cover
Contact Name
Syibromilisi
Contact Email
syibro@stit-buntetpesantren.ac.id
Phone
+6282330222204
Journal Mail Official
tanzhimuna@gmail.com
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Buntet Pesantren Cirebon Jl. Komplek Pondok Buntet Pesantren Desa Mertapada Kulon, Astanajapura, Cirebon, Jawa Barat 45181 Hompage: www.stit-buntetpesantren.ac.id
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Tanzhimuna
ISSN : 2807968X     EISSN : 28080793     DOI : https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v2i02
Core Subject : Education,
TANZHIMUNA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, adalah jurnal berkala terbuka yang dikelola oleh Jurusan Manajemen Pendidikan Islam di STIT Buntet Pesantren Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi alarming 2 kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember. Fokus kajian bertema Manajemen Pendidikan Islam dari berbagai aspek, baik metode dan teknik pembelajaran, media dan desain pembelajaran hingga materi dan kurikulum pembelajaran pendidikan agama islam. TANZHIMUNA menerapkan standar publikasi berkala ilmiah nasional. 
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam" : 8 Documents clear
the Analisis Penerapan 8 Pendidikan Standar Nasional Pada SMA NU Kaplongan Indramayu Dewi Aisyah
TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Buntet Pesantren Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54213/tanzhimuna.v3i1.218

Abstract

Ketercapaian SNP dengan pengamatan pada evaluasi penerapan 8 standar nasional pendidikan di SMA NU Kaplongan Indramayu, dimana penelitian ini memiliki tujuan Memperoleh mengelola pendidikan bermutu dan kompetitif, tidak hanya pada tataran teoretik tapi pada implementatif. Menambah khazanah pengetahuan terutama tentang pengembangan Manajemen lembaga pendidikan secara normatif. dengan sasaran kegiatan evaluasi penerapan 8 standar nasional Pendidikan. Metode yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara langsung untuk memperoleh data/informasi yang lebih akurat, kunjungan kelas khususnya untuk memperoleh gambaran nyata tentang proses pembelajaran, kemudian dengar pendapat untuk menghadapi permasalahan tertentu di sekolah, dan sharing atau serupa dengan dengar pendapat, dan selanjutnya penekanannya lebih kepada upaya untuk berbagi pengalaman dan pendapat, dan yang terakhir dengan Studi dokumen. Evaluasi Penerapan 8 SNP di SMA NU Kaplongan sebagai sekolah yang memiliki kurikulum pelaksanaan proses PAIKEM yang perlu terus ditingkatkan terutama memanfaatkan media elektronik. Kemudian lulusan yang 100%, dan sebagian besar pendidik telah memenuhi kualifikasi S1, kemudian secara umum sudah memenuhi standar pengelolaan pada setiap bidang, dan ketentuan pengelolaan keuangan sangat baik dengan prinsip akuntabilitas dan transparansi. Juga sistem penilaian yang dilaksanakan memenuhi ketentuan. Hasil pemantauan evaluasi penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan di SMA NU Kaplongan Indramayu sekolah secara umum sudah menjalankan dengan baik. Walaupun dari 8 Standar Nasional Pendidikan ada 3 standar yang nilainya masih belum memuaskan seperti Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Sarana Prasarana.
the Efektivitas Media Pembelajaran Daring di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon Afifah Hidayati; Hanifah Islamiyah
TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Buntet Pesantren Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54213/tanzhimuna.v3i1.225

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Manfaat dari penelitian ini akan menjadi evaluasi bagi sekolah untuk membuat media pembelajaran yang lebih baik dan mengetahui aspek-aspek yang perlu diperbaiki. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan survei. Dengan teknik sample multistage cluster sampling, sampel yang didapatkan adalah 271 yang terdiri dari 256 siswi dan 15 guru yang harus mengisi angket manual. Peneliti membagi dua kelompok responden menjadi responden siswi dan guru. Berdasarkan temuan penelitian ini, hasilnya menunjukkan bahwa ada sedikit perbedaan tingkat efektivitas media daring yang digunakan bagi siswi maupun guru. Bagi kelompok responden siswi, e-Learning menjadi media pembelajaran efektif. Sedangkan bagi guru media yang efektif untuk KBM adalah Youtube. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon yang dilakukan secara daring sudah efektif baik bagi peserta didik maupun dewan guru. Namun, masih memiliki kelemahan. Sehingga masih dibutuhkan yang bisa mengakomodir efektifitas pembelajaran yang mencakup ketuntasan pembelajaran, dapat dilangsungkannya interaksi antara peserta didik dengan baik, antar peserta didik dengan dewan guru, dan antar dewan guru sebagai rekan kerja
Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Profesionalisme Guru yang Berkelanjutan Yuyu Krisdiyansah
TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Buntet Pesantren Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54213/tanzhimuna.v3i1.238

Abstract

Penelitian ini tujuan untuk mengetahui Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Profesionalisme Guru yang Berkelanjutan bahwa guru yang profesional mampu memahami karakteristik peserta didik dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Guru adalah sebuah profesi yang bertugas mendidik, mengajar dan membimbing peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan cara wawancara, observasi atau studi lapangan dan studi pustaka. Hasil penelitian guru dalam mengajar dapat dijadikan sebagai salah satu indicator tingkat profesionalitasnya. Guru sebagai tenaga profesional berarti bahwa profesi guru memiliki ciri-ciri atau kriteria khusus sebagai profesi. Sebuah pekerjaan dikatakan profesi jika pekerjaan tersebut dilakukan atas panggilan hati pelakunya sehingga dilakukan dengan senang hati dan tanpa adanya keterpaksaan. Selain itu, sebuah profesi tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, tapi harus dilakukan oleh orang yang terdidik dan terlatih di bidangnya. Sebuah profesi diakui oleh masyarakat sebagai sebuah pekerjaan atau jabatan yang menuntut keahlian. Agar mampu menjalankan profesinya dengan baik, seorang guru harus memiliki berbagai kompetensi, diantaranya kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Pribadi dan Kompetensi Sosial
The Manajemen Pembelajaran Berbasis Kelas Cerdas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAIT Al-Multazam 2 Kabupaten Linggajati Kuningan Edi Gunarto; Hurriyah; Didin Nurul Rosidin
TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Buntet Pesantren Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54213/tanzhimuna.v3i1.248

Abstract

This study aims to: 1) Describe Smart Classroom-based Learning Planning at SMAIT Al-Multazam 2 Linggajati, 2) Describe Smart Classroom-based learning organization at SMAIT Al-Multazam 2 Linggajati, 3) Describe Smart Classroom-based learning at SMAIT Al-Multazam 2 Linggajati, 4) explanation of limitations on Smart Classroom-based learning at SMAIT Al-Multazam 2 Linggajati, 4) Verifying evaluation in Smart Classroom-based learning at SMAIT Al-Multazam 2 Linggajati. The method used in this study is qualitative research which seeks to solve problems encountered during research with data collection techniques through observation, interviews, and study documents. While the data analysis technique is done by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results obtained are: 1) The smart classroom-based learning process involves all levels of management in an institution so that the program runs well. Besides that, the teacher specifically also makes smart classroom-based learning plans contained in the lesson plans. 2) Organizing in a smart classroom includes organizing program implementation which is carried out by dividing team assignments, as well as organizing learning activities in class, which are also carried out for specific purposes. 3) In implementing smart classroom-based learning, the teacher optimizes the use of the smart classroom component to support the learning climate. 4) To carry out program control, it is carried out through evaluation meetings. Meanwhile, the control of learning activities in class is carried out through a systems approach and a behavioral approach. 5) Evaluation for smart classroom-based learning is carried out periodically both to assess the running of the program and to assess student learning outcomes in both cognitive, affective and psychomotor aspects.
Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis WEB Wildan Ahmad Mi'razfauzi; Muhammad Salimi; Seipah Kardipah
TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Buntet Pesantren Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54213/tanzhimuna.v3i1.259

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Web sejauh mana pembelajaran PAI berbasis Web yang merupakan aktfitas pembelajaran menggunakan jaringan internet untuk menyampaikan dan memfasilitasi ketika dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian pustaka (library research). Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi terhadap berbagai literature terkait dengan kepemimpinan profetik, termasuk berbagai hasil penelitian yang relevan dengan fokus kajian. Hasil dari penelitian ini adalah Peranan internet dalam pendidikan sangat menguntungkan karena kemampuanya dalam mengelola data dengan jumlah yang sangat besar. Perkembangan-perkembangan tersebut harus direspon juga dalam pembelajaran PAI. Materi-materi PAI ke depan juga harus dikemas dalam Web, sehingga memudahkan siswa mengakses materi PAI. Materi Web PAI juga sebagai sumber belajar lain yang memungkinkan siapa saja untuk mengakses atau mengunduhnya.
Penerapan Metode Menghafal Al-Qur`An (Studi Komparatif di SMAIT, STIQ Al-Multazam dan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional Jawa Barat) Devi Imron Rosadi
TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Buntet Pesantren Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54213/tanzhimuna.v3i1.260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1). Menjelaskan efektifitas tiga metode tersebut di tiga lembaga berbeda, (2). Menjelaskan signifikansi penerapan metode menghafal al-qur`an, (3). Menjelaskan problematika dan upaya penanggulangannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian memperoleh : penerapan metode menghafal al-qur`an (ummi, SaHal dan yadain) di tiga lembaga besar dengan segmen berbeda penghafalnya. Signifikansi kesesuaian teori dan realita dilapangan dalam penerapan metode-metode tersebut. Problematika metode menghafal tersebut: (1) Rasa malas yang terjadi pada para santri, (2) Faktor usia/tingkat kecerdasan yang berbeda-beda (3) Semangat dan keinginannya lemah (4) Media elektronik/teknologi. Adapun upaya penanggulangannya :(1) Lawan rasa malas dengan niat dan semangat yang tinggi. (2) Atur waktu sebaik dan se efisen mungkin. (3) Optimis dan besarkan husnudzon kepada Allah Swt. (4) Jadikan Media elektronik/teknologi sebagai ladang dakwah. Efektifitas dan signifikansinya tiga metode menghafal dalam menjaga dan mencapai targetan hafalan Al-Qur’an di SMAIT,STIQ Al-Multazam dan Yayasan Karantina Tahfidz Nasional Kuningan Jawa barat ini yaitu dengan konsistensi waktu dalam setoran mengulang (murojaah) sehingga dapat melahirkan para hafidz/ah dan menjadikan alat elektronik berupa hand phone sebagai sarana dakwah.
Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MA Mafatihul Huda Depok Cirebon Sumyati; Syibromilisi; Suklani
TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Buntet Pesantren Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54213/tanzhimuna.v3i1.261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menghasilkan pelaksanaan supervise kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di MA Mafatihul Huda Depok Cirebon. Teknik pengmpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa program supervise dan instrument dalam melaksanakan supervise yang dimiliki MA Mafatihul Huda Depok Cirebon dibuat secara bersama-sama antara kepala sekolah dengan para guru. Selanjutnya kepala sekolah memberi jadwal kapan akan dilaksanakan supervise dalam melaksanakan tugas mengajarnya di dalam kelas. Selain itu diadakan pertemuan secara personal antara kepala sekolah dengan guru untuk mendiskusikan hasil supervise. Lebih lanjut dalam pertemuan tersebut kepala sekolah memberikan saran dan solusi terbaik untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas guru kelas yang bersangkutan.
Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Studi Kasus di MTs N 1 Cirebon) Faizal Amir
TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Buntet Pesantren Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54213/tanzhimuna.v3i1.270

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui manajemen mutu terpadu yang diterapkan di MTs N 1 Cirebon. Sejauh mana mutu layanan terhadap siswa, mutu sumber daya manusia, mutu sarana prasarana, mutu proses pembelajaran, dan mutu lulusan yang diterapkan di MTs N 1 Cirebon. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah mutu layanan terhadap siswa sangat memadai, sumber daya manusia yang dimiliki MTs N 1 Cirebon menjungjung tinggi profesionalisme, mutu lingkungan atau sarana prasarana yang dimiliki MTs N 1 Cirebon lengkap. Sedangkan mutu dalam proses pembelajaran setiap guru melaksanakan proses administrasi dengan rapih dan beberapa guru juga dapat mengembangkan kemampuannya lewat program MGMP. Adapaun lulusan dari MTs N 1 Cirebon mampu menjadi sosok yang bermutu, baik dari segi mutu fikir, dzikir dan mutu fikir, dzikir, maupun mutu dalam menyiapkan kemampuan untuk menangkap peluang untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Page 1 of 1 | Total Record : 8