cover
Contact Name
Ana Tsalitsatun Ni'mah
Contact Email
edutic@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285366622280
Journal Mail Official
edutic@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Informatika Universitas Trunojoyo Madura Jl.Raya Telang Kamal, Bangkalan, 69192, Jawa Timur Telp. (031) 30127924
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika
ISSN : 24074489     EISSN : 25287303     DOI : https://doi.org/10.21107/edutic
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmiah Edutic Pendidikan dan Informatika is a journal published by the Informatics Education Study Program, Universitas Trunojoyo Madura. Eductic contains publications on the results of thoughts and research in the field of education and information technology. Eductic is published twice a year, namely in May and November. FOCUS & SCOPE Edutic scientific journals focus, but are not limited to, articles within the scope of Education and Informatics. Therefore Edutic will only process and publish articles submitted in the areas of: Informatics Education (E-Learning, Multimedia Education, Vocational Learning Media, Vocational Education Psychology, Vocational Learning Strategies, Vocational Learning Theory, Vocational Learning Models, Vocational Learning Methods, Vocational Teaching Approaches, Vocational Learning Evaluation, Vocational Learning Planning). Informatics (Information Systems, Data Mining, Computer Networks, Database Systems, Electronics, Image Processing, Gaming Technology, Artificial Intelligence, Information Retrieval Systems)
Articles 148 Documents
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB DI SMA 1 ANNUQAYAH SUMENEP muchamad arif; Ahmad Syafii Zein; Eka Mala Sari
EDUTIC Vol 4, No 2 (2018): MEI 2018
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (862.813 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v4i2.3914

Abstract

Abstrak Saat ini belum banyak sekolah di Indonesia mengembangkan sistem informasi  Penerimaan  Siswa   Baru   (PSB) pada sistem  infomasi berbasis web.  Dengan  manfaat  dan  kemudahan teknologi yang sudah ada, sudah seharusnya pengembangan sistem informasi penerimaan siswa baru (PSB) ini dikembangkan oleh tiap-tiap sekolah. Sistem PSB di SMA 1 Annuqayah masih menggunakan sistem manual atau melalui brosur. Dari permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu pihak sekolah dalam proses penerimaan siswa baru berbasis web agar proses PSB berjalan efektif.Prosedur Pengembangan dalam penelitian ini, mengacu pada model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan produk Sistem Informasi ini adalah ADDIE, dengan 5 tahapan sebagai berikut  yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan tahap Evaluation (evaluasi). Tahap pengembangan perangkat sistem informasi, dalam penelitian ini adalah produk berupa sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis web  di SMA 1 Annuqayah Sumenep. Penilaian yang diperoleh dari ahli Validasi oleh ahli desain kinerja diperoleh persentase 97 %, ahli desain sistem persentase 95 %, hasil   persentase desain kinerja 89,3% hasil  persentase desain tampilan 87,6%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sistem informasi yang dihasilkan dapat membantu mempermudah siswa dalam mendaftar dan panitia untuk melaksanakan PSB Online.
POLA POSISI BERBASIS FUZZY DALAM DOMAIN FREKUENSI UNTUK TEMU KEMBALI CITRA BINTANG laili cahyani
EDUTIC Vol 2, No 2 (2016): MEI 2016
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.582 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v2i2.1578

Abstract

AbstrakPenelusuran bintang dilakukan untuk beberapa aplikasi teknologi satelit dan ruang angkasa. Identifikasi bintang merupakan tugas utama dalam penelusuran bintang. Salah satu cara untuk melakukan identifikasi bintang adalah membandingkan citra kamera satelit terhadap citra database dan melakukan temu kembali bintang yang sama. Tugas tersebut menjadi sulit ketika pengambilan citra dilakukan pada waktu atau kondisi yang berbeda. Penelitian ini melakukan temu kembali citra bintang dengan menggunakan keuntungan pada metode pola posisi berbasis Fuzzy dalam domain frekuensi. Pada tahap awal, dilakukan preprocessing. Kemudian dilakukan proses ekstraksi fitur pola bintang menggunakan pola posisi berbasis Fuzzy dalam domain frekuensi. Selanjutnya, dilakukan perhitungan nilai similaritas antar fitur pola bintang. Pada tahap akhir, dilakukan temu kembali citra masukan sesuai tingkat kemiripan fitur citra tersebut dengan fitur citra database. Beberapa pengujian telah dilakukan dengan menggunakan 172 dataset yang didapatkan dari database aplikasi Stellarium. Pengujian pertama dilakukan untuk melakukan temu kembali citra bintang tanpa dipengaruhi adanya perubahan waktu dan kondisi. Pengujian kedua dilakukan untuk melakukan temu kembali citra bintang dengan adanya pengaruh dari perubahan rotasi. Pengujian ketiga dilakukan untuk melakukan temu kembali citra bintang dengan adanya pengaruh waktu pengambilan data. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa penelitian ini mampu melakukan temu kembali citra bintang dengan tingkat akurasi sebesar 80.81%.Kata kunci: citra bintang, identifikasi bintang, pola Fuzzy, temu kembali citra.
Implementasi Metode Inferensi Fuzzy Tsukamoto Untuk Memprediksi Curah Hujan Dasarian Di Sumenep Isnaini Muhandhis; Alven Safik Ritonga; Muhammad Harist Murdani
EDUTIC Vol 8, No 1 (2021): NOVEMBER 2021
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.178 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v8i1.8907

Abstract

Peramalan curah hujan diperlukan untuk membantu memprediksi awal musim karena anomali cuaca yang sering terjadi saat ini. Pada penelitian ini kami melakukan peramalan curah hujan dasarian di Sumenep menggunakan metode inferensi fuzzy Tsukamoto. Hasil peramalan curah hujan dengan metode inferensi fuzzy Tsukamoto memiliki akurasi yang baik dengan nilai MAPE 10,64%. Peramalan dengan fuzzy Tsukamoto dapat memprediksi awal musim kemarau yaitu pada Dasarian 3 bulan April tahun 2020. Adapun prediksi awal musim hujan adalah Dasarian 2 di bulan November 2020.
SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) BERBASIS WEB Isnaini Muhandhis; Angga Pradana Setiawan
EDUTIC Vol 6, No 1 (2019): NOVEMBER 2019
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.224 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v6i1.6073

Abstract

AbstrakSub-distributor PT Srikaya Makmur menggunakan metode manual dalam mengelola persediaan barang. Setiap transaksi keluar masuk barang dicatat manual dalam buku. Proses pengadaan barang belum memperhitungkan biaya yang diperlukan, sehingga beberapa barang mengalami kelebihan stok dan menimbulkan biaya gudang. Dalam penelitian ini, kami membangun sistem informasi pengendalian persediaan barang untuk membantu perusahaan mengelola data gudang dengan metode EOQ. Sistem informasi dibangun menggunakan model waterfall, bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem informasi yang dibangun dapat membantu mengolah data gudang secara terkomputerisasi sehingga pekerjaan mengelola barang masuk, barang keluar, update stok dan pelaporan menjadi lebih efektif. Sistem dapat memberikan rekomendasi proses pengadaan barang sehingga dapat diketahui kapan staf harus pesan barang, berapa jumlah barang yang dipesan dengan biaya seminimal mungkin. Kata Kunci:  EOQ, biaya minimal, persediaan barang AbstractPT Srikaya Makmur's sub-distributor uses the manual method of managing inventory. Every transaction in and out of goods is recorded manually in the book. The process of procurement of goods does not consider the costs required so that some goods experience excess stock and cause warehouse costs. In this study, we built an inventory control information system to help companies manage the data warehouse with the EOQ method. The information system was built using the waterfall model, PHP programming language and MySQL database. The information system that is built can help process computerized warehouse data so that the work of managing incoming goods, exiting goods, stock updates and reporting becomes more effective. The system can provide recommendations for the procurement process so that it can be known when staff must order goods, how many items are ordered at a minimum cost. Keywords: EOQ, minimum cost, inventory
ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN INFORMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI puji rahayuningsih
EDUTIC Vol 2, No 1 (2015): NOVEMBER 2015
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.193 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v2i1.1559

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui letak kesalahan mahasiswa Pendidikan Informatika dalam menyelesaikan soal fungsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan pada bagaimana kesalahan yang dilakukan mahasiswa pendidikan informatika dalam menyelesaikan soal fungsi dan berusaha mengidentifikasinya. Dari hasil penelitiaan dapat disimpulkan bahwa: 1) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada aspek kesatu yaitu pemahaman konsep tergolong tinggi dengan presentase 65, 64%. Dengan rata –rata kesalahan dalam menentukan prasyarat agar fungsi tersebut terdefinisi. 2) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada aspek dua yaitu pengambilan langkah penyelesaian tergolong tinggi dengan presentase 70, 54%. Dengan rata – rata kesalahan dalam penggunaan tanda penghubung pada penyelesaian masalah. 3) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada aspek ketiga yaitu pengoperasian tergolong tinggi dengan presentase 79, 07%. Dengan rata – rata kesalahan dalam memfaktorkan, mengkuadratkan fungsi aljabar, mengoperasikan tanda “+” dengan “-“ atau antara “-“ dengan “-“, dan juga menentukan daerah positif maupun negatif pada garis bilangan, dan 4) Kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada aspek keempat yaitu penarikan kesimpulan / hasil akhir tergolong sangat tinggi dengan presentase 89, 15%. Dengan rata – rata kesalahan menggabungkan antara hasil perhitungan dengan prasyarat - prasyarat yang harus dipertimbangkan sebelumnya agar fungsi tersebut terdefinisi.
EFEKTIVITAS PENERAPAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBASIS BERPIKIR KRITIS DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI PERAKITAN KOMPUTER DI SMK N 2 BANGKALAN Puji Rahayu Ningsih; Etistika Yuni Wijaya
EDUTIC Vol 7, No 1 (2020): NOVEMBER 2020
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.812 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v7i1.8925

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan Experiential learning berbasis berpikir kritis dan pendidikan karakter pada materi perakitan computer di SMK Negeri 2 Bangkalan. Pendekatatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian experiment. Desan yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Tehnik Komputer jaringan (TKJ) kelas X di SMK N 2 Bangkalan, dan sampel yang digunakan adalah X TKJ 1 dan 2. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi (aktivitas guru dan siswa), tes hasil belajar, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Experiential learning berbasis berpikir kritis dan pendidikan karakter pada perakitan komputer di SMK N 2 Bangkalan efektif, dikarenakan terdapat empat indicator efektivitas pembelajaran telah terpenuhi meliputi:1). Aktivitas guru memperoleh rata-rata 104,5 atau 99,5% dan masuk kategori “sangat baik”. 2) Aktivitas siswa memperoleh rata-rata 783,5atau 85,16% dan masuk kategori “sangat baik”. 3) Hasil belajar siswa, berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan data yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest kelas experiment thitung sebesar 4,378 dan ttabel sebesar 2,080 dengan taraf signifikan 0,05. Karena thitung lebih dari  ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan setelah pembelajaran dengan penerapan model Experiential learning berbasis berpikir kritis dan pendidikan karakter; dan 4). Respon siswa yang diperoleh setelah proses pembelajaran adalah 793 atau 91,15% dan termasuk kategori sangat setujuh.
SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PASIEN PADA KLINIK dr. VERI KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN BERBASIS ANDROID aslam Aslam Fatkhudin; Dwi Nur Alifiani
EDUTIC Vol 4, No 1 (2017): NOVEMBER 2017
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.428 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v4i1.3390

Abstract

ABSTRAK Tuntutan pelayanan dan pengelolaan informasi secara terintegrasi menjadi sangat penting di setiap lembaga, termasuk di suatu klinik. Klinik dr. Veri merupakan sebuah balai pengobatan yang ada diwilayah Kajen, tepatnya dijalan Mandurorejo Nomor. 359 Kajen. Pendaftaran yang ada pada klinik dr. Veri saat ini masih menggunakan sistem manual yaitu dengan cara pasien datang secara langsung ke Klinik untuk melakukan pendaftaran agar mendapatkan nomor antrian dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengantri.Untuk mengatasi permasalahan diatas, Klinik tersebut membutuhkan sebuah Sistem Informasi Pendaftaran Pasien. Sistem ini dibuat dengan beberapa fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan, diantaranya untuk mendaftar periksa dan juga ada pemberitahuan untuk mengetahui nomor antrian. Sistem ini berbasis android dengan platform ionic, bahasa pemrograman AngularJs dan PHP, serta database menggunakan MySQL. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi pendaftaran pasien pada klinik dr. Veri berbasis android yang dapat dijaadikan sebagai sarana pelayanan dan media informasi bagi masyarakat, yang memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan untuk mendaftar periksa.
Analisis Klasterisasi Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Fuzzy C-Means (Studi Kasus : Pengadilan Tinggi Agama bandar lampung) Aditia Yudhistira; Ahmad Ari Aldino; Dedi Darwis
EDUTIC Vol 9, No 1 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.862 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v9i1.17134

Abstract

Data mining merupakan teknik pengolahan Data dalam jumlah  besar untuk pengelompokan. Teknik data mining mempunyai beberapa metode dalam mengelompokan salah satunya tekn ik yang dipakai penulis saat ini adalah Fuzzy C-means. dalam hal ini penulis akan mengelompokan Penilaian kinerja pegawai bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pegawai  dan pemberian apresiasi terhadap pegawai Yang memiliki kinerja baik, guna meningkatkan semangat pegawai dalam bekerja. Penilian kinerja pegawai dilakukan dengan menjumlahkan nilai tiap kriteria penilaian dan menggunakan standar nilai untuk menentukan nilai akhir. Pada penelitian ini penelitian kinerja pegawai yang digunakan adalah nilai perilaku yaitu nilai orientasi, nilai integritas, nilai komitmen, nilai kedisiplinan dan nilai kerjasama.  Nilai tersebut diolah dengan menggunakan metode Fuzzy C-Means (FCM) dengan tools aplikasi matlab sehingga menghasilkan sejumlah kelompok karyawan yang memiliki standar penilaian bersifat dinamis.  Penetapan nilai yang di peroleh pegawai didasarkan pada pengurutan pusat cluster hasil pengolahan total nilai pegawai menggunakan FCM. Pada Penelitian ini berhasil dikelompokan pegawai dengan kelompok pegawai yang termasuk sangat baik, baik, cukup, kurang dan buruk. Dari hasil analisis pengelompokan FCM dengan 5 cluster dengan 35x iterasi  diperoleh fungsi objektif sebesar 111.949781. Dimana  kelompok  pertama terdiri dari 940 pegawai, klaster ke dua 692 pegawai, kelompok 23 pegawai , kelompok ke empat   terdiri dari 8 pegawai dan kelompok ke lima terdiri dari 17 pegawai. Dari hasil centroid ini telah dianalisa bahwa rata-rata nilai pegawai memiliki nilai sangat baik pada fitur nilai komitmen dan nilai kesidipilinan. Hal ini dapat menjadi pola bahwa seorang pegawai dikatakan layak untuk mendapatkan reward ketika nilai komitmen dan nilai kedisiplinan sangat baik.
PENGARUH HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DAN DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMKN 4 BANJARBARU Ratna Dwi Milandari; Basori Abu Ghaza
EDUTIC Vol 5, No 2 (2019): MEI 2019
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.857 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v5i2.4557

Abstract

Perilaku kewirausahaan merupakan salah satu aspek yang dapat mendukung kesiapan peserta didi SMK dalam menghadapi dunia kerja nantinya, terutama bagi mereka yang ingin berkutat dalam dunia wirausaha. Perilaku kewirausahaan sendiri dapat terbentuk dari faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang dapat membentuk perilaku kewirausahaan peserta didik yaitu melalui pembelajaran yang didapatkan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar dua mata pelajaran yaitu kewirausahaan dan desain multimedia interaktif terhadap perilaku kewirausahaan peserta didik kelas XI Multimedia di SMKN 4 Banjarbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian yang dikumpulkan adalah hasil belajar peserta didik yang berupa nilai rapor dan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh positif hasil belajar kewirausahaan terhadap perilaku kewirausahaan peserta didik sebesar 9,6% dengan sig 0,017 kurang dari 0,05. Kedua, terdapat pengaruh positif hasil belajar desain multimedia interaktif terhadap perilkau kewirausahaan peserta didik sebesar 8,0% dengan sig 0,030 kurang dari 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh hasil belajar kewirausahaan dan desain multimedia interaktif secara bersamaan terhadap perilkau kewirausahaan peserta didik sebesar 13,6% dengan Fhitung = 4,414. lebih dari F0,05;2;56 = 3,16.
PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN NEUROSAINS MELALUI KETERAMPILAN MENGINGAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR sigit dwi saputro
EDUTIC Vol 3, No 2 (2017): MEI 2017
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.099 KB) | DOI: 10.21107/edutic.v3i2.2933

Abstract

Abstrak Judul penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika dengan pendekatan neurosains melalui keterampilan memingat ditinjau dari motivasi belajar pada Program Studi S-1 Pendidikan Informatika Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Tujuannya meliputi a) untuk mengetahui pengaruh pendekatan neurosains melalui keterampilan mengingat terhadap hasil belajar b) ingin mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar setelah diberi pendekatan neurosains melalui keterampilan mengingat. Pendidik memang bukan pakar otak (neurosains), tetapi pendidik adalah bagian satu-satunya profesi yang pekerjaanya setiap hari mengubah otak . Setiap informasi dalam pembelajaran akan masuk ke otak melalui sistem syaraf sehingga diperlukan pembelajaran yang mengoptimalkan sistem kerja otak. Penelitaian menggunakan desain faktorial dengan mengkaji faktor laur yang mempengaruhi hasil belajar. Polulasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan informatika, sampelnya adalah mahasiswa pendidikan informatika semester 2, pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan antara yaitu tes hasil belajar mahasiswa dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian ini Pendekatan neurosains melalui keterampilan mengingat berpengaruh terhadap hasil belajar dengan taraf signifikansi 0,00. Motivasi belajar tidak berkorelasi terhadap hasil belajar setelah diberi pendekatan neurosains melalui keterampilan mengingat dengan taraf signifikansi 0,155.  Kata kunci: neurosains, keterampilan mengingat dan motivasi belajar

Page 1 of 15 | Total Record : 148