cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalsosains@gmail.com
Phone
+6285703065636
Journal Mail Official
jurnalsosains@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pangeran Cakrabuana, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Sosial dan Sains
ISSN : 27747018     EISSN : 2774700x     DOI : 10.36418
Core Subject : Science, Social,
Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and science fields. The journal is published monthly by Green Publisher Indonesia. Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. This journal publishes research articles covering social included : Management, Economics, Culture, Law, Geography, and Education and sciences included : Astronomy, Biology, Ecology, Physics, Geology, Geography, Geography, Chemical. Published articles are from critical and comprehensive research, studies or scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books. This journal publishes research articles covering social and science. Journal has become a member of Crossref (Prefix: 10.36418) with Online ISSN 2774-700x and Print ISSN 2774-7018
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains" : 10 Documents clear
Wujud Entar Pada Cecandran Dalam Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif Memuji Nanda Lestari
Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1929.225 KB) | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v2i7.415

Abstract

Latar Belakang: Gaya bahasa akan menjadikan suatu tuturan menjadi lebih indah serta lebih jelas. Gaya bahasa yang digunakan dalam penelitian ini adalah wujud entar yang berupa cecandran. Wujud cecandran tersebut ditemukan dalam salah satu bentuk tindak tutur yaitu tindak tutur ilokusi ekspresif memuji. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana wujud cecandran dalam tindak tutur memuji yang digunakan ditengah-tengah masyarakat. Metode: Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis Miles and Huberman. Data hasil penelitian diperoleh dari kegiatan simak dan catat terhadap kegiatan komunikasi yang terjadi di masyarakat. Hasil: Berdasarkan pembagian dari jenis cecandran dan jenis tindak tutur memuji, diperoleh sepuluh wujud cecandran dalam tindak tutur memuji,  namun hasil dari penelitian ini hanya dapat menjelaskan delapan jenis wujud cecandran dalam tindak tutur memuji yang dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu wujud cecandran dalam tindak tutur memuji yang berbentuk pernyataan serta wujud cecandran dalam tindak tutur memuji yang berwujud pertanyaan. Kesimpulan: Wujud entar pada cecandran tersebut memiliki hubungan yang erat dengan tindak tutur ilokusi ekspresif memuji karena masih wujud cecandran digunakan sebagai sarana untuk mengutarakan pujian kepada orang orang lain agar terlihat lebih jelas, lebih indah, juga lebih sopan ketika didengarkan oleh mitratutur.
Pengaruh Perceived Organizational Support dan Organizational Virtuousness Pada Kinerja Dimediasi oleh Employee Well-Being Adinda Galih Tiarany; Zainal Mustofa
Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1614.334 KB) | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v2i7.437

Abstract

Latar Belakang: Kinerja Pekerja sangat penting bagi suatu organisasi karena kinerja yang baik berarti Pekerja organisasi dapat menghasilkan produk atau jasa yang baik, sehingga organisasi dapat bertahan, bersaing, berkembang untuk mencapai tujuan. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived organizational support (POS), organizational virtuousness (OV) pada kinerja dimediasi oleh employee well-being (EWB) pada Abdi Dalem di Kraton Yogyakarta. Metode: Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan wawancara dan observasi sebagai data pelengkap. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa POS dan OV terhadap kinerja secara langsung. POS mempengaruhi kinerja secara tidak langsung melalui EWB dengan pengaruh yang paling dominan dibandingkan dengan OV. Kesimpulan: Pemberian dukungan dengan optimal dan dapat memenuhi kebutuhan sosio-emosional pada Abdi Dalem dapat meningkatkan kepercayaan Abdi Dalem bahwa organisasi tempat mereka bekerja memperdulikan kesejahteraan orang-orang di dalamnya sehingga output yang diberikan untuk organisasi berupa kinerja yang maksimal dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
The Influence Of Technology Based Marketing Strategies and Service Quality As Mediation Variables on Customer Loyalty Kiky Tunjung Dewi
Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1374.449 KB) | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v2i7.438

Abstract

Marketing strategy is a form of directed planning in the marketing sector to obtain optimal results. Service quality is generally seen as a result of the overall service system that consumers receive. Loyalty as a condition in which customers have a positive attitude towards a brand The objectives of this study are: i) Knowing and analyzing technology-based marketing strategies that affect service quality. ii) Knowing and Analyzing Technology-Based Marketing Strategies affect Customer Loyalty. iii) Knowing and Analyzing Service Quality affects Customer Loyalty. iv) Knowing and analyzing the significant influence of Technology-Based Marketing Strategies on customer loyalty by mediating service quality in Bank Jatim. This type of research uses a quantitative research approach. The sample used was 44 respondents. The analysis used is Path Analysis. The results showed that: i) Technology-Based Marketing Strategy has a positive effect on the Service Quality of Bank Jatim Main Branch. ii) Marketing strategy has a positive effect on Customer Loyalty in Bank Jatim Main Branch. iii) Service Quality has a positive effect on Customer Loyalty in Bank Jatim Main Branch. iv) Technology-Based Marketing Strategy has a significant effect on Customer Loyalty by mediating Service Quality.
Penerapan Kurikulum Tahfidz di SD Darul Hikam Irma Noviana; Selamet Farida; Putri Dewi Fatimah; Elya Umi Hanik
Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1689.357 KB) | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v2i7.439

Abstract

Latar Belakang: Kurikulum menjadi proses perencanaan yang dapat membuat planning kurikulum yang lebih meluas ke semua aspek pendidikan. Proses ini berkaitan dengan pemilihan dan pengorganisasian dalam semua hal komponen situasi belajar melalui serangkaian kegiatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pendidikan yang ada di Sekolah dasar Darul Hikam yang terletak di Bandung. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu keadaan mutu pendidikan yang ada di SD Darul Hikam dengan penerapan program tahfidz untuk menunjang mutu pendidikan yang baik. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini di SD Darul Hikam Bandung. Subjek  Pengumpulan data menggunakan literatur, dokumentasi, observasi, dan teknik analisis data. Hasil: Hasil penelitian ini meliputi keadaan mutu pendidikan di SD Darul Hikam dan penerapan Program Tahfidz di SD Darul Hikam. Kesimpulan: Struktur Kurikulum Darul Hikam dibagi menjadi 3 yaitu: pertama, CoreCurriculum meliputi Islamic Valuse, Qur’an Gen, Karakter Taqwa dan Budaya Berakhlak Berprestasi. Kedua, Main Curriculum meliputi Diknas & IGGSE CambridgeUnivHigh Order Thinking.
Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Perusahaan Perbankan Skala Kecil Menggunakan Framework Cobit Rendra Trisyanto Surya; Sulistia Suwondo; Fatmi Hadiani; Riauli Susilawaty Hutapea
Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1504.447 KB) | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v2i7.440

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan Teknologi Informasi kini menjadi enabler organisasi, termasuk perbankan. Lebih dari 80%, aktivitas perbankan dijalankan  menggunakan teknologi informasi, termasuk  Bank skala kecil dengan dukungan Infrastruktur TI yang sederhana seperti yang berlokasi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di kota Garut. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memetakan IT Process penting apa yang harus dikelola dengan baik oleh bank skala kecil terhadap nilai kematangannya saat ini. Termasuk menentukan seberapa besar tingkat kematangan Domain dan keseluruhan menejemen TI Bank Skala Kecil dewasa ini. Metode: Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan menggunakan metode scoring kebentuk data kuantitatif untjuk mengukur 7 buah IT Process yang dipakai dari Framework COBIT, yang dekat dengan kondisi TI pada Bank “X”. Hasil: Hasil dari Audit yang dilakukan dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa Bank “X” yang dijadikan sampel, memiliki Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi keseluruhan Domain sebesar 4,3. Artinya, Menejemen TI secara internal sudah dijalankan dengan Baik (Terkelola dan Terukur). Sudah ada pola tertentu yang dijalankan secara sistematis  dalam mengendalikan  IT Risk dan ganguan yang sedang terjadi (Problems/Incidents) yang mempengaruhi operasionalisasi Bank secara signifikan. Kesimpulan: Berdasarkan hasil audit terhadap Tata Kelola TI pada Bank “X”, diperoleh hasil tingkat kematangan tata kelola keseluruhan pada level 4, yaitu Managed and Measurable dengan skor 4.15. Hasil audit ini meliputi Domain Planning and Organization, Acquaire and Implementation, Delivery and Support dan Monitoring and Evaluation.
Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin dengan Kualitas Pendamping dan Kualitas Program Keluarga Harapan Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kota Makassar Saharuddin Saharuddin; Syarifuddin Syarifuddin
Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1201.353 KB) | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v2i7.441

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin dengan Kualitas Pendamping dan Kualitas Program Keluarga Harapan dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kota Makassar sebagai. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Kualitas Program Keluarga Harapan dalam Pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat di Kota makassar, (2) Kualitas Program Keluarga Harapan dalam mewujudkan pemberdayaan secara efektif, (3) Faktor yang menyebabkan Kualitas Pendamping Program Keluarga Harapanbelum berjalan secara efektif dalam mewujudkan Pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat di Kota Makassar, (4) Kualitas Pendamping Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan Kesejahteraan masyarakat Miskin di Kota Makassar. Metode: Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian adalah Pendamping Program Keluarga Harapan dan Keluarga Penerima Manfaat di Kota Makassar sedangkan Obyek dalam penelitian ini adalah Program Keluarga Harapan. Pada tekhnik pengambilan data dilakukan melalui wawancara langsung (Interview), queisioner, observasi sedangkan metode Analisis dilakukan melalui reduksi data, display dan verifikasi. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Program Keluarga Harapan terbukti dapat mewujudkan pemberdayaan Keluarga penerima Manfaat melalui bantuan   Pendidikan, Kesehatan, Kesejahteraan Sosial Disabilitas Berat dan Lanjut Usia, Meningkatkan Kualitas SDM Pendamping Sosial melaui Program Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) serta Bimbingan Teknis dan Bimbingan Pemantapan Pendamping, Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin melalui Bantuan Program e-Warong Kelompok Usaha Bersama dan Usaha Ekonomi Produktif  meskipun kualitas pendamping sosial program keluarga harapan Belum berjalan efektif dalam melakukan Pemberdayaan keluarga penerima manfaat
Strategies For Managing Objects and Natural Attractions in Semongkat Natural Tourism Park, Batulanteh District, Sumbawa Regency Rusli Duby; Endah Wahyuningsih; Hairil Anwar
Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1606.398 KB) | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v2i7.442

Abstract

This research aims to find out the feasibility of Semongkat Natural Tourism Park as an object and natural tourist attraction and menemukenali natural tourism park management strategy semongkat. This research uses quantitative and qualitative methods. Population in this study is divided into several groups, namely the semongkat natural tourism park management group, the semongkat hamlet community group and the semongkat natural tourism park visitor group. Determination of respondents for semongkat natural tourism park managers using purposive sampling methods. After the respondent is considered to understand then the determination of respondents in this study is based on snowball sampling techniques which is one form of judgment sampling. Data collection techniques use literature studies, interviews, observations, and questionnaires. The data analysis used in this study is the Guidelines for Analysis of The Area of Operations and Natural Attractions (ADO-ODTWA) of the Director General of PHKA 2003 and SWOT analysis. From the analysis of the data, it shows that Semongkat Natural Tourism Park deserves to be developed with a feasibility presentation of 76.11% can be done using the SO (Strenght-Opportunity) strategy, namely developing tourist attractions and all tourism potential contained in semongkat natural tourism parks.
Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Lambang Sari Khoiroon Nisaa; Nurul Hidayati
Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1642.256 KB) | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v2i7.444

Abstract

Latar Belakang: BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) didirikan sebagai pendekatan baru untuk meningkatkan perekonomian desa, berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes sepenuhnya dikelola oleh dan untuk desa oleh masyarakat desa, dari desa. Tujuan:Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peranan yang dilakukan oleh BUMDes agar dapat melakukan pemberdayaan ditengah-tengah masyarakat desa dan membantu memecahkan masalah sosial dan lingkungan yang ada di desa. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu sebuah penelitian yang dimaksud untuk mengungkapkan sebuah fakta empiris secara metodologi dan teori sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuni. Hasil: Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai BUMDes dan memperkuat kelembagaan yang berada di Masyarakat Desa Lambang Sari. Kesimpulan: Peran berdirinya BUMDes Lambang Sari sebagai wadah komunitas wirausaha yang ada di desa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wirausahawan muda yang berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi desa dan peduli terhadap desanya.
Hubungan Motivasi dan Beban Kerja dengan Tingkat Kepatuhan Perawat dalam Melaksanakan Cuci Tangan M. Khoirul Imron; Ns. Rahmawati Maulidia; Ns. Achmad Dafir F
Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1964.029 KB) | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v2i7.445

Abstract

Latar Belakang: Tatanan rumah sakit merupakan tempat yang memiliki resiko tinggi terjadinya Healthcare Associated Infection (HAIs). Kepatuhan perawat  dalam melaksanakan cuci tangan sangat berpengaruh terhadap timbulnya HAIs. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan motivasi dan beban kerja dengan tingkat kepatuhan perawat dalam melaksanakan cuci tangan di Irna 2 RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Metode: Jenis penelitian menggunakan pendekatan cross sectional study, dengan pendekatan korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah semua perawat di IRNA 2 RSUD Dr Saiful Anwar Malang, dengan sampel 15 responden. Hasil: Hasil penelitian diperoleh keeratan hubungan antara motivasi dengan tingkat kepatuhan perawat dalam mencuci tangan sebesar 62.3%, hubungan tersebut signifikan (p=0.013). Keeratan hubungan yang antara beban kerja dengan tingkat kepatuhan perawat dalam mencuci tangan  sebesar 44.7%, hubungan tersebut tidak signifikan (p=0.095). Kesimpulan: Hampir separuh responden yaitu 7 responden (46,7%) memiliki tingkat motivasi dalam kategori tinggi, lebih dari separuh responden yaitu 8 responden (53,3%) memiliki tingkat beban kerja dalam kategori sedang.
Pengaruh Metode Auditory Intellectually Repetiton (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Peserta Didik Kelas IX Nurhidayah Khusnul Fitriah
Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1600.092 KB) | DOI: 10.59188/jurnalsosains.v2i7.446

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran yang berlangsung hanya satu arah yang didominasi oleh guru (Teacher Centered), hal ini menyebabkan  siswa cenderung malas dan acuh, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Audiotory Intellectually Repatition (AIR) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Cikupa. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Cikupa. Hal ini diketahui dari hasil uji nilai t, yaitu nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,280 dengantaraf signifikansi 5% dan dk = 25+ 24 – 2 = 47 sebesar 1,677 maka thitung > ttable (2,280 > 1,677). Dengan  demikian, hipotesis nol (H0)ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan: Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,1, sedangkan kelas kontrolnilai rata-rata kelasnya adalah 77,8 hal ini dibuktikan dengan uji statistik menggunakan uji-t yaitu diperoleh thitung sebesar 2,280 dan nilai ttabel sebesar 1,677 Karena thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 48 Cikupa pada pelajaran IPA Biologi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 10 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 9 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 8 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 7 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 6 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 5 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 4 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 3 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 12 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 11 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 10 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 9 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 8 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 6 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 5 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 4 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 3 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 12 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 11 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 10 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 9 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 8 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 7 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 6 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 5 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 3 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Sosial dan Sains Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Sosial dan Sains More Issue