataan siswa, nilai dan perkembangan siswa serta penyampaian berbagai info tentang sekolah.  Tujuan dari perancangan dan pembuatan sistem informasi sekolah terpadu di SDN Pacarkeling 5 Surabaya berbasis website menggunakan PHP dan MySql ini antara lain : memudahkan pendataan siswa, mempermudah penyampaian informasi kepada orang tua siswa dan masyarakat serta sebagai pusat informasi baik untuk orang tua dan masyarakat. Sistem informasi sekolah terpadu di SDN Pacarkeling V berbasis web ini : memudahkan admin untuk pendataan siswa, mempermudah sekolah untuk menyampaikan informasi-informasi tentang sekolah kepada orang tua dan masyarakat dan mempermudah orang tua untuk mengetahui perkembangan putra-putrinya. Kata kunci : sistem informasi sekolah, PHP, MySql
IMPLEMENTASI OBJECT RELATIONAL MAPPING PADA PETA DIGITAL SURABAYA BERBASIS arga krismanto
EDUTIC Vol 1, No 2 (2015): MEI 2015
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.29 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v1i2.1540

Abstract

Paradigma Object-Oriented Programming sangat banyak dipakai di kalangan pengembang perangkat lunak, di samping itu banyak perangkat lunak yang tidak bisa lepas dari penggunaan Database Relational. Keduanya sangat penting kegunaannya dalam pengembangan perangkat lunak. Akan tetapi, muncul ketidakcocokan paradigma antara keduanya yang sering disebut Object-Relational Mismatch, ketidakcocokan tersebut meliputi aspek Granularity, Subtypes, Identity, Association, dan Navigasi Data. Untuk mengatasi hal itu, dibutuhkan suatu metode pemetaan objek-objek yang mempresentasikan tabel-tabel entitas database, metode pemetaan tersebut adalah Object Relational Mapping (ORM). Pada aplikasi peta yang dibangun, metode pemetaan ini mempunyai peran untuk menangani pengolahan data informasi peta yang sangat banyak dan komplek. Di samping itu, peran metode pemetaan ini sangat penting terutama dalam hal kecepatan memproses data (running time). Hal ini dikarenakan metode pemetaan ini menyediakan model akses (query) yang tidak melibatkan secara langsung kepada database, melainkan pengaksesan terhadap objek-objek yang telah dipetakan. Model akses (query) yang disediakan oleh Object Relational Mapping (ORM) mempunyai perbandingan running time sebesar 1:1.51 lebih cepat, bila dibandingkan dengan sistem yang tidak menggunakan metode pemetaan ini, dengan batas pengujian jumlah record tabel sebanyak 50.000. Hal ini sangat menguntungkan untuk sebuah aplikasi mobile. Kata kunci :    Object-Oriented Programming(OOP), Object Relational Mapping (ORM), Object-Relational Mismatch.
RESPON SISWA PADA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN: IMPLEMENTASI PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 DENPASAR evy maya Stefany
EDUTIC Vol 1, No 2 (2015): MEI 2015
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.992 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v1i2.1546

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar terhadap pengembangan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar. Data tentang sumber belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode wawancara. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subyek uji coba penelitian ini terdiri dari 3 siswa untuk uji coba perorangan, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari uji ahli materi, uji ahli desain, uji ahli media pembelajaran, dan dari uji coba siswa.  Validasi media pembelajaran serta respons siswa dan guru diperoleh dengan menggunakan metode angket. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari uji coba lapangan dengan tingkat pencapaian 93,14% berada dalam kategori sangat baik. Pengembangan media pembelajaran ini berada pada kategori sangat baik sehingga media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci:  media pembelajaran, respon siswa, TIK
MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI): IMPLEMENTASI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMP evy maya stefany
EDUTIC Vol 1, No 2 (2015): MEI 2015
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.515 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v1i2.1542

Abstract

Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Sebagai konsekuensi logis, pendidikan selalu dihadapkan pada masalah-masalah baru. Mutu pendidikan dipermasalahkan jika hasil pendidikan belum mencapai taraf seperti yang diharapkan. Permasalahan mutu pendidikan lebih terletak pada masalah pemrosesan pendidikan. Selanjutnya kelancaran pemrosesan pendidikan ditunjang oleh komponen pendidikan yang terdiri dari peserta didik, tenaga pendidikan, kurikulum.  Dalam pembelajaran, TIK merupakan bagian dari ranah ilmu pengetahuan yang telah dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan. Oleh karena itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai, dan guru diharapkan hanya sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar. Teori pembelajaran somatis, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) menganut aliran ilmu kognitif modern yang menyatakan belajar yang paling baik adalah melibatkan emosi, seluruh tubuh, semua indera, dan segenap kedalaman serta keluasan pribadi, menghormati gaya belajar individu lain dengan menyadari bahwa orang belajar dengan cara yang berbeda. Model pembelajaran ini dapat membantu guru dalam proses penyampaian materi sehingga seluruh siswa dapat belajar secara maksimal. Penerapan model pembelajaran SAVI  dalam pembelajaran TIK berorientasi pada proses penyampaian materi  di dalam kelas sehingga seluruh siswa dapat belajar secara maksimal karena pada dasarnya setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam proses penyerapan ilmu pengetahuan. Kata Kunci:  model pembelajaran, SAVI, TIK
PENGARUH STRATEGI ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TIK SISWA DI SMP 4 NEGARA Evy maya Stefany
EDUTIC Vol 1, No 2 (2015): MEI 2015
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.724 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v1i2.1549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung, Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Negara Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas sebanyak 259 siswa dengan sampel sebanyak 110 siswa yang terdiri dari 2 kelas kelompok eksperimen dan 2 kelas kelompok kontrol. Sampel kelas diambil dengan cara random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar siswa yang dikumpulkan dengan angket motivasi belajar, Kuesioner motivasi belajar berupa pernyataan sebanyak 32 pernyataan dengan 5 pilihan jawaban Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan mancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung (Fhitung = 248,549; p kurang dari 0,05), Disimpulkan bahwa strategi ARCS dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar TIK siswa SMP. Kata Kunci:  strategi ARCS, motivasi belajar, TIK
PROTOTYPESISTEM PELAYANAN PUBLIKDINASKEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPILBERBASISWEB david budi hartanto
EDUTIC Vol 1, No 2 (2015): MEI 2015
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.362 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v1i2.1543

Abstract

ABSTRAKKepuasan masyarakat sangat perlu diperhatikan oleh aparat untuk mengetahui kualitas pelayanan yang baik. Inilah yang menjadi salah satu tugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dispendukcapil). Sistem yang ada di dinas tersebut lebih terfokus pada proses pembuatan,sedangkan untuk pelayanan misalnya pendaftaran sering terjadi lonjakan jumlah antrian yang relatif besar dan mengakibatkan tidak terlayaninya permohonan dengan baik. Prototype sistem pelayanan ini dirancang untuk menambah nilai pelayanan dinas kepada masyarakat. Prototype sistem yang dibangun ini mempunyai fitur diantaranya permohonan pengajuan Akta Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk dan Kartu keluarga. Apabila petugas menyetujui pengajuan maka pemohon menerima jadwal validasi atau verifikasi sehingga pemohon mengetahui status pengajuan dan kepastian waktu proses validasi atau verifikasi yang harus dilakukan. Prototype sistem pelayanan berbasis web ini dapat digunakan oleh dinas untuk mengatur penjadwalan pengajuan dokumen kependudukan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengetahui tingkat kepastian dari proses pengajuan yang telah dilakukan.Kata Kunci:Dispendukcapil, sistem pelayanan, jadwal, web

Page 1 of 1 | Total Record : 8