cover
Contact Name
lalu masyhudi
Contact Email
laloemipa@gmail.com
Phone
+6287864008292
Journal Mail Official
laloemipa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Panji Tilar Negara No.99, Kekalik Jaya, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Media Bina Ilmiah
Published by LPSDI Bina Patria
ISSN : 19783787     EISSN : 26153505     DOI : 10.33758
Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh BINA PATRIA. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang multidsiplin ilmu secara berkala.Redaksi menerima tulisan atau artikel ilmiah bidang Sosial. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa merubah maknanya. Media Bina Ilmiah adalah jurnal nasional terakreditasi SINTA 4.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 17 No. 7: Februari 2023" : 25 Documents clear
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION GENERASI Z PADA SOCIAL COMMERCE Maydeline Maydeline; Renny Christiarini
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 7: Februari 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/mbi.v17i7.220

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi niat pembelian pada sosial commerce di kalangan generasi Z. Rancangan penelitian kuantitatif yang akan digunakan adalah desain non-eksperimental yang pada dasarnya melibatkan percobaan dalam proses pengumpulan data dimana secara khusus berupa penelitian survey. Sebanyak 387 responden yang pernah melakukan pembelanjaan menggunakan platform sosial commerce digunakan sebagai bahan penelitian dengan rentang usia 10 sampai 25 tahun. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM PLS, menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention dan brand trust, brand attitude berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention, influencer berpengaruh positif signifikan tehadap purchase intention kemudian brand trust dan brand betrayal berpengaruh tidak signifikan terhadap purchase intention.
PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP SEMANGAT KERJA PADA PT. TASPEN (Persero) KCU BANDUNG Shasqia Velliana Putri; Wa Ode Zusnita Muizu; Imas Soemaryani
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 7: Februari 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/mbi.v17i7.258

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik pekerjaan dan budaya organisasi terhadap semangat kerja pada karyawan PT TASPEN (PERSERO) KCU Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel 31 orang. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner kepada responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Secara parsial karakteristik pekerjaan berpengaruh secara signifikan terhadap semangat kerja karyawan, begitu pula budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap semangat kerja karyawan. Secara simultan karakteristik pekerjaan dan budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan. Kontribusi variabel karakteristik pekerjaan dan budaya organisasi terhadap terhadap semangat kerja karyawan sebesar 72.7% dan sisanya 28.3% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil ini perusahaan disarankan untuk meningkatkan semangat kerja maka perusahaan hendaknya memberikan pemahaman yang baik kepada karyawan mengenai karakteristik pekerjaan dan budaya organisasi yang ada di PT TASPEN (PERSERO) KCU Bandung.
STRATEGI KETAHANAN SOSIAL MASYARAKAT PERKOTAAN (STUDI KASUS : KELURAHAN PETAMBURAN) Redidzia Hernandi; Kurniawaty Iskandar
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 7: Februari 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/mbi.v17i7.259

Abstract

This study examines the strategy of community social resilience in the Petamburan Village. The diversity of community backgrounds in the Petamburan Village makes the social dynamics of the Petamburan Village in the spotlight, one of which is the conflict that occurs between communities which hinders the achievement of community social resilience. This research is qualitative research with a descriptive methods. Methods of data collection using interviews conducted on three informants, observation, and documentation. This research uses the concept of social resilience according to Webersik and Collins conflict theory. Webersik explained that community social resilience can be realized with two approaches, namely the role of the government and the role of the community itself. Meanwhile, Collins' conflict theory explains that conflicts that occur in society are caused by differences in interests. The results of the study found that the causes of conflict in Petamburan Village were caused by mutual ridicule and differences of opinion between residents. The Petamburan Sub-District Government took repressive steps by issuing statements for residents who were in conflict and were fostered by the RT and RW and if it was found that these residents were having conflicts again, they would be handed over to law enforcement officials. Meanwhile, the community chose to activate youth groups at the RW and Kelurahan levels to take an inter-citizen approach with activity programs that emphasize togetherness among the community and are beneficial to the surrounding environment to reduce conflict. This is in line with the concept of community social security, namely the role of the government and the community in reducing the conflict to achieve community social resilience in Petamburan Village. In addition, the research results are also in line with the conflict theory according to Collins that conflicts that occur in the Petamburan sub-district are often based on differences of opinion or interests.
HUBUNGAN TINGKAT INTELIGENSI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR JARAK JAUH PADA SISWA KELAS 7 SMP Setia Widowati; Siti Apia; Theresiana Erna
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 7: Februari 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/mbi.v17i7.260

Abstract

Pada pekerjaan Bendungan Meninting ini terdapat pertemuan antara bangunan pengelak dan bangunan pelimpah, dimana pekerjaan penggaliannya dilakukan dengan cara peledakan (blasting). Pertemuan bangunan ini membutuhkan perhatian khusus mengingat tingkat kesulitannya cukup tinggi, yaitu pada pekerjaan hauling (pengangkutan) material blasting, dimana pada pelaksanaannya kendaraan angkut dan excavator memiliki ruang gerak yang sempit di dalam terowongan. Alternatif untuk percepatan pekerjaan dilakukan dengan menentukan arah mulainya pekerjaan, yaitu dari arah atas (pelimpah), arah hulu (pengelak), atau dari arah hilir.Penentuan arah ini dilakukan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process), dimana AHP adalah sistem atau model yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran.Dari hasil Analisa menggunakan metode AHP didapat skala prioritas dalam pelaksanaan pekerjaan bangunan pelimpah dan pengelak ini yaitu, dari arah hilir, kemudian dari atas (pelimpah), dan terakhir dari arah hulu (pengelak). Dengan demikian hasil Analisa ini diharapkan dapat membantu dalam penentuan skala prioritas dalam pelaksanaan pekerjaan terowongan pelimpah dan pengelak yang ada pada proyek Bendungan Meninting.
EFEKTIFITAS DESAIN PELATIHAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH MINGGU Rafles Rafles; Riswandi Riswandi; Muhammad Nurwahidin; Herpratiwi Herpratiwi; Dwi Yulianti
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 7: Februari 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/mbi.v17i7.261

Abstract

Guru sekolah minggu adalah mereka yang memberikan pembelajaran pendidikan kerohanian pada anak-anak di gereja. Perekrutan guru sekolah minggu biasanya tidak berdasarkan kompetensi seorang guru sehingga pembelajaran di kelas terkesan monoton, sehingga perlu adanya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru. Tujaun penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas desain pelatihan dengan menggunakan model ADDIE dalam meningkatkan kompetensi yang di miliki guru sekolah minggu. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menemukan artikel jurnal nasional terindeks Sinta 1 sampai Sinta 4 terbitan tahun 2015 sampai tahun 2022. Hasil penelitian ini didaptkan bahwa model Addie dalam mendesain sebuah pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru sekolah minggu.
PERILAKU KERJA INOVATIF: STUDI KONTRIBUSI PSYCHOLOGICAL CAPITAL PADA WIRAUSAHA Annisa Julianti; Natalia Konradus; Desi Susianti
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 7: Februari 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/mbi.v17i7.262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi psychological capital terhadap perilaku kerja inovatif pada wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner. Pengukuran variabel perilaku kerja inovatif dan psychological capital yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Innovative Work Behavior Scale (Janssen, 2004) dan Psychological Capital Questionnaire 12 (PCQ-12) (Djourova, Lorente, & Rodriguez, 2019). Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 107 wirausaha yang berusia minimal 18 tahun dan memiliki usaha yang sedang berjalan. Partisipan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengujian hipotesis untuk melihat seberapa besar kontribusi psychological capital terhadap perilaku kerja inovatif menggunakan teknik regresi linear berganda. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa psychological capital memberikan kontribusi terhadap perilaku kerja inovatif dengan nilai R square sebesar 0,203 dan nilai F sebesar 6,476 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,001). Sedangkan analisis regresi linear berganda dengan metode stepwise menunjukkan bahwa hanya dimensi resiliensi dan optimisme yang memberikan kontribusi paling signifikan terhadap perilaku kerja inovatif dengan nilai R square sebesar 0,174 dan nilai F sebesar 10,972 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,001). Artinya psychological capital memberikan kontribusi positif terhadap perilaku kerja inovatif pada wirausaha.
REVIEW STUDI KONFIGURASI KEADILAN ORGANISASIONAL DAN MODAL SOSIAL Yuli Arisanti
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 7: Februari 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/mbi.v17i7.263

Abstract

This study is a review of the article Configuration of organizational justice and social capital: their impact on satisfaction and commitment, published in the International Journal of Business Excellence journal, Vol. 17, No.3, 2019. This study argues that the limited information of individuals in responding to organizational policies forces them to judge fairness subjectively. Using an experimental design, this study addresses the controversy over the impact of distributive and procedural justice on job satisfaction and organizational commitment. Some critics for Tjahjono were the importance to mention the negative side of social capital for more balancing view on social capital, and the suggestion to do experiment on regular working staff in organizations instead of junior university students. Overall the article has shown comprehensive empirical study In The Subject Of Satisfaction And Organisational Commitment.
MEDAN MAKNA TAKARIR PRODUK ENDORSEMENT SELEBGRAM Roni Nugraha Syafroni
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 7: Februari 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/mbi.v17i7.264

Abstract

Mempromosikan sebuah produk sebagai salah satu caranya adalah melalui iklan. Cara ini masih merupakan cara efektif dan efisien untuk memperkenalkan produk. Iklan juga dapat melalui media sosial, salah satunya adalah Instagram. Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang banyak dikenal oleh masyarakat. Hal inilah yang memunculkan istilah selebritas Instagram atau selebgram. Penelitian ini menganalisis medan makna yang terdapat di dalam takarir foto-foto produk endorsement selebgram Shannon Wong dan Michelle Ziudith. Foto-foto tersebut, Peneliti unduh dari akun resmi Instagram masing-masing selebgram. Topik penelitian ini menarik, karena menggabungkan teori medan makna dengan dunia teknologi informasi. Kemudian, tujuan penelitian ini adalah menganalisis medan makna yang terkandung di dalam takarir produk endorsement kedua selebgram. Kemudian, metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analisis, menggunakan bantuan teknik pengumpulan data berupa teknik pustaka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, medan makna, yang berasal dari teori semantik, dapat bermanfaat saat menganalisis takarir produk endorsement selebgram. Di dalam penelitian didapat hasil takarir produk endorsement, yaitu produk endorsement yang berkaitan dengan aplikasi android, layanan top up game, market place, aksesoris rumah, perawatan kulit, dan perawatan rambut yang berjumlah total enam foto.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TER HADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERUPUK KULIT SAPI “CITRA SARI” DI DESA CIBURIAL KEC. CIMENYAN Zeffanya Raphael Wijaya; Hasti Pramesti Kusnara; Cucu Hodijah
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 7: Februari 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/mbi.v17i7.266

Abstract

Companies can still compete in the market if in issuing products tailored to the needs and desires of consumers, then communicating the advantages of the product to consumers. A consumer in making a decision to purchase a product can be influenced by several factors, including the quality of the product and the promotions carried out by the company. Referring to this fact, the researcher is interested in conducting research on "The Influence of Product Quality and Promotion on the Purchase Decision of "CITRA SARI" cowhide crackers in CIBURIAL VILLAGE, KEC. CIMENYAN". The problems studied in this study are: (1) Is there any influence of product quality on purchasing decisions of "CITRA SARI" cowhide crackers in CIBURIAL VILLAGE, KEC. CIMENYAN ? (2) Is there any effect of promotion on purchasing decisions of "CITRA SARI" cowhide crackers in CIBURIAL VILLAGE, KEC. CIMENYAN ? (3) Is there any influence between product quality and promotion simultaneously on the purchasing decision of "CITRA SARI" cowhide crackers in CIBURIAL VILLAGE, KEC. CIMENYAN? The methods used in data collection are the questionnaire method (questionnaire) and the documentation method. The data analysis method used in this study is Multiple Linear Regression Analysis which is used to determine the effect of the independent variable and the dependent variable,namely product quality (X1) and promotion (X2) on purchasing decisions (Y). By using the SPSS program, it can be obtained Fcount of 12,449 > Ftable 3.09 with a significance level of 5%, so that the alternative hypothesis (Ha) is accepted, namely that there is a positive influence between product quality and promotion on the purchasing decision of "CITRA SARI" cowhide crackers in CIBURIAL VILLAGE, KEC . CIMENYAN. The conclusion of the research is that there is a positive influence between product quality and promotion on purchasing decisions of "CITRA SARI" cowhide crackers in CIBURIAL VILLAGE, KEC. CIMENYAN. The magnitude of the influence of product quality on purchasing decisions can be seen from the coefficient of determination, which is 0.316. This means that partially the product quality factor influences the purchasing decision by 31.6%. While the coefficient of determination for the promotion variable is 0.128. This means that partially the promotion factor has an effect on purchasing decisions by 12.8%. Based on these results, researchers provide suggestions that producers must be able to maintain product quality so that the resulting product remains an option for consumers. In addition, companies must further improve promotional programs so that promotional activities are carried out more effectively, because promotions function to influence consumer attitudes and preferences in choosing products, as well as to motivate consumers to take positive action, namely making purchase decisions on the products offered.
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN Safrijal Safrijal
Media Bina Ilmiah Vol. 17 No. 7: Februari 2023
Publisher : LPSDI Bina Patria

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/mbi.v17i7.267

Abstract

Sistim Pendidikan Nasional menyoroti tentang isu pendidikan yang bermutu dalam rangka usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia, ialah peningkatan kualitas tersebut sesungguhnya merupakan suatu mata rantai dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan produktivitas nasional. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan path analysis. Sampel penelitian adalah dosen universitas jabalg hafur yang berjumlah 45 orang. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara stress kerja terhadap kinerja dosen sebesar 0,128 (12,8%). Pimpinan univeritas harus mampu dan mau berkonsultasi dengan dosen dalam usaha peningkatan mutu kinerja Dosen. Hal ini dapat dilaksanakan dengan melakukan pertemuan atau rapat secara periodik dan terjadwal. Disampin itu dosen perlu secara individu untuk meningkatkan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang dosen itu sendiri, misalnya melakukan penelitian, pengapdian kepada masyarakat, mengadakan seminar, loka karya, work-shop, serta pertemuan ilmiah lainnya.

Page 1 of 3 | Total Record : 25