cover
Contact Name
Hafiedh Hasan
Contact Email
hafiedhasan@stitpemalang.ac.id
Phone
+6285743476734
Journal Mail Official
promis@journal.stitpemalang.ac.id
Editorial Address
Jl. D.I Panjaitan KM. 3 Paduraksa, Pemalang
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Promis
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27459837     EISSN : 27766209     DOI : https://doi.org/10.58410/promis
Promis adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi managemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang manajemen pendidikan dan pengembangan khususnya pada lembaga pendidikan Islam. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi MPI dan publikasi karya ilmiah dosen dan pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. Promis terbit pada Edisi Maret dan September setiap tahunnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Promis" : 5 Documents clear
KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI SMK ISLAM RANDUDONGKAL Najib Faqihuddin; Hafiedh Hasan; Ibni Trisal Adam
Jurnal Ilmiah Promis Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.901 KB) | DOI: 10.58410/promis.v2i1.312

Abstract

Pendidikan diperspektifkan bermacam versi oleh masyarakat. Ada yang memperspektifkan sebagai sebuah upaya pendewasaan rohani dan jasmani individu ataupun kelompok masyarakat. upaya pemindahan tradisi dan pelestarian dari satu generasi ke generasi lainnya, upaya pembekalan pengetahuan dan ketrampilan yang di butuhkan oleh masyarakat, upaya rekayasa sosial untuk merubah peradaban, pendidikan sebagai ukuran strata sosial, dan ada pula yang mengidentikkan pendidikan dengan sekolah dan atau belajar. Mengkaji tentang pendidikan Islam pasti tidak terlepas dari manajemen untuk menunjang proses berjalannya pendidikan. Menurut Tilaar mengartikan manajemen pendidikan sebagai suatu kegiatan yang mengimplikasikan adanya perencanaan atau rencana pendidikan serta kegiatan implementasinya. SMK Islam Randudongkal merupakan salah satu sekolah yang di observasi oleh peneliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep manajemen pendidikan Islam dan mendeskripsikan konsep manajemen pendidikan Islam di SMK Islam Randudongkal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik tersebut digunakan untuk mengetahui tentang konsep manajemen pendidikan Islam di SMK Islam Randudongkal. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMK Islam Randudongkal telah menerapkan konsep manajemen pendidikan Islam yang berbasis Islam. Konsep tersebut meliputi Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Staffing (Kepemimpinan Staff), dan Controlling (Pengontrolan).
MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK DI MTS SYARIF HIDAYATULLAH Tria Ratnasari Tria
Jurnal Ilmiah Promis Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.04 KB) | DOI: 10.58410/promis.v2i1.387

Abstract

Kepala madrasah memiliki peran yang besar dalam setiap sudut manajemen yang diterapkan dalam lembaga pendidikan, salah satunya manajemen strategik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajerial kepala madrasah, mengetahui implementasi manajemen strategik, serta untuk mengetahui manajerial kepala madrasah dalam implementasi manajemen strategik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen utama untuk mendapatkan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses manajerial kepala madrasah dilakukan melalui empat tahap kegiatan. Empat tahap kegiatan tersebut yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling). 2) implementasi manajemen strategik meliputi formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Secara garis besar sudah memenuhi tahap implementasi strategik, namun pada tahap formulasi strategi tidak melakukan analisis SWOT dan langsung merumuskan strategi. 3) manajerial kepala madrasah dalam implementasi manajemen strategik dapat dilihat dalam tahap kegiatan manajerial yang di dalamnya terdapat unsur fungsi, kompetensi, keterampilan, dan peran manajerial.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SE- YMI WONOPRINGGO Muhammad Nasrullah
Jurnal Ilmiah Promis Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.444 KB) | DOI: 10.58410/promis.v2i1.388

Abstract

Penelitian kausal ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasi terhadap prestasi kerja guru Madrasah ibtidaiyah (MI) yang berafiliasi dengan YMI Wonopringgo, Pekalongan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan analisis jalur yang diterapkan menguji hipotesis. 55 guru telah dipilih sebagai unit analisis. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Transformasional terhadap Prestasi Kerja, (2) terdapat pengaruh langsung positif komitmen organisasi terhadap Prestasi Kerja, (3) terdapat pengaruh langsung positif dari kepemimpinan transformasional pada komitmen organisasi.
MANAJEMEN STRATEGIK DALAM KAJIAN MPI PADA ERA PANDEMI COVID-19 Rizqiyana Rizqiyana
Jurnal Ilmiah Promis Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.582 KB) | DOI: 10.58410/promis.v2i1.392

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategic dalam kajian Manajemen Pendidikan Islam pada era pandemic Covid-19. Fokus pembahasan ini diuraikan menjadi beberapa rumusan masalah, antara lain (1) teori/ konsep Red Ocean Strategic dan Blue Ocean Strategic pada era Pandemi Covid-19 (2) Praxis Red Ocean Strategic dan Blue Ocean Strategic pada era Pandemi Covid-19. Rumusan Masalah dijelaskan melalui kajian pustaka (literature review) dengan mengumpulkan beberapa buku atau laporan ilmiah yang terdapat dalam artikel atau jurnal berkenaan tentang konsep Red Ocean Strategic dan Blue Ocean Strategic. Dapat disimpulkan bahwa teori/konsep Red Ocean Strategic dan Blue Ocean Strategic pada era Pandemi Covid-19 adalah memerlukan konsep kerja secara analisis untuk menciptakan samudra biru dan prinsip-prinsip untuk mengelola masalah secara efektif yaitu: (1) Permusan Strategi Blue Ocean (2) Inovasi Nilai (3) Kanvas strategi adalah kerangka aksi sekaligus menentukan/meneliti untuk membangun strategi samudra biru yang baik (4) Kerangka Kerja Empat Langkah Kerangka kerja empat langkah merupakan cara untuk memperoleh nilai yang besar berbasis lower cost dan membangun ulang elemen-elemen pembeli dalam membuat kurva nilai baru.
MENUNTUT ILMU SARANA PENGEMBANGAN DIRI DALAM PERSEPEKTIF ISLAM Muhammad Ghozali
Jurnal Ilmiah Promis Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.461 KB) | DOI: 10.58410/promis.v2i1.393

Abstract

Ilmu merupakan pengetahuan yang diperoleh melalui metodologi ilmiah, perilaku sosial, budaya, ataupun fenomena alam yang bisa diamati dan diukur secara sistematis sehingga menjadikan seseorang untuk nantinya dapat memilih pada yang haq dan batil. Metode yang digunakan yaitu penelitian pustaka dengan teknik baca dan catat. Penelitian ini mendeskripsikan bahwa untuk mengembangkan diri salahsatunya dengan bergiat dalam menuntut ilmu sebagai sarana dalam menjalani hidup yang lebih terarah. Islam sangat menjujung tinggi dan memotivasi diri untuk selalu menuntut ilmu sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadis.Semakin pesatnya kemajuan zaman saat ini menjadikan umat Islam mudah mengadopsi dan cenderung mengikuti konsep yang digaungkan orang Barat dengan menelan mentah-mentah ilmu yang disampaikan sehingga menjadikan kebingungan dan terkikisnya suatu kekhasan Islam itu sendiri. Oleh karena itu, upaya dalam mengembangkan dan mengembalikan identitas Islam semestinya diawali saat menggali ilmu yang tetap berlandas pada pedoman hidup umat Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 5