cover
Contact Name
Abdur Rasyid
Contact Email
ochid87@gmail.com
Phone
+6285224669735
Journal Mail Official
jipipapanda@gmail.com
Editorial Address
Jalan cigasong-Cirebon Majalengka, Jawa Barat 45476
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Published by Papanda Publisher
ISSN : -     EISSN : 2830781X     DOI : https://doi.org/10.56916/jipi
Core Subject : Education,
Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun mahasiswa calon guru. Kajian dalam jurnal ini mencakup multidisiplin keilmuan yang berkaitan dengan pendidikan, dengan tujuan memajukan pendidikan di Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): June" : 5 Documents clear
Meningkatkan Pemahaman Siswa dengan Menerapkan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran Pelajaran Fisika Hermin Rukmini; Mutaqin Mafaza
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): June
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.776 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i1.114

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya pemahaman siswa XII IPA 5 SMA Negeri 25 Bandung tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran fisika. Penulis mencoba melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 25 Bandung dalam memahami mata pelajaran fisika pada materi Konsep dinamika rotasi benda tegar dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 25 Bandung dengan subyek siswa XII IPA 5. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus tindakan, dengan tahap setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata hasil tes siswa pada mata pelajaran Fisika meningkat dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Konsep dinamika rotasi benda tegar.
Analisis Tingkat Ketepatan Konsep dan Tingkat Akomodasi Scientific Approach Buku Teks IPA Biologi Kelas XI SMA Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Rita Triasfifah; Lita Lestari
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): June
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.151 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i1.115

Abstract

Penelitian ini, bertujuan mengkaji tingkat ketepatan konsep dan tingkat setiap aspek scientific approach meliputi observing, questioning, associating, experimenting dan networking. Tiga buku yang digunakan, untuk mengetahui kualitas buku yang relatif baik berdasarkan ketepatan kosep dan setiap aspek scientific approach. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dimana hasil penelitian dituangkan dalam bentuk narasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui observasi secara mendalam terhadap ketiga buku teks. Analisis ini meliputi analisis terhadap ketepatan konsep dan analisis terhadap setiap aspek scientific approach. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ketepatan konsep pada buku Erlangga relatif baik dengan presentase paling tinggi yaitu 87.2% konsep memadai. Tingkat akomodasi aspek observing buku Platinum memiliki presentase relatif tinggi yaitu 22%. Tingkat akomodasi aspek questioning buku Grafindo memiliki presentase relatif lebih besar yaitu 21.3%. Tingkat akomodasi aspek associating relatif lebih tinggi pada buku Erlangga yaitu 8.5%. Tingkat akomodasi aspek experimenting antara buku Erlangga dan Platinum memiliki presentase sama yaitu 4.9%. Tingkat akomodasi aspek networking pada buku Platinum relatif lebih besar yaitu 16.3%.
Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Lilis Indriani
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): June
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.409 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i1.116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi kelompok, latihan soal, memberikan motivasi belajar dan kesimpulan pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas XI IPA 4 SMAN 25 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model Problem Based Learning (PBL) dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA N 25 Bandung dalam pembelajaran Bahasa Inggris mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan hasil observasi dan hasil tes prestasi belajar bahasa inggris. Dengan hasil tersebut maka disimpulkan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa inggris di SMAN 25 Bandung.
Meningkatkan Hasil belajar Siswa dengan Model Problem Based Instruction di Sekolah Dasar Edi Sunjaya
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): June
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.039 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i1.117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah Model Problem Based Istruction. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa IV SDN 2 Jemaras, Cirebon yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menentukan persentase ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dan rata-rata hasil belajar IPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Istruction. dapat meningkatkan hasil belajar siswa IV SDN 2 Jemaras, Cirebon pada mata pelajaran IPA.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru Carudin Carudin; Khomisan Agus
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): June
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.227 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i1.118

Abstract

Peningkatan kinerja mengajar guru dapat dilakukan melalui peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja sekolah. Penelitian ini bertujuan: (a) untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja sekolah, dan kinerja guru, (b) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru. Hasil penelitian yang diperoleh kepemimpinan kepala SMK Negeri se-Kabupaten Indramayu yang meliputi dimensi kepribadian, kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan berkomunikasi, memberi motivasi dan pendelegasian wewenang memberikan pengaruh cukup terhadap kinerja. Iklim kerja sekolah mempunyai hubungan yang cukup berpengaruh terhadap kinerja guru. Kinerja mengajar guru berada pada kategori cukup baik. Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru tetapi kurang cukup memotivasi kinerja guru. Pengaruh iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru kurang cukup baik dan dapat memotivasi kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5