cover
Contact Name
Robiyatul Adawiyah
Contact Email
jurnal@iaitfdumai.ac.id
Phone
+6282288454431
Journal Mail Official
jurnal@iaitfdumai.ac.id
Editorial Address
Jl. Utama Karya II No.3, Bukit Batrem, Kec. Dumai Tim., Kota Dumai, Riau 28826
Location
Kota dumai,
Riau
INDONESIA
Jurnal Tazakkur
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Tadzakkur merupakan jurnal enam bulanan yang memuat naskah di bidang ilmu Pendidikan Islam guna untuk menambah pengetahuan masyarakat, tenaga pendidik, mahasiswa dan pelajar mengenai isu-isu dan trend terbaru seputar pendidikan islam seperti kurikulum pendidikan, pengajaran, pembelajaran, kebijakan dan persiapan guru dalam mentransferkan pengetahuan dengan tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kualitas dan dan pengeathuan SDM. Jurnal Tadzakkur terbit pada setiap bulan Maret dan Agustus. Ruang lingkup dari Tadzakkur berupa hasil penelitian dan kajian analitis-kritis di bidang pendidikan Islam baik itu yang terkait dengan Tenaga. Pemuatan artikel di jurnal ini dialamatkan ke kantor editor khusus untuk civitas akademika kampus IAI Tafaqquh Fiddin Dumai, khususnya di Fakultas Tarbiyah. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Artikel yang masuk akan melalui proses seleksi mitra bestari atau editor. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 54 Documents
Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMK Taruna Persada Dumai Nadya Dwi Cahyati
Jurnal Tadzakkur Vol 1 No 2 (2019): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.683 KB) | DOI: 10.57113/taz.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perilaku sosial siswa, 2) Pengaruh keteladanan guru terhadap perilaku sosial siswa di SMK Taruna Persada Dumai; 3) Pengaruh interaksi teman sebaya dan keteladanan guru secara serentak terhadap perilaku sosial siswa di SMK Taruna Persada Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Taruna Persada Dumai dengan jumlah 283 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Slovin sehingga jumlah sampel adalah 166 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 166 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya, keteladanan guru secara bersama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perilaku sosial siswa. Secara parsial, interaksi teman sebaya memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap perilaku sosial siswa. Begitu juga dengan keteladanan guru yang memberikan kontribusi yang positif dan signifikan.
Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak dan Lingkungan Sekolah Terhadap Pendidikan Karakter Siswa MTs Al – Falah Dumai Nurhayati
Jurnal Tadzakkur Vol 1 No 2 (2019): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1005.61 KB) | DOI: 10.57113/taz.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pendidikan karakter siswa MTS Al – Falah Dumai. (2) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pendidikan karakter siswa MTS Al – Falah Dumai. (3) Pengaruh pembelajaran akidah akhlak dan lingkungan sekolah terhadap pendidikan karakter siswa MTS Al – Falah Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MTS Al – Falah Dumai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTS Al - Falah Dumai dengan jumlah 291 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin dari jumlah populasi sehingga jumlah sampel adalah 168 siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 168 siswa. Penguji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pendidikan karakter dengan persentase 50,3% dan sisanya 49,7% dipengaruhi oleh faktor lain selain pembelajaran akidah akhlak. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh lingkungan sekolah terhadap pendidikan karakter dengan persentase 52,9% dan sisanya 47,1% dipengaruhi oleh faktor lain selain lingkungan sekolah. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pembelajaran akidah akhlak dan lingkungan sekolah terhadap pendidikan dengan persentase 85% dan sisanya 15% dipengaruhi faktor lain.
Pengaruh Pelayanan Administrasi Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di MTs Al Munawwarah Dumai Siti Thoyibah
Jurnal Tadzakkur Vol 1 No 2 (2019): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (952.105 KB) | DOI: 10.57113/taz.v1i1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh pengaruh pelayanan administrasi sekolah terhadap kepuasan peserta didik di MTs Al Munawwarah Dumai. (2) pengaruh kinerja guru terhadap kepuasan peserta didik di MTs Al Munawwarah Dumai. (3) pengaruh pelayanan administrasi sekolah dan kinerja guru secara bersama- sama terhadap kepuasan peserta didik di MTs Al Munawwarah Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MTs Al Munawwarah Dumai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Hasil penelitian adalah : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan administrasi sekolah terhadap kepuasan peserta didik dengan presentase sebesar 29,6% dan sisanya 70,4% dipengaruhi oleh faktor lain selain pelayanan administrasi. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap kepuasan peserta didik dengan presentase sebesar 34,2% dan sisanya 65,8% dipengaruhi oleh faktor lain selain kinerja guru. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan administrasi sekolah dan kinerja guru secara bersama- sama terhadap kepuasan peserta didik dengan presentase sebesar 37,9% dan sisanya 62,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Perhatian Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 14 Dumai Siti Nur Azzura
Jurnal Tadzakkur Vol 1 No 2 (2019): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.743 KB) | DOI: 10.57113/taz.v1i1.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan orang tua dan perhatian guru terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 14 Dumai. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 162 siswa kelas VIII sebagai sampel dan data sekunder yaitu nilai prestasi belajar yang diperoleh dari dokumen Wakasis. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda dengan aplikasi Software SPSS 21.0 For Windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bimbingan orang tua dan perhatian guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 14 Dumai sebesar 54,2% terhadap prestasi belajar siswa dan 45,8% dipengaruhi oleh variabel lain yaitu fasilitas belajar, perhatian orang tua, lingkungan keluarga, teman sebaya, motivasi belajar dan minat belajar yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 14 Dumai.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Yayasan Nurul Islam Lubuk Gaung Winda Kurniati
Jurnal Tadzakkur Vol 1 No 2 (2019): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1094.648 KB) | DOI: 10.57113/taz.v1i1.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di Yayasan Nurul Islam. (2) Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru di Yayasan Nurul Islam. (3) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Sekolah secara serentak terhadap Kinerja Guru di Yayasan Nurul Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di Yayasan Nurul Islam. Sampel pada penelitian ini berjumlah 35 guru. Pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Teknik analisa data adalah teknik analisis regresi dan korelasi product moment (person). hasil penelitian adalah : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru dengan presentase sebesar 99% dan sisanya 1% dipengaruhi oleh faktor lain selain kepemimpinan kepala madrasah. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim sekolah terhadap kinerja guru dengan presentase sebesar 60,6% dan sisanya 39,4% dipengaruhi oleh faktor lain selain iklim sekolah. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Sekolah secara bersama- sama terhadap Kinerja Guru di Yayasan Nurul Islam dengan presentase sebesar 99,5% dan sisanya 0,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Pendidikan Dalam Keluarga Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Ma Yapmi Dumai Tuti Syafrianti; Sri Mulyaningsih
Jurnal Tadzakkur Vol 1 No 2 (2019): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.022 KB) | DOI: 10.57113/taz.v1i1.22

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui Pendidikan Dalam Keluarga Dalam Pembentukan Karakter Siswa, Pergaulan Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa, dan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Dalam Keluarga Dan Pergaulan Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di MA YAPMI Dumai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 43 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi berganda. Setelah data dianalisa maka ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Pendidikaan Dalam Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA YAPMI Dumai. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pendidikan Dalam Keluarga dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA YAPMI Dumai.
Pengaruh Kedisiplinan Guru dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMK Taruna Persada Dumai Apilio Zikri
Jurnal Tadzakkur Vol 2 No 1 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.87 KB) | DOI: 10.57113/taz.v1i2.43

Abstract

Dalam proses pembelajaran penting kedisiplinan guru disekolah agar siswa dapat efektif dalam proses pembelajaran dan adanya faktor dukungan teman sebaya untuk membantu perkembangan siswa dalam lingkungan sekolah dan dapat berpengaruh tinggi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa yang masih abstrak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket kepada 100 siswa sebagai sampel dan populasi sebanyak 100 siswa. Data analisis regresi sederhana. Dengan bantuan softwore SPSS 21 for window.Hasil Penelitian ini adalah membuktikan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan guru dan dukugan teman sebaya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMK Taruna Persada Dumai model regresi Y = 1,888 + 0,970(X1) + 0, 382 (X2) terdapat pengaruh kedisiplinan guru dan dukugan teman sebaya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMK Taruna Persada 99.6 % sementara pengaruh terdapat pengaruh kedisiplinan guru dan dukugan teman sebaya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa diperoleh sebesar 90.1%. dipegaruhi oleh faktor lain sebesar 9.1%.
Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dan Keteladanan Orang Tua Terhadap Akhlak Siswa di MTS Al Furqan Dumai Elta Agustin
Jurnal Tadzakkur Vol 2 No 1 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.119 KB) | DOI: 10.57113/taz.v1i2.44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai (2) Pengaruh keteladanan orang tua terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai (3) Pengaruh kompetensi kepribadian guru dan keteladanan orang tua terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument penelitian ini bertempat di MTs Al Furqan Dumai. Populasi penelitian ini adalah kelas VII, VIII, IX yang berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keteladanan orang tua terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi kepribadian guru dan keteladanan orang tua secara serentak terhadap akhlak siswa di MTs Al Furqan Dumai.
Pengaruh Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Keteladanan Orang Tua Terhadap Akhlak Siswa di SMA Budi Dharma Dumai Hasan Albanna; Tuti Syafrianti
Jurnal Tadzakkur Vol 2 No 1 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.875 KB) | DOI: 10.57113/taz.v1i2.45

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Mata Pelajaran Pendiddikan Agama Islam terhadap Akhlak siswa di SMA Budi Dharma Dumai; 2) Pengaruh Keteladan Orang Tua Terhadap Akhlak siswa di SMA Budi Dharma Dumai; 3) Pengaruh Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Keteladan Orang Tua Terhadap Akhlak siswa di SMA Budi Dharma Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Budi Dharma Dumai dengan jumlah 53 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Suhairsimi Arikunto sehingga jumlah sampel adalah 53 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 53 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mata Pelajaran PAI dan Keteledanan Orang Tua memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akhlak siswa. Secara parsial, Mata Pelajaran PAI memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap Akhlak siswa. Begitu juga dengan Keteladan Orang Tua yang memberikan kontribusi yang positif dan signifikan.
Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 1 Kota Dumai Tuti Syafrianti; Mirta Aini Susanti
Jurnal Tadzakkur Vol 2 No 1 (2020): Tadzakkur Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Institute Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (831.439 KB) | DOI: 10.57113/taz.v1i2.46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Kota Dumai (2) Pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Kota Dumai (3) Pengaruh pembelajaran jarak jauh dan kreativitas mengajar guru secara serentak terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Kota Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Uji coba instrument bertempat di MAN 1 Kota Dumai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh (X) yang terdiri dari kelas (X Iis 1 – Iis 3 dan X Mia 1 – Mia 4) yang berjumlah 209 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan linieritas.teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Kota Dumai. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Kota Dumai. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran jarak jauh dan kreativitas mengajar guru secara serentak terhadap hasil belajar siswa di MAN 1 Kota Dumai.