cover
Contact Name
Debi Setiawan
Contact Email
rumahjurnalrahmatan@gmail.com
Phone
+6281297409136
Journal Mail Official
jurnalcerdas@gmail.com
Editorial Address
Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah Jl. Datuk Tunggul, Kel Teluk Kenidai, Kec Tambang, Kab Kampar, Prov Riau, Indonesia.
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Cerdas-Jurnal Pendidikan
ISSN : 29647053     EISSN : 29647053     DOI : -
Core Subject : Education,
Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Media Pembelajaran, RnD Pembelajaran, Pengembangan Pembelajaran dan Praktek Mengajar Pembelajaran.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022)" : 5 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Timika Wilhem Alilyaman; A. Rasul; Subhanudin Subhanudin
CERDAS - Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Rahmatan Fidunya Wal Akhirah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.399 KB) | DOI: 10.58794/cerdas.v1i1.113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika,(2)Hasil belajar matematika setelah menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan untuk tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika materi Segi Empat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Timika dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII C yang berjumlah 31 orang, terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Timika pada materi Segi Empat dan penggunaannya dapat dilihat dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada tiap siklus. Siklus 1 hasil belajar peserta didik memiliki nilai rata-rata 69 dengan presentase ketuntasan belajar 41,93%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 77,12 dengan presentase ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Timika pada mata pelajaran Matematika materi Segi Empat.
Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Perkalian Pada Kelas VII SMP Yosua Timika Kasparina Yempormase; Subhanudin Subhanudin; A. Rasul
CERDAS - Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Rahmatan Fidunya Wal Akhirah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.602 KB) | DOI: 10.58794/cerdas.v1i1.114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi operasi perkalian kelas VII SMP Yosua Timika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Yosua Timika. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas, wawancara dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pendekatan saintifik pada materi operasi perkalian dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Kemampuan belajar siswa ditingkatkan dengan cara membentuk kelompok siswa secara heterogen, memotivasi siswa dengan memberikan nilai tambahan, dan memberi kesempatan secara luas kepada seluruh siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasannya dalam proses belajar maupun diskusi kelompok, dengan demikian peningkatan kemampuan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus dengan melakukan tindakan memberikan lembar kerja siswa berbasis saintifik. Hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus mulai meningkat dari Siklus I yaitu; 64,64 dan Siklus II yaitu; 73,24. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Matematika dengan materi operasi perkalian bilangan bulat dapat meningkatkan aktifitas belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika siswa.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SMP Negeri Ayuka Timika Pada Materi Pokok Pecahan Campuran Desi Toifah; A. Rasul; Subhanudin Subhanudin
CERDAS - Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Rahmatan Fidunya Wal Akhirah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.034 KB) | DOI: 10.58794/cerdas.v1i1.115

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Ayuka Timika Pada Materi Pokok Pecahan Campuran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik SMP Negeri 12 Ayuka melalui metode Tipe Team Games Tournament (Tgt). Metode penelitian ini adalah kuantitaf dan kualitatif. Sampel penelitian adalah kelass VII SMP Negeri Ayuka sebanyak 21 Siswa. Instrument yang digunakan dalam pengambilan atau pengumpulan data berupa tes yang dilakukan setelah belajar mengajar berlangsung. Peningkatan belajar ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa mulai dari tes awal pra tindakan dengan skor nilai ketuntasan 28,57% dan setelah adanya Tipe Team Games Tournament (Tgt) mencapai nilai ketuntasan 52,38% untuk tes siklus I dan 71,42% untuk tes siklus II. Sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil simpulan bahwa hasil pecahan campuran pada siswa kelas VII SMP Negeri Ayuka akan bias meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Tipe Team Games Tournament (TGT).
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Cordova Timika Papua Saria Bilolo; A. Rasul; Ruben Sonda
CERDAS - Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Rahmatan Fidunya Wal Akhirah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.997 KB) | DOI: 10.58794/cerdas.v1i1.116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Cordova Timika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini terdiri dari kelas eksprerimen yaitu kelas eksperimen kelas VII A sebanyak 20 orang dan kelas kontrol yaitu kelas VII C sebanyak 20 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebanyak 22,7% hasil belajar matematika siswa ditentukan oleh model pembelajaran Problem Based Learning. Sisanya 77,3% hasil belajar matematika siswa ditentukan oleh variabel lain. Dengan persamaan regresinya regresinya = 98 + 7,5X.
Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Permasamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA Negeri 2 Mimika Vivi Vebriana; A. Rasul; Densemina Densemina
CERDAS - Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Rahmatan Fidunya Wal Akhirah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.984 KB) | DOI: 10.58794/cerdas.v1i1.117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eskperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Mimika pada bulan Agustus-September 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Mimika yang berjumlah 77 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 orang siswa yang terdiri atas dua kelas yakni kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam perlakuannya dengan metode diskusi kelompok sedangkan kelas kontrol hanya menggunakan metode konvensional (ceramah) dalam proses pembelajaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Berdasarkan analisis hasil penelitian yang diperoleh dari kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dapat dilihat bahwa penggunaan metode diskusi pada kelompok eksperimen dalam proses pembelajaran dengan jumlah nilai 1.029, nilai minimum 28, nilai maksimum 45, nilai rata-rata 36,75 dan variansi 27,083. Sebaliknya pada kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh jumlah keseluruhan nilai hasil belajar adalah 800, nilai minimum 23, nilai maksimum 40, nilai rata-rata 32 dan varian 25,306. Pengujian hipotesis hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Mimika. Dari hasil analisis diperoleh bahwa thitung > ttabel (3,376 > 1,675), maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5