cover
Contact Name
Unang arifin
Contact Email
bcspr@unisba.ac.id
Phone
+6285723033508
Journal Mail Official
bcspr@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Bandung. Jl. Tamansari No. 20, Bandung 40116, Indonesia, Tlp +62 22 420 3368, +62 22 426 3895 ext. 6891
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Bandung Conference Series: Public Relations
ISSN : -     EISSN : 28282167     DOI : https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2
Bandung Conference Series: Public Relations (BCSPR) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Public Relations dengan ruang lingkup Strategi Promosi, Brand, Citra, Corporate Social Responbility, Digital Public Relations, Diplomasi Publik, Dramaturgi, Hoax, Humas International, Informasi, Kampanye Public Relations, Transaksi, Krisis, Kinerja, Komunikasi Persuasi, Konseling, Konten, Kredibilitas, Kualitas Pelayanan, Literasi, Media Online, Media Sosial, Membangun Kepercayaan, Minat beli, Motif, Pelayanan, Pemberitaan, Peran Sosial, Perspektif, Pola Komunikasi Perusahaan, Profesionalisme, Publikasi, Rebranding, rebranding, Sikap, Special Event, Strategi media relations, Publikasi, Teknologi Informasi, Word of Mouth. Prosiding ini diterbitkan oleh UPT Publikasi Ilmiah Unisba. Artikel yang dikirimkan ke prosiding ini akan diproses secara online dan menggunakan double blind review minimal oleh dua orang mitra bebestari.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Public Relations" : 5 Documents clear
Hubungan Menonton Iklan Bukalapak di Youtube dengan Minat Mahasiswa Cianjur Berbelanja Online Bilqis Salsabila Dianti; M. Subur Drajat
Bandung Conference Series: Public Relations Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Public Relations
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.905 KB) | DOI: 10.29313/bcspr.v1i1.45

Abstract

Abstract. Technological developments are growing and helping communities to get information easily including the distribution of business information. Technology affects the media to disseminate information, and at present media development depends on the changing of a society's active approach to the Internet as one of the most popular communication technologies. This is promoted by business people to make it easier for customers to do their shopping. Online shopping is trending these days. In promoting sales, businesses use communication technologies to introduce their products, making it easy to introduce the products to the public. The muc is one of the companies that USES advertisements to introduce the products of the MUSES with interesting and funny advertising studies. The goal of this study is to find out about the relationship of watching mud-ass youtube ads with the interest of university advocates online. The benefits of the study are to inform companies about effective media delivery and to provide feedback to advertising practitioners in producing ads that are appropriate to the public, thus promoting consumer interest. The method of research used is quantitative work with a quantitative data collection technique using a corelational quantitative approach. The data is compiled through the distribution of the questionnaire's angket by using Google form, observation, library lists and interviews that the angket distribution data will then be analyzed and processed using version SPSS software. 22. Distribution of the angkette corresponds with the sample which is 96 respondents taken with the electrical technique irandom samplingi. On the validity and reliability test of questions for distribution of angkettes is valid and reliable. the result in this study was a significant and powerful connection between watching Bukalapak advertising nego cincai version with Cianjur students shopping online. Abstrak. Perkembangan teknologi semakin berkembang dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi secara mudah termasuk penyebaran informasi yang bersifat bisnis. Teknologi mempengaruhi media massa untuk menyebarkan informasi, dan saat ini perkembangan media massa bergantung pada pergantian style hidup masyarakat yang cenderung aktif dalam menggunakan internet sebagai salah satu teknologi komunikasi yang paling disukai. Hal ini dimafaatlkan oleh para pelaku bisnis untuk memudahkan konsumen dalam melakuka berbelanja. Berbelanja online sudah menjadi tren saat ini. Dalam meningkatkan penjualan, pelaku bisnis memanfaatkan teknologi komunikasi untuk memperkenalkan produknya, sehingga mudah memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Bukalapak merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan iklan untuk memperkenalkan produk yang ada di Bukalapak dengan kajian iklan yang lucu dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan menonton iklan Bukalapak di youtube dengan minat mahasiswa Cianjur berbelanja online. Manfaat penelitian ini untuk memberikan informasi kepada perusahaan untuk menilai media yang efektif dalam penyampaian pesan dan untuk memberikan masukan untuk para praktisi periklanan dalam menghasilkan iklan yang sesuai dimata publik, sehingga bisa menaikkan minat konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasionnal. Data dihimpun melalui penyebaran angket kuesioner dengan menggunakan google form, observasi, daftar pustaka dan wawancara yang kemudian data hasil penyebaran angket dianalisis dan diolah menggunakan software SPSS versi 22. Penyebaran angket sesuai dengan sampel yaitu 96 responden yang diambil dengan teknik Proportinate Strafied Random Sampling. Pada uji validitas dan uji reliabilitas pertanyaan untuk penyebaran angket dapat dikatakan valid dan reliable. Hasil pada penelitian ini adanya hubungan yang signifikan dan kuat antara menonton iklan bukalapak versi nego cincai dengan minat mahasiswa Cianjur berbelanja online.
Analisis Program Corporate Social Responsibility PT. X Regional Jawa Barat Felicetiani Safrida; Riza Hernawati
Bandung Conference Series: Public Relations Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Public Relations
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.132 KB) | DOI: 10.29313/bcspr.v1i1.46

Abstract

Abstract. Corporate Social Responsibility is a company obligation that must be carried out as a form of responsibility to the community. In addition, this activity is part of a business strategy in which there is a form of company concern for improving welfare. CSR can be done through various sectors, one of which is education. With the Covid-19 pandemic, learning activities have been hampered. Therefore, PT. West Java Regional X carries out CSR activities in the field of education through the "Merdeka Belajar" program by distributing starter packs and free quota to students. This program collaborates with the West Java Provincial Government. This research was conducted to determine the stages of Telkomsel West Java in determining the segmentation of quota recipients, and the stages of the “Merdeka Belajar” Program. In addition, this study aims to determine the reasons for Telkomsel West Java to partner with the West Java Provincial Government, as well as the reasons for Telkomsel West Java to carry out the CSR program "Merdeka Belajar”. Researchers used qualitative research methods with a case study approach. With observation data collection techniques, interviews, documents, and literature study. The results of this study explain the stages of Telkomsel in determining the segmentation of recipients through coordination between divisions at the head office and coordination of distribution segmentation strategies at the regional level. Then the stages of the CSR program "Merdeka Belajar" from the ideation stage of the head office to the implementation at the regional level by carrying out the stages of launching, distribution to aftersales and evaluation. In addition, in this study, it was found that the reason for the West Java Regional Telkomsel to collaborate with the West Java Provincial Government is to facilitate the bureaucracy and obtain data on aid recipients, and the reason for conducting CSR "Merdea Belajar" is to contribute to meeting the needs of students doing distance learning. Abstrak. Corporate Social Responsibility adalah kewajiban perusahaan yang harus dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat. Di samping itu, kegiatan ini merupakan bagian dari strategi bisnis yang di dalamnya terdapat wujud kepedulian perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan. CSR dapat dilakukan melalui berbagai sektor, salah satunya adalah pendidikan. Dengan adanya pandemic Covid-19, kegiatan pembelajaran menjadi terhambat. Maka dari itu, PT. X Regional Jawa Barat melakukan kegiatan CSR di bidang pendidikan melalui program “Merdeka Belajar” dengan membagikan kartu perdana dan kuota gratis untuk para pelajar. Program ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tahap Telkomsel Jawa Barat menentukan segmentasi penerima kuota, tahapan kegiatan Program “Merdeka Belajar”. Selain itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui alasan Telkomsel Jawa Barat bermitra dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta alasan Telkomsel Jawa Barat melakukan program CSR “Merdeka Belajar”. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumen, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menjelaskan tahapan Telkomsel menentukan segmentasi penerima melalui koordinasi antar divisi di kantor pusat dan koordinasi strategi segmentasi distribusi di tingkat regional. Kemudian tahapan program CSR “Merdeka Belajar” dari tahap ideation kantor pusat hingga pelaksananya di tingkat regional dengan melakukan tahap launching, distribusi hingga aftersales dan evaluasi. Selain itu, pada penelitian ini ditemukan alasan Telkomsel Regional Jabar melakukan kerja sama dengan Pemprov Jabar yakni untuk mempermudah birokrasi dan mendapat data penerima bantuan, serta alasan melakukan CSR “Merdeka Belajar” adalah untuk turut berkontribusi memenuhi kebutuhan siswa melakukan pembelajaran jarak jauh.
Seorang Profesional Hubungan Masyarakat dalam Film Merek Kami Adalah Krisis Rangga Wibowo; M.E Fuandy
Bandung Conference Series: Public Relations Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Public Relations
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.983 KB) | DOI: 10.29313/bcspr.v1i1.47

Abstract

Abstract. Film is a mass media that has a function as entertainment, besides that the film also contains an informative, educative, and persuasive function. Film is also known as a medium of communication, film is an effective means to shape the perspective of society at large. A movie titled “Our Brand Is Crisis” is a movie about a public relations practitioner who tries to restore the image of a politician. This movie also tells a story about the troublesome life of a politician who has bad image in the eyes of public and media. The purpose of this research is to understand the Reality Level, Representation Level and Ideology Level of public relations role in the movie “Our Brand Is Crisis”. The research method is using the qualitative methods with semiotics approach, which is a science about signs. The theory used is John Fiske’s theory of Television Codes which focuses on the Reality Level, Representation level and Ideology Level. In this research the data collection techniques used are observation, documentation, literature study, and interviews. Conclusions: Portrait of the profession of public relations at the level of reality that is the code culture, appearance, dress, environment, behavior code, speech code, gesture code, expression code, discussion in the expression a major role Jane bodine, along with Pedro Castillo as a candidate senator or bolivian president. A portrait of the profession of public relations at the level representation addressed to the camera, code lighting, code, conflict code, music and the code dialogue. The more prominent at this level, the first to the camera and lighting that memvisualkan profession public relations as played by jane. A portrait of the profession of public relations at the level of an ideology which is the representation of sod used by the director of individualism profession for a professional Public Relations that handle a political campaign winning general bolivian president named pedro castillo packed visually on film in starring by sandra bullock as jane bodine. Abstrak. Film merupakan media massa yang memiliki fungsi sebagai hiburan, disamping itu juga film mengandung fungsi informatif, edukatif, dan persuasif. Film juga dikenal sebagai media komunikasi, film merupakan salah satu sarana yang efektif untuk membentuk perspektif masyarakat secara luas. Film “Our Brand Is Crisis” merupakan sebuah film yang mengangkat kisah tentang perbaikan citra dari seorang politikus oleh seorang praktisi public relations. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana level realitas, level representasi, dan level ideologi peran public relations dalam film “Our Brand Is Crisis”. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan semiotika John Fiske berfokus pada level Realitas, level Representasi, dan level Ideologi. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan wawancara. Simpulan Potret profesi public relations pada level realitas yaitu kode budaya seperti penampilan (appearance), kostum (dress), lingkungan (environment), kode kelakuan (behavior), kode dialog (speech), kode gesture (gerakan), dan kode expression (ekspresi) pembahasan dalam ekspresi peran utama Jane Bodine, berserta Pedro Castillo sebagai calon senator atau presiden Bolivia. Potret profesi public relations pada level representasi ditujukan kepada kode kamera, lighting, kode konflik, kode musik, dan kode dialog. Yang lebih menonjol dalam level ini, pertama pada kode kamera dan lighting yang memvisualkan profesi public relations yang diperankan oleh Jane. Potret profesi public relations pada level ideologi yaitu representasi ideologi yang digunakan oleh sutradara yaitu individualisme (individualism) profesi seorang professional public relations yang menangani kampanye politik pemenangan presiden Bolivia bernama Pedro Castillo yang dikemas secara visual pada film yang di bintangi oleh Sandra Bullock sebagai Jane Bodine.
Implementasi Human Relations Pattaya Steamboat Yakiniku melalui Program Achievement Motivation Andini Rahmania Nurhakim; Ani Yuningsih
Bandung Conference Series: Public Relations Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Public Relations
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.977 KB) | DOI: 10.29313/bcspr.v1i1.55

Abstract

Abstract. This research aims to find out and review the increasing motivation of outstanding employees who are focused on human relations activities between employees within the scope of the company that is given more attention to foster work motivation the key to human relations activity is motivation. Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY) through achievment motivation activities.Achievment motivation is tied to this study using the motivation theory approach put forward by McClelland.This theory provides a brief explanation of how individual behavior in employee work activities can be reviewed from various aspects that contribute to the emergence of such behavior, causal factors, and things that can foster motivation.Both personality and motivation of achievement are measured using interview methods, observation and down directly into the field.The subjects of the study were three people, who were Finance and Communication Bussines Manager Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY) as well as two employees of Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY).So that the continuity of the outstanding motivation program can run well because Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY) has had the knowledge and various ways to maintain the work motivation of its employees to continue to increase and the employees who participate in the implementation of the motivation program continues to be motivated. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji peningkatan motivasi berprestasi karyawan yang difokuskan pada kegiatan human relations antar pegawai dalam ruang lingkup perusahaan yang diberikan perhatian lebih untuk menumbuhkan motivasi kerja. Kunci aktivitas human relations adalah motivasi. Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY) melalui kegiatan achievement motivation. Motivasi berprestasi atau achievment motivation terikat pada penelitian ini menggunakan pendekatan teori motivasi yang dikemukakan oleh McClelland. Teori ini memberikan penjelasan singkat bagaimana prilaku individu dalam aktivitas kerja karyawan dapat ditinjau dari berbagai aspek yang melatari munculnya prilaku tersebut, faktor penyebab, serta hal-hal yang dapat menumbuhkan motivasi. Baik kepribadian maupun motivasi berprestasi diukur menggunakan metode wawancara, observasi dan turun langsung ke lapangan. Subyek penelitian berjumlah tiga orang, yang merupakan Finance and Communication Bussines Manager Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY) serta dua karyawan Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY). Sehingga keberlangsungan program motivasi berprestasi tersebut dapat berjalan dengan baik karna pihak Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY) telah memiliki pengetahuan dan berbagai cara untuk menjaga motivasi kerja karyawannya agar terus meningkat dan para karyawan yang ikut serta dalam pelaksanaan program motivasi berprestasi terus termotivasi.
Peran Public Relations untuk Meningkatkan Citra Perusahaan Rina Sanra Fitriani; Dadan Mulyana
Bandung Conference Series: Public Relations Vol. 1 No. 1 (2021): Bandung Conference Series: Public Relations
Publisher : UNISBA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.749 KB) | DOI: 10.29313/bcspr.v1i1.56

Abstract

Abstract. The increase of electricity payment bill in Bandung City in June 2020 has caused complaint in both social media, WhatsApp and also PLN’s payment office because the public was shocked and felt a loss knowing that they have to pay the bill three times higher than the usual in June. Due to many complaints that have been received, PLN of Bandung City tried to clarify and explain to the public about the increase of electricity payment bill with the aim to build a positive image and to recover PLN’s bad reputation so that no further complaints will occur. The important role of public relations is needed to handle this kind of case since the role of public relations is to create good communication between the public and PLN. In this COVID-19 situation, this research attempts to identify the role of PLN’s public relations in recovering the company’s image from the increase of electricity payment bill case from PT. PLN (Persero) of Bandung City in COVID-19 situation. Specifically, this research aimed to identify the obstacle that PLN’s public relations face in recovering their company’s image due to the rise of electricity payment bill in Bandung City case happened in this COVID-19 situation and also to explore why PLN’s public relations should recover their company’s image after the case happened. This research used the qualitative method, which is Robert K. Yin case study with type I research design that focused on a case with a unit of analysis using interviewees as the key informants of this research. Drawing conclussions the implementation of communication public relations pln in dyadic communication, triadic communication, and global network can strengthen a good relationship with people who are komplen. And reason public relations pln use reducing offensiveness of the event, corrective action, and mortification at the message of memes to can hasten understanding information about change tariff electricity for the komplen. Abstrak. Adanya kasus keluhan masyarakat tersebut pihak PLN kota Bandung berusaha mengklarifikasi dan menjelaskan kepada masyarakat mengenai kenaikan tarif listrik dengan tujuan agar membangun citra positif serta mengembalikan reputasi buruk PLN di mata masyarakat agar tidak terjadi complain berikutnya. Peran penting public relations sangat dibutuhkan untuk menciptakan komunikasi antara masyarakat dengan PLN berjalan dengan baik sesuai dengan harapan PLN, kondisi seperti ini pihak public relations PLN harus bisa mengendalikan kasus kenaikan tarif di tengah covid-19. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran public relations PLN dalam memperbaiki citra dari kenaikan tarif listrik PT. PLN (Persero) area Kota Bandung pada masa Covid-19. Mengetahui kegitaan komunikasi public relations PLN dalam memperbaiki citra dari kenaikan tarif listrik PT. PLN (Persero) area Kota Bandung pada masa Covid-19. Mengetahui dimana letak hambatan yang terjadi pada public relations PLN dalam memperbaiki citra dari kenaikan tarif listrik PT. PLN (Persero) area Kota Bandung pada masa Covid-19, mengetahui mengapa public relations PLN harus menciptakan pemulihan citra dengan pesan meme tentang kenaikan tarif listrik PT. PLN (Persero) area Kota Bandung pada masa Covid-19. Metode penelitian kualitatif, studi kasus Robert K. Yin desain penelitian tipe 1 berfokus pada satu kasus dengan satu unit analisis menggunakan wawancara narasumber sebagai key informan penelitian. Simpulan dengan adanya kegiatan komunikasi public relations PLN secara dyadic communication, Triadic communication, dan global network dapat memperkuat hubungan yang baik dengan masyarakat yang komplen. Serta alasan public relations PLN menggunakan reducing offensiveness of event, corrective action, dan mortification pada pesan meme untuk dapat mempercepat pemahaman informasi tentang perubahan tarif listrik bagi masyarakat komplen.

Page 1 of 1 | Total Record : 5