cover
Contact Name
Hafiedh Hasan
Contact Email
hafiedhasan@stitpemalang.ac.id
Phone
+6285743476734
Journal Mail Official
promis@journal.stitpemalang.ac.id
Editorial Address
Jl. D.I Panjaitan KM. 3 Paduraksa, Pemalang
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Promis
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27459837     EISSN : 27766209     DOI : https://doi.org/10.58410/promis
Promis adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi managemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang manajemen pendidikan dan pengembangan khususnya pada lembaga pendidikan Islam. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi MPI dan publikasi karya ilmiah dosen dan pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. Promis terbit pada Edisi Maret dan September setiap tahunnya.
Articles 30 Documents
PENERAPAN KURIKULUM TEMATIK barep aji prakoso; Mustofa Kamal,; Ridwan
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.533 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i1.157

Abstract

Memasuki tahun pelajaran 2013 beberapa institusi pendidikan, baik di tingkat dasar ataupun sejajarnya mulai memberlakukan kurikulum baru sebagai model pelaksanaan pendidikan. Kurikulum tersebut adalah Kurikulum Berbasis Tematik atau KBT. Orientasi kurikulum berbasis tematik mengarah pada bagaimana menciptakan peserta didik yang aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar. Posisi guru tidak lagi menjadi sumber belajar siswa. Guru hanya sebagai fasilitator dan mediator pembelajaran yang bersifat mengarahkan, dan memotifasi belajar siswa. Pelaksanaan kurikulum KBT ternyata tidak hanya pada sekolah-sekolah yang notabennya di bawah Depdiknas. Madrasah-madrasah di bawah Depag juga mulai memberlakukan kurikulum KBT sebagai kurikulum baru. Salah satu madrasah yang dimaksud adalah MI Salafiyah Gombong Warungpring. Penelitian ini merupakan kajian tentang proses pelaksanaan kurikulum KBT pada lembaga pendidikan tingkat dasar dengan mengambil lokasi penelitian di MI Salafiyah Gombong Warungpring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan memilih metode deskriptif ini karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk mensukseskan kurikulum KBT kebijakan yang diambil oleh MI Salafiyah Gombong adalah memberikan pemahaman kepada guru melalui berbagai kegiatan pelatihan dan workshop, membentuk badan KKGMI, dan pengadaan referensi. Kemudian pelaksanaan kurikulum dapat diketahui dari bagaimana kemampuan guru menyusun rancangan pembelajaran, model pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kemudian juga hasil pelaksananaan KBT di MI Salafiyah Gombong dapat dilihat dari kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan juga sikap siswa yang proaktif dalam mengikuti kegiatan dan pembelajaran dan pencapaian prestasi siswa dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
PERAN GURU TPQ DALAM MENGATASI KESULIATAN MEMBACA AL-QURAN Afifah Yuliawanti; Purnama Rozak; hafiedh Hasan
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.078 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i1.158

Abstract

Guru TPQ mempunya peran sangat penting dalam mendidik dan bacaan Al-Quran pada berkaitan tentang bacaan Al-Quran yang tidak lancar bacaannya, belum tepat cara membaca huruf hijaiyyah dan belum lancar dalam membaca. Kemampuan membaca Al-Quran merupakan hal sangat penting bagi umat Islam, sehingga perlu adanya pembelajaran sejak usia dini. Seperti yang dilaksanakan di TPQ Lu’luil Ma’nun desa Kebanggan kecamatan Moga. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru TPQ dalam mengatasi kesulitan membaca dan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Quran siswa di TPQ Lu’luilma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga. Peneliitian menggunakan pendekatan kualitatif, lebih lanjut, mementingkan pada proses dibandingkan dengan hasil akhir. Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran Di TPQ Lu’luil ma’nun Desa Kebanggan Guru TPQ Lu’luil ma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran yaitu dengan cara menggunakan metode Al-Ma’arif metode yang mudah di pahami dan diterima oleh siswa siswi TPQ Lu’luil ma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga. Cara meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran matri di ulang sampai dua kali lebih agar siswa-siswi bisa membaca Jilid dan Al Quran dengan benar
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 03 SEWAKA Fidia Nur Latifah; Muntoha; Imam Faizin
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.255 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i1.159

Abstract

Kurikulum 2013 diharapkan dapat implementasikan dan memenuhi standarisasi evaluasi belajar siswa dengan tujuan agar dapat meningkatkan kualitas yaitu dengan penerapan konsep baru dalam pembelajaran. Penerapan kurikulum 2013 tidak mudah diterapkan secara universal yang perlu adanya sosialisasi dan proses pengalaman. Implementasi kurikulum 2013 pada tingkat Sekolah Dasar yang diterapkan di SD Negeri 03 Sewaka Tahun Pelajan 2018/2019 memiliki tujuan mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran, mengetahui hasil yang di capai kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dan mengetahui evaluasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SD Negeri 03 Sewaka tahun 2018/2019. Jenis penelitian yang digunaka yaitu dengan penelitian kualitatif, sedanngkan hasil dari penelitian yaitu: implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SD Negeri 03 Sewaka tahun 2018/2019 belum dilaksanakan ke seluruh tingkatan kelas dikarenakan SD Negeri 03 Sewaka, hasil yang di capai kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara efektif dan efisien serta evaluasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran agar dapat tercapai suatu hasil yang diharapkan.
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS ilma fitrianita; Amiroh Amiroh; puji dwi darmoko
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.012 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i1.160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Pemalang, serta untuk mengetahui upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas VII di SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Ajaran 2018/2019, dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi serta menentukan instrumen yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti dan selanjutnya dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat penguasaan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Pemalang yang berjumlah 3 orang cukup baik, dan persepsi mereka terhadap kompetensi pedagogik yang dimiliki juga cukup baik hal ini dapat dilihat pada peranannya sebagai pengelola kelas guru mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif melalui pengawasan kegiatan belajar mengajar yang di lakukan.
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN Yuliana Hermawanti; Nisrokha Nisrokha; wahyudin wahyudin
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.271 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i1.161

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dan mengetahui relevansi konsep pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dengan konsep pendidikan Islam pada zaman sekarang. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian Kepustakaan (Library Research). Dengan teknik pengumpulan data dokumenter yaitu penggalian bahan-bahan pustaka yang kohoren dengan objek pembahasan yang dimaksud. Sedangkan analisis data yang dipakai dengan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan Islam menurut KH Ahmad Dahlan adalah pendidikan yang mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan agama, menjaga keseimbangan, bercorak intelektual, moral dan religius. Hal tersebut terperinci kedalam tiga aspek yang meliputi: 1) tujuan pendidikan, 2) materi atau kurikulum pendidikan Islam, 3) metode atau teknik pengajaran. 4) kurikulum yang di kembangkan. Kemudian Relevansi Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan Dengan Tujuan Pendidikan Nasional adalah: bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Materi pendidikan yang K.H. Ahmad Dahlan gunakan ialah pendidikan moral, pendidikan individu, dan sosial. Sehingga mampu mencetak generani penerus bangsa yang taqwa, beriman dan berwawasan luas.
PEMILIHAN METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BLENDED LEARNING Lukman lukman; Akhmad Zaenul Ibad
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.396 KB)

Abstract

Teknologi informasi saat ini mempengaruhi metode dan proses pembelajaran. Metode dan proses pembelajaran saat ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam kebutuhan belajarnya. Disamping pembelajaran tatap muka (face to face), perlu juga untuk menerapkan metode online learning dalam proses pembelajarannya. Penggabungan antara metode tatap muka dengan online learning inilah yang disebut dengan blended learning. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan perlu adanya penyesuaian metode sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan metode blended learning. Dalam penerapan blended learning perlu untuk mengetahui empat macam seting pembelajaran beserta strategi yang digunakan secara efektif. Empat macam seting pembelajaran itu adalah synchronous langsung, synchrounous maya, asynchronous mandiri, dan asynchronous kolaboratif. Selain mengetahui seting belajar tersebut, perlu juga untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan setiap strategi pembelajarannya, sehingga penggunaan media pembelajaran dapat digunakan secara tepat guna. Dengan adanya penggabungan dari metode tatap muka dengan pembelajaran online harapannya siswa dapat mempunyai kesempatan yang besar dalam mengakses materi menggunakan sarana teknologi dan informasi yang ada.
SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI Anas Anas; Doni Harfianto
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.03 KB) | DOI: 10.58410/promis.v1i2.207

Abstract

Kemajuan suatu negara tidak bisa jauh dari kemapanan sumber daya manusia warga negara tersebut. Dalam meningkatkan sumber daya manusia memerlukan adanya perjuangan yang besar dari berbagai aspek, terutama dalam bidang pendidikan perlu adanya pengelolaan (manajemen), perancangan kurikulum, pengenbangan program, kebebasan akademik dan pembinaan sumber daya yang ada sehingga akan terwujud manusia yang mandiri, bertanggungjawab, kreatif, inovatif, berilmu, sehat dan berakhlak mulia baik dilihat dari aspek jasmani maupun rohani. Jenis penelitian yang digunakan dengan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan memilih metode deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, latar belakang pendidikan dengan tingkat pengangguran, tantangan sumber daya manusia Indonesia di era globalisasi, persaingan sumber daya manusia Indonesia di lapangan kerja global, arah pembangunan sumber daya manusia agar berdayasaing global dan upaya pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter dan berbudaya. Hasil dari penelitian bertujuan untuk melakukan berbagai usaha meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam era globalisasi.
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN TALKING STICK PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI KELAS VII Se-KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2019/2020 Julian Reza siwi; Ayu Eka Putri
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.619 KB)

Abstract

The objectives of this study were to find out on the topic of two dimentional figure: (1) which was better between Example Non Example, talking stick or Direct learning that produce learning achievement; (2) which one had better learning achievement between students with high, medium or low categories of independency learning; (3) at each category of independency learning, which was better between Example Non Example, talking stick or Direct learning that produce learning achievement; and (4) at each model pembelajaran, which one had better learning achievement between students with high, medium or low categories of independency learning. This study was a quasi-experimental with 3´3 factorial design. The population was all of students in seventh grade of State Junior High School in Pemalang Regency on Academic Year 2019/2020. The samples were taken by using a stratified cluster random sampling technique. The samples was students in seventh grade of SMP Negeri 1 Randudongkal, Moga and Pulosari. The instrument of this study were independency learning questionnaire and learning achievement test. The questionnaire tryout included content validity, internal consistency and reliability, and the test tryout included content validity, difficulty level, discrimination power, and reliability. Before the experiment was done, the balance of prior knowledge was examined by using unbalanced one way anova test. The hypothesis test used unbalanced two ways anova. Test requirements included normality test used Lilliefors method and the homogeneity test used the Bartlett test. The results of the study were as follows: (1) the Example Non Example model produce the learning achievement better than the Talking Stick and direct learning, the Talking Stick model give the same learning achievement as the direct learning; (2) the high and medium categories of independency learning have the same learning achievement, and both category of independency learning have better learning achievement from low categories of independency learning; (3) at each categories of independency learning, the Example Non Example model produce the learning achievement better than the Talking Stick and direct learning, the Talking Stick give the same learning achievement as the direct learning; and (4) at each models, the high and medium categories of independency learning have the same learning achievement, and both of category of independency learning style have better learning achievement from low categories of independency learning.
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS SEKOLAH DI RUMAH TAHFIZH IL-MINA PEMALANG Nursidiq Nursidiq; Hafiedh Hasan
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (854.864 KB)

Abstract

Manajemen yang baik sangatlah diperlukan demi keberhasilan lembaga pendidkan, karenanya lembaga pendidikan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan visi dan misinya. Masyarakat beranggapan bahwa materi ajar yang di sekolah umum terutama pada tingkat sekolah dasar di Pemalang terlalu berat, hasilnya pun kurang memuaskan sebagian orangtua. Sehingga sebagian orang memilih untuk memasukan anaknya pada lembaga pendidikan swasta yang menawarkan pendidikan dengan sistem homeschooling berbasis Islam seperti rumah Tahfizh il- mina. Keunggulan Rumah Tahfizh Ilmina: pertama, menawarkan kompetensi santri berupa: hafal Al-Qur‟an, mampu berbahasa arab, serta berbagai materi pelajaran keagamaan yang ditopang dengan ijazah kesetaraan. Animo masyarakat pun tinggi sehingga peminat terus bertambah. Kedua, meski baru berdiri namun mampu mendidik anak-anak menghafal Al-Qur‟an ½ juz dalam sebulan. Ketiga, menjadikan al-‘Arabiyyah Baina Yadaik sebagai buku panduan dalam materi bahasa Arab, padahal buku tersebut biasa digunakan pada tingkat sekolah menengah pertama keatas. Rumah tahfizh il-mina menerapkan sistem MBS dalam pelaksanaan proses pendidikannya. Sekolah ini juga telah melakukan pemberdayaan dalam manajemen seperti; kurikulum dan pengajaran,kesiswaan,keuangan dan pembiayaan, tenaga kependidikan, serta sarana prasarana. Faktor pendukung manajemen pendidikan di Rumah Tahfizh il-Mina di Pemalang antara lain; letak yang strategis, dukungan donator, serta tenaga pendidik yang hafal qur’an 30 juz dan memahami bahasa arab dan berpengalaman di bidangnya.
PERAN PENTING ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI Nova Khairul Anam,; Mochamad Afroni
Jurnal Ilmiah Promis Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Promis
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.674 KB)

Abstract

Karya tulis ilmiah ini membahas tentang pentingnya pendidikan bahasa Inggris untuk anak usia dini. Pendidikan bahasa Inggris sangat dibutuhkan seiring dengan kemajuan sebuah negara. Karenanya pendidikan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional mulai diperkenalkan sedini mungkin kepada anak didik sebelum mereka menginjak umur 12 tahun. Anak usia dini adalah anak pada rentang usia 2-7 tahun dan merupakan masa periode emas untuk mengembangkan kemampuan berbahasa. Mereka mampu belajar berbahasa seperti penutur aslinya. Akan tetapi, mereka masih pada kondisi perkembangan kognitif praoperasional yaitu belum mengerti hal-hal abstrak, hanya mengerti pada simbol-simbol dan masih berpikiran pra-logis. Oleh sebab itu, pendidikan bahasa Inggris untuk anak membutuhkan metode dan proses pengajaran yang tepat dan efektif, misalnya melalui nyanyian, musik, dan mengutamakan fisik. Metode tersebut dianggap berhasil dan sangat sesuai bagi pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini. Untuk mengembangkan metode tersebut juga membutuhkan peran guru dan orang tua dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.

Page 1 of 3 | Total Record : 30