cover
Contact Name
Hariyadi
Contact Email
hariefamily@yahoo.co.id
Phone
+6285274104430
Journal Mail Official
hariefamily@yahoo.co.id
Editorial Address
Perumahan Batang Anai City Blok I No 3 Nagari Kataping, Batang Anai
Location
,
INDONESIA
Ensiklopedia Research and Community Service Review
ISSN : -     EISSN : 28090446     DOI : -
Ensiklopedia Research and Community Service Review adalah merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah serta Pegabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia yang terbit 3 (tiga) kali dalam setahun yakni di bulan Oktober, Februari dan Juni. Ensiklopedia Research and Community Service Review mendorong seluruh ahli hukum, sosial, politik, bahasa, kesehatan, ilmu pendidikan dan hasil dari Pegabdian kepada Masyarakat untuk turut berkontribusi melalui artikel dan/atau book review.
Articles 197 Documents
PENGARUH CAMPURAN SERAT BATANG PISANG TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU Fc’ 14.5 MPa Jihan Ramadhan; Masril Masril; Selpa Dewi
Ensiklopedia Research and Community Service Review Vol 1, No 2 (2022): Vol. 1 No. 2 Februari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.087 KB)

Abstract

Beton adalah campuran antara semen portland atau semen hidraulik yang lain, agregat halus, agregat kasar dan air dengan atau tanpa bahan tambah membentuk massa padat (SNI 03-2847, 2002). Bahan tambah yang mungkin dapat meningkatkan gaya tekan pada beton adalah dengan penambahan serat. Bahan tambah serat diyakini mampu meningkatkan kapasitas geser (tarik diagonal) pada suatu balok beton/mortar. Salah satu hasil eksperimen yang dilakukan peneliti sebelumnya adalah campuran beton dengan penambahan serat pisang yang memiliki dengan hasil berkurangnya kekuatan tekan beton, namun keretakan yang diakibatkan oleh susut menjadi lebih kecil. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui berapa besar pengaruh serat batang pisang sebagai campuran terhadap kuat tekan beton. Pengujian kuat tekan beton dilakukan pada beton berumur 7, 14 dan 28 hari dengan komposisi serat batang pisang 0%, 6%, 10% dari berat semen. Berdasarkan nilai kuat tekan beton yang dihasilkan dari pengujian pada umur 28 hari dapat disimpulkan bahwa semakin besar persentase beton campuran serat batang pisang maka semakin meningkat kuat tekan beton yang dihasilkan. Penambahan persentase 6% dan 10% pada umur 28 hari secara berturut – turut yaitu 9,44 MPa dan 10 MPa namun tidak mencapai nilai kuat tekan beton normal yaitu 14,53 MPa. Dengan hasil penelitian yang didapatkan perlu dilakukan penelitian lanjut dengan jumlah persentase penambahan serat pisang yang lebih besar untuk mendapatkan perbandingan yang lebih bervariasi. Kata Kunci : Beton, f’c 14.53 MPa, Kuat Tekan, Serat Batang Pisang
KESALAHAN WIRING PADA APP TERHADAP kWh METER ANALOG ELEKTRIK 1 PHASE PASCABAYAR Fachrurrazi Fachrurrazi; Yulisman Yulisman
Ensiklopedia Research and Community Service Review Vol 1, No 3 (2022): Vol. 1 No. 3 Jilid 1 Juni 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.206 KB)

Abstract

kWh meter is one of the most important parts in distributing electrical energy. Consists of several components which if one of these components is damaged, it will affect the measurement and calculation of the kWh meter. Therefore, it is necessary to have rules that regulate all matters relating to the kWh meter itself. Starting from the feasibility of the material to the installation of the kWh meter in accordance with the applicable Standard Operating Procedures (SOP). The wiring diagram on a kWh meter is the main point in the success of a kWh meter calculation. Wiring that is not in accordance with the procedure will have a fatal impact on the distribution of electrical energy, both to PLN as a provider of electrical energy, as well as to customers as consumers. Broadly speaking, a single phase is divided into two types of electricity meter models: Analog kWh meters and Electric kWh meters. Each of the kWh meters has a difference in distributing electrical energy. The type of postpaid kWh meter is the research material that the author will pour in writing this thesis.  Keywords: kWh meter, Analog, Electric, 1 phase, wiring diagram.
ANALISIS PERENCANAN STRUKTUR ATAS GEDUNG PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KABUPATEN LIMA PULUH KOTA Nentri Madona; Deddy Kurniawan
Ensiklopedia Research and Community Service Review Vol 2, No 1 (2022): Vol. 2 No. 1 Jilid 1 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.622 KB)

Abstract

Development is priority in improving quality of Human Resources. Library is one of facilities that support the development of science and information. Books are source of knowledge that make someone understand science. The goal that the author wants to achieve is to obtain the results of the Evaluation of the Library and Archives Building of Lima Puluh Kota Regency with the principle of ductility to create a building that is safe, comfortable and resistant to earthquakes. From the results of this structural analysis, the reinforcement structure is obtained from author's analysis. The results obtained that the material used is steel fy = 300 MPa and concrete quality fc' = 24.9 MPa. For reinforcement of floor slabs, reinforcement is used for the direction of x = 13 – 150, while the direction of y = 13 – 150. Column planning uses steel fy = 400 Mpa and concrete quality fc' = 24.9 MPa with a column size of 50 cm x 50 cm . While the design of the beam using steel quality fy = 300 Mpa and concrete quality fc' = 24.9 Mpa with sizes for main beam 50cm x30cm, Joist 1 45cm x25cm and joist 2 30cm x25cm.Keywords: Construction, building, ductile
KAJIAN KINERJA PERSIMPANGAN TIDAK BERSINYAL DI SIMPANG BY PASS GADUT, KABUPATEN AGAM Rezi Chairun Nisa; Ishak Ishak; Ana Susanti Yusman
Ensiklopedia Research and Community Service Review Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Oktober 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.159 KB)

Abstract

Jumlah transportasi yang semakin banyak merupakan salah satu masalah yang besar yang kita hadapi saat ini. Bagaimana tidak, dengan banyaknya kendaraan akan menimbulkan kemacetan sehingga fasilitas-fasilitas jalan raya yang ada sudah tidak mendukung lagi. Salah satu dari bagian jalan yang sering menimbulkan masalah lalu lintas adalah titik pertemuan suatu jalan (persimpangan). Simpang By Pass Gadut ini adalah salah satu persimpangan jalan yamg selalu ramai setiap harinya, karena melayani arus lalu lintas yang cukup tinggi. Pada jam-jam sibuk, persimpangan ini sangat ramai dan rawan kecelakaan. Karena pada persimpangan ini merupakan jalan yang menghubungkan antara Jalan Raya antar Bukittinggi – Sidempuan , Jalan Veteran, Jalan By Pass. Persimpangan ini juga terletak di kawas perbelanjaan, perkantoran dan pendidikan. Dimana lokasi penelitian ini yaitu simpang By Pass Gadut yang mempunyai3 lengan simpang, untuk itu penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Arus lalu lintas terbesar terjadi pada hari Minggu,13 Juni 2021 dengan Kapasitas (C) 3.616 smp/jam, dari hasil pengolahan data survey LHR dengan LT= 608, RT= 268, ST= 92 maka dapat ditotalkan kendaraan ini sebanyak 968 kendaraan. Pada persimpangan ini sebaiknya dilakukan perencanaan APPIL, melakukan penerapan dilarang parkir sembarangan dan melakukan penerapan persimpangan sesuai metode MKJI 1997.Kata kunci : , MKJI 1997, Simpang tak bersinyal, By Pass Gadut
IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN RAYA BUKITTINGGI-MEDAN KM 8 AGAM Vira Putri Elva Riska; Helga Yermadona; Yorizal Putra
Ensiklopedia Research and Community Service Review Vol 2, No 1 (2022): Vol. 2 No. 1 Jilid 2 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.658 KB)

Abstract

On the Bukittinggi-Medan km 8 highway, which is located in Palupuah District, we can find many lack of road facilities so that accidents often occur. human life, with these conditions, efforts are needed to determine the factors and characteristics that cause the occurrence of direct accidents and handling efforts to reduce accidents. The first step is to search for primary data in order to find out the cause of the accident. Secondary data was obtained from the Agam District Police data, namely the data on the number of accidents in 2017-2021. From the results of the analysis of the factors causing the accident, the Human Factor is in the highest category with a percentage of 55.55% and the highest accident rate will occur in 2021, which is as many as 7 accident cases. And the results of the correlation showed that the causes of accidents were human factors very highly correlated (r) 0.942, vehicle factors were strongly correlated (r) 0.843, road factors had a low but definite correlation (r) 0361, environmental factors were strongly correlated (r) -0.906. Suggestions from this study are handling and human awareness as drivers to increase awareness and obey in traffic. Keywords : accident factor, correlation, traffic accident.
ANALISIS KAPASITAS DAN MANAJEMEN RUANG PARKIR RUMAH SAKIT Dr. MUHAMMAD ZEIN KOTA PAINAN David Juanda Asdar; Surya Eka Priana; Selpa Dewi
Ensiklopedia Research and Community Service Review Vol 1, No 2 (2022): Vol. 1 No. 2 Februari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.8 KB)

Abstract

Parkir salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi disetiap instalasi atau pusat perdagangan dan sulit dalam mengatasi dikarenakan sangat membutuhkan tempat yang begitu luas, begitu juga yang terjadi pada perparkiran Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan yang merupakan salah satu pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat kota Painan dan sekitarnya, Sebagai pusat pelayanan yang banyak dikunjungi rumah sakit tersebut memiliki permasalahan dalam hal penyediaan fasilitas parkir. Untuk mengetahui masalah perparkiran tersebut perlu dilakukan penelitian dengan cara melakukan survei pencacahan dilokasi parkir. Studi ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas ruang parkir dan manajemen yang didapat dengan meneliti pola masuk dan keluar kendaraan di wilayah parkir Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan. Berdasarkan hasil survei dan pengelolaan data didapat volume kendaraan maksimal sebesar 312 kendaraan yang terjadi pada hari sabtu. Durasi rata – rata di area parkir Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan adalah 47 menit/unit atau 1,27 jam. Dengan Tingkat pergantian kendaraan yang parkir tertinggi di area parkir Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan sebesar 11 putaran dan indeks parkir di Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan pada saat akumulasi maksimum mencapai 142,8% kapasitas parkir di area parkir Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan tidak mampu menampung permintaan parkir karena permintaan kebutuhan ruang parkir tertinggi dilokasi Rumah Sakit Dr. Muhammad Zein Kota Painan sebanyak 312 kendaraan tidak dapat terpenuhi, karena kapasitas ruang parkir yang tersedia sebesar 28 SRP. Kata kunci : Kapasitas Ruang Parkir, Indeks Parkir, Area Parkir Rumah Sakit
ANALISIS KINERJA TERMINAL KOTO NAN AMPEK Riko Fitriadi; Helga Yermadona; Surya Eka Priana
Ensiklopedia Research and Community Service Review Vol 1, No 3 (2022): Vol. 1 No. 3 Jilid 1 Juni 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.101 KB)

Abstract

Keberadaan lokasi dan fungsi terminal penumpang tipe B  Koto Nan IV Payakumbuh tidak sesuai dengan semestinya, rendahnya jumlah angkutan yang masuk terminal, dan Pos TPR ( Tanda Pembayaran Retribusi) terletak di luar terminal, bukan di pintu masuk terminal. Sehingga pemanfaatan terminal oleh penumpang dan awak angkutan masih rendah dan belum berjalan secara optimal. Sehingga perlu ditingkatkan kinerja pelayanan Terminal Koto Nan Ampek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan Terminal Koto Nan Ampek agar dapat berfungsi secara optimal sehingga dapat mendukung perkembangan wilayah Kota Payakumbuh. Metode penelitian yang pendekatan positifistik yang menekankan pada pengumpulan data secara kuantitatif. Analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif dengan menggambarkan kondisi-kondisi dilapangan pada saat ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan pengumpulan data primer melalui observasi lapangan, dan penyebaran kuisioner. Penelitian ini dilakukan pada 100 orang penumpang yang masuk terminal. Hasil penelitian Alasan penumpang memilih terminal Koto Nan IV dengan persentase 60% dan 40%, fasilitas ruang tunggu persentase 50%, kenyamanan  dengan persentase 50%, tingkat keamanannya dengan persentase 70%, kebersihan fasilitas dengan persentase 96%, Ketersediaan kantin dengan persentase 82%. Solusi untuk masalah ini adalah Perbaikan Prasarana pejalan kaki,  peraturan angkutan umum berhenti untuk menaikan dan menurunkan penumpang di luar terminal, pemeliharaan beberapa fasiitas terminal seperti toilet, tempat ruang tunggu penumpang , memindahkan tempat  pemungutan retribusi terminal ke dalam terminal, pemasangan papan informasi atau petunjuk mengenai jurusan yang di berlakukan bagi setiap angkutan yang memberikan pelayanan di terminal Koto Nan IV Payakumbuh. Kata kunci : terminal, trayek angkutan umum, kinerja terminal, fasilitas terminal
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN BYPASS KOTA PADANG 10 Rahmat Hidayat; Ishak Ishak; Yorizal Putra
Ensiklopedia Research and Community Service Review Vol 2, No 1 (2022): Vol. 2 No. 1 Jilid 1 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.312 KB)

Abstract

Suatu peristiwa kecelakaan lalu lintas sangat beragam baik dari proses kejadiannya maupun faktor penyebabnya. Untuk kepentingan penanggulangannya diperlukan suatu adanya suatu pola yang dapat menggambarkan karakteristik proses kejadian suatu kecelakaan lalu lintas, agar dapat disimpulkan faktor penyebabnya supaya dapat dirumuskan pula upaya penanggulangannya. Banyaknya kejadian kecelakaan yang terjadi pada ruas jalan Bypass Kota Padang KM 10 mengakibatkan banyaknya kerugian, baik kerugian materil dan non materil pada para pengendara tersebut. Dengan dasar ini perlu dilakukan analisis kecelakaan terhadap tingginya tingkat kecelakaan sehingga dapat diketahui faktor–faktor penyebabnya, daerah rawan kecelakaan (blackspot), dan mencari solusi penyelesaian yang tepat untuk meminimalisasi kecelakaan yang sering terjadi pada ruas jalan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif–analitis. Deskriptif berarti memaparkan suatu kejadian sesuai dengan kondisi yang ada, sedangkan Analitis berarti data– data yang terkumpul disusun, dianalisa dan dijelaskan sesuai dengan parameter yang ada. Model analisis dengan menggunakan Korelasi untuk uji pengaruh ruas jalan terhadap jumlah kecelakaan, uji validitas dan reliabilitas dari pendapat responden tentang faktor kecelakaan pada ruas jalan tersebut. Sehingga diperoleh gambaran kecelakaan yang jelas dan dapat dicari solusi penyelesaiannya.Dari hasil analisa didapatkan faktor–faktor kecelakaan pada ruas jalan Bypass Kota Padang KM 10 adalah faktor manusia dengan kelalaian pengendara dan pejalan kaki (95,00 %), faktor pengendara (5,00 %). Daerah rawan kecelakaan terdapat pada Km 10 dan didominasi kelalaian manusia (95,00 %). Salah satu alternatif pencegahan adalah dengan diberi sosialisasi tentang etika berkendara dan mematuhi rambu – rambu lalu lintas.Kata Kunci : Faktor kecelakaan,Penyebab kecelakaan, lalu lintas
EVALUASI PENERAPAN ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZoSS) PADA SEKOLAH SMP N 4 BUKITTINGGI DAN SD N 02 AUR KUNING Ira Maya Sopa; Helga Yermadona; Deddy Kurniawam; Masril Masril
Ensiklopedia Research and Community Service Review Vol 1, No 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Oktober 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.449 KB)

Abstract

Salah satu pengguna jalan yang rentan terhadap bahaya kecelakaan saat menyeberang jalan adalah anak sekolah. Dimana sekolahnya memiliki akses langsung ke jalan arteri sekunder yang mempunyai kecepatan yang cukup tinggi harus diberi perlindungan terhadap bahaya kecelakaan lalu lintas seperti jalan Panorama dan Prof. M. Yamin yang merupakan jalur padat lalu lintas tepatnya SMP N 04 Bukittinggi dan SD N 02 Aur Kuning pada jalan ini termasuk padat lalu lintas. Contohnya pada SD N 02 Aur Kuning dan SMP N 04 Bukittinggi disini volume kendaraan sangat padat dan  ramai lalu lintas. Disini penulis mengevaluasi kecepatan kendaraan, perilaku pengantar, perilaku peyeberang jalan, karakteristik pengantar dan tingkat pelayanan (level of service) menurut Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (2006) dan Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (2018). Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral Perhubungan Darat menetapkan program ZoSS (Zona Selamat Sekolah) untuk memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam pencegahan kecelakaan lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui perilaku penyeberang jalan dan perilaku pengantar pada Zona Selamat Sekolah SMP 04 Bukittinggi dan SDN 02 Aur Kuning dan Mengetahui kecepatan kendaraan (kecepatan sesaat) pada saat mengantar dan pulang sekolah Zona Selamat Sekolah SMP 04 Bukittinggi dan SDN 02 Aur Kuning. Metode Penelitian ini adalah menggunakan Manual Count, Detector, Automatic Count . Kesimpulan penelitian ini adalah : Survei hari senin jam 06.30 – 07.30 didapat hasil  V/C = 1,0835 tingkat pelayanan F, jam 15.00 – 16.00 V/C = 1,2114 tingkat pelayanan F. kedua Survei hari  Sabtu jam 06.30 – 07.30 didapat hasil  V/C = 1,3531 tingkat pelayanan C, jam 15.00 – 16.00 V/C = 1,5514 tingkat pelayanan F. ketiga, Survei hari Senin jam 06.30 – 07.30 didapat hasil  V/C = 1,5715 tingkat pelayanan F, jam 15.00 – 16.00 V/C = 1,4954 tingkat pelayanan F. Keempat, Survei hari Sabtu jam 06.30 – 07.30 didapat hasil  V/C = 1,8263 tingkat pelayanan F, jam 15.00 – 16.00 V/C = 1,9302 tingkat pelayanan F.Kata Kunci : ZoSS, Perilaku Pengantar, Perilaku Penyeberang, Karakter Pengantar
EVALUASI STRUKTUR GEDUNG SDN 07/10 PARAK JUAR KECAMATAN LIMA KAUM KABUPATEN TANAH DATAR Febri Tri Anggara Putra; Masril Masril; Ana Susanti Yusman
Ensiklopedia Research and Community Service Review Vol 2, No 1 (2022): Vol. 2 No. 1 Jilid 2 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.189 KB)

Abstract

Gedung SD N 07/10 yang terletak di Parak Juar Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar menjadi sorotan untuk saya yang akan melakukan penelitian yang berkaitan dengan bangunan gedung yang sudah lebih dari 10 tahun. Tujuan saya untuk meninjau atau mengevaluasi bangunan gedung serta menghitung ulang struktur bangunan. Adapun manfaat dari penelitian saya ini di antaranya: Penulis dapat mengetahui cara menganalisis struktur beton bertulang pada gedung bertingkat, Penulis bisa menambah pengetahuan dan wawasan dalam perencanaan struktur beton bertulang pada struktur gedung yang bisa tahan terhadap beban gempa, dan Penulis bisa mempraktekan ilmu yang dipelajari dengan menerapkan aspek perencanaan gedung bertingkat dengan struktur beton bertulang. Pada penelitian ini saya mengunakan metode kuantitatif dimana metode ini sangat berguna untuk melakukan perhitungan terhadap struktur bangunan.Pada perhitungan terhadap struktur saya menggunakan aplikasi SAP2000, dimana dengan bantuan aplikasi ini pekerjaan saya dapat dipermudah dan dipercepat. Terdapat beberapa struktur yang saya lakukan dalam perhitungan ulang diantaranya perhitungan terhadap kolom, perhitungan struktur balik, perhitungan struktur pelat lantai dsan perhitungan pondasi.Perkuatan struktur merupakan tata cara yang di maanfaatkan buat menaikkan tingkatan daya dan daya tahan pada bentuk batu dampak bobot external ataupun bobot hidup ( life load) ataupun bobot bentuk itu sendiri ataupun bobot mati ( dead load).Sebutan perkuatan bentuk banyak diketahui dalam bumi arsitektur, spesialnya dalam koreksi ataupun penyempuraan sesuatu gedung. Perkuatan struktur. Perkuatan bentuk dicoba buat menaikkan daya gedung asal dalam menahan bobot. Dengan adanya tuntutan bahwa bangunan yang sudah batas usia 10 tahun , maka perlu adanya penanganan terhadap analisis perkuatan strukturnya, dengan menggunakan bantuan SAP2000. Cara ini dilakukan karna lebih efektif baik dari segi waktu maupun segi biaya.Kata Kunci : Melakukan peninjaan ulang struktur dengan menggunakan aplikasi SAP2000.

Page 1 of 20 | Total Record : 197