cover
Contact Name
Erna Meiliana
Contact Email
ernameiliana@trisakti.ac.id
Phone
+6287840093703
Journal Mail Official
jurnaldimensidkv@trisakti.ac.id
Editorial Address
Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti Jl.Kyai Tapa No.1 Grogol Jakarta 11440
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Published by Universitas Trisakti
ISSN : 25027425     EISSN : 25497766     DOI : https://doi.org/10.25105/jdd
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain was published by Faculty of Art and Design Trisakti University in 2016. This journal is published regularly 2 (two) times a year, every April and October. Articles in Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain include knowledge, studies, research, intellectual ideas and ideas related to the science of art, culture especially those related to Visual Communication Design, such as advertising, graphic design, digital multimedia, typography, illustration and photography. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa is published both in print and online versions. The aim of Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain to publish original papers , conceptual frameworks, analytical and simulation models, case studies, empirical research, and book reviews .Also to develop and communicate widely the development of art and design theoretical and pragmatic.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain" : 8 Documents clear
MODEL PELUKISAN ILUSTRASI DI DALAM SERAT BABAD SINDUJOYO M.Wahyu Putra Utama
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1388.898 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v2i1.1874

Abstract

Abstrak Ilustrasi di dalam babad Sindujoyo merupakan hasil kebudayaan masyarakat Jawa yang memiliki karakteristik visual dalam perwujudannya. Karakteristik di dalam ilustrasi dapat diidentifikasi dari penggambaran figur yang meliputi: penggambaran figur manusia, binatang, tumbuhan dan alam sekitar, bahasa komunikasi gambar, serta penyusunan bentuk (figur) ke dalam bidang gambar. Identifikasi penggambaran ilustrasi di dalam babad Sindujoyo menunjukkan karakteristik model penggambaran yang memiliki konsep pelukisan di dalamnya. Model pelukisan yang memiliki kaidah dalam menggambar dapat memberikan pemahaman serta pengetahuan mengenai gaya pelukisan etnik khususnya di Jawa, karena model pelukisan yang sama juga terdapat di dalam naskah-naskah kuno Jawa lain yang tersebar di berbagai daerah. Melalui pendekatan penelitian berbasis seni (art base research) dan metode dalam menganalisis menggunakan interaksi analisis kesimpulan adalah penggambaran yang terdapat di dalam ilustrasi babad Sindujoyo memperlihatkan ciri dari pelukisan etnis yaitu berbeda tempat, berbeda jarak, dan berbeda waktu, dilukiskan dalam satu bidang gambar dengan spesifikasi adegan dan setting pendukungnya. AbstractIllustrations in the Chronicle Sindujoyo is the result of culture of Javanese people who have visual characteristics in its realization. Characteristics in the illustration can be identified from the depiction of the figures include: the depiction of human figures, animals, plants and natural surroundings, the language of communication, as well as images of the preparation shape (figures) into the area of the image. Identification of the depiction of the illustration in the Chronicle of Sindujoyo shows the characteristics of a model that has a depiction of a metaphorical concept in it. Model representations that have rules in drawing can provide understanding and knowledge about ethnic painting style, especially in Java, because the same model representations are also found in ancient Javanese texts other that spread over a wide area. Through research-based approach to art (art research base) and methods in analyzing use interaction analysis of conclusion is the depiction of the illustration showed a Sindujoyo Chronicle of the representations of different places, namely the ethnic, different distances, and different time, painted in one area of an image with the specifications setting the scene and his supporters.
PERAN KOMPOSISI PADA FOTO EDITORIAL DISNEY DREAM PORTRAIT SERIES¬ KARYA ANNIE LEIBOVITZ Yana Erlyana
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1150.206 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v2i1.1875

Abstract

Abstrak Dunia kreatifitas dalam fotografi adalah sebuah petualangan pencapaian visi dari sang fotografer. Setiap orang melihat dan mengartikan dunia secara berbeda-beda. Dalam fotografi bukanlah sekedar merekam sebuah sisi dari subyek atau sekedar menangkap momen yang tepat akan tetapi juga mengolah unsur-unsur estetik dari subyek dengan mengatur pencahayaan dan komposisi yang baik. Komposisi terdiri dari beberapa format elemen visual. Sebuah fotografi dapat dihasilkan dengan lebih efektif dan bermakna dengan pemahaman komposisi yang baik. Pada kajian ini penulis akan mengangkat Annie Leibovitz, seorang fotografer yang paling berpengaruh di dunia, yang membuat editorial sebuah seri editorial photography berjudul "Dream Portrait" yang berkolaborasi dengan para selebriti pada dongeng disney untuk mempromosikan Disney Parks "Year of a million Dreams." Kajian ini menganalisis jenis-jenis komposisi yang digunakan dan menilai komposisi yang paling banyak digunakan pada seri fotografi ini. Pengumpulan data dilakukan melalui buku dan artikel yang membahas tentang teori fotografi, buku tentang fotografi, serta sumber dari Internet mengenai teori yang berkaitan dengan materi pembahasan serta yang berhubungan dengan seri fotografi tersebut. Penulis menguraikan penggunaan komposisi pada tiap foto yang Annie Leibovitz gunakan dalam mendukung keberhasilan dan penyampaian pesan dan makna foto. Dengan demikian kajian ini dapat menambah pengetahuan tentang teori maupun prinsip fotografi lainnya yang dapat membantu untuk membuat suatu cerita editorial foto yang lebih baik.  AbstractPhotography is not only a simple record of the real world, but becomes a complex creation of art and an image medium that also gives meaning and message. The quality of a good photo is not only beauuse of its clear picture but also because of its proper lighting and also its good composition. Composition contains the elements of an image in a format. An image can be produced more effectively and meaningfully with an understanding of good composition. Composition is an instrument for a photographer to take the viewer beyond the experience of “peeking through someone else’s window". Since 2007, Annie Leibovitz is one of the most influential photographer in the world, has created an editorial photography series name "Dream Portrait", featuring celebrities in Disney fairy tale scene to promote Disney Parks " Year of a million Dreams". The purpose of this paper is to find what kind of compositions in this series used mostly and how it works influencing the image and story in each of photographs. With qualitative research method in this study, the authors search the data and information from books, the electronic media associated with the photography series. Based on this research, we clarify the use of composition in each photographs that results that we are looking to add insight about the various theories and principles of photography that help us to make editorial story photography better
KAJIAN MOTIF TENUN SONGKET MELAYU SIAK TRADISIONAL KHAS RIAU Sasya Lestari; Menul Teguh Riyanti
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1289.441 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v2i1.1876

Abstract

AbstractThe Analysis of Malay Siak Traditional Songket Weaving Motifs from Riau. Riau is one of the provinces in Indonesia that have Malay culture which still maintained and preserved until now. One of the cultures is the Malay Songket Weaving. Songketis from Siak and has a variety of motifs, colors and meanings that reflect way of life of the mankind. However, the times make people choose songket in terms of beauty, so the philosophy contained in songket is not considered. Songket is supposed to be the pride of Riau society, especially the younger generation which is expected to be the successor to the Malay culture. The lack of love for the culture and lack of adequate information makes the younger generation are less interested in this songket cloth. Knowledge on the meaning of motifs and colors on songket is needed so that Riau society and futuregenerations will not forget the philosophy that contained in the songket. The analysis of the traditional Melayu Siak weaving use descriptive qualitative method and source of references. Data collecting method is observation and interview. The result of thisanalysis is the knowledge of philosophy and value in the Melayu Riau weaving motifs.AbstrakKajian Motif Tenun Songket Melayu Siak Tradisional Khas Riau. Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki kebudayaan Melayu yang masih terjaga hingga sekarang. Salah satu dari kebudayaannya adalah Tenun Songket Melayu Riau. Kainsongket ini berasal dari Siak dan memiliki beragam motif, warna serta makna yang mencerminkan pandangan hidup umat manusia. Namun, perkembangan zaman membuat masyarakat memilih kain songket dari segi keindahan, sehingga falsafah yang terdapat dalam kain songket tidak lagi diperhatikan. Minimnya kecintaan akan budaya serta kurangnya informasi yang memadai membuat para generasi muda kurang tertarikakan kain songket ini. Pengetahuan akan makna dari motif serta warna pada kain songket diperlukan agar masyarakat Riau serta generasi penerusnya tidak melupakan falsafah yang terdapat didalamnya. Kajian motif tenun songket Melayu Siak tradisional ini dilakukan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan referensi kepustakaan. Pencarian data ditunjang dengan observasi dan wawancara. Hasil dari kajian ini adalahpemahaman terhadap falsafah dan nilai yang terkandung dalam motif tradisional tenun songket Melayu Riau tersebut.
KEINDONESIAAN DALAM STIKER SOEKIRMAN TUKANG PARKIR Riky Azharyandi Siswanto; Lingga Agung
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.887 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v2i1.1877

Abstract

Abstract Line Stickers is used in order to simplify texting communication in Line Messenger app. The message simplification will be more effective if the stickers design has a cultural value that suitable with the users. Because of that, in 2015, LINE messanger Indonesia held a competition on Line stikers Design contest with “Indonesian locality” as the theme. Among the 10 finalist choosen, Soekirman The Parkingman is the most interesting character due to the way the designer shows the “indonesian locality” in a very different way, compared to the common assumption on the theme. The Researchers saw the complexity on “power” and “knowledge” in the character. Soekirman The Parkingman is design upon a very unique value of Indonesian locality which is show the very “genuine “. Abstrak                                                              Stiker adalah salah satu peringkas pesan dalam messenger apps. Peringkasan pesan melalui stiker tersebut akan menjadi efektif jika stiker tersebut memiliki nilai kebudayaan yang sesuai dengan penggunanya. Oleh sebab itu, pada tahun 2015, LINEMessangerIndonesia mengadakan kompetisi desain karakter stiker yang bertema keindonesiaan.Dari 10 finalis yang terpilih, stiker Soekirman Si Tukang Parkir adalah stiker yang paling menarik perhatian karena menampilkan keindonesiaan melalui karakter Tukang Parkir. Stiker tersebut secara tidak langsung menampilkan sesuatu yang beda dalam visi keindonesian yang umum. Peneliti melihat adanya perkelidanan yang kompleks antara kuasa dan pengetahuan di dalamnya. Dengan kata lain,stiker Soekirman Si Tukang Parkir merupakan sebuah kontruksian berdasarkan kuasa dan pengetahuan keindonesiaan yang dianggap berbeda tersebut. Sehingga keindonesiaan yang ditampilkan secara subtil ke dalam bentuk stiker Line tersebut secara tidak langsung justru menampilkan keindonesiaan yang berbeda, bahkan yang ‘sesungguhnya’
ANALISIS ILUSTRASI BARONG PADA MEDIA PROMOSI JAVA JAZZ 2015 Teuku Giara Gaesaro Syah; Elda Franzia Jasjfi
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1055.702 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v2i1.1878

Abstract

AbstractThe development of music industry marked by the increasing number of the music event held nowadays. In terms of music festival that was held every year, the development of updates in social media which help publish those events. One of the biggest event held annually is Java Jazz Festival. Java Jazz Festival 2015 with the theme "Exploring Indonesia" with Barong Bali as it’s icon. Barong used as icon to represent the island of Bali that is full of culture and art. This theme became the purpose of the organizers who wanted to show Indonesian culture to international musicians. This paper explores the promotion media of Java Jazz Festival 2015 which used the barong illustrated in it. The method is visual element analysis. The result is that the Barong illustrated using vector techniques and using contemporary color tones. The successful existence of a brand cannot be separated from the company's success in communicating the culture and values of the company to the members of the organization.  AbstrakPerkembangan industri musik saat ini ditandai dengan semakin banyaknya terselenggara acara  musik. Ditinjau dari festival musik yang digelar setiap tahunnya, tidak luput dari perkembangan berita terkini di media sosial yang bantu mempublikasikan acara-acara tersebut. Salah satu event terbesar yang digelar setiap tahunnya yaitu Java Jazz Festival. Java Jazz Festival 2015 mengangkat tema “Exploring Indonesia” dengan Barong Bali sebagai ikonnya. Barong dijadikan ikon untuk merepresentasikan pulau Bali yang penuh dengan budaya dan seni. Tema ini menjadi maksud tujuan pihak penyelenggara yang ingin memperlihatkan budaya Indonesia kepada para musisi internasional. Makalah ini membahas media promosi Java Jazz Festival 2015 yaitu ilustrasi barong yang terdapat pada media promosi tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis elemen visual. Hasil dari analisis adalah bahwa barong diilustrasikan dengan menggunakan teknik vektor dan menggunakan nada warna yang kekinian. Keberhasilan eksistensi suatu brand atau acara tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan perusahaan dalam mengkomunikasikan budaya dan nilai-nilai yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat. 
RELASI NILAI PERUSAHAAN PERIKLANAN DENGAN HASIL KARYA KREATIF IKLAN Budi Sriherlambang; Angela Oscario; Fithor Faris
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.661 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v2i1.1880

Abstract

AbstractThe Relation of Advertising Agency’s Value to Creative Advertising. Every advertising company, multinational or national, has different value as their characteristic. Those value impact the way of view and working system of division in the agency and in the end impact to the advertising output. In the literature, the corporate value only connects to the advertising communication strategy. But the advertising production has not stop in the advertising communication strategy phase. It is also important to translate the communication strategy to creative idea and execute visually. Creative idea and visual execution is the pinpoint of brand communication to the consumer. In advertisingagency, the creative idea and visual execution from creative team is also in the corridor of corporate value. But in the meantime, there is no literature talk about the relation ofadvertising agency value to creative idea and visual execution of advertising although it can help Visual Communication Design students to explore advertising world as the corridor in understanding idea process and visual exploration. This research will explore the values of multinational and national advertising agency and analyzed it to find the relation of value to creative idea and advertising visual execution.AbstrakRelasi Nilai Perusahaan Periklanan dengan Hasil Karya Kreatif Iklan. Tiap perusahaan iklan, baik multinasional maupun nasional, menganut nilai yang berbeda, yang merupakan ciri khasnya. Nilai tersebut mempengaruhi cara pandang dan cara kerja seluruh divisi yang pada akhirnya mempengaruhi output karya iklan. Dalam literatur yang sudah ada, nilai perusahaan hanya dikaitkan dengan strategi komunikasi iklan yangdihasilkan. Padahal proses pembuatan iklan tidak hanya berhenti di tahap perancangan strategi komunikasi iklan. Hal yang tak kalah penting ialah menerjemahkan strategikomunikasi menjadi ide kreatif dan kemudian dieksekusi secara visual. Ide kreatif dan eksekusi visual merupakan ujung tombak komunikasi sebuah brand terhadap konsumen. Dalam perusahaan iklan, ide kreatif dan eksekusi visual sebuah iklan adalah tanggung jawab tim kreatif, khususnya seorang art director. Secara logika, ide kreatif dan eksekusi visual yang dihasilkan tim kreatif tentu juga berada dalam koridor nilaiyang dianut perusahaan. Namun demikian, selama ini belum ada buku yang membahas relasi nilai perusahaan dengan ide kreatif dan eksekusi visual karya iklan. Padahal pembahasan tersebut dapat membantu mahasiswa/i Desain Komunikasi Visual yang mendalami dunia iklan sebagai koridor dalam memahami proses ideasi dan eksplorasi eksekusi visual. Oleh sebab itu penelitian ini akan mengupas nilai-nilai yang dianutperusahaan iklan multinasional maupun nasional dan kemudian menganalisanya untuk menemukan relasi nilai dengan ide kreatif dan eksekusi visual karya iklan.
IDENTITAS DAN VISUALISASI PEREMPUAN URBAN INDONESIA DALAM KOMUNIKASI MELALUI MAJALAH FEMINA Ariani Wardhani
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.441 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v2i1.1881

Abstract

AbstractIdentity and Visualization of Indonesian Urban Women in Femina Magazine Comunication. Femina is a magazine that represents Indonesian women, especially in Jakarta. Femina magazine has been established since 1972 and up to today it is still the preferred magazine by urban women in Indonesia. Fashion (mode) rubric is one of the rubrics that are anticipated by the reader because this rubric presents the most recent lifestyle trend. Fashion (mode) is an inseparable part from women. The identity of urban women in Indonesia could be seen from the symbols that could be found on the mode rubric of the Femina magazine. Analysis through visual data has been carriedout by using symbols that are present on mode rubric of Femina magazine. All of the signs that represent urban women in Indonesia is related and organized into a social domination which present in the community. As a product of visual culture, fashion posses various outlooks, from visual point of view and social facts that occur in the daily life. Analysis of social semiotics was performed using Van Leeuwen’s method used to analyze modality in a multimodal text. The role of identity and representation become the foundation in the outlook of technology shift from printed to digital form of the magazine. The visual strength on Femina magazine possesses collaboration in the representative formulation and identity with the influence of Indonesian urban women. Massively and arbitrarily media presented image regarding women to the generalpublic. The long reach of media enables it to distribute such women images to multiple places and finally produced the view  AbstrakIdentitas dan Visualisasi Perempuan Urban Indonesia dalam Komunikasi Melalui Majalah Femina. Femina adalah majalah yang mewakili para perempuan Indonesia terutama di Jakarta. Majalah Femina telah hadir untuk perempuan Indonesia dari tahun 1972 dan sampai saat ini masih menjadi pilihan para perempuan urban di Indonesia. Rubrik mode merupakan salah satu rubrik yang dinanti oleh para perempuan, karenarubrik tersebut menyajikan tentang gaya hidup terkini. Mode merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari para perempuan. Identitas perempuan urban di Indonesiadapat dilihat dari tanda-tanda yang terdapat pada rubrik mode majalah Femina. Pembedahan secara visual dilakukan dengan melihat tanda-tanda yang terdapat pada rubrik mode majalah Femina. Keseluruhan tanda-tanda representasi sosok perempuan urban di Indonesia dihubungkan dan diorganisasikan ke dalam bentuk dominasi sosialyang terdapat pada masyarakat. Sebagai produk budaya visual, rubrik mode memilikipandangan dari segi visual dan fakta sosial yang terjadi di sekitarnya.Analisis semiotika sosial dengan pandangan Van Leuween digunakan untuk menganalisis modalitas dalam teks multimodal.Peran identitas diri dan representasi menjadi dasar dalam memandang perubahan teknologi dari majalah cetak ke digital.Kekuatan visual pada majalah Femina memiliki kolaborasi dalam pembentukan representasi dan identitas diri dengan pengaruh perempuan urban Indonesia.Media secara massif dan arbitrer menampilkan citra mengenai perempuan kepada khalayak ramai. Jangkauan media yang luas memampukan media menyebarkan citra yang sama mengenai perempuan ke banyak tempat dan pada akhirnya menyebabkan kesamaan pandangan masyarakat mengenai identitas perempuan. 
Front and Back Front and Back
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.738 KB)

Abstract

Front and Back

Page 1 of 1 | Total Record : 8