cover
Contact Name
Budi Kurniawan
Contact Email
budi.skom@gmail.com
Phone
+6281273631780
Journal Mail Official
budi.skom@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Ratu Penghulu II, Perum Niagara Hill, Blok D/3, Tanjung Baru, Baturaja Timur
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK)
ISSN : 20894384     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Bidang Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Computer Science, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Informatika, dan Manajemen Informatika
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer" : 16 Documents clear
Sistem Informasi Layanan Kependudukan Berbasis Web di Desa Pannai Makmur Kecamatan Semidang Aji Menggunakan PHP & MySQL Yunita Trimarsiah
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK) Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mahakarya Asia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.312 KB)

Abstract

Desa Panai Makmur Kecamatan Semidang Aji merupakan satu dari banyak Desa yang ada di Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. Didalam layanan kependudukan terdapat permasalahan yaitu, pengelolaan data yang sudah tidak mungkin lagi menggunakan cara manual yaitu dengan menemui langsung petugas, hal tersebut dianggap kurang efektif dan efisien serta juga tidak real time. Dalam hal ini memberikan ide bagi penulis untuk membuat sebuah Sistem Informasi Layanan Kependudukan di Desa Panai Makmur Kecamatan Semidang Aji. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi layanan kependudukan pada Desa Panai Makmur Kecamatan Semidang Aji menggunakan PHP dan MySql yang dibuat untuk mempermudah proses pelayanan kependudukan, dengan masalah pengurusan surat keterangan domisili tempat tinggal, surat keterangan kematian, surat keterangan kurang mampu dan surat keterangan usaha. Kata kunci : Sistem Informasi, Layanan Kependudukan, PHP dan MySQL
Pemanfaatan Google Form untuk Audit Mutu Internal Secara Online Muhammad Romzi; Budi Kurniawan
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK) Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mahakarya Asia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.486 KB)

Abstract

Abstract - Internal Quality Audit (AMI) is a systematic, independent, and documented testingprocess to ensure that the implementation of activities in higher education is in accordance with procedures and the results are in accordance with standards to achieve institutional goals. Internal quality audits consist of: Document audits and field audits.Document audits are audits of the adequacy of documents at universities and SPMI documents to meet established standards. Field audits are carried out to check whether the standards set in the existing documents have been implemented properly.Document audits can be done online using a google form through a series of questions that can be submitted via a form to respondents. Respondents or auditees can show the availability of documents by attaching a softcopy file on the form. The results ofeach respondent can be seen through the results of automatic analysis on google forms which are available in the form of bar charts, pie bars, or CSV files. From the results of the existing analysis, the auditor can continue with a field audit for further checking. This study uses the R&D (Research and Development) method with a prototyping softwaredevelopment model. The R&D method is a research method used to produce certain products and test the effectiveness of these products. The result of this research is an online form containing a number of questions that are used for document audits in eachstudy program  Keywords: Audit, Quality, Online, Google Form Intisari - Audit Mutu Internal (AMI) adalah proses pengujian yang sistematik, mandiri, danterdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di Perguruan Tinggi sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi. Audit mutu internal terdiri atas: Audit dokumen dan Audit lapangan Audit dokumen merupakan audit terhadap kecukupan dokumen pada perguruan tinggi sertadokumen SPMI guna memenuhi standar yang telah ditetapkan. Audit lapangan dilaksanakan untuk memeriksa apakah standar telah ditetapkan dalam dokumen yang ada telah dilaksanakan semestinya.Audit dokumen dapat dilakukan secara online dengan menggunakan google form melaluiserangkaian pertanyaan yang dapat disampaikan melalui formulir kepada para responden. Responden atau auditee dapat menujukkan ketersediaan dokumen dengan cara melampirkan softcopy file pada formulir. Respon dari masing-masing responden dapat dilihat hasilnya melalui hasil analisis otomatis pada google form yang tersedia dalam bentuk chart bar, pie bar, maupun CSV File. Dari hasil analisis yang ada, auditor dapat melanjutkan dengan audit lapangan untukpengecekan lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan permodelan pengembangan perangkat lunak prototyping. Metode R&D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.Hasil penelitan ini adalah formulir oline yang berisi sejumlah pertanyaan yang digunakan untuk audit dokumen pada masing-masing program studi. Kata Kunci: Audit, Mutu, Online, Google Form
Rancang Bangun Penjadwalan Penyiraman Otomatis Pada Tanaman Rumahan dengan Sitem Vertikultur Berbasis Arduino Defi Pujianto
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK) Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mahakarya Asia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1071.049 KB)

Abstract

Penyiraman tanaman pada sektor pertanian pada sistem pertanian vertikultur masih dilakukan secara manual menggunakan ember atau aliran air menggunakan mesin. Proses pemyiraman tersebut membutuhkan waktu, tenaga dan rutinitas dalam penyiraman tanaman rumahan dengan sistem vertikultur. Penyiraman dengan takaran yang tidak sesuai dan waktu yang kurang tepat mengakibatkan pertumbuhan tanaman dengan sistem vertikultur tidak tumbuh secara optimal. Penyebab takaran dan waktu penyiraman tanaman sistem veltikultur yang tidak susuai dikarenakan keterbatasan sifat manusia lupa, malas dan kesibukan aktifitas manusia. Diperlukan sebuah alat yang dapat menyiram tanaman secara otomatis dan terjadwal sehingga dapat menyiram tanaman dengan waktu penyiraman yang sudah terjadwal dan volume penyiraman sudah ditentukan. Sistem penyiraman tanaman rumahan dengan sistem veltikultur secara terjadwal dan otomatis ini menggunakan hardware berupa Mikrokontroler Arduino Uno R3 yang merupakan pengontrol utama, Lcd berfungsi sebagai antarmuka pengguna dan hardware , Keypad berfungsi mengatur pilihan jadwal, Pompa Air untuk mengalirkan air, RTC DS3231 sebagai pewaktu yang memberikan waktu real, dan catu daya sebagai sumber tegangan. Dari komponen alat di atas serta software Arduino Uno yang dapat mendukung berjalannya alat, maka penyiraman tanaman rumahan dengan sistem veltikultur secara otomatis dapat berkerja sesuai dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya.
Sistem Informasi Kepegawaian Madrasah Aliyah Al-Azhar Center Baturaja Menggunakan Embarcadero XE2 Berbasis Client Server Kadarsih
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK) Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mahakarya Asia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1361.936 KB)

Abstract

Abstract - Technology that is increasingly developing requires human resources to be able to keep up with its developments. Starting to think about switching from conventional to computer-based and information systems. In this case,Madrasah Aliyah Al-Azhar Center Baturaja, currently using computerized personnel data processing, but not yet in the form of a database and information system. The problem that often occurs is the slow preparation of documents or personnel data if needed at any time. The purpose of this study is to provide convenience for institutions in processing personnel data, so that the difficulties in the previous processing can be minimized.Several methods were used to obtain the required data, namely direct interviews, observations of the data that had been obtained and references with similar titles. This research resulted in a staffing information system for Madrasah Aliyah Al-Azhar Center Baturaja using Embarcadero XE2 based on Client Server. It is hoped that this system can provide convenience for agencies in processing employee data. Intisari - Teknologi yang kian berkembang mengharuskan sumber daya manusia untuk dapat mengikuti perkembanganya. Mulai berfikir untuk beralih dari yang konvensional menjadi yang berbasis komputer dan sistem informasi. Dalam hal ini Madrasah Aliyah Al-Azhar Center Baturaja pengolahan data kepegawaian saat ini telah menggunakan komputerisasi namun belum dalam bentuk database dan sistem infomasi. Masalah yang sering terjadi yakni lambannya penyiapan dokumen atau data kepegawaian jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah memberikan kemudahan bagi instasi dalam pengolahan data kepegawaian, sehingga kesulitan-kesulitan pada pengolahan sebelumnya dapat terminimalisasi. Beberapa metode yang digunakan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan yakni wawancara langsung, observasi terhadap data yang telah didapatkan dan referensi dengan judul serupa. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi kepegawaian Madrasah Aliyah Al-Azhar Center Baturaja Menggunakan Embarcadero XE2 berbasis Client Server. Harapannya dengan adanya sistem tersebut dapat memberikan kemudahan bagi instasi dalam pengolahan data pegawai.
Sistem Informasi Pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Soaial pad Dinas Sosial Berbasis Web Lukman Hakim; Lukman Sunardi
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK) Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mahakarya Asia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.337 KB)

Abstract

Abstrak Dalam perkembangan komputerisasi, perkembangan teknologi informasi pada pengolahan data sangatlah diperlukan, guna untuk mempermudah mendapatkan informasi. Dari informasi yang telah terkomputerisasi itu dapat berupa website. Teknologi komputer informasi adalah Teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video [1]. Dengan semakin majunya teknologi, terkhusus dibidang komputerisasi, maka sangat membantu dalam proses pendataan. Hal ini yang ingin dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kota Lubuklinggau dalam memperbaiki pendataan masalah kesejahteraan sosial khususnya di Kota Lubuklinggau agar data bisa muda disimpan dan muda di cari jika diperlukan untuk pengecekan dan pelaporan. Salah satu tujuan dibentuknya Dinas Sosial Kota Lubuklinggau adalah meningkatkan upaya perlindungan, rehabilitas, dan pemberdayaan sosial bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). selama ini petugas masih menggunakan proses kerja secara manual dengan cara mencatat data yang masuk pada buku pendataan penyandang masalah kesejahteraan sosial, setelah itu data yang ada pada buku pendataan penyandang masalah kesejahteraan sosial dimasukan pada Microsoft Excel, sehingga saat mencari data tersebut waktu yang dibutuhkan petugas sangat lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan sistem informasi pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial pada bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kota Lubuklinggau dengan sebuah sistem web. Dalam pelaksanaannya penulis menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistemnya dan desain rancangan sistem menggunakan UML serta pengujian dengan sistem Black Box. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi pendataan penyandang masalah kesejahteraan sosial pada dinas sosial berbasis web yang dapat mempermudah kinerja petugas pada Dinas Sosial Kota Lubuklinggau. khususnya pada bidang rehabilitas sosial dan mempermudah petugas dalam pendataan dan tidak terjadinya pengandaan data sehingga tidak ada kesalahan dalam pendataan tersebut Kata kunci ; PMKS; sistem informasi; Pendataan .
Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Dekstop Pada SMK NEGERI 4 Ogan Komering Ulu Menggunakan Embarcadero XE2 Dan MySql Satria Novari
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK) Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mahakarya Asia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (824.35 KB)

Abstract

Kemajuan Teknologi sudah semakin meningkat terutama dalam bidang komputer. Kehadiran komputer sebagai pengolahan data yang banyak membawa perubahan, baik dalam dunia pendidikan, usaha, instansi pemerintah, swasta, maupun bidang lainnya baik dalam pengolahan data maupun ke akuratan data yang dihasilkan. Smk Negeri 4 Ogan Komering Ulu belum menggunakan aplikasi khusus dalam pengolahan data tata usaha, tujuan dari penelitian yaitu untuk membangun sistem informasi perpustakaan yang bermanfaat.SMK Negeri 4 Ogan Kemering Ulu bergerak dalam bidang sekolah swasta menengah atas. Penelitian dilakukan dengan cara mendatangi langsung ketempat tersebut dengan menggunakan metode observasi, Referensi dan interview.
Sistem Informasi Arus Kas Pada Universitas Mahakarya Asia Kampus Baturaja Rusidi
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK) Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mahakarya Asia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.926 KB)

Abstract

Abstract  – Mahakarya Asia University in Baturaja is a college that has a major ini Informatic Engineering and Informatic Management. Located in east Baturaja, Ogan Komering Ulu. In recording daily cash in and cash out transaction, he have not used a system that can display reports automatically. This cash flow information system includes recording cash in and cash out as well as income and expenses. Recording is differentiated by cash and bank transfer. In this study, a method is used to analyze problems and design a cash flow information system at Mahakarya Asia University which will be implemented in the form of an application. The result of this research is a cash flow infomation system in Mahakarya Asia University Baturaja. With this system, it is hoped that it will improve the performance of the finance staf. Keywords: cash flow, finance, information system, university Abstrak – Universitas Mahakarya Asia kampus Baturaja merupakan sebuah perguruan tinggi yang memiliki program studi Teknik Informatika dan Manajemen Informatika jenjang Diploma III. Berada di wilayah kecamatan Baturaja Timur kabupaten Ogan Komering Ulu. Dalam pencatatan transaksi kas masuk dan kas keluar yang dilakukan setiap hari menggunakan sebuah sistem yang belum bisa menampilkan hasil laporan berupa arus kas secara otomatis. Sistem Informasi Arus Kas Pada Universitas Mahakarya Asia kampus Baturaja, meliputi peencatatan Kas Masuk, Kas Keluar, Pendapatan dan Biaya. Pencatatan dibedakan berdasarkan jenisnya yaitu tunai dan transfer bank. Dalam penelitian ini digunakan sebuah metode yang bertujuan untuk melakukan sebuah analisa terhadap permasalahan yang terjadi pada sistem pencatatan arus kas di Universitas Mahakarya Asia kampus Baturaja, dan merancang sebuah Sistem Informasi Arus Kas yang akan diimplementasikan dalam bentuk aplikasi. Hasil penelitian berupa penerapan Sistem Informasi Arus Kas pada Universitas Mahakarya Asia kampus Baturaja, dengan adanya sistem ini diharapkan akan meningkatkan kinerja staf bagian keuangan. Kata Kunci: arus kas, keuangan, sistem informasi, universitas
Penerapan Metode Waterfall pada Aplikasi Pemesanan Soundsystem Dan Organ Tunggal Jefri Sri Tita Faulina; Novi Lestari
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK) Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mahakarya Asia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1043.901 KB)

Abstract

Abstract – With the development of information technology and computer technology that is growing rapidly. The process of marketing products or services at Orgen Tunggal Jefri is still using a simple method, namely getting information on organ rental from person to person so that it is not optimal. Orgen Tunggal Jefri hopes to further improve services in the future. Information related to Orgen Tunggal Jefri is expected to be easier for customers to access. So that there is a close relationship between Orgen Tunggal Jefri and customers who want to know information on organ rental information on Orgen Tunggal Jefri.This application is designed using the waterfall method with the aim of producing a more effective and efficient organ rental data processing application. The result of the research is a Orgen Tunggal Jefri Website whose page contains information on the Orgen Tunggal Jefri by having pages that are interconnected to improve information services and services available on the Orgen Tunggal Jefri Keywords : Applications, Technology, Information Intisari – Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan teknologi komputer yang berkembang dengan pesat. Proses kegiatan memasarkan produk atau jasa pada Orgen Tunggal Jefri selama ini masih menggunakan cara yang sederhana, yaitu mendapatkan informasi penyewaan orgen dari orang ke orang sehingga tidak maksimal. Orgen Tunggal Jefri berharapdapat lebih meningkatkan pelayanan di masa mendatang. Informasi-informasi yang berhubungan dengan Orgen Tunggal Jefri di harapkan dapat lebih mudah di akses oleh para pelanggan. Sehingga terjadi hubungan yang erat antara pihak Orgen Tunggal Jefri maupun pelanggan yang ingin mengetahui informasi penyewaan orgen yang ada pada Orgen Tunggal Jefri. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metode Air terjun (waterfall) dengan tujuan menghasilkan aplikasi pengolahandata penyewaan orgen yang lebih efektif dan efisien. Hasil dari penelitian adalah sebuah Website Orgen Tunggal Jefri yang halaman tersebut berisi tentang informasi yang ada pada Orgen Tunggal Jefri tersebut dengan memiliki halaman yang saling berhubungan untuk meningkatkan pelayanan informasi dan jasa yang ada pada Orgen Tunggal Jefri. Kata Kunci : Aplikasi, Teknologi, Informasi
Analisis Kualitas Website Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Tata Ruang Dan Pengairan Kabupaten Musi Rawas Menggunakan Metode Webqual Di UPT Daerah Irigasi Kelingi Tugumulyo Satrianansyah; Wisnumurti
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK) Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mahakarya Asia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1212.219 KB)

Abstract

Abstract - The problem in this research is that there has not been an analysis of the quality of the website of the Public Works Department of Cipta Karya, Spatial Planning, and Irrigation of Musi Rawas Regency at the Kelingi Tugumulyo Irrigation Area Technical Implementation Unit based on perceptions userso it is not known the quality of the website of the Public Works Office of Cipta Karya, Spatial Planning, and Irrigationin Musi Rawas District based on perceptions its users. and the unknown quality of the website Department of Public Works Human Settlements, Spatial, and Watering Musi Rawas is based on the dimensions of usability (usability), the dimensions of the quality of information (information quality), and the dimension of interaction quality of service (service interaction quality), it is not known quality website based on usability dimensions,information quality dimensions, and service interaction quality dimensions. Whereas in the previous study, theQuality Analysis Website Bengkulu Province Using the Method Webqual 4.0. This study aims to analyze the phenomenon of utilization and use from the community side of e-government websites. In this study, using techniques survey, to obtain data primary, namely by distributing questionnaires. In determining respondents or samples using probability sampling technique with the type of simple random sampling using data collection methods quantitative. The results of this study are based on three variables webqual that have a significant effect on the quality of the website of the Public Works Department of Cipta Karya, Spatial Planning, and Irrigation of Musi Rawas Regency. It can be concluded that the results of data processing indicate that there is a positive relationship between variables webqual on the quality of the website of the Public Works Office of Cipta Karya, Spatial Planning and Irrigation of Musi Rawas Regency. Keywords :Quality Website, Webqual Intisari - Masalah pada penelitian iniadalah belum dilakukan analisis kualitas website Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Tata Ruang, dan PengairanKabupaten Musi Rawas di Unit Pelaksana Teknis Daerah Irigasi Kelingi Tugumulyo berdasarkan presepsi penggunanya sehingga belum diketahui kualitas website Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pengairan Kabupaten Musi Rawas berdasarkan presepsi penggunannya. dan belum diketahuikualitas website Dinas pekerjaan Umum Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pengairan Kabupaten Musi Rawas tersebut berdasarkan dimensi kegunaan (usability),dimensi kualitas informasi (information quality), dan dimensi kualitas interaksi layanan (service interaction quality), sehingga belum diketahui kualitas website berdasarkan dimensi kegunaan (Usability), dimensi kualitas informasi (Information Quality), dan dimensi kualitas interaksi layanan (Service Interaction Quality). Sedangkan pada penelitian sebelumnya yaitu Analisis Kualitas Website Provinsi Bengkulu Menggunakan Metode Webqual 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang fenomena pemanfaatan dan penggunaan dari sisi masyarakat terhadap website egovernment.Pada penelitian ini memakai teknik survey, untuk memperoleh data primer yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner. Dalam menentukan responden atau sampel menggunakan teknik probabillity sampling dengan jenis simple random sampling yang menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif. Hasil penelitian ini berdasarkan tiga variabel webqual berpengaruh signifikan terhadap kualitas website Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pengairan Kabupaten Musi Rawas. Dapat disimpulkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara variabel webqual terhadap kualitas website Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pengairan Kabupaten Musi Rawas. Kata Kunci : Kualitas, Website, Webqual
Membangun Sistem Informasi Presensi Pengunjung Perpustakaan Universitas Mahakarya Asia Dengan Memanfaatkan QR Code Menggunakan Codeigniter 3 Haris Saputro
Jurnal Informatika dan Komputer (JIK) Vol 12 No 2 (2021): JIK - Jurnal Informatika dan Komputer
Publisher : Universitas Mahakarya Asia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.609 KB)

Abstract

Abstract – Abstract – Right now, information technology is growing rapidly.So that its existence becomes one of the means to complete work effectively and efficiently. The Mahakarya Asia University Library at the Baturaja campus still uses a manual attendance system. So the researchers conducted a study that aims to create a website based presence information system by utilizing the development of the QR Code.This research begins with collecting data first.Then make a plan and prepare everything needed. Finally realized it in the form of a website program.This research resulted in a website for the Presence of the Mahakarya Asia University Library that utilizes the QR Code. Made using PHP and MySQL with the help of the Codeigniter 3 framework. Keywords: Information system, website, library of Mahakarya Asia University and PHP MYSQL Abstrak – Sekarang ini, teknologi informasi semakin berkembang pesat. Sehingga keberadaannya menjadi salah satu sarana untuk menyelesaikan pekerjaan secera efektif dan efisien. Perpustakaan Universitas Mahakarya Asia kampus Baturaja masih menggunakan sistem presensi secara manual. Sehingga peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk membuat sebuah sistem informasi presensi berbasis website dengan memanfaatkan perkembangan QR Code.Penilitian ini diawali dengan mengumpulkan data terlebih dahulu. Kemudian membuat rancangan dan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Terakhir merealisasikannya dalam bentuk sebuah program website.Penelitian ini menghasilkan sebuah website presensi Perpustakakaan Universitas Mahakarya Asia yang memanfaatkan QR Code. Dibuat menggunakan PHP dan MySql dengan bantuan framework Codeigniter 3. Kata Kunci : arus kas, keuangan, sistem informasi, universitas

Page 1 of 2 | Total Record : 16