cover
Contact Name
Robiyatul Adawiyah
Contact Email
jurnal@iaitfdumai.ac.id
Phone
+6282288454431
Journal Mail Official
jurnal@iaitfdumai.ac.id
Editorial Address
Jl. Utama Karya II No.3, Bukit Batrem, Kec. Dumai Tim., Kota Dumai, Riau 28826
Location
Kota dumai,
Riau
INDONESIA
Jurnal Tazakkur
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Tadzakkur merupakan jurnal enam bulanan yang memuat naskah di bidang ilmu Pendidikan Islam guna untuk menambah pengetahuan masyarakat, tenaga pendidik, mahasiswa dan pelajar mengenai isu-isu dan trend terbaru seputar pendidikan islam seperti kurikulum pendidikan, pengajaran, pembelajaran, kebijakan dan persiapan guru dalam mentransferkan pengetahuan dengan tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kualitas dan dan pengeathuan SDM. Jurnal Tadzakkur terbit pada setiap bulan Maret dan Agustus. Ruang lingkup dari Tadzakkur berupa hasil penelitian dan kajian analitis-kritis di bidang pendidikan Islam baik itu yang terkait dengan Tenaga. Pemuatan artikel di jurnal ini dialamatkan ke kantor editor khusus untuk civitas akademika kampus IAI Tafaqquh Fiddin Dumai, khususnya di Fakultas Tarbiyah. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Artikel yang masuk akan melalui proses seleksi mitra bestari atau editor. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam" : 6 Documents clear
Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Media Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa di SMAN 2 Dumai Kelas Tiga Anisa Nurjanah
Jurnal Tadzakkur Vol 2 No 2 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.467 KB) | DOI: 10.57113/taz.v2i1.119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan karakter siswa di SMAN 02 Dumai kelas 3. (2) pengaruh media gadget terhadap perkembangan karakter di SMAN 02 Dumai kelas 3. (3) pengaruh lingkungan keluarga dan media gadget secara Bersama-sama terhadap perkembangan karakter siswa di SMAN 02 Dumai kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMAN 02 Dumai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 200 siswa. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Teknik analisa data adalah teknik analisis regresi dan korelasi product moment (person). hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap perkembangan karakter dengan presentase sebesar 36% dan sisanya 64% dipengaruhi oleh factor lain selain lingkungan keluarga. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan media gadget terhadap perkembangan karakter siswa dengan presentase sebesar 36,7% dan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain media gadget. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga dan media gadget secara Bersama-sama terhadap perkembangan karakter siswa dengan presentase sebesar 36,5% dan sisanya 63,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Pemahaman Tata Tertib dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisplinan Siswa di SMKN 3 Dumai Astari Ningsih
Jurnal Tadzakkur Vol 2 No 2 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.555 KB) | DOI: 10.57113/taz.v2i1.120

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) pengaruh pemahaman tata tertib terhadap kedisplinan siswa di SMNKN 3 Dumai.(2) Pengaruh Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kedisplinan. (3) Pengaruh Pemahaman tata tertib dan Pola Asuh Orangtua terhadap Kedisplinan dilaksanakan secara bersama-sama.Uji c oba instrument penelitian ini bertempat di SMKN 3 Dumai .Populasi pada penelitian ini sebagian kelas X,X1,berjunmlah 78 orang.Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi .Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas,dan uji Linearitas .Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis regresi dan korelasi product moment (person).Hasil penelitian ini adalah:(1) Terdapat hubungan positif dan signifikan pemahaman tata tertib dan signifikan Pola Asuh Orangtua dengan Kedisplinan di SMKN 3 Dumai,(3) Terdapat hubungan positif dan Signifikan pemahaman tata tertib dan Pola Asuh Orangtua secara bersama-sama dengan SMKN 3 Dumai.
Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X di SMKN 1 Dumai Tahun Ajaran 2020/2021 Eka Dewi Asih
Jurnal Tadzakkur Vol 2 No 2 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.41 KB) | DOI: 10.57113/taz.v2i1.121

Abstract

Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X di SMK N 1 Dumai Tahun Ajaran 2020/2021 di Bimbing oleh Imam Wahyudi, M.Pd.I dan Eka Sukmawati, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa minat belajar siswa dalam belajar dan disiplin belajar siswa dapat mempengaruhi hasil belajar PAI siswa. Menumbuhkan minat belajar dan disiplin belajar itu sangat penting. Sehingga minat belajar dan disiplin belajar saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PAI siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 197 siswa kelas X dan data sekunder yaitu nilai hasil belajar PAI yang diperoleh dari dokumen guru mata pelajaran PAI kelas X dengan menggunakan analisis sederhana dan berganda, dengan menggunakan Software SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat belajar dan disiplin belajar memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 68,2% terhadap hasil belajar PAI siswa Kelas X di SMK N 1 Dumai dan 31,8% dipengaruhi variabel lain diluar minat belajar dan disiplin belajar yang memberikan kontribusi terhadap hasil belajar PAI siswa Kelas X di SMK N 1 Dumai.
Pengaruh Konsep Diri dan Kenakalan Siswa Terhadap Hasil Belajar di SMK Negeri 1 Dumai Tuti Syafrianti; Fitri Ayang Sari
Jurnal Tadzakkur Vol 2 No 2 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.07 KB) | DOI: 10.57113/taz.v2i1.122

Abstract

Pengaruh Konsep Diri dan Kenakalan Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMK Negeri 1 Dumai Di Bimbing Oleh Tuti Syafrianti, M.Pd dan Imam Wahyudi, M.Pd.I Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa konsep diri dalam belajar dan kenakalan siswa siswa dapat mempengaruhi hasil belajar PAI siswa. Dampak konsep diri dan kenakalan siswa itu sangat penting. Sehingga konsep diri dan kenakalan siswa saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh konsep diri dan kenakalan siswa terhadap hasil belajar PAI siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 177 siswa kelas XI dan data sekunder yaitu nilai hasil belajar PAI yang diperoleh dari dokumen guru pelajaran PAI kelas XI dengan menggunakan analisis sederhana dan berganda, dengan menggunakan Software SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa konsep diri dan kenakalan siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa di SMK Negeri 1 Dumai sebesar 75,3% terhadap hasil belajar PAI siswa, dan 24,7% dipengaruhi variabel lain diluar konsep diri dan hasil belajar yang memberikan kontribusi terhadap hasil belajar PAI siswa di SMK Negeri 1 Dumai.
Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar di SD 023 Teluk Binjai Dumai Fitri Delvi
Jurnal Tadzakkur Vol 2 No 2 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.144 KB) | DOI: 10.57113/taz.v2i1.123

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, sekolah yang ada di desa sudah berkembang dan mengikuti zaman. Masuknya pengaruh-pengaruh sangat berkembang pesat, sehingga sebagai guru baru senantiasa menggunakan perkembangan dengan sebaik mungkin. Fasilitas atau sarana prasarana yang memadahi akan membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dan menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sarana Prasarana terhadap hasil belajar siswa di SD 023 Teluk Binjai Dumai. Pengaruh Di Lingkungan Keluarga terhadap hasil belajar ,Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil belajar dilaksanakan secara Bersama-sama penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif .Populasi pada penelitian ini Sebagian kelas 1,2,3,4,5 berjumlah 108 orang .pengambilan sampel dilakukan dengan tabel isacc sehingga jumlah sampel adalah 84 .Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 84 siswa .Data analisis menggunakan regresi berganda dengan bantuan softwer SPSS 21.0 for windows .Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sarana Prasarana dan Lingkungan Keluarga secara bersamaan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SD 023 Teluk Dumai sebesar 3,1% kemudian 96,9 % di pengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Kompetensi Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Budi Dharma Dumai Husnul Muhammad Fadly
Jurnal Tadzakkur Vol 2 No 2 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.323 KB) | DOI: 10.57113/taz.v2i1.124

Abstract

Kompetensi Guru adalah keterampilan pengetahuan dasar serta nilai yang dicerminkan ke dalam kebiasaan berpikir dan bertindak yang sifatnya berkembang yang dimiliki seorang guru. Dan media pembelajaran adalah media yang digunakan untuk membantu merangsang pikiran, perasaan, kemampuan dan perhatian siswa dalam proses belajar mengajar di kelas, yang mana nantinya Kompetensi Guru dan media pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Budi Dharma Dumai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuiPengaruh Kompetensi Guru dan Media PembelajaranTerhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Budi Dharma Dumai. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif, datayangdigunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 56 responden. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan Sofware SPSS 21.0 Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dan media pembelajaransecara bersama sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikanterhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Budi Dharma Dumai dengan kontribusi sebesar sebesar 65,7%. Secara parsial kompetensi guru dan media pembelajaranmemberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Budi Dharma Dumai.

Page 1 of 1 | Total Record : 6