cover
Contact Name
Jumain
Contact Email
jumainmain55@gmail.com
Phone
+6285342117116
Journal Mail Official
jumainmain55@gmail.com
Editorial Address
https://journal.stik-ij.ac.id/index.php/Keperawatan/about/editorialTeam
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Pustaka Katulistiwa : Karya Tulis Ilmiah Keperawatan
ISSN : -     EISSN : 27162699     DOI : Pustaka Katulistiwa : Karya Tulis Ilmiah Keperawa
Core Subject : Health,
Pustaka Katulistiwa adalah kumpulan artikel ilmiah kesehatan yang dipublikasikan secara reguler oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIK Indonesia Jaya dalam rangka mendiseminasi hasil penelitian terkini, khususnya dalam bidang Ilmu Keperawatan. Pustaka Katulistiwa lahir sebagai sarana untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang terus menerus. Jurnal ilmiah ini dibuat untuk dijadikan arena diskursus intelektual melalui tulisan, untuk mempublikasikan berbagai temuan ilmiah, konsep atau teori baru yang akan menjadikan dasar dalam memberikan layanan Asuhan Keperawatan. Berdasarkan kesepakatan Bersama, Jurnal Ilmiah ini diberi nama “Pustaka Katulistiwa (Karya Tulis Ilmiah Keperawatan)” yang akan diterbitkan pertama kali . Pustaka Katulistiwa diperuntukan bagi praktisi akademis, tenaga kesehatan, serta mahasiswa yang beminat dalam pengembangan Ilmu Keperawatan dengan memuat naskah hasil penelitian maupun naskah konsep di bidang Ilmu Keperawatan. Jurnal ini diterbitkan secara berkala setiap enam bulan sekali, atau dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Januari dan Juli.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019)" : 1 Documents clear
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUANGAN PERAWATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AMPANA KABUPATEN TOJO UNA-UNA Mutmainnah HS; Ahmad Rifai M.N. Lamuke
Pustaka Katulistiwa : Karya Tulis Ilmiah Keperawatan Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya Palu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas merupakan suatu hal yang penting bagi penyedia layanan jasa, termasukrumah sakit. Salah satu indikator untuk menilai kualitas rumah sakit yaitu dengan mengukur tingkat kepuasan pasien. Program BPJS Kesehatan merupakan salah satu upaya pemerataan derajat kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia sehingga perlu adanya kerjasama yang baik antara pemberi dan penyedia layanan agar tercapai kepuasan pasien secara maksimal.Berdasarkanhasil wawancara dan observasi awalolehpeneliti pada tanggal 15 Mei 2018 bahwa dari 17 peserta BPJS 5 pasien mengatakan bahwa pelayananmasihb elummemuaskan seperti kurangnyat anggapan terhadap keluhanpasien, kurangnya inf ormasi dan penjelasan tentang keadaan pasien,Diketahuinya hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di ruangan perawatan Rumah Sakit Umum Daerah Ampana Kabupaten Tojo Una-Una Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain analitik yaitu peneliti berupaya mencari hubungan antara variabel dan menganalisa atau menguji hipotesis yang dirumuskan.Penelitian ini menggunakan pendekatan “Cross Sectional” yaitu melakukan pengukuran variabel dependen dan independen secara bersamaan dengan analisis univariat dan bivariat.Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 respondendengan teknik Non Probability Sampling dan metode Purposive Sampling.Analisa data hasil penelitian menggunakan uji ChiSquare. Hasil uji statistik dengan uji Chi-Square diperoleh nilai p= 0,013 (p< 0,05) (H0 ditolak dan Ha diterima) maka dapat disimpulkan ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan peserta BPJS selama menjalani perawatan di Ruangan Perawatan RSUD Ampana Kabupaten Tojo Una-Una. Kesimpulan terdapat hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan peserta BPJS di Ruang Perawatan RSUD Ampana Kabupaten Tojo Una-Una. Saran bagi pihak rumah sakit untuk terus Peningkatkan kualitas pelayanan yang ada untuk mencapai kepuasan pasien yang lebih maksimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 1