cover
Contact Name
Ellya Nurfarida
Contact Email
ellya.nurfarida@polinema.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jtim@polinema.ac.id
Editorial Address
Prodi D3 Manajemen Informatika PSDKU POLINEMA KOTA KEDIRI Jalan Lingkar Maskumambang No 1 Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Multimedia
ISSN : 2252486X     EISSN : 25484710     DOI : -
Core Subject : Science,
Game Technology, Image Processing, computer vision, Information retrieval, machine learning, biomedical engineering, computer security, Digital Forensics, Wireless Sensor, Human-Computer Interaction, dan Software Development.
Articles 87 Documents
Pembuatan Aplikasi E-Learning sebagai Media Pembelajaran Online pada Politeknik Kediri Ajeng Yuli; Andika Kurnia Adi Pradana; Nur Laila Ulfah
Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema Vol. 2 No. 1 (2010): Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jim.v2i1.141

Abstract

e-Learning adalah aplikasi untuk saling berbagi ilmu pengetahuan diantara mahasiswa dan dosen jurusan, atau merupakan suatu sistem belajar jarak jauh dengan berbasis teknologi informasi. E-learning telah menujadi suatu kebutuhan bagi civitas akademika, mengingat baik dosen, mahasiswa maupun institusi Pendidikan telah memanfaatkan teknologi komputer dalaml proses belajar mengajar. Politeknik Kediri sebagai civitas akademika, memiliki peluang dan kemampuan untuk mengimplementasikan e-learning sebagai sarana peningkatan kualitas Pendidikan terutama dalam proses belajar mengajar, karena proses belajar mengajar di Politeknik Kediri cenderung dilakukan di kampus pada jam perluliahan. Aplikasi e-learning untuk Politeknik Kediri memiliki bebnerapa menu seperti menu artikel, menu info dan menu yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa dan dosen dalam menambah atau melihat materi, melihat mahasiswa, melihat dan memberi nilai mahasiswa, mengikuti mata kuliah dan melakukan tanya jawab dengan seluruh mahasiswa maupun dosen Politeknik Kediri. Dengan adanya aplikasi ini, mahasiswa dan dosen dapat melakukan kegiatan belajar mengajar maupun saling berbagi ilmu pengetahuan di luar jam perkuliahanm tanpa terbatas jarak dan waktu. Sehingga kegiatan belajar mengajar di Politeknik Kediri menjadi mudan, lebih efektif dan efisien.
Perancangan Sistem Informasi Administrasi Tugas Akhir (SIATA) Berbasis Web Pada PSDKU Politeknik Negeri Malang di Kota Kediri Selvia Ferdiana Kusuma; Muhammad Faizal Izak; Herliana Adawiyyah; Dika Andika
Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema Vol. 14 No. 1 (2022): Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1746.679 KB) | DOI: 10.33795/jim.v14i1.355

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian perancangan sistem informasi administrasi tugas akhir berbasis web pada PSDKU POLINEMA di Kota Kediri dengan menggunakan model waterfall yang tahapannya terdiri dari analisis sistem, perancangan, pengkodean dan uji coba sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mempercepat, mempermudah dan meningkatkan akurasi proses administrasi ujian tugas akhir yang sebelumnya masih dilakukan secara manual yaitu mengandalkan kertas sebagai dokumen utama, serta adanya komunikasi dan koordinasi yang masih dilakukan secara offline. Hal ini dapat mengakibatkan adanya tumpukan berkas pada ruangan, tentunya mengakibatkan kesulitan dalam pengelolaan berkas administrasi mahasiswa. Proses pengelolaan tentunya akan lebih menyita banyak waktu dan tenaga. Fitur pada sistem informasi yang disediakan meliputi upload file kelengkapan berkas, melakukan revisi secara online, kelola dosen pembimbing dan penguji serta penilaian oleh dosen pembimbing dan penguji dengan menerapkan sistem yang lebih terkomputerisasi dan tersusun secara sistematis. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, sistem dapat berjalan sesuai dengan ketentuan dapat digunakan sebagai penunjang proses administrasi ujian tugas akhir dengan memperhatikan aspek efektifitas dan efisiensi waktu serta tempat.
E-Recruitment BEM PSDKU Polinema Di Kota Kediri (Rekomendasi Pemilihan Kementrian Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor) Fadelis Sukya; Isna Uswatun K; Muhamad Efendi M
Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema Vol. 14 No. 1 (2022): Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.828 KB) | DOI: 10.33795/jim.v14i1.356

Abstract

Open Recruitment is an activity that must be carried out every year by BEM PSDKU to recruit new members. So far, these activities are still carried out manually by collecting registration files and registration forms in hardfile form to the committee. So that the committee must check the participant's files one by one and it will take a long time. In addition, the risk of losing files is also very possible, even though registration data is important data for the implementation of the next selection. Another problem is that participants are often confused and hesitant to decide which ministry to choose when registering as a new member of the BEM. Usually to overcome this problem participants only consult directly with existing BEM members so that they get a recommendation for a ministry position that suits their interests or seek information independently on BEM social media.Therefore, it is necessary to develop an online Recruitment system for the Ministry's Recommendation section using the website-based K-Nearest Neighbor Method. The system is designed and implemented using PHP, MySQL, HTML, CSS, JavaScript, and Boostrap. This system has also been tested by several users and the result is that each user can process form data and participant registration files more easily and quickly. In addition, participants can also use the available decision support system to obtain recommendations from the ministry as a provision to register at the BEM.
Sistem Informasi Program Kerja ASLAB Berbasis Web (Studi Kasus GI-BEI PSDKU Polinema di Kota Kediri) Yanda Muhammad Naufall. A; Ellya Nufarida; Agustono Heriadi
Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema Vol. 14 No. 1 (2022): Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.109 KB) | DOI: 10.33795/jim.v14i1.357

Abstract

Data processing of work programs at the Indonesian Stock Exchange Investment Gallery Laboratory Assistant (ASLAB GI-BEI) belonging to the accounting department at the PSDKU Polinema campus in Kediri City is still running with a manual system. This work program data processing still uses paper to record the formation of the committee, attendance data and meeting minutes. Then for the work program data processing using the Microsoft Excel application to create reports. Work program data will not be effective if data recording is done manually. Besides being difficult, recording data manually using paper is very risky, such as damage and loss of recording books. Meanwhile, recording data using the Microsoft Excel application is also less efficient and effective, which allows redundancy and errors in writing data. Therefore, we need a website-based application that can manage data recording of work program activities with the aim of making it easier for ASLAB GI-BEI to process data on work program activities online. This work program information system is made in the Laravel Framework with PHP programming language and MySQL database. This activity information system has 3 users, namely Members, Chairpersons, and Supervisors. The application features consist of user management, application management, work program management, meeting management, committee management, and LPJ management.
Sistem Informasi Keanggotaan Aslab Studi Kasus GI-BEI Polinema PSDKU Di Kota Kediri Berbasis Web Satrio Sarwo Utomo; Ellya Nurfarida; Kunti Eliyen
Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema Vol. 14 No. 1 (2022): Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1516.043 KB) | DOI: 10.33795/jim.v14i1.359

Abstract

Aslab GI-BEI is a laboratory assistant under the authority of the accounting study program at the PSDKU POLINEMA campus in Kediri City. GI BEI PSDKU Polinema In the City of Kediri currently does not have an information system to manage membership data in an integrated manner, the management of activity data still uses manual methods, such as archiving in the notebooks of each member of the organization, so that the data collection of registrants and members is not integrated with each other . Membership data that are not integrated with each other will cause a lack of efficiency in managing membership data. So it is necessary to design and build a Web-Based Aslab Membership Information System GI-BEI Polinema Psdku Case Study in Kediri City. The main purpose of developing this membership management information system is to make membership data management more efficient. This membership management information system is built in the Laravel framework based on the PHP programming language and uses the MySQL database. This membership management information system has 2 users, the chairman of the GI-BEI, and the GI-BEI supervisor. Application features consisting of membership management, registrant management, membership detail management, member structure management, and registrant status validation have been tested and succeeded as expected.
Sistem Informasi Geografis Persebaran Lembaga Kursus Bahasa Inggris Berbasis Web (Studi Kasus Kampung Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri) Ellya Nurfarida; Yusuf Rehan
Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema Vol. 14 No. 1 (2022): Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1888.988 KB) | DOI: 10.33795/jim.v14i1.360

Abstract

Kampung Inggris yang terletak di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur memiliki puluhan hingga ratusan lembaga kursus yang memberikan pelatihan dan paket belajar yang beragam. Namun hingga saat ini belum memiliki sistem informasi terpusat yang memberikan informasi tentang lembaga-lembaga tersebut. Hal tersebut membuat calon siswa kebingungan dalam memilih sebuah lembaga kursus. Oleh karena itu, perlu dirancang dan dibangun sistem informasi geografis persebaran lembaga kursus bahasa Inggris. Sistem informasi geografis ini dikembangkan menggunakan metode waterfall dan diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel, basis data menggunakan MySQL, dan memanfaatkan Leaflet JS untuk menampilkan peta persebaran lembaga kursus bahasa Inggris yang ada di Kampung Inggris. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem informasi geografis persebaran lembaga kursus bahasa Inggris berbasis web dengan fitur yang terdiri dari pengelolaan admin lembaga, pengelolaan data lembaga kursus, pengelolaan data program lembaga, pengelolaan pelaporan ulasan, peta persebaran lembaga kursus, program terbaik, komentar dan rating, pencarian rute, dan pelaporan ulasan. Serta hasil pengujian dari sistem yang telah dibangun memiliki hasil yang sesuai. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengujian black-box, yaitu pengujian terhadap cara kerja program dan pengujian fungsional sistem.
Pembuatan Aplikasi Alat Bantu Koreksi Lembar Jawaban Komputer Menggunakan Pengolahan Citra Achmad Choiron; Ellya Nurfarida; Anang Hari Cahyono
Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema Vol. 2 No. 1 (2010): Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jim.v2i1.367

Abstract

Lembar jawaban komputer adalah penentu nilai yang biasanya digunakan dalam ujain nasional. Oleh karena itu, dalam menjawab pertanyaan menggunakan lembar jawaban komputer harus hati-hati, karena dikhawatirkan lembar jawaban tidak terbaca oleh scanner. Dan hal inilah yang menyebabkan banyak siswa maupun guru khawatir. Lembar jawaban komputer dipakai karena jumlah lembar jawaban yang dikoreksi berjumlah ribuan atau jutaan. Oleh karena itu, dibutuhkan mesin scanner yang dapat mengoreksi lembar jawaban dalam jumlah yang banyak. Pemindaian merupakan proses awal yang penting sebab dari proses ini akan dihasilkan citra digiral yang bisa diolah lebih lanjut agar menghasilkan data digital. Aplikasi alat barnu koreksi lembar jawaban komputer ini menggunakan pengolahan citra, diharapkan aplikasi ini bisa membantu proses koreksi lembar jawaban komputer yang telah dipindai dengan cepat dan akurat. Program aplikasi alat bantu konteksi lembar jawaban komputer dibuat dengan menggunakan Bahasa pemrograman JAVA. Hal ini disebabkan karena Bahasa pemrograman JAVA dapat bekerja di berbagai sistem operasi sehingga penerapan aplikasi alat bantu koreksi lembar jawaban komputer dapat dilakukan dengan lebih mudah. Aplikasi alat banru koreksi lembar jawaban komputer pengguna dapat dengan mudah melakukan pengolahan dan pengrontrolan lembar jawaban komputer. Sehingga meminimalkan terjadinya kesalahan dalam prose koreksi lembar jawaban komputer.
Perancangan Dan Pembuatan Website Periklanan Dan Penjualan Online Jepi Parindra; Fery Sofian Efendi
Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema Vol. 2 No. 1 (2010): Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jim.v2i1.368

Abstract

Berdagang adalah salah satu cara sudah sangat banyak dilakukan oleh manusia dari mulai peradaban di zaman dar=hulu hingga sekarang, mulai dari barter hingga transaksi yang menggunakan uang. Dengan metode ini orang dapat mencukupi semua kebutuhannya, bahkan Sebagian besar dari metode berdagang ini sudah sangat banyak diterapkan oleh orang-orang terutama bangsa Cina. Menurut filosofi mereka yang harus hidup kaya untuk mendapatkan harga diri dan salah satu untuk mencukupi hal itu ialah hanya dengan berdagang dan mereka akan merasa malu jika hidupnya dihabiskan untuk menjadi pegawai. Namun pada zaman sekarang metode berdagang sangatlah beragam dan sangat memiliki ciri khas pada masing-masing cara, yakni salah satunya dengan berdagang secara online. Dengan car aini kita tidak memerlukan modal yang besar, tanpa perlu bersusah payah untuk berpromosi dan yang leblih hebatnya lagi pasar yang didapat sudah mengglobal. Dengan kemungkinan pembeli yang banyak, maka omset kita akan sangatlah banyak jika disbanding dengan berjualan di tempat yang sesungguhnya. Oleh karena hal tersebut maka muncullagh aplikasi berbasis web yang menampung para penjual dan pembeli untuk saling bertemu meski berada di tempat yang sangat jauh. Dan pada saat ini pengguna jasa website periklanan dan penjualan online ini sangat banyak dan tidakj sedikit dari mereka.
Deteksi Wajah Otomatis pada Kamera Sistem Pengawas Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan LVQ2 Benni Agung Nugroho
Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema Vol. 3 No. 1 (2011): Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jim.v3i1.370

Abstract

Deteksi wajah adalah sebuah pendekatan biometric yang menggunakan metode terotomasi untuk mendeteksi seseorang berdasarkan karakteristik fisiologisnya. Deteksi wajah dimulai dengan mendeteksi pola-pola wajah di dalam pemandangan-pemandangan yang campur aduk yang ditangkap oleh sebuah webcam. Wajah yang terdeteksi kemudian dipindai dan ditangkap untuk nantinya diproses lebih lanjut. Tulisan ini menjelaskan tentang sistem deteksi wajah otomatis menggunakan jaringan syaraf tiruan LVQ2 yang digunakan sebagai pengklasifikasi. Sebelum dilakukan proses deteksi wajah, dilakukan deteksi warna kulit untuk meminimalkan jumlah deteksi false positive. Ekstraksi ciri berbasisi dekomposisi wavelet Haar digunakan pada tahap deteksi wajah untuk mengkstrak ciri dari potongan pemandangan yang akan diklasifikasi sebagai wajah atau bukan wajah. Untuk proses lebih lanjut, wajah yang terdeteksi kemudian dapat diidentifikasi.
Pembelajaran Tulang Manusia Berbasis Multimedia Hendro Harmono; Fery Sofian Efendi
Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema Vol. 3 No. 1 (2011): Jurnal Informatika dan Multimedia Polinema
Publisher : Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jim.v3i1.371

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah manusia dalam menyelesaikan semua pekerjaannya, tidak hanya dalam pekerjaannya saja tetapi dalam segala aspek kehidupan manusia, seperti pada lembaga Pendidikan, komputer dapat menjadi media pembelajaran yang baru. Pembelajaran yang didapat di sekolah terkadang membuat siswa merasa bosan. Hal itu disebabkan penyampaian materi yang kuran gmenarik. Oleh sebab itu, di setiap sekolah diperlulkan media pembelajaran yang dimana setiap siswa bisa bersemangat dan mempunyai minat untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Menggunakan pembelajaran berbasis multimedia, materi pembelajaran yang awalnya hanya menggunakan buku bacaan bisa dirubah menjadi tampilan yang lebih menarik yaitu dengan mengubahnya menjadi gambar gerak atau animasi.