cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+6283185759093
Journal Mail Official
jurnalilmiahmahasiswaedukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
ISSN : 28080866     EISSN : 28080866     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikabaik pendidikan secara umum, pendidikan bahasa inggris, bahasa indonesia, akuntansi, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, bimbingan konseling. Jurnal ini akan terbit setiap 2 bulan sekali. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] telah memiliki ISSN Online (2808-0149), diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November tahun 2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] ini telah terakreditasi Google Scholar.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2021)" : 18 Documents clear
Semantic Analysis Of Mantra Pawang Hujan In Kota Tebing tinggi-North Sumatra Zusfahmi Alfaginda
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.296 KB)

Abstract

This study aimed to analyze the types of meaning and the description of meaningwords/phrase/sentencess used in the Mantra Pawang Hujan. Geoffrey Leech Theory was applied in this study. A descriptive qualitative research was appliedto analyze the data. Source of data was in the form of spoken form of Mantra Pawang Hujan from two local pawang. They were transcribed into the written form which consisted of word/phrase/sentence.Data were collected through observation, depth interview, and documentation. There were 23 word/phrase/sentence as data in Mantra Pawang Hujan 1, and 17 word/phrase/sentence in Mantra Pawang Hujan 2. After analyzing the data, it was found 6 types of meaning appeared in Mantra Pawang Hujan 1, namely; conotative meaning, social meaning, reflective meaning, thematic meaning, collocative meaning and affective meaning. Meanwhile there were 4 types of meaning found in Mantra Pawang Hujan 2, namely; conotative meaning, social meaning, conceptual meaning and affective meaning.The meaning of words/phrase/sentences communicated by the two pawang is not far from the actual meaning. Mostly, the expression used by pawang 2 is the real meaning, because the words/phrase/sentencess are pray, praises or a compliment to the Almighty God and also based on Quran. Keywords : semantics, types of meaning, mantra pawang hujan
Analisis Penggunaan Multilingual Masyarakat Di Lingkungan Iii Blok C Kelurahan Nelayan Indah : Kajian Sosiolinguistik Pina Anisah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.179 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji campur kode dalam penggunaan multilingual masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah dengan kajian sosiolinguistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui campur kode dalam penggunaan multilingual yang digunakan masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah. Penelitian ini menggunakan teori Suardi yang terdapat 3 jenis campur kode yaitu campur kode ke dalam, campur kode ke luar, campur kode campuran. Data penelitian ini adalah 10 data rekaman dan transkip percakapan masyarakat yang mengandung campur kode dalam penggunaan multilingual yang digunakan masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengamatan Lingkungan, mengumpulkan data rekaman interasksi masyarakat, mentranskrip data rekaman, mengidentifikasikan data yang mengandung campur kode dengan teori Suardi, dan menyimpulkan hasil analisis. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 jenis campur kode yaitu Campur Kode Ke Dalam, Campur Kode Ke Luar dan Campur Kode Campuran. Terdapat 92 kalimat Campur Kode Ke Dalam dari rekaman 1 sampai 10 dengan jumlah 462 kata, terdiri dari 68 kata bahasa Banjar, 94 kata bahasa Melayu, 89 kata bahasa Jawa dan 211 kata bahasa Indonesia, dan terdapat 1 Campur Kode Ke Luar dari rekaman 10 dengan jumlah 5 kata, terdiri dari 1 kata bahasa Inggris dan 4 kata bahasa Indonesia dan terdapat 1 Campur Kode Campuran dengan jumlah 12 kata, terdiri dari 3 kata bahasa Jawa, 8 kata bahasa Indonesia dan 1 kata bahasa Inggris.  Kata Kunci: Bahasa, Multilingualisme, Penggunaan bahasa, Masyarakat multilingual
Contrastive Analysis Of Subordinate Clause As Adjective In English Novel And Indonesian Novel Salwa Nabila
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.789 KB)

Abstract

This research dealt with contrastive analysis that is Adjective Clause in Complex Sentence in English Novel and Indonesian Novel that is Harry Potter and the Goblet of the Fire and its Indonesian Version. The objective were to find out the similarities and differences between English and Bahasa Indonesia subordinate clause as adjective in English novel and Indonesian novel. The researcher focused on the complex sentence (68 sentences) which have adjective marks (that, who, which, who, whom, whose) and analyzed the kinds of the complex sentence and the sentence structure to find the contrast of the two languages. The theory used was Quirk and Greenbaum about basic sentence structure in English and Noortyani about basic sentence structure in Bahasa Indonesia. According to Quirk and Greenbaum there were seven kinds of basic sentence structures: SubjectVerb-Adverb, Subject-Verb-Complement, Subject-Verb-Object, Subject-VerbObject-Adverb, Subject-Verb-Object-Complement, Subject-Verb-Object-Object, Subject-Verb. But according to Noortyani (2017) there was only one basic sentence structure Subjek-Predikat-Objek-Keterangan in Bahasa Indonesia. Contrastive analysis was used to analyzed the data from the novel Harry Potter and the Goblet of Fire, both English and Indonesian version which was published in 2005. The data showed that from 37 chapters, the research was found that only 44 clauses had subordinate adjective clauses. 27 of them were similar in English and in Bahasa Indonesia, and the rest 17 of them were different in English and Bahasa Indonesia. It was found that English and Bahasa Indonesia had similar basic sentence structure but there were some conditions that make them contrast.  Keyword: Contrastive Analysis, Subordinate Clause as Adjective, English and Indonesian Novel
Speech Functions In Dhar Mann’s Videos Lisa Yudiarti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.35 KB)

Abstract

This research discusses Speech Functions in Dhar Mann’s Videos. The objectives of the research are to categorize the types of speech functions used in Dhar Mann’s videos, Analyze the realization of speech functions that are manifested in Dhar Mann’s videos, and explain the reason of speech functions in Dhar Mann’s videos. The research on this thesis was carried by using descriptive qualitative. The data were taken from script videos of Dhar Mann’s on the Instagram through IGTV feature. The data were analyzed and classified into four types of speech functions in the procedures namely statement, question, command, and offer. There are Statement (137 utterances, 72.49%), Question (34 utterances, 17.99%), Command (15 utterances, 7.93%) and Offer (3 utterances, 1.59%). The realization of Speech Function used Congruent and Metaphorical Coding. Speech Functions realized in Dhar Mann's Videos because this research will produce a deep understanding of the use of Speech Functions in the data used in this study. In addition, analyzing this video can provide information to listeners to better understand what the speaker is saying in the video.  Keywords: speech function, realize and speech
An Analysis Of Moral Values In “Up’’ Movie Windriani W
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.642 KB)

Abstract

This research discusses about the moral values of the characters in the "Up" movie. The purpose of this research is to identify the types of moral values in the "Up" movie and to determine the types of moral values that occur in the "Up" movie. The research was conducted by applying descriptive qualitative research. The data sources are taken from the entire "Up" movie and the transcript of the "Up" movie which focuses on the use of moral values and types of moral values. They consist of 100 pages as data. The findings of this research, in the "Up" movie, found some moral values that occur. The types of moral values in the movie "Up" are; never give up, altruism, love and loyalty, respect, help each other, courage and self-discipline. From this research, the researcher hopes that after reading this research, the reader understand about moral values. Keywords: Movie, Moral Value.
Tindak Tutur Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial Terhadap Vaksinasi Covid-19: Kajian Pragmatik Inayah Nurhuda
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.199 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tindak tutur kesantunan berbahasa di media sosial terhadap vaksinasi covid-19 kajian pragmatik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesantunan berbahasa tuturan komentar masyarakat terhadap vaksinasi covid-19 pada media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deksriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian yaitu data sekunder dari media sosial Youtube yang berupa komentar masyarakat terhadap vaksinasi covid-19. Instrumen pada penelitian ini adalah tabel analisis dari data dokumentasi. Teknik analisis datanya mengumpulkan data dari komentar masyarakat pada media sosialYoutube Kompas TV terhadap vaksinasi covid-19, menganalisis dan mendeskripsikan data menggunakan teori-teori yang didapatkan dari hasil menelaah buku-buku serta karya ilmiah lainnya, analisis kesantunan, menjelaskan analisis kesantunan sesuai aturan prinsip-prinsip maksim dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya realitas kesantunan berbahasa yaitu pada tindak tutur komentar masyarakat di media sosial Youtube Kompas TV terhadap vaksinasi covid-19, dengan menggunakan enam prinsip kesantunan sehingga dapat disimpulkan bahwa analisis dari setiap data menunjukkan bahwa tuturan tersebut adalah santun.  Kata Kunci: Tindak Tutur, Kesantunan Berbahasa, Media Sosial Youtube
Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa Di Kelas Vii Smp Taman Harapan Tahun Pembelajaran 2020/2021 Rini Sukma B
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.684 KB)

Abstract

Bimbingan Kelompok dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pengambilan keputusan. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII berjumlah 7 orang dengan 3 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswi perempuan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan di kelas VII SMP Taman Harapan Medan dilakukan dengan dua kali pertemuan. Sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok, siswa belum mampu menganalisis masalah untuk melatih intuisinya dengan baik sehingga pengambilan keputusan siswa juga asal-asalan. Pengalaman siswa juga tergolong masih sedikit, siswa masih takut dalam mengambil keputusan misalnya menjawab pertanyaan guru, siswa masih canggung dan takut jika salah menjawab. Setelah dilakukan layanan pertama siswa mengalami perubahan cara berfikir yang membuatnya mampu melatih analisis dan intuisi dirinya sehingga siswa memiliki pengalaman dalam berbicara dengan kelompok dan meningkatkan pengambilan keputusan siswa di kelas VII. Setelah diterapkan layanan layanan bimbingan kelompok kedua peningkatan kembali terjadi pada siswa. Dimana siswa mampu dengan cepat menganalis apa yang harus mereka lakukan di dalam kelas, kapan mereka bisa menjawab pertanyaan guru, kapan bagaimana sikap mereka ketika disuruh membuat sebuah kelompok dan bagaimana pengalaman yang mereka dapatkan sebelumnya dapat dijadikan sebaagi dasar intuisi untuk terus aktif di dalam kelas. Dengan keterampilan pengambilan keputusan yang baik siswa menjadi mampu mengambil keputusan secara rasional atau masuk akal dan terkesan tidak asal-asalan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII SMP Taman Harapan Tahun Ajaran 2020/2021 dalam mengambil keputusan.  Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Pengambilan Keputusan, SMP Taman Harapan
An Analysis Of Politeness Strategies In Sule’s Podcast Mitha Hartati
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.38 KB)

Abstract

This study aims to examine the kind of politeness strategies used by Sule in his podcats with Rizky Febian, and the reason factors influence for using the politeness strategies. This study belongs to descriptive qualitative research. The data were gained by transcribing the whole utterances realized during the podcast. Then, the data were eliminated and sorted. Only Sule and Rizky Febian utterances were analyzes, encoded, described, and displayed in a discussion. There are four politeness strategies used by Sule. They are bald on record politeness strategy, positive politeness strategy, negative politeness strategy, and off-record politeness strategy. However, Sule tends to use a positive politeness strategy in interviewing his guest. The positive politeness strategy realized in the podcast were focusing attention notice, attend to hearer, exaggerate, intensify interest to hearer, use ingroup identity markers, seek agreement, avoid disagreement, joke, being optimistic, giving or asking for specific reasons, give gifts to the hearer. The reason of using each strategy is considering the responses he excepted from the guest, the intimacy factor, and weighing the risks of each strategy.  Keywords: politeness strategies, sule, podcast.
Pengaruh Model Cooperative Learning Technique Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Pab 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2016/2017 Rika Manurung
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.299 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Technique Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi pada kompetensi pengertian, fungsi dan jenis uang siswa kelas XI Ak SMK PAB 2 Helvetia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar akuntansi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Cooperative Learning Technique Jigsaw juga apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Technique Jigsaw terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 1 PAB 2 Helvetia. Populasi penelitian ini adalah kelas XI AK 1 yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes bentuk subjetif berbentuk uraian yang berjumlah 10 soal yang terlebih dahulu sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data pre tes diperoleh mean 69,47 dan standart deviasi 10,05. Sedangkan untuk data pos tes diperoleh mean 84,34 dan standart deviasi 8,60. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas menggunakan uji liliefors untuk mengetahui uji normalitas data hasil belajar. Uji homogenitas menggunakan uji 2 pihak dengan signifikan α=0,05. Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunaka uji t 2 pihak dengan dk=N-1 pada α=0,05 dari data hipotesis diperoleh thitungttabel yaitu 9,891,687 maka Ho ditolak dan Haditerima. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Students Centered Learning (SCL) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016.  Kata Kunci : Students Centered Learning (SCL), Hasil Belajar
Penerapan Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kepemimpinan Ketua Kelas Di Smp Taman Harapan Tahun Ajaran 2020/2021 Sarah Nurhasanah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.317 KB)

Abstract

Kurangnya jiwa kepemimpinan ketua kelas di SMP Taman Harapan membuat pengelolaan di setiap kelas SMP Taman Harapan berjalan kurang baik. Ketua kelas belum paham makna menjadi seorang pemimpin bagi anggota kelasnya yang lain. Ketua kelas masih harus diingatkan oleh guru misalnya dalam hal membariskan anggota kelas, menyiapkan berdoa atau membersihkan kelas. Oleh sebab itu diterapkanlah layanan konseling individual untuk meningkatkan kepemimpinan ketua kelas di SMP Taman Harapan.Objek dalam penelitian ini adalah ketua kelas dari kelas VII,VIII dan IX yang berjumlah 3 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari pertemuan pertama layanan konseling individual, konselor mendapati perubahan mengenai pemahaman ketua kelas terkait makna pemimpin. Bagaimana seharusnya sikap seorang pemimpin. Sehingga mereka akan merasa sangat berguna bagi kelasnya dan akan menjalankan tanggungjawabnya di kelas. Setelah diterapkan layanan kedua ketua kelas sudah mampu memaknai dirinya sendiri sebagai seorang pemimpin bagi anggota dikelasnya dengan menjadikan dirinya sendiri sebagai contoh yang baik dan menunjukkan sikap layaknya seorang pemimpin. Mengingatkan anggota kelas akan tugasnya dengan ajakan yang bersifat persuasif sehingga tidak menyinggung perasaan anggotanya. Membariskan anggota kelas saat baris-berbaris dengan suara yang lantang dan berwibawa, memimpin doa setiap mulai dan selesainya pembelajaran, dan membantu guru dalam mengamankan kelas. Dan dengan rasa tanggungjawab penuh ketua kelas juga melapor ke piket jika tidak ada guru yang masuk ke kelas. Begitupun juga ketika ada temannya yang sakit maka ketua kelas akan melaporkan ke guru atau wali kelas. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa layanan konseling individual dengan teknik modelling dapat meningkatkan kepemimpinan ketua kelas di SMP Taman Harapan Tahun Ajaran 2020/2021.  Kata Kunci : Konseling Individual, Kepemimpinan, SMP Taman Harapan

Page 1 of 2 | Total Record : 18