cover
Contact Name
Ahmad Azmy
Contact Email
ahmad.azmy@paramadina.ac.id
Phone
+6281293898547
Journal Mail Official
ahmad.azmy@paramadina.ac.id
Editorial Address
Jl. Gatot Subroto No.Kav. 97, RT.4/RW.4, Mampang Prpt., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani
Published by Universitas Paramadina
ISSN : 26150662     EISSN : 2615580X     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal ini memuat hasil penelitian pada bidang manajemen dan bisnis. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam bentuk kajian empiris, konseptual, studi kasus, catatan penelitian, dan studi literatur. Jurnal ini mempublikasikan pertama pada tahun 2019. Fokus Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani memuat hasil penelitian meliputi manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan & aplikasi pasar modal, bisnis syariah, kewirausahaan, kemitraan, dan operasional termasuk logistic.
Articles 52 Documents
Human Sigma Optimization: Improving Employee Engagement ENCE RAMLI ALRASHID
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Competition in banking industry from year to year increasingly fierce. Small capital banks must open compete with large banks in the same segment. Local banks must compete "apple to apple" with other local banks. In addition, local bank has to be able to compete with foreign banks in order to gain the largest market share. The level of customer engagement can be a leading indicator at the rate of return for investors. It means if the CE survey results produce a high level of engagement, then the company's financial performance expectation is also high. employee engagement level is the basic indicator of leading indicators. It means that if the EE survey results produce a high level of engagement then, engagement costumer is also high on products or services owned by a bank. Human Sigma is a model and approach by analyzing the value of Customer Engagement and Employee Engagement to determine Human Sigma Value that will describe the level of engagement from the point of view of employee and customer. The aim of this study is to look for top of pain factors the weakness of employee engagement in the retail banking company that caused the decrease of customer engagement and the level of company productivity by using the concept of human sigma.
Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Clothing Line Polychrome Cindy Fransisca
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan industri pakaian lokal saat ini sedang merambah di Indonesia. Namun, pakaian lokal kurang mendapat perhatian dari masyarakat. Masyarakat cenderung lebih memilih membeli pakaian impor dibandingkan pakaian lokal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Clothing Line “Polychrome”. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran dan konsep dari Marketing Communication Mix. Peneliti menganalisis tiga dari tujuh elemen dalam Marketing Communication Mix, yaitu Advertising, Personal Selling, dan Sales Promotion. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan implementasi bagi pakaian lokal lainnya dalam meningkatkan awareness.
MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA SENAM BAYI DI ROCKSTAR GYM muhammad awaludin Setiawan
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis motivasi konsumen dalam memilih jasa senam bayi di Rockstar Gym. Analisis ini menggunakan teori motivasi psikologis dari McGuire. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini ialah orang tua yang mengikutkan bayinya ke kelas senam bayi dengan melakukan wawancara semi terstruktur dengan jumlah pertanyaan 20 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi konsumen memilih jasa senam bayi ialah mendapat dorongan dari sumber-sumber informasi yang dipercaya melalu, 1) artikel dan blog, 2) media sosial, 3) saran dari dokter, serta melihat langsung, 4) memiliki pengetahuan tentang perlunya senam bayi, 5) momen anak untuk menentukan pilihannya dalam memilih jasa senam bayi, 6) mengekspresikan perkembangan sang buah hati dari sisi kecerdasan otak dan dari sisi kesehatan, 7) ingin mendaftarkan buah hati ke aktifitas pergerakan fisik, 8) khawatir mengenai dunia anak-anak sekarang, 9) ingin mengekspresikan identitas mereka kepada orang sekitar dengan cara memperlihatkan kedekatan mereka dengan sang buah hati, 10)  ingin mengembangkan sosialisasi dan memacu perkembangan motorik kasar sang buah hati. Kata Kunci : senam bayi, motivasi psikologis, kualitatif
EFEK PENGUMUMAN PERUBAHAN DIVIDEN TERHADAP REAKSI PASAR DI BURSA EFEK INDONESIA Darmawan Dr
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini meneliti teori signaling tentang bagaimana pasar/ para investor menanggapi pengumuman dividen yang dilakukan oleh perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada kurun waktu 2008 – 2012. Secara umum tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengembangkan pendekatan-pendekatan teoritikal baru, sebagai upaya untuk menyelesaikan kontroversi konseptual mengenai dampak kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Yang secara rinci, tujuan khususnya: Menganalisis dan menguji secara empirik reaksi pasar terhadap pengumuman pengurangan dividen dan kenaikan dividen; serta Menganalisis dan menguji secara empirik Variabel - variabel karakteristik khusus perusahaan yang mempengaruhi reaksi pasar. Sampel adalah seluruh perusahaan yang mengumumkan kebijakan devidennya selama 5 tahun sebebanyak 242 perusahaan dengan 729 peristiwa pengumuman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada seluruh peristiwa pengumuman dividen ditemukan reaksi yang signifikan dari pasar. Pada pengumuman penurunan dividen 5 observasi yang signifikan dan 1 sesuai secara teoritis. Pada pengumuman kenaikan dividen terdapat 3 observasi yang signifikan dan sesuai dengan teori. Penelitian ini juga menunjukkan tidak ada satupun karakteristik perusahaan yang signifikan mampu menjelaskan reaksi pasar untuk seluruh pengumuman – pengumuman dividen.
MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA SENAM BAYI DI ROCKSTAR GYM Muhammad Awaludin Setiawan
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to analyze the motivation of consumers in choosing baby gymnastics services at Rockstar Gym. This analysis uses McGuire's psychological motivational theory. The research method used is descriptive with qualitative approach. Resource persons in this study are parents who include their infants to a baby gym class by conducting semi-structured interviews with a total of 20 questions. The results of this study indicate that the motivation of consumers to choose baby gymnastic services is to get encouragement from sources of information trusted through, 1) articles and blogs, 2) social media, 3) advice from doctors, and see directly, 4) have knowledge of the need (6) to express the development of the baby from the side of brain intelligence and from the side of health, 7) want to register the baby to physical movement activities, 8) worry about the world of children, children now, 9) want to express their identity to people around by showing their closeness with the baby, 10) want to develop socialization and spur the rough motor development of the baby.
PENGARUH KEPERCAYAAN SITUS ZOMATO TERHADAP KETERTARIKAN PELANGGAN DALAM MEMILIH RESTORAN SAINE DAISE Fandeline Sarikho
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan Situs Zomato terhadap ketertarikan pelanggan dalam memilih Restoran Saine Daise. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratifications, Komunikasi Organisasi, Public Relations, Psikologi Komunikasi, Perilaku Konsumen (Consumer Behavior), Komunitas, dan Interaktivitas. Metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan paradigma positivistik dan proses pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer dan studi kepustakaan sebagai data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilitas dengan menggunakan teknik sampling sensus yang melibatkan total 100 responden. Dimensi yang digunakan pada penelitian ini ada 3 dalam mengukur variabel kepercayaan, yaitu kepercayaan, pencarian informasi, dan sharing. Dimensi yang digunakan untuk mengukur variabel ketertarikan juga ada 3 yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh pada keputusan beli pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,709 dan koefisien determinasi sebesar 51,5%. Dimensi kepercayaan dalam penggunaan situs sangat penting karena berperan sebesar 2,7933. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan dengan ketertarikan pelanggan. Kata Kunci: kepercayaan, ketertarikan pelanggan ABSTRACTThis research aims to determine the influence of Zomato’s Website credibility on customers’ interest in choosing Saine Daise Restaurant. Uses and Gratifications, Organizations Communication, Public Relations, Psychology Communications, Consumer Behaviour, Community, and Interactivity were used in this research as the based theories and concept. A questionnaire was distributed among 100 respondents who came to Saine Daise Restaurant with three dimensions to measure trust, which were trust, finding informations, and sharing, and three other dimensions to measure interest which were cognitive, affective, and conative. The result of the analysis of the data shows that trust has influenced customer’s interest which is indicated by 0,709 points of coefficient and with 52,5% of determination coefficient. The "trust" dimension plays a very important part compared to other dimension in variable X with the mean of 2,7933. It can be concluded that there is a significant influence between the trust and the customer's interest based on the hypothesis test. Keywords: trust, customer interest
Managing Customer Relationship in Retail Banking – TIPCE as Driver of Customer Loyalty and Word Of Mouth of PT Bank Mandiri. Case Study of Priority Banking Customers in Kelapa Gading. Fidelia Pramesti
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research proposes the idea of applying company culture or philosophy into a set of operation procedure which is applied by all employees. The goals of implementing company culture into a set of procedure are obtain long term profitability by creating loyalty behavioral intention and positive word of mouth from the existing customers. The sample used in this research is priority banking customers in PT Bank Mandiri Indonesia that is located in Kelapa Gading Priority Outlet.  It is founded that customers will generate word of mouth based on what they feel about the bank. In addition, they will remain loyal with the bank if they feel satisfied with the services.
The Impact of Openness to diversity to Work Motivation: Case Study in Banking Industry in Greater Jakarta, Indonesia Mentari de Tanzil
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objectives of this research are to find out how the employee openness to diversity is in banking industry; and what is impact of employee openness to diversity to work motivation. The research was perfomed using quantitave method and the data obtained by administering questionnaire to 200 bank employee in Greater Jakarta area. The result revealed that openness to diversity has positive impact to work motivation. There are three dimensions of openness to diversity , including openness to gender differences, openness to religion differences, and openness to ethnic differences. All the three dimensions have positive and significant impact to work motivation. It means, when the three dimensions are enhanced, the work motivation will increase. However, among the three dimensions, openness to gender differences has the most significant influence to work motivation. Followed by openness to religion differences and the openness to ethnic differences.
IMPLIKASI PERILAKU PENCARIAN VARIASI SEBAGAI PERILAKU PSIKOLOGIS TERHADAP ASPEK MANAJERIAL AAdrian WWijanarko
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini merupakan kajian literatur dalam membahas implikasi perilaku pencarian variasi sebagai perilaku psikologis terhadap aspek manajerial. Walaupun perilaku pencarian variasi merupakan konsep psikologis, konsep ini harus memiliki implikasi praktis untuk bisa diaplikasi ke dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku pencarian variasi merupakan fungsi tingkat stimulasi optimum, keinginan untuk mendapatkan pengalaman menarik, dan keinginan membedakan diri. Artikel ini bermaksud untuk menekankan  aspek manajerial yang dapat di terapkan di kehidupan nyata dari perilaku pencarian variasi. Aspek manajerial tersebut diantaranya adalah (1) segmentasi pasar, (2) perluasan lini produk, (3) promotion proness, (4) pilihan terhadap produk hedonis, (5) kebahagiaan konsumen, (6) penyusunan barang di ritel, (7) loyalitas kesikapan, dan (8) pangsa pasar.
MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMILIHJASA SENAM BAYI DI ROCKSTAR GYM Muhammad Awaludin Setiawan
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis motivasi konsumen dalam memilih jasa senam bayi diRockstar Gym. Analisis ini menggunakan teori motivasi psikologis dari McGuire. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini ialah orang tua yang mengikutkan bayinya ke kelas senam bayi dengan melakukan wawancara semi terstruktur dengan jumlah pertanyaan 20 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi konsumen memilih jasa senam bayi ialah mendapat dorongan dari sumber-sumber informasi yang dipercaya melalu, 1) artikel dan blog, 2) media sosial, 3) saran dari dokter, serta melihat langsung, 4) memiliki pengetahuan tentang perlunya senam bayi, 5) momen anak untuk menentukan pilihannya dalam memilih jasa senam bayi, 6) mengekspresikan perkembangan sang buah hati dari sisi kecerdasan otak dan dari sisi kesehatan, 7) ingin mendaftarkan buah hati ke aktifitas pergerakan fisik, 8) khawatir mengenai dunia anak-anak sekarang, 9) ingin mengekspresikan identitas mereka kepada orang sekitar dengan cara memperlihatkan kedekatan mereka dengan sang buah hati, 10) ingin mengembangkan sosialisasi dan memacu perkembangan motorik kasar sang buah hati.Kata Kunci : senam bayi, motivasi psikologis, kualitatif