cover
Contact Name
Djoni Hatidja
Contact Email
dhatidja@unsrat.ac.id
Phone
+628124442829
Journal Mail Official
dhatidja@unsrat.ac.id
Editorial Address
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sam Ratulangi Jl. Kampus Kleak Manado 95115
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Sains
ISSN : 14123770     EISSN : 25409840     DOI : https://doi.org/10.35799/jis.v22i2.40961
Jurnal Ilmiah Sains (Journal of Scientific Sciences) is the Journals Published by Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Sam Ratulangi University. Jurnal Ilmiah Sains Published Twice a Year, i.e April and October. Jurnal Ilmiah Sains  welcomes full research articles in the area of Mathematics and Natural Sciences from the following subject areas: Mathematics Statistics Computer Science Physics Chemistry Biology
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Volume 7 Nomor 1, April 2007" : 3 Documents clear
Kajian Terhadap Motivasi Konsuen untuk Merokok dengan Analisis Faktor Deiby Tineke Salaki
JURNAL ILMIAH SAINS Volume 7 Nomor 1, April 2007
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Alasan seseorang dalam melakukan sesuatu atau memilih sesuatu dapat dipengaruhi oleh beberapa variabel, antara lain faktor sosial, budaya, maupun faktor psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi seseorang untuk merokok. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa motivasi seseorang untuk merokok adalah menjadikan dirinya aktif, membuat pikiran menjadi segar dan nyaman, untuk bersosialisasi, membuat penampilan lebih menarik, merasakan kenikmatan dan ingin diakui sebagai masyarakat modern serta menjadikannya sebagai suatu kebanggaan. Kata Kunci: Motivasi, Merokok, Analisis Faktor STUDY OF CONSUMER’S SMOKING MOTIVATIONS WITH FACTOR ANALYSIS ABSTRACT The reasons of doing something or choosing a product can be based on many factors, for example social, culture or psychological factors. The aim of this research is to analyze people’s smoking motivations. Based on the research, the smoking motivations are making more active, mind-refreshing, as a societal function, making appearance more attractive, enjoying the tasting, being acknowledge as modern people and being the pride of themselves. Keywords: Motivation, Smoke, Factor Analysis
Profil Pengguna Kartu Telepon Seluler di Kota Manado Menggunakan Analisis Korespondensi Djoni Hatidja
JURNAL ILMIAH SAINS Volume 7 Nomor 1, April 2007
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35799/jis.v7i1.48111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecenderungan konsumen dalam memilih dan menggunakan kartu telepon selular di kota Manado. Penelitian dilaksankan di Kota Manado pada bulan Juli sampai September 2006 dengan jumlah responden sebanyak 200 orang yang dibagi secara acak di kota Manado. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumen telepon kartu di kota Manado cenderung menggunakan kartu flexi karena banyak undian, biaya percapakannya murah, pulsanya murah serta biaya SMS yang murah. Konsumen cenderung menggunakan kartu simpati karena jangakauannya Luas. Konsumen cenderung menggunakan kartu matriks karena harga perdananya murah dan tempat penjualan pulsanya murah. Konsumen cenderung menggunakan kartu AS, dan mentari karena penggunanya banyak, harga vouchernya murah, dan tidak merepotkan dalam pengisian pulsa. Konsumen cenderung menggunakan Pro XL bebas karena harga vouchernya murah. Sedangkan kartu XPLO, kartu hallo dan kartu Pro XL jempol cenderung tidak diminati oleh konsumen kartu telepon. Kata kunci : Kartu telepon, telepon seluler, analisis korespondensi CONSUMER PROFILE CELLULAR PHONE CARD IN MANADO USING CORRESPONDENCE ANALYSIS ABSTRACT The objective of this research that seen consumer trend to choose and using cellulsr phone card in Manado. This research carried out in Manado on July until September 2006 with 200 sample size. The result shows that phone card consumer tend was using flexi card because much lottery, cheap talking cost, cheap pulse and cheap short message (SMS). Consumer tend was using matrix card because cheap prepayment, and easy to search salle location. Consumer tend was using AS and Mentari card because much user’s, cheap voucher price and easy to recharged pulse. Consumen tend was using Pro XL because cheap voucher price. While, XPLO, Hallo card, and Jempol Po XL tend wasn’t using by consumer. Keywords: Phone card, cellular phone, correspondence analysis
Kecenderungan Konsumen Memilih Merek Rokok dengan Analisis Korespondensi Deiby Tineke Salaki
JURNAL ILMIAH SAINS Volume 7 Nomor 1, April 2007
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi, sebagai salah satu faktor psikologi yang mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk, sangat berarti bagi produsen agar kegiatan pemasaran lebih terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kecenderungan konsumen dalam memilih merek rokok. Melalui penelitian ini diketahui Dji Sam Soe merupakan merek yang dapat mendukung penampilan seseorang, Sampoerna dipilih karena memberikan kenikmatan dan kebebasan, L.A.Light merupakan merek rokok yang kurang disukai dan hanya menjadi alternatif, Gudang Garam Filter dipilih karena membuat pikiran menjadi segar dan nyaman serta memberikan kebebasan dan dapat menjadikannya lebih aktif, dan Marlboro merupakan merek rokok untuk bersosialisasi dan memberikan kebanggaan kepada yang mengkonsumsinya. Kata Kunci: Merek, Rokok, Analisis Korespondensi CONSUMER PREFERENCE IN CHOOSING CIGARETTE BRAND WITH CORRESPONDENCE ANALYSIS ABSTRACT Motivation, as one of psycologycal considerations in purchasing a product, is very meanigful for producer in doing more directed marketing activities. The Aims of this research is to discover the description of consumer trend in choosing cigarette brand. The result show that Dji Sam Soe is chosen for supporting ones appearance; Sampoerna can give pleasantness and freedom; while L.A.Light is only an alternative brand; Gudang Garam Filter is liked because can refresh their mind, making free-feeling and more active; Marlboro is the brand for social activities and as the pride of themselves. Keywords: Brand, Cigarette, Correspondence Analysis

Page 1 of 1 | Total Record : 3