cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+6283185759093
Journal Mail Official
jurnalilmiahmahasiswaedukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
ISSN : 28080866     EISSN : 28080866     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikabaik pendidikan secara umum, pendidikan bahasa inggris, bahasa indonesia, akuntansi, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, bimbingan konseling. Jurnal ini akan terbit setiap 2 bulan sekali. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] telah memiliki ISSN Online (2808-0149), diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November tahun 2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] ini telah terakreditasi Google Scholar.
Articles 162 Documents
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa SMP Ummi Nadrah Rangkuti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 6 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.553 KB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Treffinger pada materi segiempat dan segitiga kriteria valid. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (RD) model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (Design), Pengembangan atau pembuatan produk (development or production), Implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun di modifikasi maka penelitian ini hanya sampai tahap implementasi (implementation) saja. Tahapan analysis merupakan tahap pengumpulan informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat produk yang terdiri dari analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis siswa. Tahapan design dilakukan dengan perancangan pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrument pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan development dilakukan validasi instrument berupa angket kepada validator oleh ahli media, ahli materi, dan guru. Hasil penelitian ini menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan model pembelajaran Treffinger untuk meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa pada materi segiempat dan segitiga yang valid. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik nilai hasil validasi oleh ahli media sebesar 80% dengan kategori valid, ahli materi sebesar 85% dengan kategori valid, dan guru sebesar 82% dengan kategori valid. Serta pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran didapat sebesar 80% dengan kategori valid. Terakhir pada tahapan implementation hasil validasi respon siswa terhadap Lembar Kerja Peserta Didik dengan persentase 90% dan masuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil rekapitulasi akhir penilaian pemahaman konsep peserta didik yaitu sebesar 80% dengan kriteria tinggi. Dan hasil analisis tes kreativitas siswa menggunakan n-gain bernilai 0,64 dengan kategori sedang.
Culture Shock Faced By Umsu Students During The Exchange Program Rezeky Wahyuni Melati. Za
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 5 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.506 KB)

Abstract

This study was designed to analyze the culture shock experienced by UMSU students’ during the exchange program. The aims of this study was to identify what culture shock experienced by the students during the exchange program and what were their efforts in solving the culture shock. This research used qualitative research while the data displayed in the form of descriptive. The data collecting method used open-ended questionnaires. There were six students of University of Muhammadiyah Sumatera Utara who responded to the questionnaires. In analyzing the data earned used interactive model by Miles Huberman and Saldana, firstly reviewed the collected data that had been collected, then identified the culture shocks faced by research subject. The next step was identified the solution made by research subject in solving the culture shocks. And the last step was drawing the conclusion. The result of the analysis found that the culture shock faced by students of University of Muhammadiyah Sumatera Utara who joined the exchange program referred to the matter of language, the differences of academic, local student attitude, social life, and men-women relationship. They were dominantly shock on the language and men-women relationship problems.
Semantic Analysis Of Mantra Pawang Hujan In Kota Tebing tinggi-North Sumatra Zusfahmi Alfaginda
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.296 KB)

Abstract

This study aimed to analyze the types of meaning and the description of meaningwords/phrase/sentencess used in the Mantra Pawang Hujan. Geoffrey Leech Theory was applied in this study. A descriptive qualitative research was appliedto analyze the data. Source of data was in the form of spoken form of Mantra Pawang Hujan from two local pawang. They were transcribed into the written form which consisted of word/phrase/sentence.Data were collected through observation, depth interview, and documentation. There were 23 word/phrase/sentence as data in Mantra Pawang Hujan 1, and 17 word/phrase/sentence in Mantra Pawang Hujan 2. After analyzing the data, it was found 6 types of meaning appeared in Mantra Pawang Hujan 1, namely; conotative meaning, social meaning, reflective meaning, thematic meaning, collocative meaning and affective meaning. Meanwhile there were 4 types of meaning found in Mantra Pawang Hujan 2, namely; conotative meaning, social meaning, conceptual meaning and affective meaning.The meaning of words/phrase/sentences communicated by the two pawang is not far from the actual meaning. Mostly, the expression used by pawang 2 is the real meaning, because the words/phrase/sentencess are pray, praises or a compliment to the Almighty God and also based on Quran. Keywords : semantics, types of meaning, mantra pawang hujan
Analisis Pemetaan Kesantunan Berbahasa Pada Pembelajaran Online Melalui Google Classroom Di Smp Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Medan T.P 2020/2021 Sandi Purnomo
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.971 KB)

Abstract

Wabah pandemi Covid-19 yang terjadi di dunia maupun Indonesia dengan gencarnya pemberitaan media online penanganan Covid-19, sebagai pelantang pemberitaan melalui media online dan cetak, terus disuarakan pemerintah hingga kini. pemerintah mengeluarkan peraturan di bidang pendidikan, pada upaya memutuskan mata rantai penyebaran covid 19, yakni secara memberlakukan pembelajaran daring Sekolah diseluruh indonesia. Penelitian tujuannya agar melihat kesantunan berbahasa media Pembelajaran online dan pelanggaran maksim menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan data primer media Pemebejaran Online: Google Classroom. Data sekunder berupa buku, jurnal. Analisis data diggunakan teknik analisis Leech. Hasil penelitian, media online memenuhi prinsip kesantunan berbahasa (maksim) yakni: masim kesederhanaan, kebijaksanaan, penghargaan, pemufakatan, dan kesimpatian. Di samping itu ditemukan juga pelanggaran maksim yakni: maksim kesimpatian, permufakatan, pujian, kesederhanaan, kedermawanan, kebijaksanaan. Kesantunan berbahasa pada media online perlu negosiasi berkomunikasi, agar mitra tutur memahami informasi dengan data yang akurat. Pelanggaran maksim berbahasa pada media online merupakan bentuk pengkerdilan bahasa Indonesia, semakin santun sesuatu informasi semakin menjunjung bahasa Indonesia.
The Effect Of Applying Dictogloss Teaching Strategyon The Students’ Achievementin Writing Recount Text Siti Azizah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.387 KB)

Abstract

The objective of the research was to investigate the effect of applying dictoglossteaching strategy on the students‟ achievement recount text. The objective of thestudy was to investigate wheter dictogloss strategy significantly effect on thestudents „ achievement in writing recount text. Dictogloss teaching strategy helps the students to write independently and this strategy would help the students to find their own topic and ideas about what they would write. The population was the 2015/2016 students of SMA AR-RAHMAN MEDAN which consisted of 60 students in two classes. They were divided into two groups: 30students for experimental group then 30 students for control group. The experimental group was given treatment by dictogloss teaching strategy and control group was taught by analysis control model. The instrument of the reseach was an written test. To know the students‟ achievement in writing there were some criteria as follows: Content, organization, vocabulary, language use and mechanics. The t-test, formula was implemented to find out the t-observed value of both groups as the basis to test hypotesis of this reseach. The result ofthis reseach showed that the t-observed value was greater than the t-table in which tobs was 2.40 and ttable 1.6. It shows that tobsttable (2.40 1.6). The hypotesis was accepted. It means that there was any significant effect ofapplying dictogloss teaching strategy on the students‟ achievement in writing recount text. Keywords: Dictogloss Teaching Strategy, Writing, Recount Text
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Model Kumon Berbasis Cofi ( Komik Fiqih ) Pada Materi Perbandingan Sri Mayani
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.618 KB)

Abstract

Penelitian pengembangan(development research) modul matematika dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang selama ini bersifat monoton dan kurang menarik. Adapun penelitian pengembangan ini terdiri atas tiga tahap yaitu: Tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap validasi. Tujuan dari pengembangan modul matematika dengan model kumon berbasis komik fiqih materi perbandingan ialah untuk mengetahui proses pengembangan dan ke efektivitas penggunaan yang berdasarkan syarat uji kelayakan, serta respon siswa terhadap pengembangan modul komik matematika tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMP SWASTA PAB 3 SAENTIS  pada siswa kelas VIII-1, dengan sampel  kelas kecil yaitu yang berjumlahkan 10 orang.Hasil dari penelitian pengembangan modul komik matematika menunjukkan bahwa proses pengembangan modul komik matematika menggunakan pengembangan Plomp yang memuat fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototype (prototyping search), dan fase penilaian (assesment phase). Untuk penggunaan modul komik dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi para ahli, baik ahli media maupun ahli materi. Adapun nilai rata-rata total validator dari  ahli media yaitu 4,2 dan ahli materi yaitu 4,25 dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk bagian respon siswa yaitu data persentase respon siswa menunjukkan angka sangat baik yaitu 80,77%. Maka, dapat disimpulkan bahwasanya pengembangan modul matematika dengan model kumon berbasis komik fiqih layak untuk digunakan di jenjang SMP kelas VII-Semester 2.Kata Kunci: Modul, Model, Komik, Perbandingan, Fiqih
Pengaruh Video Youtube Terhadap Aktivitas Belajar Online Peserta Didik Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV SD Negeri 101751 T.P 2020/2021 Vita Juniarti Rahayu
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 4 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.273 KB)

Abstract

Hasil belajar merupakan tujuan akhir dalam suatu pembelajaran yang erat kaitannya dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Hasil observasi di kelas IVA dan IVB SD Negeri 101751 Klambir lima kebun, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya suatu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar online pada peserta didik. Salah satunya dengan menggunakan Media Video youtube. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya perhatian orangtua dan rendahnya kemampuan dalam belajar peserta didik terhadap masalah pendidikan, tidak adanya tanggung jawab peserta didik dalam menyelesaikan tugas dan tidak perduli terhadap tugas online yang diberikan oleh guru. Secara menunjukkan bahwa variabel video youtube (X1) mempengaruhi secara positif dan signifikan. Artinya video youtube tersebut memiliki pengaruh secara langsung terhadap aktivitas belajar online (Y1) pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Video youtube dalam meningkatkan aktivitas belajar online pada peserta didik.
Analisis Penggunaan Multilingual Masyarakat Di Lingkungan Iii Blok C Kelurahan Nelayan Indah : Kajian Sosiolinguistik Pina Anisah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.179 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji campur kode dalam penggunaan multilingual masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah dengan kajian sosiolinguistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui campur kode dalam penggunaan multilingual yang digunakan masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah. Penelitian ini menggunakan teori Suardi yang terdapat 3 jenis campur kode yaitu campur kode ke dalam, campur kode ke luar, campur kode campuran. Data penelitian ini adalah 10 data rekaman dan transkip percakapan masyarakat yang mengandung campur kode dalam penggunaan multilingual yang digunakan masyarakat di Lingkungan III Blok C Kelurahan Nelayan Indah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengamatan Lingkungan, mengumpulkan data rekaman interasksi masyarakat, mentranskrip data rekaman, mengidentifikasikan data yang mengandung campur kode dengan teori Suardi, dan menyimpulkan hasil analisis. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 jenis campur kode yaitu Campur Kode Ke Dalam, Campur Kode Ke Luar dan Campur Kode Campuran. Terdapat 92 kalimat Campur Kode Ke Dalam dari rekaman 1 sampai 10 dengan jumlah 462 kata, terdiri dari 68 kata bahasa Banjar, 94 kata bahasa Melayu, 89 kata bahasa Jawa dan 211 kata bahasa Indonesia, dan terdapat 1 Campur Kode Ke Luar dari rekaman 10 dengan jumlah 5 kata, terdiri dari 1 kata bahasa Inggris dan 4 kata bahasa Indonesia dan terdapat 1 Campur Kode Campuran dengan jumlah 12 kata, terdiri dari 3 kata bahasa Jawa, 8 kata bahasa Indonesia dan 1 kata bahasa Inggris.  Kata Kunci: Bahasa, Multilingualisme, Penggunaan bahasa, Masyarakat multilingual
Pengaruh Layanan Informasi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Orientasi Karir Peserta Didik Dalam Pilihan Jurusan Siswa Di Kelas Viii Smp Al- Wasliyah 30 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 Jelika Mutia Sari
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.477 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi berbasis multimedia untuk meningkatkan orientasi karir siswa dalam pilihan jurusan di kelas VIII SMP AL-Wasliyah 30 Medan. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa di kelas VIII A dan B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Desain yang digunakan One-Group Pretes-Posttest Design. Dalam penelitian ini ada dua kelompok yaitu kelompok control dan eksprimen untuk membandingkan kedua kelompok. Dalam pengambilan data diukur sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan angket (kuisoner) yang terdiri dari pertanyaan mengenai orientasi karir. Dalam pengujian Hipotesis menggunakan SPPSS (Statistical Product and Service Solution) for windows release 20.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebelum diberikan perlakuan (Pre-Test) kepada kelompok control diketahui rata-rata 41 kategori rendah sedangkan kelompok eksprimen diketahui bahwa rata-rata 40 kategori rendah. Kemudian berdasarkan penelitian diberikan perlakuan (Post-Test) kepada kelompok eksprimen dalam layanan informasi berbasis multimedia diketahui rata-rata 85 kategori sangat tinggi,sedangkan kepada kelompok control dalam layanan informasi menggunakan metode ceramah diketahui rata-rata 74 kategori tinggi. Jadi berdasarkan hasil penelitian: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan orientasi karir siswa pada kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan informasi yang mengkombinasikan metode ceramah dan berbasis multimedia. 2) Terdapat perbedaan orientasi siswa pada kelompok kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan informasi yang menggunakan metode berbasis multimedia.3) Tidak terdapat perbedaan orientasi karir siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan informasi yang mengkombinasikan berbasis multimedia.
Standard Writing On English Textbook For Senior High School Grade X Novita Sari Surbakti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.09 KB)

Abstract

This research dealt with the analysis of writing standard in English textbook for Senior High School grade X. It was intended to investigate the writing standard realized within the English textbook. The method used in this study was descriptive qualitative method. The data involved the contents of English textbook taken from the materials written in English textbook entitles “Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X” published by Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud in 2017. The data collected were analyzed based on Miles and Hubermann (2014) analysis model including data reduction, data display and conclusion. The research findings from the analysis showed that the textbook “Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X” published by Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud in 2017 did not fulfill all of the textbook writing standard criteria (textbook evaluation) as proposed by Cunningsworth (1995). The eight criteria with forty-five detail criteria of textbook writing standard criteria (textbook evaluation), there were only twenty-nine detail criteria were fully completed by the textbook, while fifteen others were not fully fulfilled, and one was unfulfilled. So, it was concluded that the English textbook of Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X” published by Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud in 2017 had not been included into very good standard of textbook writing. Keywords: writing standard, English textbook, senior high school

Page 1 of 17 | Total Record : 162