cover
Contact Name
Agung Nugroho
Contact Email
lp3mkil2021@gmail.com
Phone
+6282279491880
Journal Mail Official
lp3mkil2021@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljse/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Linggau Journal Science Education (LJSE)
Published by LP3MKIL
ISSN : 27982149     EISSN : 27981479     DOI : https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3
Core Subject : Education,
Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research results of each author is a teaching material as well as a reference for making scientific work that will always be updated in line with developments in science and practice. That way more and more will be helped by the results of our research, so that the knowledge we get can be useful for the wider world of education.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education" : 9 Documents clear
Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Group sebagai Bentuk Pembelajaran Promosi Produk Kewirausahaan berbasis Online bagi Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Seluma Rosnelly
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.177 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial whatsApp group sebagai bentuk pembelajaran promosi produk kewirausaan berbasis online bagi siswa kelas X OTKP SMK Negeri 1Seluma.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dalam bentuk survei, yaitu penelitian yang sumber data dan informasi utamanya diperoleh dari siswa kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dalam pembelajaran kewirausahaan di kelas X SMK Negeri 1 Seluma dintaranya dalam mempersiapkan berbagai peralatan tulis, dan buku modul sebelum pembelajaran dimulai, aktivitas dalam pembelajaran banyak dilakukan siswa di kelas dengan memperhatikan penjelasan guru tentang teori kewirausahaan dan bagaimana usaha saat ini berbasis online bisa melalui Whatshap atau media promo online yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa aktivita siswa dalam pembelajaran kewirausahaan sangat tergantung dari aktivitas yang dilakukan guru, dan bagaimana guru mengelola siswa dalam kelas, sehingga pembelajaran lebih efektif.Proses pembelajaran tergantung pada aktivitas yang dilakukan oleh siswa. Aktivitas belajar merupakan segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas secara sadar yang dilakukan siswa yang mengakibatkan perubahan dalam dirinya, berupa perubahan pengetahuan atau kemahiran yang sifartnya tergantung pada sedikit banyaknya perubahan. Dalam belajar merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran, bertanya hal yang belum jelas, mencatat, mendengar, berfikir, membaca, dan segala kegiatan yang dilakukan dapat menunjang prestasi belajar.
Meningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Materi Penawaran Produk Usaha Rumah Tangga berbasis FACEBOOK di Masa COVID-19 Linda Eryani
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.553 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran ekonomi materi penawaran produk usaha rumah tangga berbasis Facebook di masa Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahap yang biasanya disebut dengan siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yang harus di lalui, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi (Suharsimi, 2009). Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan oleh peneliti sebagai pengamat jalannya proses pembelajaraan di kelas dan guru bertindak sebagai pengajar yang menggunakan Faceebook dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningatkan kualitas praktik pembelajaran secara berkesinambungan. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru tetap melaksanakan pembelajaran selama masa pencegahan Covid-19. Semua guru di Pendidikan Ekonomi SMA Negeri 1 Seluma menyatakan bahwa pembelajaran tetap dilaksanakan secara tatap muka terbatas dan daring dengan memanfaatkan beberapa aplikasi. Hal ini dikarenakan bahwa hampir semua guru dan siswa memiliki aplikasi tersebut dalam smartphone masing-masing. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seluma bisa memanfaatkan aplikasi Facebook sebagai Penawaran Produk Usaha Rumah Tangga di Masa Pandemi Covid 19. Guru di SMA Negeri 1 Seluma telah memberikan solusi terbaik dalam penawaran barang atau jasa saat ini memanfaatkan media sosial bagi siswa yang benar-benar memiliki jiwa bisnis. Pembelajaran Ekonomi Materi Penawaran Produk Usaha Rumah Tangga Berbasis Facebook tetap menggunakan domain hasil belajar yang diperoleh siswa masing-masing. Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pendidikan pada siswa yang mengikuti proses belajar mengajar. Tujuan pendidikan bersifat ideal, sedangkan hasil belajar bersifat aktual. Hasil belajar merupakan realisasi tercapainya tujuan pendidikan, sehingga hasil belajar yang diukur sangat tergantung pada tujuan pendidikannya. Hasil belajar perlu dievaluasi. Evaluasi dimaksudkan sebagai cermin untuk melihat kembali apakah tujuan yang ditetapkan telah tercapai dan apakah proses belajar mengajar telah berlangsung efektif untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Hasil belajar termasuk komponen pendidikan yang harus disesuaikan dengan tujuan pendidikan, karena hasil belajar diukur untuk mengetahui ketercapaian tujuan pendidikan melalui proses belajar mengajar. Domain hasil belajar adalah perilaku-perilaku kejiwaan yang akan diubah dalam proses pendidikan. Perilaku kejiwaan itu dibagi dalam tiga domain atau ranah, yaitu: hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Penerapan Media Pembelajaran Bianglala pada Pembelajaran Matematika Kelas III SD Negeri 4 Srikaton Rini Anggraini; Andriana Sofiarini; Idul Adha
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.01 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 4 Srikaton setelah diterapkan media bianglala secara signifikan tuntas dan aktif. Penelitian yang dilakukan disini adalah jenis penelitian eksperimen berbentuk one group pre-test dan post-test design. Penelitian ini penulis lakukan di SD Negeri 4 Srikaton. Populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Siswa Kelas III di SD Negeri 4 Srikaton, disini peneliti menggunakan teknik sampling jenuh dimana pada sampel ini merupakan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik tes yang berupa soal, dan observasi. Dengan hasil perhitungan diperoleh (15,24) > (1,64), sehingga dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, artinya media pembelajaran bianglala dapat menuntaskan hasil belajar dan meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika kelas III SD Negeri 4 Srikaton. Kata kunci: Media, Pembelajaran Matematika, Hasil belajar, Aktivitas Belajar
Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Karang Jaya Musi Rawas Utara Cekman
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.902 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan media audio visual pada siswa kelas XI IPS UPT SMA Negeri 5 Musi Rawas Utara. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan adalah metode deskristif, dengan jumlah subjek 30 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai yang diperoleh pada pra siklus 54,47, siklus I nilai rata-rata 60,37, dan siklus II nilai rata-rata 73,50.
Aplikasi Daring QUIZIZZ sebagai Solusi Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemik Covid 19 Vera Dwi Putri
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.474 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alternatif dari pembelajaran daring yang menyenangkan menggunakan aplikasi Quizizz. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara. Perolehan hasil data menggunakan indept interview yang dikirim melalui google form dan key informant pada guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) aplikasi pembelajaran online Quizizz merupakan aplikasi evaluasi pembelajaran berbasis teknologi yang dapat diakses secara online oleh guru dan siswa, yang diterapkan di saat pandemi pada sektor pendidikan agar mampu menyeimbangkan dan melaraskan pembelajaran di sekolah untuk senantiasa relevan serta menyenangkan khususnya pada Pembelajaran Fisika; (2) adanya aplikasi Quizizz memberikan alternatif pembelajaran daring yang dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dan siswa serta dapat diakses di luar maupun di dalam kelas; (3) Quizizz memberikan keuntungan pada pembelajaran daring dengan memanfaatkan perubahan pembelajaran yang lebih mengedepankan pembelajaran di era revolusi industri 4.0 menggunakan teknologi informasi dalam penyampaiannya, akan lebih menyenangkan, memotivasi, dan menarik perhatian siswa. Penggunaan Quizizz dapat menjadikan pelaksanaan pembelajaran daring tidak lagi menjadikan suatu permasalahan bagi siswa dan bersifat fleksibel sesuai dengan kemampuan diri siswa.
Pengembangan Nilai Religius Nasionalis Berbasis Budaya Lokal Melalui Kesenian Seni Reak Yusuf Siswantara
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1133.309 KB)

Abstract

Kebudayaan merupakan salah satu komponen yang menunjukkan jati diri kita sebagai sebuah bangsa. Namun, perjumpaan budaya lokal dan budaya modern bisa mengancam budaya lokal beserta dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Revitalisasi nilai budaya lokal menjadi celah penelitian pendidikan nilai berbasis kebijaksanaan lokal. Dengan metode etnografi kritis, penelitian ini mengkaji dan menelaah kesenian Reak untuk mengangkat nilai religius nasionalis berbasis budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan nilai religius nasionalis bisa terdapat dalam kesenian Reak.
Pengembangan E-Learning berbasis WEB-BLOG pada Mata Pelajaran Matematika SD Negeri 26 Lubuklinggau Reka Septiana; Dodik Mulyono; Aswarliansyah
Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.412 KB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning Berbasis Web-Blog yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas V SD Negeri 26 Lubuklinggau. Sampel Penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 9 siswa. Metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan desain pengembangan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penulis an ini yaitu observasi, wawancara, angket. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan mean (persentase nilai rata-rata). Berdasarkan hasil dari analisis dan perhitungan nilai angket uji validitas dari tim validator ahli desain, bahasa, dan materi tergolong dalam kategori baik dengan persentase 92 %. Sedangkan hasil analisis uji kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 10 orang uji one to one sebanyak 3 siswa, uji kelompok kecil 6 siswa dan 1 guru untuk uji kepraktisan guru. Hasil secara keseluruhan uji kepraktisan tergolong dalam kategori prakris dengan persentase 83,70 %. Dengan demikian hasil penelitian dan pengembangan e-learning berbasis web-blog dapat dinyatakan valid dan praktis, e-learning berbasis web-blog layak digunakan dalam pembelajaran. Web-blog ini dapat membantu siswa dan guru di dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 04 Srikaton Monica Septi Ayu; Aren Friman; Dedi Firduansyah
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.985 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada pembelajaran IPS Siswa kelas V SD Negeri 04 Srikaton setelah diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining tuntas secara signifikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen (Pre experimemental Designs) dalam bentuk desain One Grouppre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes. Adapun langkah-langkah teknik analisis yaitu, uji normalitas dan uji z dengan nilai rata-rata saat post-test 87,3. Berdasarkan analisis uji z maka diperoleh nilai = 19,84 hasil ini dibandingkan dengan = 1,64 pada taraf signifikan 5% yaitu : 19,84 > 1,64 sehingga bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat menuntaskan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 04 Srikaton.
Penerapan Media POP-UP BOOK pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 3 Srikaton Khairiyah; Aren Friman; Abu Bakar
LJSE: Linggau Journal Science Education Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal Science Education
Publisher : LP3MKIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Pembelajaran Sosial siswa kelas V SD Negeri 3 Srikaton setelah diterapkan media Pop-up book secara signifikan tuntas dan aktif. Penelitian yang dilakukan disini adalah jenis penelitian eksperimen berbentuk one group pre-test dan post-test design. Penelitian ini penulis lakukan di SD Negeri 3 Srikaton. Populasi dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Siswa Kelas V di SD Negeri 3 Srikaton, disini peneliti menggunakan teknik sampling jenuh dimana pada sempel ini merupakan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik tes, yang berupa soal, dan observasi. Sedangkan di dalam pembahasannya digunakan metode statistik yang menggunakan berupa angka sebagai alat menganalisis. Rata-rata yang diperoleh dalam Post-test sebesar 85,4 dan persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 90% hanya 2 siswa yang belum tuntas 10%. Dengan hasil perhitungan diperoleh zhitung (7,79) ztabel (1,64), sehingga dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, artinya media pembelajaran pop-up book dapat menuntaskan hasil belajar dan meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Srikaton. Kata kunci: Media, Pembelajaran IPS, Hasil belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 9