cover
Contact Name
Nurkairo Hidayati
Contact Email
bae@journal.uir.ac.id
Phone
+6281365416136
Journal Mail Official
bae@journal.uir.ac.id
Editorial Address
Street of Kaharuddin Nasution No. 113 Perhentian Marpoyan, Pekanbaru, Riau, 28284, Indonesia E-mail: bae@journal.uir.ac.id
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Biology and Education Journal (BaEJ)
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : -     EISSN : 27237303     DOI : 10.25299
Core Subject : Education,
The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the Biology (nature science) and Biology Education. Biology and Education Journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of Biology and biology education as follows: Biology Subject: Genetica Fisiology Biotecnology Microbiology Ecology Environment Zoology Botani Biologi Education Subject: Strategy, approach, method etc Assessment Teaching and learning Curriculum Biology education tren etc
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): Biology and Education Journal" : 5 Documents clear
Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SMPN 2 Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Ajaran 2018/2019 Desti Fanaratul Khotijah; Sepita Ferazona
Biology and Education Journal Vol. 1 No. 2 (2020): Biology and Education Journal
Publisher : Universitas Islam Riau (UIR) Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/baej.2020.14403

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA di SMPN 02 Batang Peranap Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 1 orang Guru IPA. Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan instrumen atau pedoman angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data untuk lembar hasil observasi diperoleh persentase sebesar 79% dengan kategori Baik (B), lembar hasil angket guru diperoleh rata-rata sebesar 79% dengan kategorikan Baik (B), dan lembar hasil dokumentasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) diperoleh rata- rata sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik (SB). dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran di SMPN 2 Batang Peranap Tahun ajaran 2018/2019 di kategorikan baik.
Profil Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pekanbaru Nursyahrani Lasmana; Tengku Idris
Biology and Education Journal Vol. 1 No. 2 (2020): Biology and Education Journal
Publisher : Universitas Islam Riau (UIR) Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/baej.2020.14407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitiain ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 108 siswa, diambil dari siswa kelas XI IPA. Soal yang disebarkan terdiri dari 14 pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa profil kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021 dilihat pada kemampuan berpikir kritis diperoleh rata-rata dengan persentase sebesar 75,0% dalam kategori kurang. Pada kemampuan berpikir kreatif diperoleh rata-rata dengan persentase sebesar 71,5% dalam kategori kurang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021 memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam kategori kurang.
Implementasi Program Adiwiyata di SMP Negeri 35 Pekanbaru Dwi Putri Sari; Ibnu Hajar
Biology and Education Journal Vol. 1 No. 2 (2020): Biology and Education Journal
Publisher : Universitas Islam Riau (UIR) Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/baej.2020.14408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis implementasi program Adiwiyata di SMP Negeri 35 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian survey, pengambilan data dilaksanakan pada bulan 02 Juni sampai dengan 12 Juni 2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Pekanbaru yang berjumlah 60 orang siswa. Parameter yang diukur adalah angket mengenai persepsi siswa tentang implementasi Program Adiwiyata di SMP Negeri 35 Pekanbaru dengan indikator program adiwiyata yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis pertisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan angket memiliki nilai rata-rata 81,8% berada pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi program Adiwiyata di SMPN 35 pekanbaru sudah berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan buku panduan adiwiyata yang telah ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kompetensi Pedagogik Guru IPA (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Sungai Apit Tahun Ajaran 2018/2019) Tri Agustia Pradhingga; Suryanti; Mellisa
Biology and Education Journal Vol. 1 No. 2 (2020): Biology and Education Journal
Publisher : Universitas Islam Riau (UIR) Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/baej.2020.14409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik Guru IPA di SMP Negeri 1 Sungai Apit berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar wawancara sebagai data utama, lembar observasi dan dokumentasi sebagai pendukung. Sampel sebanyak 2 orang guru IPA, Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Dari 10 indikator kompetensi pedagogik guru dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru IPA (Studi kasus di SMP Negeri 1 Sungai Apit Tahun Ajaran 2018/2019) dapat dikategorikan kompeten dengan perolehan perhitungan rata-rata 74,7% (kompeten).
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Menggunakan Handout untuk Meningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 Lusiani; Sri Amnah; Desti
Biology and Education Journal Vol. 1 No. 2 (2020): Biology and Education Journal
Publisher : Universitas Islam Riau (UIR) Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/baej.2020.14477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan handout pada siswa kelas VIII.1 di SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas dimulai dari bulan September sampai dengan Oktober 2017 di kelas VIII.1 SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 24 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dianalisis secara deskriptif,dengan melihat daya serap, ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil analisis data dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan handout untuk nilai kognitif diperoleh daya serap siswa mengalami peningkatan (4%) dari sebelum PTK yaitu (76,8%) menjadi (80,8%) pada Siklus I, dan mengalami peningkatan sebesar 4,8% menjadi 85,6% setelah siklus II. Daya serap siswa untuk nilai KI mengalami peningkatan 4,6% dari sebelum PTK yaitu 78.4% menjadi 83,0% pada Siklus I, dan mengalami peningkatan sebesar 4.7% menjadi 87,7% setelah siklus II. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipeTGT dengan menggunakan handout dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII.1 di SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018.

Page 1 of 1 | Total Record : 5