cover
Contact Name
Mulyono
Contact Email
jurnaljebmak@gmail.com
Phone
+6283193714008
Journal Mail Official
jebmak@lapad.id
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 629 KM. 04 , Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, 30129
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK)
Published by CV. Picmotiv
ISSN : 29648858     EISSN : 29633087     DOI : https://doi.org/10.36908/jebmak
Journal Research of Economiy, Business, Management and Accounting Science published by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM. This journal is also dedicated to provide an intellectual space of scholarly discussion how journal of Economiy Business, Management and Accounting Science, able to create the new global formation of Economiy, Business, Management and Accounting Science and similar issues. This journal has been distributed by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM started Online from Volume 1 Number 1 Year 2022 to present. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Economics, Business Science, Management Science, Accounting Sciences
Articles 73 Documents
Pengaruh Arus Kas Operasi, EPS Dan NPM Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food And Beverage yang Terdaftar Di BEI Periode 2016-2020 Rafika Sari; Rianita; Leriza Desitama Anggraini
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.437 KB) | DOI: 10.36908/jebmak.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh arus kas operasi, earning per share (EPS) dan net profit margin (NPM) terhadap harga saham perusahaan Food and Beverage. Harga saham yang digunakan dalam penelitian ini yaitu harga saham penutupan akhir tahun periode 2016-2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS 25. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa arus kas operasi, earning per share dan net profit margin berpengaruh terhadap harga saham. Hasil pengujian secara parsial arus kas operasi tidak berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan earning per share dan net profit margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham pada perusahaan food and beverage periode 2016-2020.
Penerapan Prinsip Good Corporate Goverance Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang Nurul Laili Az Zahro; Nur Ika Mauliyah
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.005 KB) | DOI: 10.36908/jebmak.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini meiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip Good Corporate Governance di Bank Syariah KCP Lumajang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan karyawan, mahasiwa PPL dan nasabah. Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan prinsip Good Corporate Governanedi Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang dan adakah kendala dalam penerapan prinsip Good Corporate Governane Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan prinsip Good Corporate Governane di Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang dan untuk mengetahui kendala dalam penerapan prinsip Good Corporate Governane Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang telah menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 4/8/PBI/2006 dan Bank Syariah Indonesia KCP Lumajang telah patuh terhadap syariah (sharia Compliance) sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 11/33/PBI/2009. Kendala internal dalam penerapan prinsip ini yaitu kurangnya pemahaman mengenai prinsip GCG oleh karyawan, kedala eksternal yaitu lingkungan masyarakat yang kurang mendukung perluasan pembiayaan bank.
Kompensasi Kerja; Sebuah Tinjauan Teori Widiyanti; Dela Putri Utami; Eko Wahyudi
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v1i1.5

Abstract

Kompensasi kerja merupakan salah satu komponen penting dalam manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Artikel ini membahas tentang kompensasi kerja dilihat dari berbagai teori. Dengan tujuan untuk mengetahui kompensasi kerja di lihat dari berbagai teori. Metode yang digunakan adalah libray research yakni kumpulan teori yang didapatkan dari berbagai macam sumber yang akan digunakan sebagai bahan rujukan dalam melakukan kegiatan penelitian, baik bahan bacaan yang pernah di baca dan dianalis, baik yang sudah dipublikasikan maupun sebagai koleksi pribadi. Hasilnya memperlihatkan bahwa kompensasi merupakan sesuatu yang sangat diinginkan pekerja. Dalam pemberian kompensasi pemberi kerja harus adil, tidak jauh berbeda dengan yang diharapkan pekerja, dan dapat memacu pekerja sampai pada tahap kepuasan kerja yang ujungnya melahirkan kinerja dan produktivitas kerja.
Disiplin Kerja: Sebuah Kajian Teori Shafiyah Amalia Amin; Paysal Satria Wiyata; Onesya Sarwana
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36908/jebmak.v1i1.6

Abstract

Disiplin kerja merupakan sesuatu yang sangat penting ada pada dunia kerja. Tanpa disiplin kerja, visi dan misi perusahaan tidak akan pernah tercapai. Artikel ini membahas tentang disiplin kerja di lihat dari berbagai teori yang ada. Dengan tujuan untuk dapat mengetahui dan memahami pentingnya disiplin kerja, khususnya dalam dunia kerja. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka (library research), baik merujuk pada sumber-sumber yang menjelaskan disiplin kerja yang terdapat dalam artikel jurnal, makalah, skripsi, dan sejenisnya. Selanjutnya dinterprestasi dan dianalisis. Hasil dari artikel ini menyatakan bahwa disiplin kerja adalah sikap hormat, perilaku, kepatuhan karyawan terhadap seluruh aturan yang ada di perusahaan tempat ia bejerja. Disiplin mempunyai bentuk seperti preventif, korektif, dan progresif. Dengan disiplin kerja yang baik secara tidak langsung akan tercapai kinerja dan mempercepat pencapaian tujuan perusahaan, sebaliknya jika disiplin karyawan tidak baik maka efektifitas kerja yang dihasilkan tidak maksimal dan tujuan perusahaan tidak akan tercapai juga.
Konsep Dasar Kepuasan Kerja: Sebuah Tinjauan Teori Nabila Putri Rahmadhani; Yeyen Priyanti
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.884 KB) | DOI: 10.36908/jebmak.v1i1.7

Abstract

Kepuasan kerja merupakan sesuatu yang sangat didambakan baik pekerja maupun pemberi kerja. Bahkan menjadi sasaran penting dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Artikel ini membahas tentang Konsep Dasar Kepuasan Kerja; Sebuah Tinjauan Teori dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami Konsep Dasar Kepuasan Kerja di lihat dari berbagai teori. Artikel ini menggunakan metode kualitatif berbasis pada data kepustakaan (library research) yang diperoleh dari buku, jurnal, artikel ilmiah lainnya. Selanjutnya data di uji validitas dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasilnya adalah bahwa kepuasan kerja merupakan sebentuk rasa senang terhadap apa yang telah dikerjakannya, namun kepuasan kerja bersifat subjektif. Kepuasan antara individu satu dengan individu lainnya cenderung berbeda, karena setiap individu mempunyai kriteria kepuasan tersendiri dalam mengukur tingkat kepuasan hidupnya. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja di antaranya kondisi kerja/lingkungan kerja, peraturan atau budaya organisasi serta karakteristik organisasi, kompensasi yang memuaskan, efisiensi kerja dan partner kerja.
Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara Dandi Novriansya; Irma Idayati; Astri Riance; Suwarno
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.497 KB) | DOI: 10.36908/jebmak.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara. Rumusan masalah adalah Apakah Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara. Populasi dan sampel yang digunakan berjumlah 61 pegawai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil yang diperoleh bahwa ada pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara dengan nilai thitung = 6,205 > nilai ttabel = 1,670 dan signifikan 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa motivasi berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara.
Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Tetap Dengan Kompetensi Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank BNI Cabang Utama Lubuklinggau Candra Parwansah; Ronal Aprianto; Nasruddin; Supriyanto
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.61 KB) | DOI: 10.36908/jebmak.v1i2.9

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Tetap Dengan Kompetensi Sebagai Variabel Moderasi di BANK BNI Cabang Utama Lubuklinggau. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 35 orang. Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Disiplin kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai Sedangkan uji t dijelaskan bahwa variabel disiplin terhadap kinerja menunjukan nilai thitung = 4,929 Lebih besar dari nilai ttabel 2,026 dengan tingkat signifikan = 0,000 < (a) 0,05. Berdasarkan hasil uji Koefisien korelasi, dapat diketahui bahwa variabel disiplin kerja dan Kinerja memiliki nilai koefisien sebesar 0,0,651 berada pada interval koefisien 0,600-0,799 yang berarti pengaruh antara variabel disiplin kerja dan variabel kinerja menunjukan pengaruh yang kuat dan nilai korelasi positif artinya korelasi atau hubungan pengaruh disiplin kerja terhadap Kinerja seara. Hal ini menunjukan Ha diterima dan secara parsial variabel disiplin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Tetap Dengan Kompetensi sebagai Variabel Moderasi di BANK BNI Cabang Utama Lubukinggau. Berdasarkan uji modersai yang dilakukan menunjukan nilai Rsquare di dapatkan pada persamaan regresi pertama sebelum di moderasi sebesar 0,651 atau 65,1% sehinga menunjukan variabel disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai sebesar 0,651 atau 65,1%. setelah adanya variabel moderasi (Kompetensi) diperoleh nilai R Square sebesar 0,763 atau 76,3%. Besar hubungan variabel moderasi dalam memperkuat pengaruh variabel disiplin kerja terhadap kinerja, setelah disesuaikan nilai sisanya 100% - 76,3% = 23,7% di pengaruhi oleh variabel lain yang yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel lingkungan kerja, keselamatan kerja, motivasi dan lain-lain. Dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi memperkuat hubungan antara disiplin kerja terhadap kinerja pegawai sehingga terjadi peningkatan sebesar 11,2%. Berdasarkan hipotesis yang diajukan makan dapat disimpulkan hipotesis diterima bahwa terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai dengan kompetensi sebagai variabel moderasi.
Analisa Dampak Covid-19 Terhadap Produk Gadai Emas Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palembang Demang Ayu Nariski; Fadilla; Choiriyah
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.699 KB) | DOI: 10.36908/jebmak.v1i2.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum dan bentuk upaya yang dilakukan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Demang Palembang dalam membantu nasabah yang menggadaikan emas di masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan sifat penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif dan sosiologis. Teknik pengumpulan data berdasarkan wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan dampak Covid-19 terhadap produk gadai emas di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Palembang Demang banyak nasabah yang menggadaikan emas. Namun, di masa pandemi ini juga banyak nasabah yang tidak menukarkan gadai emasnya. Adapun upaya yang dilakukan pihak Bank di tengah Pandemi Covid-19 dengan memberikan keringanan seperti biaya Ujrah 0,5% kepada nasabah yang memiliki usaha, dan mempermuda h nasabah dalam menggunakan aplikasi E-mas.
Strategi Customer Service Dalam Mengatasi Keluhan Nasabah Di Bank Sumsel Babel Cabang Lahat Nova Yulindasari; Choiriyah; Fadilla
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.181 KB) | DOI: 10.36908/jebmak.v1i2.11

Abstract

Penelitian ini berjudul strategi customer service dalam mengatasi keluhan nasabah di Bank Sumsel Babel Cabang Lahat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengatasi keluhan nasabah pada Bank Sumsel Babel Cabang Lahat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpullan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi di bank sumsel babel cabang lahat. Data yang di olah adalah simpulan dari hasil wawancara di lapangan yaitu wawancara dengan informan yang ditemui dilapangan. Lokasi penelitian ini dipilih secara sengaja yaitu Bank Sumsel Babel Cabang Lahat dan mengambil customer service dan nasabah sebagai informan. Analisis data yang digunakan adalah dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan Strategi yang diterapkan oleh customer service dalam mengatasi keluhan nasabah sesuai dengan sttandar pelayanan yang ada di Bank Sumsel Babel Cabang Lahat dengan standar layanan yaitu (1) mengawali layanan, menyapa dan membantu nasabah, (2) verivikasi data, (3) berikan solusi, (4) arahkan nasabah untuk mengisi form pengaduan nasabah, (5) akhir layanan dengan mengucapkan terimakasih dan dengan penuh perhatian. Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam starategi mengatasi keluhan nasabah di Bank Sumsel Babel Cabang Lahat, (1) hambatan mengenai sistem yang lambat atau pada saat melayani nasabah sistem jaringan offline, (2) nasabah yang baru datang ingin cepat di layani terlebih dahulu, (3) keterbatasan tempat pelayanan. Cara mengatasinya Meminta maaf atas system yang terjadi, cara mengucapkanya, Maaf pak/ibu atas ketidak nyamannya, bank sedang dalam peningkatan kapasitas system. Berikan senyuman kepada nasabah agar nasabah mengerti dengan keadaan yang sedang terjadi.
Analisis Bauran 4P (Product, Price, Place, Promotion) Pada Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di PT. BPRS Al-Falah Banyuasin. Selawati; Mohammad Faizal; Choirunnisak
Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
Publisher : CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.513 KB) | DOI: 10.36908/jebmak.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan di PT. BPRS Al-Falah Banyuasin, dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan uji keabsahan data. Penelitian ini dilakukan pada PT. BPRS Al-Falah Banyuasin yang berlokasi di Jl. Raya Palembang-Pangkalan Balai Km. 14,5 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan Januari sampai bulan Maret 2022. Hasil penelitian ini adalah bauran pemasaran yang dilakukan dalam meningkatan jumlah nasabah pembiayaan murabahah ini menggunakan metode 4P yaitu produk (product) yaitu dengan produk yang berkualitas, harga (price) dengan harga yang paling murah dan terjangkau, tempat (place) yaitu Tempatnya yang startegis karena dekat dengan khalayak ramai atau jalan raya dan promosi (promotion) yaitu promosi dilakukan berhubungan dengan tren seperti periklanan, brosur, pengenalan secara pribadi (advertising) dan door to door. Penerapan pembiayaan murabahah yaitu melaui mekanisme jual beli barang dengan penambahan margin sebagai keuntungan yang diperoleh bank.