cover
Contact Name
Mulyono
Contact Email
jurnaljebmak@gmail.com
Phone
+6283193714008
Journal Mail Official
jebmak@lapad.id
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 629 KM. 04 , Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, 30129
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK)
Published by CV. Picmotiv
ISSN : 29648858     EISSN : 29633087     DOI : https://doi.org/10.36908/jebmak
Journal Research of Economiy, Business, Management and Accounting Science published by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM. This journal is also dedicated to provide an intellectual space of scholarly discussion how journal of Economiy Business, Management and Accounting Science, able to create the new global formation of Economiy, Business, Management and Accounting Science and similar issues. This journal has been distributed by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM started Online from Volume 1 Number 1 Year 2022 to present. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Economics, Business Science, Management Science, Accounting Sciences
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi" : 20 Documents clear
Strategi Promosi Pada Penjualan Pupuk Non Subsidi Guna Pencapaian Target Pada Proyek Retail PT. Pupuk Kujang Cikampek Nendah Dewi Yuningsih; Syifa Pramudita
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v2i2.155

Abstract

Sektor pertanian  memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pembangunan ekonomi di Indonesia, sektor terbesar kedua dalam total Produk Domestik Bruto ( PDB ) setelah sektor industri dan pengolahan. Meningkatkan kontribusi pertanian atau agribisnis terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia diiringi dengan meningkatnya produksi pertanian Indonesia. Hal ini berdampak pula pada kebutuhan pupuk yang meningkat dan harus di penuhi. PT. Pupuk Kujang merupakan salah satu anak usaha dari Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) yaitu PT. Pupuk Indonesia ( Persero ). PT. Pupuk Kujang didirikan pada tanggal 09 Juni 1975 merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pupuk nasional. Salah satu produk yang di produksi maupun dipasarkan adalah pupuk NPK. Potensi pasar pupuk NPK sektor non subsidi dan retail masih sangat tinggi. Dengan potensi yang tinggi PT Pupuk Kujang meluncurkan beberapa produk retail salah satunya adalah pupuk NPK 30-8-16 , Pupuk NPK Jeranti dll.  Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan proses pengolahan data yang di dukung oleh data yang di dapat secara langsung di Departemen Retail PT. Pupuk Kujang. Tahap analisis data yang dilakukan dalam menghasilkan strategi marketing pada produk pupuk NPK non subsidi dengan melakukan analisis data secara eksternal , dan selanjutnya melakukan analisis internal atas strategi pemasaran perusahaan saat ini , dengan menggunakan Matriks SWOT, Matriks EFAS dan IFAS guna menghasilkan serangkaian alternatif alat analisis strategi
Peran Communication, Relation dan CSR di PT Pertamina Patra Niaga Regional SUMBAGSEL R. Rizky Wibowo Putra Agung; Desy M Isnawati
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v2i2.199

Abstract

PT Pertamina Patra Niaga merupakan anak perusahaan Pertamina yang berkecimpung pada bidang perdagangan olahan minyak bumi. Perusahaan ini memiliki lima kantor regional dan mengelola puluhan depot minyak milik Pertamina yg tersebar di seluruh Indonesia. Tujuan asal penelitian ini buat mengetahui strategi pelaksanaan pemasaran pada upaya buat meningkatkan citra dari perusahaan. Penelitian ini menggunakan deskrptif kualitatif dengan teknik wawancara terhadap warga dan Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel. hasil penelitian ni adalah sistem peningkatan gambaran perusahaan pada tengah warga dengan menggunakan media online pada melaksanaan peningkatannya.
Pengaruh Karakteristik Wirausahawan Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis (ITBis) Lembah Dempo Zulaiha; Mastriati Hini Hermala Dewi; Herma Diana; Laili Dimyati
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v2i2.200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh karakteristik wirausaha dan motivasi terhadap minat berwirausaha Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo. Penelitian ini merupakan penelitian asossiatif dengan pendekatan kuantitatif. subyek penelitian ini adalah 50 mahasiswa ITBis Lembah Dempo. metode pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach’s. uji prasyarat analisis terdiri uji multikolinieritas dan heteroskedastisitas, uji hipotesis terdiri atas uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh signifikan karakteristik wirausaha dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa ITBis Lembah Dempo sebesar 96,1% dengan ry(1,2)=0,980, r2y(1,2)=0,961 dan nilai signifikansi sebesar 0,00< 0,05.
Pengaruh Corporate Social Responbility (CSR), Pertumbuhan Ekonomi, Profitabilitas Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dilingkungan PT Sukses Mitra Sejahtera Alifia Rahmadurin; Anggraini Kusmaningrum; Anggun Sajidha; Nur Lailla
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v2i2.203

Abstract

Kesehatan sebuah perusahaan tidak hanya dilihat melalui pencapaian laba/ keuntungan saja, tetapi juga dinilai berdasarkan perilaku etis perusahaan tersebut terhadap lingkungan dan kehidupan sosial (masyarakat) disekitar wilayah operasi perusahaan.Kesejahteraan masyarakat disekitar perusahaan biasanya terjamin,karena dengan adanya perusahaan dilingkungan tersebut dapat menjamin terbukanya banyak peluang dan keuntungan,pada PT Sukses Mitra Sejahtera mereka dapat menyerap banyak tenaga kerja dari lingkungan sekitar,pembukaan lapangan kerja baru disekitar pabrik serta program CSR yang diterapkan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif,dengan menyebarkan kueisioner kepada 36 sampel. Hasil penilitian menggambarkan bahwa masyarakat sekitar sangat terbantu dengan adanya PT Sukses Mitra Sejahtera dilingkungan mereka. PT Sukses Mitra Sejahtera harus selalu menjaga profitabilitasnya agar tetap mampu menyerap banyak tenaga kerja dilingkungan pabrik tersebut,yang juga berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat.
Pengaruh Human Relation, OCB (Organizational Citizenship Behavior) Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sukses Mitra Sejahtera Anggi Siska Madona; Dewi Rismayanti; Dhelsia Sekar Ayuni; Elsa Intan Septiana
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v2i2.204

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh Human Relation, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sukses Mitra Sejahtera. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan disajikan dalam bentuk penilaian numerik atas beberapa instrumen melalui kuesioner terhadap sampel penelitian 40 responden yaitu karyawan sebagai harian tetap (HT) Pada PT Sukses Mitra Sejahtera. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik proportional random sampling. Analisis data penelitian dihitung menggunakan menggunakan uji asumsi klasik dan pengukuran determinasi dan uji parsial dan uji simultan dengan penghitungan alat bantu SPSS ver. 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Human Relation, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT Sukses Mitra Sejahtera.
Komunikasi Efektif Pemberdayaan Masyarakat Pada Program Corporate Social Responsibility PT. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel M. Akbar Ghazali; Desy Misnawati
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v2i2.205

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Komunikasi Efektif Pemberdayaan Masyarakat Pada Program Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Regional SUMBAGSEL Program Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Regional SUMBAGSEL adalah unit pelaksana dibawah kantor pusat yang berorientasi dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat di wilayah Palembang. Teori yang digunakan dalam pendekatan ini menggunakan teori yang digunakan adalah strategi komunikasi efektif pemberdayaan masyarakatdengan pendekatan (Customer Relationship Management (CRM). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer hasil wawancara dengan informan penelitian yaitu dengan masyarakat Desa Pulau Semambu, kasubang pelayanan dan pimpinan Program Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Regional SUMBAGSEL. Hasil penelitian Strategi komunikasi pelayanan terhadap masyarakat adalah tindakan dan kebijakan yang digunakan oleh suatu organisasi atau lembaga dalam memberikan layanan yang efektif, efisien dan memuaskan kepada masyarakat. Dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan aksesibilitas, transparansi dan pemberdayaan masyarakat, diharapkan pelayanan yang diberikan dapat meningkat dan masyarakat dapat merasakan dampak positif dari pelayanan tersebut.
Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kualitas Kerja Pada PT. Arya Mobile Syarifuddin; M. Sapuan; M. Aras; M. Arfa; Lukman Hakim
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v2i2.206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh beban kerja (X1), kepuasan kerja (X2), dan loyalitas kerja (X3) terhadap kualitas kerja karyawan (Y) pada PT Arya Mobile, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi dalam penelitian ini sebanyak 251 karyawan. Kemudian diambil sampel dengan rumus slovin sehingga diperoleh sebanyak 72 karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji determinasi (R Square), uji t dan uji f. Sebagai metode penelitian statistik menggunakan SPSS. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara simultan beban kerja (X1), kepuasan kerja (X2), dan loyalitas kerja (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas kerja karyawan (Y) pada PT Arya Mobile Dari hasil Uji T variabel beban kerja, kepuasan kerja, dan loyalitas kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas kerja karyawan. Dengan menggunakan Uji F variabel variabel beban kerja, kepuasan kerja, dan loyalitas kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas kerja karyawan. Sementara nilai adjust R Square sebesar 0,595 menjelaskan bahwa simultan variabel beban kerja, kepuasan kerja, dan loyalitas kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas kerja karyawan pada PT Arya Mobile sebesar 59,5% sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pengaruh Komunikasi, Kualitas Layanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan CV. TV Kabel Madani Service Indra Nara Persada; Dewi Permatasari; Mulawarman; Andi Amang; Mefri Yudi Wisra
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v2i2.210

Abstract

Kepuasan dari jasa yang diberikan perusahaan kepada konsumen harus selalu untuk bisa memahami pelanggan dan merancang memperbaiki kualitas jasanya. Maka dari itu perusahaan harus mempertimbangkan komunikasi, kualitas layanan dan fasiltias yang diberikan kepada Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau pelanggan jumlah populasi dari bulan Juni 2022- Desember 2022 sebanyak 101 Pelanggan. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 81 pelanggan CV. Tv Kabel Madani Service jumlah sampel didapatkan dari rumus slovin. Penelitian kuantitatif merupakan kegiatan setelah data seluruh responden atau sumber data lain terkumpul. Analisis data dengan bantuan program peranti lunak SPSS versi 25. Nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 0,843 atau sebesar 84,3%. Hasil pengujian ini secara statistik membuktikan bahwa komunikasi, kualitas layanan dan fasiltias secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan Pelanggan sebesar 84,3%. dan sisanya 15,7% merupakan faktor lain Uji F diperoleh nilai F hitung dari memiliki nilai F sebesar 144,536 > F tabel 2,72, nilai signifikansi diperoleh 0,000 < α 0,05.
Analisis Kinerja Karyawan Melalui Closure Gap Competency Dan Training Pada Departemen Cheese PT. Greenfields Indonesia Rosita Laila D; Mohammad Dullah; Limgiani
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v2i2.211

Abstract

Fenomena yang sering terjadi diperusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung terkait kinerja karyawan yang stagnan atau dikatakan tidak berkembang karena kurangnya kecakapan atau kemampuan karyawan dalam melakukan pekerjaannya dan mengemban jabatannya. Pada lingkungan kerja PT. Greenfields Indonesia khususnya departemen cheese, dua dari tiga leader tidak mampu melakukan inputing data mengunakan ms.excel untuk membuat laporan dikarenakan adanya leader pada kompetensi tersebut. Tujuan dari penelitian ini mengetahui bagaimana strategi manajemen dalam menigkatkan kinerja karyawan dengan melakukan identifikasi kompetensi hinggal pelaksanaan trainingnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus deskriptif. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi manajemen yang dikatakan berhasil dalam upaya closure gap competency ms.excel pada kedua leader cheese dengan meningkatnya kinerja karyawan yang dapat dilihat dari grafik performance.
Peran Customer Service Terhadap Peningkatkan Pelayanan Nasabah Marcela Ika Putri; Moh. Faizal; Meriyati
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v2i2.19

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peranan Customer Service Terhadap Pelayanan Nasabah Pada PT. Bank Sumsel Babel Syariah Palembang.Dengan tujuan untuk mengetahui lebih komprehensif tentang Peranan Customer Service Terhadap Pelayanan Nasabah Pada PT.Bank Sumsel Syariah Palembang.Metode yang dipakai adalah kualitatif berbasis data lapangan yang datanya diperoleh lewat observasi, interview dan dokumentasi, dengan analisis deskritif. Hasil artikel ini memperlihatkan bahwa Customer Service hakikat nya mempelajari berbagai teknik yang berkaitan dengan tata cara penanganan nasabah yang baik Dalam hubungan interaksi bisnis ini, perlakuan terhadap nasabah menjadi hal yang sangat penting dalam membangun dan memelihara kelangsungan bisnis yang berkelanjutan.Termasuk menjamin kepercayaan dan kepuasan nasabah. Terlebih dalam koperasi kredit, dimana nasabah kita adalah emilik dari usaha itu sendiri, sehingga perlakuan dan pelayanan terhadap mereka sangat penting untuk diperhatikan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20