cover
Contact Name
Salfauqi
Contact Email
salfauqi@poltekpelaceh.ac.id
Phone
+62651-33609
Journal Mail Official
jumma@poltekpelaceh.ac.id
Editorial Address
Jl. Laksamana Malahayati, Km. 19, No.12, Gampong Durung Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar, Prov. Aceh 23381, Indonesia
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Maritim Malahayati
ISSN : 27750337     EISSN : 2808618x     DOI : -
Jurnal Maritim Malahayati (JuMMa) (P-ISSN: 2775-0337 dan e-ISSN: 2808-618X) adalah jurnal yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian, pengkajian dan penerapan teknologi bagi para Perekayasa, Peneliti, Dosen, Praktisi dan Mahasiswa di bidang Teknologi Kemaritiman, Kepelabuhanan, Ilmu Kenautikaan, Teknik Mesin, Permesinan Kapal, Sistem Kelistrikan Kapal, Transportasi Laut dan Ilmu Pelayaran. Jurnal Maritim Malahayati menerbitkan artikel setiap bulan Januari dan Juli setiap tahunnya yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Politeknik Pelayaran Malahayati
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Maritim Malahayati" : 5 Documents clear
EVALUASI KINERJA OPERASIONAL PELABUHAN MALAHAYATI DALAM MENDUKUNG TOL LAUT INDONESIA Taharuddin; Eldina Fatimah; Masimin
Jurnal Maritim Malahayati Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Maritim Malahayati
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Politeknik Pelayaran Malahayati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1223.467 KB)

Abstract

Pelabuhan Malahayati merupakan salah satu pelabuhan yang tertua di Aceh. PT. Pelindo I mengambil alih pelabuhan ini pada tahun 1970. Pelabuhan ini masuk dalam kriteria pelabuhan umum yang diusahakan. Pada tahun 1980 pelabuhan tersebut digunakan sebagai pelabuhan transit ke Pulau Sabang. Pelabuhan Malahayati resmi menjadi pelabuhan peti kemas pada tanggal lima Agustus tahun 2016. Berdasarkan hasil observasi dan tanya jawab dilapangan, ditemukan masih terdapat kekurangan dari segi utility fasilitas, masalah keterlambatan pelayanan, dan masalah pendukung lainnya yang harus di benahi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja operasional dan kinerja Pengelolaan pelayanan kelembagaan pelabuhan Malahayati. Berdasarkan hasil perhitungan kinerja operasional pelayanan pelabuhan Malahayati 2016 sampai 2018 diperoleh Berth Occupancy Ratio (20%,19%,17,3%), Yard Occupancy Ratio (42%; 44%; dan 29% ) sedangkan Shed Occupancy Ratio (19,2%; 19%; dan 2% ) serta Berth Troughput (79; 65; dan 65 ton/m3 / tahun). Mengacu pada Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Laut, maka kinerja pelabuhan Malahayati masih tergolong baik. Sementara untuk perhitungan kinerja pengelolaan kelembagaan pelabuhan Malahayati dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh hasil sebesar 76,73% persentase ini menunjukkan bahwa kinerja pengelolaan kelembagaan pelabuhan Malahayati masig tergolong memuaskan berdasarkan tabel kriteria kepuasan pengguna jasa.
OPTIMALISASI KINERJA ABK DENGAN OBSERVASI KESELAMATAN KERJADI MV. ANDHIKA KANISHKA Muhammad Aziz Rohman; Heru Widada; Erva Aji Jaya Aziz; Siti Raudhah Maidari
Jurnal Maritim Malahayati Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Maritim Malahayati
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Politeknik Pelayaran Malahayati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.086 KB)

Abstract

Setiap perusahaan selalu menuntut agar ABK yang ada diatas kapal bekerja dengan sebaik-baiknya dan mampu bekerja secara optimal dan memperhatikan keselamatan mereka. Keselamatan kerja merupakan salah satu faktor mutlak yang harus dipenuhi agar ABK dapat bekerja dengan aman dan maksimal. Ada yang mementingkan diri sendiri tanpa memperhatikan keselamatan jiwa dan lingkungan sekitarnya. Tidak jarang suatu pekerjaan baik didarat maupun dilaut serta apapun bentuknya, karena kurang memperhatikan keselamatan kerja sehingga menimbulkan korban.Kecelakaan-kecelakaan tersebut dapat menyebabkan kerugian bagi semua pihak mulai dari ABK itu sendiri sampai pada tingkat perusahaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya kecelakaan kerja dan mengetahui suatu pekerjaan tidak selesai pada waktunya di MV. Andhika Kanishka.Dalam penulisan skripsi ini, penulis menjabarkan metode observasi keselamatan kerja sebagai landasan untuk memecahkan masalah yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif (apabila ditinjau dari segi tingkat penyajian) dan juga kualitatif (apabila ditinjau dari cara pengolahan data), kemudian dianalisis dengan metode Fault Tree Analysis untuk menentukan masalah dari setiap faktor. Dalam hal ini teknik pengumpulan data berupa pendekatan terhadap objek melalui observasi secara langsung terhadap responden serta menggunakan dokumen dan data-data yang berhubungan dengan keselamatan kerja. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan adanya masalah-masalah dalam terjadinya kecelakaan kerja dan suatu pekerjaan tidak selesai pada waktunya adalah tidak sesuai prosedur keselamatan kerja, cuaca ekstrim, kendala peralatan, perusahaan kurang perhatian dalam keselamatan ABK, pengaturan penerangan serta keadaan tempat kerja. Adapun saran penulis adalah meningkatkan disiplin ABK dalam menggunakan alat keselamatan kerja, familiarisasi, pengawasan, peranan perusahaan, serta memberi motivasi kepada ABK dengan safety meeting, memutar film atau slide, poster.
THE ANALYSIS OF CADETS’ SPEAKING ANXIETY IN MORNING SPEECH PERFORMANCE Muhammad Sapril Siregar; Nanda Afra Kusturi; Muhammad Harris H Dahlan; Arnoldus Kartayuda
Jurnal Maritim Malahayati Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Maritim Malahayati
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Politeknik Pelayaran Malahayati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.474 KB)

Abstract

This study aims to determine how the level of anxiety of Cadets in speaking English during Morning Speech, what are the obstacles faced by Cadets in speaking English during Morning Speech, How the cadets solve the obstacles in speaking English during Morning Speech. This research was conducted at the Malahayati Merchant Marine Polytechnic. The participants of the study were 40 cadets from various majors, nautical, technical, and ETO. Data collection in this study was descriptive quantitative by distributing questionnaires and interviews with cadets who had carried out Morning Speech. The results showed that from 40 respondents in this study the highest is in moderate level with 35%. At the second level of anxiety is moderately high level with 25%. The low and high levels have an equal score with 17.5%. This is evidenced by a modified questionnaire assessment from McCroskey, J.C. In addition, the obstacles faced by Cadets in speaking English during the Morning Speech were anxiety, pounding, irregular breathing, nervousness when saying morning speech in front of friends, not often speaking in public, stage fright, fear of friends' opinions or lecturers, do not master the material, and the last result was how the cadets solve the obstacles faced in speaking English during the Morning Speech. There was convincing themselves confidently, trying to calm down and control themselves, by repeating before presenting a morning speech with friends at the dormitory, looking for materials and understanding the material that will be delivered during the morning speech, not showing friends that they are nervous, staring at the viewers' eyes by convincing myself psychologically that I can beat them, that I am better than them, asking for help to Miss / Mam in English to practice correct pronunciation, repeating the material until I can remember, and thinking positively.
THE EFFECT OF LEADERSHIP STYLE, JOB SATISFACTION, AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT TOWARD TURNOVER INTENTION ON BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN (BP2IP) HUMAN RESOURCES EMPLOYEES DIVISION Benny; Hasmand Zusi; Andreas Wahyu G
Jurnal Maritim Malahayati Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Maritim Malahayati
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Politeknik Pelayaran Malahayati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.49 KB)

Abstract

The background of this research was examined the relationship among leadership style, job satisfaction, organizational commitment, and turnover intention of employees. A model of job satisfaction, organizational commitment, and turnover intention is developed and tested in one field study. The objectives of this research was analyzed the effect of negatively leadership style on turnover intention, the effect of negatively job satisfaction on turnover intention, the effect of organizational commitment on turnover intention, the effect of negatively leadership style and organizational commitment on turnover intention. A sampling with purposive sampling techniques of eighty four employees of human resource division for distributing the questionnaire in company. This research uses a multiple regression analyses with SPSS ver. 17 to test four hypotheses. The result of this research concludes that is the effect of negatively leadership style, job satisfaction, organizational commitment, and turnover intention of employees.
IMPLEMENTASI INTERNATIONAL SHIP AND PORT FACILITY SECURITY CODE DIATAS KAPAL FLOATING STORAGE OFFLOADING (FSO) Andi Aulia; Moh Aziz Rohman; Bayu Yudho Baskoro
Jurnal Maritim Malahayati Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Maritim Malahayati
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Politeknik Pelayaran Malahayati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.451 KB)

Abstract

International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) adalah regulasi yang diterbitkan oleh IMO (International Maritime Organization) untuk mengatur tentang kegiatan-kegiatan dan langkah-langkah yang harus diambil dalam menanggulangi ancaman kamanan di laut. Kapal Floating Storage Offloading (FSO) merupakan salah satu Kapal yang dipersyaratkan menerapkan aturan yang terdapa didalam ISPS Code. Penelitian dilaksanakan diatas Kapal Floating Storage Offloading (FSO) Federal 2 yang beroprasi di Kilang Minyak Widuri Terminal, untuk melihat pemahaman Awak Kapal terhadap peraturan yang ada dalam ISPS Code dan penerapan ISPS Code tersebut. Metode Penelitian dilakukan melalui observasi secara langsung dan Wawancara kepada Awak Kapal untuk mengetahui tingkat pemahaman Awak Kapal terkait peraturan ISPS Code yang ada. Dari Hasil Penelitian ditunjukan bahwa kurangnya pemahaman Awak Kapal terhadap peraturan yang ada pada ISPS Code dan mengakibatkan penerapan ISPS Code diatas kapal FSO Federal 2 belum berjalan maksimal. Penerapan ini dapat ditingkatkan dengan dukungan media sosialiasi document aturan ISPS Code dan pengoptimaliasasi pemanfaatan alat – alat kemamanan diatas Kapal agar pelaksaan pengoprasian Kapal dan terminal dapat berjalan dengan lancer dan aman.

Page 1 of 1 | Total Record : 5